cara mencuci cardigan rajut

Berbeda dengan cardigan dari kain biasa, cardigan dengan bahan rajut perlu perawatan yang benar. Termasuk dalam cara mencuci cardigan rajut. Karena cardigan rajut yang terbuat dari benang wol perlu penanganan yang berbeda agar awet dan bertahan dalam waktu yang lama.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama bagaimana tips dan cara mencuci cardigan rajut  agar tidak menimbulkan kesalahan dan membuat cardigan cepat rusak. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak bagaimana tips dan cara mencuci cardigan rajut di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Mencuci Baju Batik Agar Warna Tidak Pudar dan Luntur

1. Jangan terlalu sering dicuci

mencuci cardigan rajut
Better Homes & Garden

Hal pertama yang perlu diperhatikan agar cardigan tidak mudah melar adalah dengan tidak mencucinya terlalu sering. Cardigan memiliki bahan pakaian yang cukup berbeda dengan baju biasa. Alih-alih membuatnya menjadi bersih, terlalu sering mencuci cardigan justru bisa membuat rajutannya menjadi melar dan rusak. Sedulur bisa melakukan pencucian cardigan rajut setelah 2 sampai 3 kali pemakaian atau bila cardigan sudah sangat kotor.

2. Rendam dahulu sebelum dicuci

Cara mencuci cardigan rajut dengan benar selanjutnya adalah dengan merendam cardigan sebentar. Ketika mencuci cardigan rajut, pastikan Sedulur merendam cardigan selama kurang lebih 5 menit saja. Terlalu lama merendam cardigan rajut justru akan membuat benang menjadi rusak. Selain itu, gunakan air hangat suam-suam kuku untuk merendam pakaian.

3. Cuci menggunakan tangan

Masuk ke tips dan cara mencuci cardigan rajut, Sedulur bisa mencuci menggunakan mesin karena memang dapat menghemat waktu dan tenaga. Namun, untuk beberapa jenis pakaian, termasuk cardigan, penggunaan mesin cuci justru bisa merusak serat kain dan rajutan cardigan. Oleh karena itu, cara mencuci cardigan rajut agar tidak berbulu adalah sebaiknya mencuci cardigan dengan tangan agar serat kainnya tidak rusak. Cara ini bisa menghindari serat cardigan keluar dan muncul bulu-bulu halus dibeberapa bagian.

4. Gunakan detergen berbahan lembut

Hal selanjutnya yang perlu Sedulur perhatikan saat mencuci cardigan rajut adalah memperhatikan jenis detergen yang digunakan. Jenis detergen atau sabun yang Sedulur pakai harus berbeda dengan pakaian biasa. Detergen untuk cardigan rajut umumnya memiliki tekstur lembut dan cair. Deterjen cair berbahan lembut ini sudah banyak dijual dan bisa dibeli dan tersedia di toko kelontong dan Aplikasi SuperAplikasi Super adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah.

5. Jangan menggosok saat dicuci

Umumnya teknik menggosok sering digunakan saat mencuci pakaian. Selain menghilangkan noda membandel, cara ini juga dipercaya membuat pengharum bisa meresap lebih cepat pada baju. Namun, hal tersebut tidak berlaku ketika Sedulur mencuci cardigan. Alih-alih cardigan jadi bersih, teknik menggosok malah bisa membuat serat rajut pada cardigan rusak dan melar. Sedulur bisa mengakali adanya noda membandel dengan menyeka lembut pada noda atau merendamnya terlebih dahulu di dalam air.

BACA JUGA: 7 Tips dan Cara Mencuci Jas yang Benar dengan Mudah

6. Hindari memeras cardigan

mencuci baju
Unsplash

Cara mencuci cardigan rajut agar tidak melar lainnya adalah dengan tidak memerasnya sebelum dijemur. Setelah selesai dicuci, Sedulur hanya perlu menggulung cardigan dan kemudian menekannya hingga air keluar. Bisa dilakukan dengan perlahan dan tidak perlu menggunakan tenaga besar. Agar lebih mudah, Sedulur bisa menggunakan handuk kering untuk mengeringkan cardigan. Caranya adalah dengan menghamparkan cardigan di dalam handuk. Kemudian, gulung cardigan dengan handuk hingga airnya keluar dan terserap handuk.

7. Jangan jemur di bawah sinar matahari

Cara mencuci cardigan rajut dengan benar yang berikutnya adalah jangan jemur langsung di bawah sinar matahari. Sebab benang pada cardigan rajut akan mudah rusak, untuk itu hindari menjemur cardigan rajut di bawah sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari akan membuat warna cardigan menjadi cepat pudar dan terlihat kusut. Selain itu, paparan matahari juga dapat membuat berbagai bahan pakaian rusak, hal tersebut disebabkan karena kandungan UV dari matahari yang berbahaya.

7. Keringkan di permukaan rata

Selain menghindari paparan sinar matahari langsung, Sedulur juga perlu melakukan teknik menjemur yang benar. Pasalnya, cardigan merupakan jenis pakaian yang menyerap air 2 kali lebih banyak dibandingkan baju biasa. Jadi sebaiknya Sedulur jangan menggantung cardigan ketika ingin mengeringkannya, cukup taruh di tempat yang permukaannya rata agar air yang berada di cardigan jatuh dan kering sendiri. Cara ini bisa membuat cardigan tetap awet dengan benang wol yang masih kuat dan bertahan lama.

8. Jangan dijemur menggantung

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya. Cardigan yang berubah menjadi lebih berat saat dicuci, membuat pakaian ini tidak boleh dijemur dengan cara digantung. Efek menjemur cardigan dengan digantung bisa cukup fatal, karena serat woll dan jahitan akan mudah longgar. Cardigan juga lebih mudah robek karena seratnya akan menjadi kaku dan tipis karena tertarik saat dijemur. Cara ini juga harus dilakukan ketika cardigan sudah kering, sebaiknya langsung dilipat dan jangan menggantungnya di lemari atau tempat penyimpanan baju.

10. Hindari pemutih pakaian

Cara mencuci pakaian cardigan rajut dengan benar yang berikutnya adalah menghindari pemutih pakaian. Benang yang digunakan untuk membuat cardigan rajut akan mudah rusak saat terkena bahan kimia. Untuk itu, hindari mencuci cardigan rajut dengan pemutih pakaian. Sebaiknya, cardigan rajut bisa dicuci menggunakan sabun bayi, yang teksturnya lebih aman dan lembut.

BACA JUGA: 7 Cara Mudah Mencuci Baju Thrift, Dijamin Bersih dan Gak Bau!

Tips Lain Merawat Cardigan Rajut

cara merawat cardigan rajut
Pinterest

Bukan hanya mengetahui tips dan cara mencuci cardigan rajut yang benar, Sedulur juga wajib tahu bagaimana tips dan cara merawat cargigan rajut agar bertahan lama. Di awal penjelasan, disebutkan bahwa tips paling awal dalam menjaga cardigan rajut adalah dengan tidak sering mencucinya. Selain itu, terdapat beberapa tips lain yang perlu Sedulur perhatikan. Tentu tujuannya agar cardigan bisa awet. Berikut ini beberapa tips yang perlu Sedulur ketahui, yaitu:

1. Setrika dengan suhu rendah

Cara mencuci cardigan rajut dengan benar yang berikutnya adalah setrika dengan suhu yang rendah. Apabila menyetrika dengan suhu panas, akan membakar benang rajutan dan membuat cardigan mudah robek. Ada baiknya menyetrika cardigan rajut dengan setrika uap.

2. Hindari penggunaan parfum langsung

Cara mencuci cardigan rajut dengan benar yang berikutnya adalah menghindari penggunaan parfum untuk cardigan rajut. Sebab parfum memiliki kandungan alkohol dan bahan kimia, yang akan membuat cardigan rajut menjadi tidak awet. Jika terpaksa ingin menggunakan parfum, semprotkan pada jarak 30 cm, supaya tidak langsung terkena cardigan rajutan.

3. Lipat pakaian rajut

Selain dengan beberapa cara di atas, Sedulur juga disarankan untuk tidak menyimpan cardigan dengan cara digantung  karena dapat membuat kain merenggang sehingga mudah melar, terutama pada bagian bahu. Sebaliknya, simpanlah cardigan di dalam lemari dengan cara dilipat rapi. Bagian ini sama dengan tips dan cara mencuci cardigan kain rajut. Tujuannya agar benangnya bertahan lama dan bisa membuat awet dan tahan lama.

Demikian tadi deretan tips dan cara mencuci cardigan rajut yang bisa Sedulur ikuti. Tips dan trik di atas tak hanya membuat cardigan kesayanganmu bebas dari melar, tapi juga awet dan tahan lama Sedulur. Semoga penjelasan di atas membantu, ya!