PDF adalah salah satu format dokumen yang paling disukai dan sering diminta saat kita harus mengunggah atau mengirimnya ke pihak lain. Baik untuk urusan sekolah atau pekerjaan, cara menggabungkan PDF bakal selalu terpakai. Misalnya saja, Sedulur hendak mengirimkan berkas berupa resume dan cover letter. Biasanya akan lebih ringkas bila digabung dalam satu dokumen saja, dibanding terpisah. 

Ternyata tak susah, kok. Tanpa aplikasi khusus, Sedulur bisa menggunakan aplikasi online dan offline yang mudah dipakai, cepat prosesnya, dan yang paling penting tidak dipungut biaya alias gratis. Silakan gunakan belasan tips di bawah, ya. 

BACA JUGA: Cara Buat Email Baru Lewat HP dan Laptop, Mudah Banget!

Sedulur pasti pernah menemukan tugas menggabungkan dokumen PDF yang sebelumnya terpisah. Misal hasil scan sebuah dokumen yang ternyata tidak tersimpan otomatis dalam satu file yang utuh. Atau Sedulur hendak mendaftar sebuah pekerjaan atau beasiswa yang mengharuskanmu menggabung beberapa berkas yang seharusnya dipisah dalam satu dokumen agar ringkas. Nah, ini bisa dilakukan dengan tiga jenis metode, yaitu. 

-->

Menggunakan situs online 

Ini adalah cara paling praktis dan cepat yang biasa dipilih orang. Sedulur tinggal membuka saja situs-situs yang menyediakan jasa menggabungkan PDF. Lalu, unggah dokumen yang diinginkan, pastikan sudah dalam format PDF. Tata sesuai urutan yang dimau dan terakhir unduh kembali file PDF yang sudah tergabung dalam satu dokumen tersebut. Jangan lupa untuk mengubah nama dokumen karena biasanya dokumen dari internet akan diberi embel-embel nama situs yang kamu pakai. 

Memakai aplikasi open source alias gratis 

Jika ingin kerahasiaan dan keamanan data Sedulur aman, silakan gunakan aplikasi-aplikasi open source yang tersedia luas. Aplikasi ini gratis karena dibuat oleh pihak-pihak yang tidak mengambil keuntungan komersial. Kelemahannya biasanya ada pada user interface atau desain tampilan yang tidak ramah untuk pemula atau terlihat lawas alias jadul. Namun, kalau kamu tipe yang lebih mengutamakan fungsi, silakan pilih cara ini. 

Memanfaatkan aplikasi berbayar 

Mereka berani mematok harga karena mampu menawarkan beberapa fitur yang kebanyakan tidak dimiliki situs daring dan aplikasi gratisan. Tidak hanya Misalnya combine PDF, mereka biasanya dilengkapi pula dengan fitur edit konten sehingga kamu bisa menandatangani kontrak langsung secara digital tanpa perlu cetak dan tanda tangan basah dulu. Bahkan mereka bisa mempercantik tampilan dokumen yang melalui proses scanning manual sehingga lebih jelas dan rapi. 

Berikut daftar situs dan aplikasi yang bisa Sedulur pakai untuk menggabungkan dokumen PDF. Silakan pilih sesuai kebutuhan dan preferensi. 

BACA JUGA: Ikuti 8 Cara Tercepat Ini untuk Mengubah PDF ke Word

1. ILovePDF 

menggabungkan pdf
talkhelper

Situs yang bisa Sedulur jadikan tambatan hati saat harus menggabungkan pdf adalah ILovePDF. Caranya mudah dan prosesnya cepat. Keamanan data mungkin tidak terjamin, tetapi jika berkas yang digunakan tidak seberapa penting atau rahasia, boleh pakai aplikasi online ini. Sedulur tinggal membuka laman https://www.ilovepdf.com/ dan pilih menu Merge PDF. Unggah dokumen dan tata urutannya, kemudian tinggal unduh dan ganti namanya sesuai keinginan. 

2. SmallPDF 

pormovil

Situs lainnya yang tak kalah populer adalah SmallPDF. Tampilan dan langkah kerjanya kurang lebih sama dengan situs sebelumnya. Cara menggabungkan file PDF  di sini cukup dengan membuka situs resminya di alamat https://smallpdf.com/. Kemudian, pilih menu Merge PDF dan ikuti langkahnya.

Biasanya unggah dulu dokumen yang akan digabungkan dan tata urutannya sebelum digabung dan diunduh kembali. Semuanya gratis dan prosesnya cukup beberapa detik saja masalahmu selesai. Sama dengan situs daring lainnya, mereka berjanji akan menghapus setiap dokumen yang terunggah secara berkala. Namun,  tidak ada jaminan bahwa data yang kamu unggah bakal aman dan tidak dijual kembali ke pihak ketiga. 

3. Adobe 

menggabungkan pdf
adobe

Adobe juga menyediakan situs untuk menggabungkan PDF tanpa aplikasi. Silakan akses saja tautan berikut https://www.adobe.com/sea/acrobat/online/merge-pdf.html dan unggah dokumen yang diinginkan. Silakan urutkan sesuai kebutuhan dan unduh, deh. Sangat mudah, cepat, dan tak perlu pasang aplikasi khusus. Adobe juga punya banyak fitur lain yang tak kalah lengkap dibanding dua situs sebelumnya, mulai dari mengurangi ukuran dokumen hingga convert file jpg dan Word ke PDF. Semuanya gratis, cepat, dan hasilnya nyata terpercaya. 

4. PDF Chef 

menggabungkan pdf
fcportables

Langsung pergi ke situs https://pdfchef.com/ untuk mencoba fitur menggabungkan dokumen di PDF Chef. Sama dengan situs lainnya, ia cepat dan mudah. Situsnya pun sudah secure, jadi aman dari pencurian data. Namun, tetap tak ada jaminan kalau mereka akan memanfaatkan data Sedulur lewat cookies dan lain sebagainya. Untuk menjamin kalau datamu hanya bisa kamu akses dan miliki, mereka menyediakan versi aplikasi berbayar juga. Baik untuk Windows dan Mac. 

BACA JUGA: Cara Perpanjang Sim Secara Online, Ini Syarat dan Biayanya

5. Easy PDF

easypdf

Menggabungkan file PDF online bisa lho dilakukan dengan mengakses laman https://easypdf.com/merge-pdf. Situs mereka clean dan sederhana, serta fiturnya lumayan lengkap. Selain menggabung PDF, Sedulur bisa mengubah dokumen PDF ke format lain agar mudah disunting. Termasuk pula mengurangi ukuran dokumen yang biasanya terlalu besar dan susah diunggah saat kamu mengerjakan lamaran pekerjaan. 

6. PDF Simpli 

pdfsimpli

Website PDF Simpli juga menyediakan jasa gabung PDF secara daring tanpa aplikasi khusus. Tinggal buka situsnya di browser yang biasa Sedulur pakai dan pilih fitur mana yang dibutuhkan. Mereka juga bisa mengubah dokumen non PDF menjadi PDF atau sebaliknya. Silakan buka tautan ini jika ingin menikmati fitur-fitur gratisnya tanpa harus pasang aplikasi di PC https://pdfsimpli.com/ 

7. PDF Converter 

menggabungkan pdf
freepdfconvert

Ini adalah salah satu penyedia jasa gabung dan convert PDF yang populer di dunia. Kamu bisa mengaksesnya langsung lewat https://www.freepdfconvert.com/ . Tampilannya sederhana dan dokumen bisa langsung kamu seret dan jatuhkan di kotak yang sudah tersedia untuk digabungkan.

8. PDF24 Tools 

tools.pdf24.org

Situs https://tools.pdf24.org/en/ juga bisa Sedulur hampiri saat akan menggabungkan dokumen PDF agar ringkas dan rapi. Prosesnya tergolong sangat cepat, meskipun secara tampilan situs ini terlihat lawas. Namun, demi fitur gratis dan proses yang tak bikin stres, PDF24 Tools bisa kamu tambahkan dalam Bookmarks di browser agar masalahmu cepat selesai. Sesuai namanya mereka menawarkan lebih dari 24 fitur untuk pengguna. Tanpa harus mendaftarkan email, tinggal buka situs dan pakai saat itu juga.  

9. Soda PDF 

menggabungkan pdf
sodapdf

Boleh pula menggabungkan PDF online dengan Soda PDF. Dibanding aplikasi berbayar lainnya, Soda PDF cukup murah. Versi standar alias yang termurah sudah bisa dipakai untuk kebutuhan editing termasuk menggabung dokumen yang terpisah agar lebih ringkas. Kabar baiknya, Sedulur bisa menggunakan beberapa fitur mereka secara gratis dengan mengakses tautan berikut https://online.sodapdf.com/. Tak hanya merge PDF, ada banyak fitur lain yang bisa dimanfaatkan. Prosesnya pun cepat dan sangat mudah. 

BACA JUGA: Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di Pedulilindungi, Ini Cara dari Kemenkes

10. PDFsam 

pdfsam

Untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan data Sedulur, memasang aplikasi yang bisa dipakai secara luring masih disarankan. Salah satu aplikasi menggabungkan file PDF yang bersifat open source atau gratis adalah PDFsam. Aplikasinya bisa Sedulur dapatkan di situs resmi mereka https://pdfsam.org/ . Setelah dipasang, aplikasi pun dapat langsung dipakai untuk berbagai kebutuhan. Ini salah satu aplikasi favorit pengguna Windows karena cuma-cuma dan fiturnya lumayan lengkap. 

11. PDF Merger & Splitter

microsoft

Sedulur bisa pula memasang aplikasi PDF Merge & Splitter. Khusus untuk pengguna Windows 10, ia tersedia gratis di Microsoft Store. Proses instalasinya cepat kilat dan fitur yang mereka tawarkan oke. Namun, spesifik hanya untuk memisah dan menggabungkan dokumen saja. Sedulur pun bisa mengatur urutannya dengan mudah karena tampilannya pun oke. Jika bakal sering dapat tugas menggabungkan PDF, aplikasi ini layak dipasang di PC. Bisa dipakai tanpa koneksi internet, nih.

12. Zone PDF 

menggabungkan pdf
zonepdf

Silakan buka saja situs https://zonepdf.com/ di browser apapun yang kamu pakai, kemudian pilih menu Merge PDF. Seperti biasa, silakan unggah, atur urutan, dan unduh kembali. Mereka menjamin keamanan dan kerahasiaan datamu dengan berjanji menghapus setiap dokumen terunggah dari server mereka. Zone PDF juga tersedia dalam bentuk ekstensi di Google Chrome, sehingga lebih cepat akses dan prosesnya. 

BACA JUGA: 11 Cara Hapus Background Foto Online Gratis, Mudah & Cepat

13. PDF Expert 

pdfexpert

PDF Expert adalah aplikasi yang bisa dipakai para pengguna MacOS dan iOS. Ia bisa dipasang dan digunakan di iPad, Macbook, dan iPhone tanpa kendala. Biasanya ia dipakai untuk membuka, membaca, dan mengedit sederhana dokumen seperti buku, majalah, atau hasil olahan kata lainnya. Untuk fitur tersebut, Sedulur bisa menggunakannya secara cuma-cuma. Namun, jika ingin menggabungkan dokumen PDF yang terpisah, wajib hukumnya untuk membayar biaya langganan. 

14. Wondershare PDF Element 

menggabungkan pdf
malavida

Dengan tampilan elegan dan mudah dipakai, PDF Element adalah pilihan mayoritas perusahaan besar untuk menggabungkan PDF secara offline dan aman. Aplikasi ini menggunakan sistem langganan bulanan dan tahunan. Harganya tak bisa dibilang murah, tetapi ini setara dengan berbagai fitur ciamik mereka. Selain editing dan menggabungkan PDF, mereka bisa mengekstrak data dari dokumen yang berformat PDF. Ini salah satu fitur yang menggiurkan mengingat PDF adalah format yang cukup secure, alias tak bisa sembarangan diubah dan diambil datanya dengan cepat. Semua dipatahkan dengan keberadaan PDF Element. 

15. Adobe Acrobat Reader DC 

malavida

Meski menyediakan beberapa fiturnya secara online, Adobe pun tetap memiliki versi aplikasi berbayar untuk pengguna yang ingin jaminan atas kerahasiaan data dokumen mereka. Ini mungkin penting untuk Sedulur yang memerlukannya untuk kebutuhan perusahaan atau bisnis. Adobe Acrobat Reader DC tersedia versi Standar dan Pro yang selisih harganya lumayan. Mereka mematok harga langganan bulanan yang dibayarkan per tahun. 

Itu beberapa cara menggabungkan PDF yang bisa Sedulur aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Mau yang gratis dan praktis, atau yang berbayar demi keamanan data? Silakan sesuaikan saja dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing. 

Sejauh ini, aplikasi gratis nan aman masih dipegang Aplikasi Super. Bukan buat menggabung PDF, tapi buat mengatasi rasa magermu belanja sembako bulanan. Pasang sekarang dan nikmati kemudahannya. Gratis.