Rekomendasi mesin cuci front loading terbaik

Saat ini, mesin cuci telah menjadi sahabat yang tak tergantikan bagi para ibu di rumah. Dengan fitur yang semakin lengkap dan pengoperasian yang mudah, mesin cuci membuat tenaga menjadi lebih tidak mudah terkuras ketika harus melakukan banyak pekerjaan rumah. Namun, terobosan terbaik yang sekarang sedang populer digunakan adalah merk mesin cuci front loading terbaik. Mesin cuci ini disebut memiliki kemampuan mencuci dan mengeringkan secara lebih efektif dan efisien.

Penggunaan mesin cuci dengan pintu bukaan depan ini juga membuat Sedulur lebih praktis ketika harus mencuci beberapa baju kotor dan kain kotor yang memiliki beban berat, seperti jaket, sprei dan selimut. Penggunaan mesin cuci front loading terbaik juga membuat pemakaian sabun cuci dan pewangi menjadi lebih hemat hingga 1,5 kali. Lalu, apa saja sih merk mesin cuci front loading terbaik yang bisa Sedulur coba dan beli? Simak berikut ini!

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Mesin Cuci 1 Tabung Terbaik dan Terbaru 2023

1. LG FM1007N3W

Rekomendasi mesin cuci front loading terbaik
House Digest

Rekomendasi merk mesin cuci front loading terbaik yang pertama berasal dari LG. Melalui mesin cuci LG tipe ini, Sedulur bisa lebih mudah mencuci pakaian setiap harinya. Hadir dengan desain minimalis dan elegan, produk ini sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru.

Tombol-tombol pada mesin cuci ini juga mudah untuk dioperasikan, dengan displayyang lebar, dan lampu indikator LED yang menampilkan status mesin cuci ketika sedang digunakan. Kapasitas yang cukup besar yaitu 7 Kg dengan kecepatan putar hingga 1000 rpm.

Meskipun dengan perputaran yang cukup besar, tidak perlu khawatir akan suara bising yang di hasilkan, karena dilengkapi dengan terknologi Inverter Direct Drive Motor yang dapat meredam semua getaran dan suara yang dihasilkan mesin. Uniknya lagi Sedulur bisa mengontrol mesin cuci ini melalui aplikasi Smart ThinQ dengan koneksi NFC melalui smartphone Sedulur.

 2. Electrolux Front Loading EWF-8005

Rekomendasi kedua merk mesin cuci front loading terbaik selanjutnya adalah Electrolux Front Loading EWF-8005. Mesin cuci ini beroperasi dengan konsumsi listrik hanya 350 watt. Cocok untuk mencuci berbagai jenis bahan, mulai dari hijab, woll, kain batik, dan berbagai bahan halus lainnya.

Dengan pintu ukuran 3XL dan bukaan pintu 12% lebih besar akan memudahkan Sedulur dalam memasukkan dan mengeluarkan cucian dibandingkan produk lainnya. Sedulur bebas mengatur opsi mencuci dengan menambah atau mengurangi durasi program pencucian. Menambah atau mengurangi durasi program pencucian bisa berdasarkan tingkat kekotoran pakaian. Dengan fleksibilitas ini, Sedulur bisa menghemat waktu, listrik dan memperpanjang usia pakaian.

3. Samsung WW80T3040BW/SE

merk mesin cuci samsung terbaik
CNN

Samsung juga mengeluarkan mesin cuci front loading, sehingga menjadi salah satu merk mesin cuci front loading terbaik. Mesin cuci ini memiliki fitur yang mampu mencuci secara cepat yang dikenal dengan nama fitu  quick wash.

Hanya dalam waktu di bawah 20 menit, satu kloter pakaian dapat tercuci bersih dan kering sempurna. Cocok untuk yang terburu-buru membersihkan pakaian untuk acara. Bagian dalam alias drum juga pasti tetap bersih karena ada fitur Drum Clean.

Menghilangkan sisa deterjen pencuci dan kotoran yang tertinggal saat membuat air. Kalau Sedulur meninggalkan pakaian basah di dalam mesin cuci hal ini akan berbau tidak sedap. Untuk itu Samsung memberikan fitur Delay End.

Hal ini akan membantu untuk mengatur siklus pencucian agar bisa selesai hingga 24 jam kemudian. Artinya adalah pengguna dapat mulai menyuci saat malam dan diatur selesai ketika pulang kerja. Pakaian di dalam drum tetap bersih dan harum.

4. Daewoo DWD-LD14012

Rekomendasi merk mesin cuci front loading selanjutnya yaitu Daewoo DWD-LD14012. Mesin cuci Daewoo seri DWD-LD14012 ini memiliki kapasitas hingga 10 Kg, lengkap dengan 16 program pencucian, sehingga mudah dalam mengatur mode pencucian untuk menjaga kualitas bahan pakaian.

Selain itu, kecepatan putaran mesin ini mencapai 1400 rpm, sehingga mencuci menjadi lebih cepat meski dalam jumlah banyak. Dilengkapi teknologi inverter yang membantu dalam menghemat listrik hingga 50% dibandingkan dengan mesin cuci merk lainnya.

Daya yang dibutuhkan juga hanya berkisar 250-270 watt, sehingga cukup hemat listrik. Sedangkan teknologi Nano Silver-nya berfungsi membunuh kuman dan bakteri, sehingga mampu membantu menghilangkan bau yang melekat pada baju. Diameter pintu juga cukup besar, Sedulur akan mudah memasukkan pakaian tanpa perlu tersangkut.

5. Sharp ES-FL862

Salah satu merk mesin cuci front loading yang murah dan berkualitas. Mesin cuci front loading dari Sharp ES-FL862 memiliki kapasitas 6 kg dan dilengkapi fitur boomerang cabinet design yang dapat meredam guncangan dan suara pada saat pencucian.

Dilengkapi juga dengan eco logic system yang dapat mendeteksi jumlah cucian masuk kedalam tabung untuk menghemat daya listrik. Dengan penggunaan suhu air standar 30 derajat Celsius, mesin cuci ini hanya membutuhkan daya listrik 200 watt untuk pencucian secara normal.

Fitur lain yang dimilikinya adalah pengamanan child lock, quick wash yang hanya memakan waktu 15 menit, failure detection system, dan unbalance control system. Untuk Sedulur yang memiliki ruang cuci terbatas, mesin cuci Sharp ES-FL862 adalah pilihan tepat.

Fitur boomerang cabinet membantu meredam guncangan dan suara yang terjadi saat pencucian. Mesin cuci ini berjenis front loading yang berdimensi ringkas. Kontrol mudah, dengan tombol putar.

BACA JUGA: 12 Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik di 2023, Mulai dari Sejutaan!

6. Polytron PFL7101

Rekomendasi mesin cuci front loading terbaik
Unsplash

Rekomendasi selanjutnya yaitu dari Polytron melalui tipe PFL7101. Merk mesin cuci front loading ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti steam wash sehingga bisa membersihkan noda atau kotoran yang bandel di pakaian Sedulur dengan mudah.

Sedulur tidak perlu khawatir akan memakan listrik banyak, karena teknologi Direct Drive Inverter menjadikan mesin cuci lebih hemat listrik. Selain itu, mesin cuci Polytron PFL 7101 juga telah tersedia fitur Ultra Silent Noise yang sanggup meredam suara mesin cuci.

Dengan demikian, Sedulur tidak perlu takut anak akan terbangun saat mesin cuci bekerja. Polytron PFL 7101 bisa menampung air sampai 48 liter dengan konsumsi daya maksimal mencapai 1650 watt. Dengan fitur-fitur yang dimiliki mesin cuci ini akan membuat aktivitas mencuci semakin mudah.

Mesin cuci front loading ini memiliki kapasitas sebesar 7kg dan dilengkapi beragam fitur masa kini dan super aman. Contohnya adalah Child Lock, Pre-Wash, Display LED, 14 mode pencucian, Wrinkle Free, variasi suhu, pendeteksi berat, variasi putaran mesin cuci, pilihan air panas atau dingin, serta pintu bukaan bersudut 130 derajat.

7. Aqua FQW-700829QD

Aqua FQW-700829QD hadir dengan inovasi terbaru, karena telah dilengkapi dengan hijab mode yang dapat mencuci hijab atau pakaian berbahan lembut lainnya. Design wave drum pada tabung bagian dalam yang seperti papan penggilasan yang mampu merawat pakaian.

Bukan hanya itu, merk mesin cuci front loading ini juga dilengkapi dengan fitur yang sangat efektif pada saat pencucian sehingga hasilnya lebih bersih. Sedulur juga bisa mengatur waktu tunda pencucian sesuai dengan preferensi.

8. Sanken SFL-6600E

merk mesin cuci samsung terbaik
Real Homes

Rekomendasi selanjutnya berasal dari Sanken. Sanken SFL-6600E memiliki kapasitas 6 kg dengan fitur A+++ yang membuatnya lebih hemat listrik hingga 30% dengan teknologi motor dan teknologi pengontrol canggih.

Dalam pengoperasiannya, Sedulur dapat menunda waktu pencucian mulai dari 1 jam hingga 24 jam. Jadi setelah pengaturan waktu habis, mesin cuci akan mulai bekerja dengan program yang telah ditentukan. Untuk pencucian dalam jumlah sedikit, Sedulur bisa menggunakan fitur eco wash.

Fitur eco wash tersebuh yang bisa menghemat listrik. Kerennya lagi, mesin cuci ini memiliki sensor pintar yang mendeteksi jika beban pencucian tidak seimbang, kemudian juga bisa secara otomatis menyesuaikan keseimbangan.

9. Denpoo DFL-1085G

Denpoo merupakan sebuah brand yang turut menghadirkan peralatan elektronik rumah tangga untuk meningkatkan gaya hidup Sedulur. Setiap produknya dirancang agar bisa dinikmati kegunaannya secara maksimal, seperti mesin cuci front loading Denpoo DFL-1085G.

Produk dari Denpoo ini adalah mesin cuci front loading yang mempunyai kapasitas pencucian sebesar 9kg. Dengan kapasitas tersebut membuat mesin cuci ini sangat ideal digunakan untuk membantu proses aktivitas laundry.

Selain itu, dengan kapasitas 9kg juga sanggup menampun pakaian 4 sampai 5 orang anggota keluarga. Dilengkapi juga panel kontrol yang mudah dibaca, sehingga Sedulur cukup mengatur mode mencuci sesuai kebutuhan.

Dengan demikian, Sedulur dapat melakukan kegiatan lain sambil menunggu proses pencucian selesai. Mesin cuci merk Denpoo ini bisa dipakai pada tekanan air yang kecil dan mempunyai konsumsi daya sebesar 2100 watt serta dilengkapi fitur anti bakteri.

10. Electrolux EWF-755EQWA

Mesin cuci front loading Electrolux satu ini dapat mempermudah Sedulur dalam mencuci pakaian. Electrolux EWF-7555EQWA beroperasi dengan watt rendah hanya 350 watt, dimana Sedulur bisa berhemat konsumsi daya listrik sampai 70%.

Lalu, mesin cuci ini juga bisa menjaga kualitas kain batik dan hijab Sedulur yang sangat berharga.Electrolux EWF-7555EQWA hadir dengan pintu 3XL yang lebih baik, terdapat bukaan pintu 12% lebih besar yang dapat memudahkan Sedulur saat memasukkan atau mengeluarkan cucian.

Lebih besar apabila dibandingkan mesin cuci dengan pintu 2XL. Selain itu, fungsi Add Clothes mampu memberikan fleksibilitas untuk secara cepat memasukkan pakaian yang tertinggal sampai 15 menit sesudah siklus pencucian dimulai.

Dengan demikian, tidak akan ada pakaian yang tertinggal sesudah Sedulur selesai mencuci. Tidak hanya itu, mesin cuci front loading ini juga memiliki tiga opsi level kotoran yang bisa dipilih untuk menambah atau mengurangi durasi program pencucian berdasarkan tingkat kekotoran pakaian Sedulur. Dengan fleksibilitas tersebut, Sedulur tidak hanya menghemat energi dan waktu, tetapi juga memperpanjang usia pakaian Sedulur dengan meminimalkan pencucian yang berlebih.

BACA JUGA: Cara Mencuci Cardigan Rajut agar Awet dan Bebas Melar!

11. Samsung WW70T3020WW/SE

mesin cuci
Digi Trends

Mesin cuci front loading Samsung WW70T3020WW/SE mampu membersihkan pakaian dan membuat pakaian tidak mudah rusak. Berdesain modern dan canggih, mesin cuci ini mempunyai kapasitas sebesar 7kg dengan teknologi Digital Inverter.

Mesin cuci merk Samsung ini bisa menggunakan listrik jauh lebih efisien sampai 40%. Selain itu, terknologi tersebut dapat mengurangi kebisingan suara mesin sehingga tidak mengganggu penghuni rumah saat mesin cuci bekerja.

Terdapat juga fitur Quick Wash yang sanggup membersihkan kotoran dan noda dari pakaian Sedulur dalam waktu sangat singkat dan memakai energi yang lebih sedikit. Tidak hanya itu, terdapat fitur Drum Clean yang berfungsi menghilangkan kotoran dan jamur yang menumpuk di dalam drum.

Mesin cuci front loading ini bisa menyelesaikan pencucian secara otomatis, karena sudah menggunakan fitur Delay End. Dengan fitur tersebut juga dapat membantu Sedulur mengatur siklus pencucian sampai 24 jam kemudian, sehingga tidak perlu meninggalkan pakaian basah di mesin terlalu lama yang bisa menimbulkan bau apek pada pakaian.

12. Toshiba TWBH85S2N

Toshiba TWBH85S2N adalah mesin cuci front loading canggih dari brand cukup terkenal Toshiba yang bisa Sedulur jadikan pilihan untuk kebutuhan mencuci pakaian di rumah. Mesin cuci front loading Toshiba ini mempunyai teknologi terbaru yang sanggup memberikan hasil cucian lebih bersih.

Mesin cuci ini pun dirancang khusus sehingga lebih senyap dan sangat stabil saat digunakan. Dengan harga di kisaran Rp4 jutaan dan bermesin canggih menjadikan mesin cuci merk Toshiba ini cocok untuk menambah peralatan elektronik di rumah Sedulur.

Mesin cuci front loading Toshiba TWBH85S2N terinspirasi dari lukisan terkenal di Jepang “The Great Wave off Kanagawa”. Teknologi inovatif ini dinamai The GreatWaves. Teknologi tersebut dikembangkan berdasarkan Cold Wash dan Flush Wave yang mampu menghasilkan penghematan besar dan kinerja perlindungan warna untuk cucian.

13. Beko WCV 8612 X0ST

Mesin cuci ini tentu terdengar asing dan tidak familiar. Namun kualitas dan fiturnya sangat membantu dalam membersihkan baju Sedulur. Contohnya adalah SteamCure yang menyemprotkan uap panas ke dalam drum, sehingga pakaian dengan noda akan terkena bantuan pembersihan dengan uap panas.

Kotoran menjadi lunak dan makin mudah tercuci dengan semburan air mesin cuci. Berikutnya ada fitur short express, Sedulur bisa menyelesaikan cucian dalam waktu 14 menit saja menurut klaim dari Beko. Cukup untuk yang sedang terburu-buru dan mencuci sekitar 6-10 potong pakaian.

14. Sharp ESFL1073W

Unsplash

Sharp ES-FL1073W sangat ramah pemakai. Dilengkapi fitur Eco Logic System, Sharp ESFL1073W merupakan pilihan yang tepat untuk Sedulur. Karena mesin cuci Sharp terkenal dengan fiturnya yang banyak, salah satu unggulannya yaitu fitur Silent Wash yang membuat Sharp ES-FL1073W memperoleh julukan mesin cuci tidak berisik, ramah lingkungan, irit air, dan hemat daya listrik.

Sharp melengkapinya dengan teknologi yang dapat menyelaraskan konsumsi listrik, air, dan waktu untuk membersihkan sesuai dengan jumlah pakaian yang ingin Sedulur cuci. Ditambah, mesin cuci ini sudah mendukung mode Silent Wash seperti yang sudah disebutkan tadi. Bagi Sedulur yang sering terganggung dengan suara mesin cuci yang berisik, merk ini bisa jadi pilihan terbaik untukmu.

15. Panasonic NA-128XB1LNE

Panasonic merupakan salah satu brand yang cukup terkenal dan memproduksi banyak alat elektronik. Salah satu produknya adalah mesin cuci front loading seri NA-128XB1LNE. Mesin cuci tersebut hadir dengan fitur ramah lingkungan dan dibekali sensor Econavi.

Sensor Econavi dapat mendeteksi secara otomatis kondisi lingkungan di rumah dan mengoptimalkan pengoperasian di siang dan malam. Selain itu, produk ini juga memiliki kapasitas sebesar 7kg dan dibekali teknologi ActiveFoam yang dapat mengubah detergen menjadi busa halus yang akan melingkupi pakaian secara menyeluruh.

Busa berkonsentrasi tinggi tersebut dapat memaksimalkan keefektifan detergen dan hasil cucian yang jauh lebih bersih. Dari segi berat, mesin cuci ini memiliki bobot 35kg dengan dimensi 60x60x64cm. Konsumsi daya yang digunakan pada produk ini hanya 320 watt. Cukup rendah dibanding produk kompetitor lain yang di pasar setara.

Itu tadi beberapa mesin cuci mini portable terbaik yang bisa Sedulur pertimbangkan. Semoga dari daftar mesin cuci di atas, ada beberapa merk yang bisa jadi rekomendasi dan cocok bagi Sedulur. Selamat memilih mesin cuci baru, ya!