tips menghilangkan rasa pahit daun pepaya

Daun pepaya merupakan sayuran yang cukup menjadi favorit masyarakat di Indonesia. Meski rasanya pahit, namun daun pepaya mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Namun, rasa pahit dari daun pepaya bisa diminimalkan dengan cara pengolahan dan memasak yang benar. Jika Sedulur tertarik untuk mengetahui cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

BACA JUGA : 10 Cara Menghilangkan Jamur Pada Pakaian Paling Ampuh!

Cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya

Daun pepaya merupakan sayuran yang memiliki rasa pahit ketika dimasak. Rasanya ini memang menjadi ciri khas, tapi bagi sebagian orang sensasi ini bisa menurunkan selera makan. Jika Sedulur merupakan penggemar daun pepaya tapi dengan rasa pahit yang tidak terlalu mencolok, berikut beberapa cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya yang dapat Sedulur coba.

1. Rendam air garam

menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya
iStock

Cara pertama agar daun pepaya tidak terasa pahit adalah dengan merendamnya bersama air garam. Selain direndam, Sedulur juga dapat meremasa-remas daun pepaya dengan garam utuh hingga daun menjadi layu. Peras daun pepaya dan cuci hingga bersih kemudian rebus hingga matang dan empuk. Setelah direbus, Sedulur dapat mencucinya kembali dan memeras airnya.

Cara ini cukup ampuh untuk membuat daun pepaya tidak lagi pahit. Namun, perlu Sedulur ketahui bahwa cara yang satu ini justru dapat mengurangi dan merusak nutrisi dalam daun pepaya.

2. Rebus bersama daun jambu biji

menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya
iStock

Cara yang selanjutnya yang bisa Sedulur coba adalah dengan merebus daun pepaya bersama daun jambu biji. Untuk daun pepaya yang diambil juga harus yang muda. Begitu pun dengan daun jambu biji yang hendak direbus bersama dalam panci. Setelah semua bahan dicuci bersih, rebus daun pepaya dan daun jambu biji hingga empuk, kemudian peras airnya.

3. Rebus bersama daun singkong

iStock

Cara selanjutnya yang dapat Sedulur lakukan agar daun pepaya tidak pahit adalah dengan merebusnya bersama daun singkong muda. Rebus hingga kedua sayur matang dan empuk. Sedulur juga dapat menambahkan soda kue sedikit saja di dalam air rebusan sayur agar keduanya tetap hijau dan segar.

BACA JUGA : 7 Bahan Alami Pembasmi Serangga di Rumah Paling Ampuh!

4. Rebus dengan asam Jawa

iStock

Rasa pahit daun pepaya juga akan berkurang ketika Sedulur merebusnya bersama asam jawa. Cukup gunakan sedikit asam jawa agar daun pepaya tidak menjadi asam. Setelah daun pepaya matang dan empuk, cuci bersih daun pepaya kemudian peras. Selanjutnya Sedulur dapat memasak daun pepaya sesuai selera. 

5. Pepaya 

iStock

Buah pepaya yang sudah masak ternyata juga dapat Sedulur manfaatkan untuk menghilangkan rasa pahit pada daunnya. Berdasarkan penelitian yang dirilis Healthline, daging pepaya ternyata bisa menjadi peluruh empedu atau getah, memacu enzim pencernaan, menambah nafsu makan, antioksidan dan membuang racun. Sehingga daging buah yang diolah bersama dengan dau pepaya bisa menambah kandungan gizi daun tersebut. Di lain sisi, buah pepaya terkenal akan khasiatnya untuk menurunkan kolesterol darah yang tinggi, pengobatan sakit maag, hingga gangguan pencernaan. 

6. Gunakan perasa yang kuat

iStock

Cara selanjutnya yang dapat Sedulur gunakan untuk menurunkan kadar pahit pada daun pepaya adalah dengan mengolahnya bersama bumbu perasa atau rempah yang kuat. Bumbu bercita rasa kuat yang dapat Sedulur manfaatkan di antaranya seperti garam, gula, cabai, merica, dan lada. Dengan menggunakan bumbu yang cita rasanya tajam, maka pahit daun pepaya tidak akan mendominasi rasa masakan. Jutsru, rasa daun pepaya akan tersamarkan sehingga olahan daun pepaya semakin lezat dan nikmat tanpa rasa pahit.

BACA JUGA : Cara Menjaga Baju Putih Agar Tak Menguning, Ampuh!

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan

menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya
iStock

Meski memiliki rasa yang pahit, namun perlu Sedulur ketahui bahwa ternyata daun pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh lho. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Mengatasi gejala demam berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk ke manusia. Gejalanya mirip dengan flu biasanya yaitu seperti demam, kelelahan, sakit kepala, mual, muntah, dan ruam pada kulit. Kasus parah juga menunjukkan bahwa penyakit ini dapat menyebabkan penurunan kadar trombosit dalam darah. Kadar trombosit yang rendah dapat memicu peningkatan risiko perdarahan dan berpotensi fatal jika tidak ditangani dengan cepat. Agar hal tersebut tida terjadi, Sedulur dapat mengkonsumsi daun pepaya supaya trombosit dalam tubuh dapat terpenuhi.

2. Menyeimbangkan gula darah

Daun pepaya juga banyak digunakan dalam praktik pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit diabetes dan kadar gula darah yang tinggi. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa daun pepaya mempunyai efek antioksidan dan penurun gula darah yang kuat. Namun sayangnya, dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia agar pengujian klinis ini benar-benar kuat dan mendukung pada penggunaan daun pepaya untuk tujuan pengobatan.

3. Mendukung fungsi pencernaan

Manfaat daun pepaya bagi tubuh yang selanjutnya adalah mendukung fungsi pencernaan. Teh dan ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alternatif untuk meredakan gejala pada masalah pencernaan, seperti gas, kembung, dan heartburn. Daun pepaya mengandung banyak serat dan senyawa unik yang disebut dengan papain. Papain dikenal karena memiliki kemampuan untuk memecah protein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil, sehingga lebih mudah dicerna.

Sebuah studi yang pernah dilakukan menemukan bahwa penggunaan tambahan bubuk papain yang bersumber dari buah pepaya dapat mengurangi berbagai masalah pencernaan, termasuk sembelit dan heartburn, pada orang dengan sindrom iritasi usus besar.

Demikianlah ragkuman informasi tentang cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Daun pepaya dapat dimasak menjadi beberapa hidangan yang cocok untuk menu sahur dan juga buka puasa. Nah jika Sedulur ingin membuat olahan daun pepaya, jangan lupa untuk mempersiapkan semua bahan ya!

Sedulur dapat membeli kebutuhan memasak dan berbagai bumbu di Aplikasi Super. Ada banyak produk yang dapat Sedulur pilih dengan harga yang lebih murah dibanding pasar. Yuk langsung download dan belanja di Aplikasi Super! Dapatkan promo menarik dan gratis ongkir setiap hari tanpa minimal pembelian.