merk selimut terbaik

Di musim hujan saat ini, cuaca menjadi lebih dingin dibandingkan sebelumnya. Terutama saat malam hari, cuaca dingin seringkali membuat kesulitan tidur. Agar terhindar dari kedinginan saat tidur, tentu jawabannya adalah dengan menggunakan selimut.

Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas rekomendasi merk selimut terbaik yang bisa Sedulur pilih dan beli untuk membuat tidur Sedulur semakin nyaman dan hangat. Namun sebelum masuk ke pembahasan merk selimut terbaik, kita simak terlebih dahulu bagaimana tips memilih selimut.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Spring Bed Terbaik yang Paling Nyaman

Tips dalam memilih selimut

iStock

Sebelum masuk ke pembahasan utama daftar merk selimut terbaik, penting untuk Sedulur ketahui bagaimana tips dan cara memilih selimut yang nyaman dan cocok untuk digunakan. Meskipun Sedulur bisa membeli selimut secara bebas, namun dengan mengetahui tips ini Sedulur bisa memilih selimut yang tepat dan cocok.

-->

Ada beberapa tips yang bisa jadi pertimbangan Sedulur saat akan membeli selimut. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya, yaitu:

1. Ketahui bahan selimut

Sedulur harus tahu terdapat beberapa bahan selimut yang bisa memberi kehangatan dengan tingkat yang berbeda-beda. Setiap bahan tentu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini penjelasan beberapa bahan-bahan yang berbeda:

A. Bahan wol

Bahan pertama yaitu bahan wol, bahan ini memiliki karakteristik yang elastis dengan bobot yang cukup berat. Karena memiliki kemampuan menyerap air, selimut berbahan wol cenderung lebih susah dicuci dan lama kering. Meskipun begitu, selimut berbahan wol memiliki banyak kelebihan lainnya. Beberapa di antaranya sebagai berikut ini:

  • Daya serap air yang sangat baik sehingga tetap nyaman digunakan saat cuaca panas sekalipun.
  • Bahan wol dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet.
  • Selimut wol memiliki sifat yang ramah di kulit sehingga cocok digunakan untuk segala jenis kulit.

B. Bahan katun

Selanjutnya bahan katun yang memiliki karakteristik lembut, halus dan dapat membuat adem. Namun bahan katun akan menyusut saat dicuci, sehingga harus diperhatikan saat mencucinya. Usahakan jangan dicuci menggunakan mesin cuci dan jemur ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

  • Bahan katun sebagai selimut dapat memberikan keunggulan, yaitu:
  • Selimut berbahan katun memiliki sifat yang lembut.
  • Bahan katun mempunyai sirkulasi udara yang baik.
  • Dapat menyerap keringat dengan baik sehingga tubuh pun bebas dari rasa lengket dan bisa tidur dengan nyaman.

C. Bahan poliester

Bahan selanjutnya yaitu bahan poliester yang antibakteri sekaligus mudah dicuci. Jauh berbeda dengan bahan katun yang sulit dicuci. Adapun beberapa kelebihan dari bahan poliester yaitu:

  • Bobotnya yang ringan dan cepat kering membuat selimut poliester mudah dicuci dan bisa segera digunakan usai dibersihkan.
  • Selimut poliester juga tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan lebih terjaga meski digunakan terus-menerus.
  • Dengan karakteristik antibakterinya, selimut poliester akan menjadi pilihan yang tepat untuk Sedulur yang menyukai higienitas.

D. Bahan bulu

Bahan bulu dapat memberikan kelembutan memanjakan kulit dan memberikan kehangatan dan kenyamanan. Secara lengkap, keunggulan dari bahan bulu sebagai selimut yaitu:

  • Bahan bulu mempunyai karakteristik yang superlembut sehingga nyaman disentuh dan cepat membuat Sedulur relaks.
  • Selimut berbahan bulu asli tidak akan menimbulkan alergi sehingga cocok dipakai oleh pemilik kulit sensitif.
  • Perawatan selimut berbahan bulu terbilang mudah. Sedulur dapat mencucinya di mesin cuci dengan mode soft dan tak perlu menyetrikanya.

2. Ukuran selimut yang dipilih

Setelah mengetahui bahan-bahan selimut di atas, Sedulur juga harus pertimbangkan ukuran selimut saat akan membeli selimut. Ada beberapa hal yang perlu Sedulur pertimbangkan dalam memilih selimut yaitu:

  • Untuk sofa, pilihlah ukuran selimut dengan lebar sekitar 100–125 cm dan panjang sekitar 140–160 cm.
  • Untuk kasur single, pilihlah lebar sekitar 120–140 cm dan panjangnya 200 cm.
  • Untuk kasur queen size, pilihlah ukuran selimut kurang lebih 160 cm x 200 cm.
  • Untuk kasur king size, pilihlah ukuran yang mendekati ukuran 180 cm x 200 cm.

Penting untuk Sedulur ingat bahwa jika ukuran selimut terlalu kecil yang tidak sesuai dengan ukuran tubuh, akan ada bagian tubuh Sedulur yang tidak terselimuti. Sehingga Sedulur akan tetap kedinginan dan waktu tidur Sedulur pun akan tidak nyaman dan tidak nyenyak.

3. Cek isian selimut

Tips selanjutnya yaitu cek isian selimut, karena banyak selimut yang tidak ada isiannya. Selain harga selimut tanpa isian lebih murah, selimut tanpa isian juga akan lebih mudah dicuci. Bagi Sedulur yang memprioritaskan harga murah dan perawatan yang mudah, selimut tanpa isian tentu lebih cocok.

Lagi pula, selimut tanpa isian bukan berarti tidak dapat memberikan kehangatan. Meskipun selimut yang memiliki isian bisa dapat memberikan kehangatan yang lebih. Maka dari itu, bagi Sedulur yang mengutamakan kehangatan dan kenyamanan, selimut dengan isian merupakan pilihat terbaik.

Penting juga untuk diingat, bahwa selimut dengan isian memerlukan waktu dan tenaga lebih untuk mencucinya. Selain itu, selimut yang diisi dengan bulu angsa bisa memiliki harga yang tinggi. Terlepas dari itu, Sedulur  tidak perlu ragu memilih selimut dengan isian apabila ingin merasakan kenyamanan yang maksimal.

4. Pilih desain dan motif produk

Desain dan motif dapat mempercantik kamar, maka dari itu desain dan motif juga penting untuk dipertimbangkan. Meskipun fungsi utamanya yaitu untuk membuat hangat, namun Sedulur penting untuk mempertimbangkan desain dan motif untuk memberikan kenyamanan di dalam ruangan.

Membeli produk yang motifnya sesuai dengan selera, misalnya floral, juga bisa dilakukan. Nah, pilihlah produk dengan desain dan motif yang menjadi favorit Sedulur atau yang dirasa pas dengan ruangan. Sehingga bukan hanya kehangatan yang Sedulur dapatkan, namun juga Sedulur bisa lebih nyaman.

BACA JUGA: 25 Desain Kamar Anak Perempuan yang Menggemaskan

Rekomendasi merk selimut terbaik

Nah setelah Sedulur mengetahui tips dan cara memilih selimut di atas, mari kita masuk ke pembahasan utama, yaitu terkait rekomendasi merk selimut terbaik yang bisa Sedulur pilih. Seperti yang diketahui, ada banyak merk selimut yang bia Sedulur pilih, hal ini tentu membuat Sedulur kebingungan.

Untuk mencegah Sedulur kebingungan, berikut ini daftar rekomendasi selimut terbaik yang bisa jadi pilihan Sedulur untuk memberikan kehangatan dan kenyamanan di rumah. Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini:

1. Valerie Selimut Bulu Angsa 100% Down

merk selimut terbaik
My-Best

Rekomendasi merk selimut pertama yaitu Valerie Selimut Bulu Angsa 100% Down, kelebihan dari selimut ini yaitu antibakteri, anti tungai dan anti debu sehingga dapat digunakan dengan nyaman dan aman untuk menjamin waktu tidur Sedulur optimal

Selain itu, selimut ini juga menggunakan katun dengan tingkat kerapatan jahitan berstandar internasional. Namun kekurangan dari selimut ini yaitu noda yang mudah terlihat karena dibalut dengan warna putih cerah. Untuk harga sendiri, selimut ini dibanderol dengan harga Rp 4.480.000.

2. Informa Selimut Glowing Starry

My-Best

Merk selimut terbaik selanjutnya yang bisa jadi rekomendasi Sedulur adalah Informa Selimut Glowing Starry. Kelebihan dari selimut ini yaitu bahan yang digunakan yaitu bahan bulu sehingga cepat kering saat dicuci, namun kekurangannya yaitu variasi selimut yang terbatas.

Bahan bulu dapat memberikan kenyamanan karena lembut pada kulit, serta dapat memberikan kehangatan di malam hari sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur Sedulur. Dibandingkan merk selimut terbaik pertama, selimut ini jauh lebih murah. Hanya dengan harga Rp299.000, Sedulur bisa mendapatkan selimut ini.

3. Lady Rose Balmut

merk selimut terbaik
My-Best

Rekomendasi merk selimut terbaik selanjutnya yaitu Lady Rose Balmut. Selimut ini sangat fungsional, dengan ketebalan yang dapat membuat nyaman sehingga tidur Sedulur dapat sangat nyenyak. Bahkan saking tebalnya, selimut ini bisa dijadikan sebagai bantal.

Kelebihan dari merk selimut terbaik ini yaitu tersedia lebih dari tiga puluh motif menarik yang bisa Sedulur pilih dan diklaim tidak mudah luntur dan kusut. Namun selimut ini terdapat beberapa bagiannya yang memiliki jahitan kurang rapi. Selimut ini dibanderol dengan harga Rp.414.400.

Maka dari itu, produk ini disebut dengan nama balmut yang merupakan singkatan dari bantal dan selimut, diakibatkan karena ketebalan dari bahan selimut itu sendiri.

4. Lady Rose Selimut

My-Best

Masih dengan merk selimut terbaik Lady Rose, produk ini adalah benar-benar selimut dan tidak dapat digunakan sebagai bantal. Kelebihan dari selimut ini yaitu terbuat dari bahan microfiber sehingga lembut, tahan noda, dan hypoallergenic.

Namun kekurangan dari selimut dari Lady Rose ini yaitu bahwa selimut ini terbuat dari bahan yang cukup tipis dibandingkan dengan produk Lady Rose Balmut. Namun bukan berarti tidak dapat memberikan kenyaman dan kehangatan saat tidur. Harga selimut ini dibanderol mulai dari Rp280.000.

5. Dunlopillo Hooded Thermal Blanket

merk selimut terbaik
My-Best

Rekomendasi merk selimut terbaik selanjutnya yaitu Dunlopillo Hooded Thermal Blanket, desain selimut tudung yang dirancang khusus untuk orang dewasa, yang dapat memberikan kehangatan menyeluruh ke seluruh tubuh. Kelebihan lain, selimut ini diklaim antikuman.

Namun, kekurangan dari desain selimut ini yaitu hanya memiliki satu ukuran dan sulit memilih ukuran yang sesuai dengan tinggi badan. Harga untuk selimut ini yaitu mulai dari Rp299.000.

Produk selimut ini memiliki lubang untuk memasukkan bagian tubuh Sedulur. Hasilnya, bagian tangan dan kaki pun akan tertutup rapat saat memakainya. Dapat dipastikan Sedulur tidak akan kedinginan karena cuaca malam yang dingin atau karena suhu AC ruangan yang dingin. Dijamin nyaman!

6. Sumimo Newborn Hoodie Blanket

My-Best

Selanjutnya rekomendasi merk selimut terbaik Sumimo Newborn Hoodie Blanket. Selimut ini merupakan rekomendasi untuk membuat si kecil tetap hangat di malam hari. Selimut ini di dijamin dapat memberikan kehangatan bagi si kecil dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Kelebihdan lain dari merk selimut terbaik untuk balita ini yaitu memiliki delapan desain berbentuk binatang yang lucu dan imut serta selimut ini dibuat dari bahan yang super lembut. Namun kekurangannya hanya dapat digunakan untuk anak usia 3-5 tahun saja.

Untuk produk selimut Sumimo Newborn Hoodie Blanket ini dibanderol dengan harga Rp189.000, sangat terjangkau untuk membuat si kecil tetap hangat di malam hari dan dapat memberikan kenyamanan waktu istirahat bagi si kecil.

7. Akiko Selimut Solid

merk selimut terbaik
My-Best

Rekomendasi merk selimut terbaik yang bisa Sedulur pilih selanjutnya yaitu Akiko Selimut Solid. Selimut ini memiliki desain polis dengan beragam pilihan warna menarik. Kelebihan dari selimut ini yaitu bahannya yang antilentur dan antialergi.

Selain itu, kelebihan lainnya yaitu dijahit dengan menggunakan teknik computer quilting technology sehingga lebih rapat dan dirancang dengan 3D high definition digital printing sehingga warna lebih cerah dan tekstur lebih halus.

Namun kekurangan dari produk ini yaitu bahannya yang terbuat tipis sehingga sangat rentan berlubang jika tidak dirawat dengan baik. Namun jika perawatan dilakukan dengan baik, selimut ini akan tetap awet dan tahan lama. Selimut ini dibanderol dengan harga dibawah Rp100.000, yaitu Rp79.000 saja.

8. MINISO Selimut Lucu Tokyo Style

My-Best

Merk selimut terbaik yang bisa jadi rekomendasi Sedulur yaitu MINISO Selimut Lucu Tokyo Style. Selimut ini memiliki tekstur halus dengan motif dengan gaya khas Jepang yang dapat memberikan kelembutan dan kenyamanan saat digunakan.

Kelebihan dari merk selimut terbaik ini yaitu berat selimut yang ringan dan mudah dilibat sehingga selimut ini sangat mudah dibawa kemana-mana, bahkan bisa Sedulur bawa saat Sedulur traveling atau liburan.

Namun kekurangan dari selimut ini yaitu tidak cocok digunakan oleh Sedulur yang memiliki tinggi badan lebih dari 160cm, karena selimut ini tidak akan menutup seluruh tubuh. Harga dari selimut ini yaitu Rp150.000 saja.

9. IKEA VITMOSSA

merk selimut terbaik
My-Best

Sedulur yang butuh merk selimut terbaik yang kualitas terjamin yaitu selimut dari IKEA. Selimut IKEA VITMOSSA ini dapat membuat tubuh Sedulur hangat dengan harga selimut yang bersahabat. Selimut ini dibanderol dengan harga hanya Rp50.000 saja.

Kelebihan dari selimut ini yaitu terbuat dari 100% bahan daur ulang yang ramah lingkungan. Namun kekurangan dari selimut ini yaitu bahan selimut akan menjadi berbulu setelah digunakan dalam beberapa waktu.

Namun hal tersebut bisa Sedulur atasi jika Sedulur mengetahui cara merawat selimut yang baik. Sehingga selimut bisa tetap nyaman saat digunakan.

10. Kintakun Selimut Nirmana Modern

Terakhir, rekomendasi merk selimut terbaik yaitu Kintakun Selimut Nirmana Modern. Selimut ini terbuat dari bahan yang menggunakan benang acrylic dan carbon high quality sehingga dapat terhindar dari alergi. Kelebihan lain yaitu bahan yang mudah dicuci dan tidak akan luntur.

Namun kekurangan dari selimut ini yaitu bahwa bahannya mudah berlubang. Kekurangan yang disebabkan karena kurang merawat selimut. Kekurangan tersebut dapat terhindar jika Sedulur merawat selimut dengan baik. Selimut ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp285.000 saja.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kasur Lantai Terbaik yang Nyaman dan Empuk

Tips merawat selimut

iStock

Nah daftar merk selimut terbaik di atas bisa Sedulur pilih sesuai budget dan selera Sedulur. Setelah memiliki selimut untuk membuat Sedulur tetap nyaman dan hangat di malam hari, Sedulur juga harus tahu bagaimana cara merawat selimut agar tahan lama dan tetap memberikan kehangatan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Sedulur lakukan saat merat selimut, yaitu:

  • Untuk selimut berbahan sintetis, seperti poliester, cucilah selimut dengan air hangat setelah direndam sedikit detergen.
  • Untuk selimut berbahan alami, seperti katun dan wol, gunakan air dingin dan detergen yang aman ketika mencuci.
  • Jangan gunakan pemutih karena dapat merusak warna serat kain.
  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung ketika mengeringkan selimut dan jangan menyetrikanya dengan temperatur tinggi.
  • Setelah kering, lipat selimut dengan rapi, kemudian simpan di tempat yang bersih dan bebas lembap.

Jika Sedulur mengikuti langkah-langkah di atas, maka selimut yang Sedulur miliki akan terawat dan dapat digunakan dalam waktu lama untuk memberikan kehangatan di malam hari. Sehingga Sedulur bisa tetap beristirahat dengan nyaman.

Nah itulah daftar rekomendasi merk selimut terbaik yang bisa jadi pilihan Sedulur. Juga bagaimana tips memilih selimut dan merawatnya agar Sedulur bisa tetap nyaman tidur dengan kehangatan yang membuat waktu tidur Sedulur bisa tetap berkualitas.