setifikat vaksin tidak muncul

Sertifikat vaksin tidak muncul sering menjadi masalah bagi masyarakat pada saat sedang men-download sertifikat vaksin. Jika dokumen online tersebut tidak mau keluar, tentu saja akan menjadi kendala pada saat Sedulur melakukan aktivitas di luar rumah.

Sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, sertifikat vaksin menjadi salah satu syarat wajib untuk beraktivitas di luar rumah dan masuk ke tempat-tempat tertentu selama pandemi COVID-19. Dengan hal ini, maka kesehatan masyarakat bisa dilacak dan herd immunity dapat terbentuk secara massal dan serempak.

Lalu, bagaimana jika sertifikat vaksin tidak muncul? Langsung saja simak penjelasan yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Cek Sertifikat Vaksin Online Tanpa Aplikasi PeduliLindungi

-->

Apa itu sertifikat vaksin?

sertifikat vaksin ke 2 tidak muncul
detik

Sertifikat vaksin COVID-19 merupakan tanda bukti jika Sedulur sudah berhasil melakukan vaksinasi COVID-19. Pada umumnya, sertifikat yang satu ini tersedia dan dapat Sedulur lihat di aplikasi juga website PeduliLindungi.

Sedangkan PeduliLindungi sendiri sudah ditetapkan dan dijadikan platform yang memuat semua informasi vaksin di Indonesia. Walupun begitu, Sedulur juga bisa mendapatkan informasi tentang sertifikat vaksin ini melalui SMS atau Chatbot WhatsApp PeduliLindungi.

Sertifikat ini akan diberikan sesuai dengan tahapan vaksinasi yang Sedulur jalankan. Mulai dari tahapan 1 hingga yang ke-3 semuanya akan mendapatkan sertifikat.

Apa fungsi sertifikat vaksin?

fungsi sertifikat vaksin
tempo

Seseorang yang sudah mempunyai sertifikat vaksin COVID-19 dalam tahapan apapun akan mendapatkan akses terhadap beberapa tempat dan juga layanan publik. Yang paling vital dari sertifikat vaksin ini yaitu fakta jika pembatasan terhadap akses dan fasilitas publik berlaku untuk siapapun yang belum memilikinya.

Aturan ini adalah fakta dan sudah diresmikan oleh pemerintah. Beberapa aktivitas yang hanya bisa dilakukan jika sudah memiliki sertifikat vaksin seperti memasuki sebuah gedung, mengikuti acara tertentu, dan menaiki transportasi umum.

Bagaimana cara mengecek sertifikat vaksin?

sertifikat vaksin tidak muncul di aplikasi pedulilindungi
detik

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengecek sertifikat vaksin yang bisa Sedulur lakukan. Namun dari beberapa cara yang ada, sangat direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi karena kemudahan yang diberikan. Berikut ini langkah yang harus Sedulur ikuti.

  1. Download dan instal aplikasi PeduliLindungi
  2. Buka apps
  3. Masukkan nomor HP yang sudah Sedulur daftarkan ketika vaksinasi COVID-19 dilakukan
  4. Nantinya SMS berisi kode OTP 6 digit akan dikirimkan ke nomor tersebut
  5. Tulis kode OTP 6 digit tersebut pada kolom yang tersedia
  6. Klik opsi sertifikasi vaksin dii halaman utama aplikasi
  7. Pilih Nama dan sertifikat vaksin akan muncul
  8. Pencet tombol download di bagian kanan bawah untuk menyimpan sertifikat 

Untuk cara cek sertifikat vaksin yang tidak muncul, Sedulur bisa melihat pada nomor 7. Apabila tidak muncul, mungkin saja ada kesalahan data yang di-input

Mungkin Sedulur berpikir kenapa sertifikat vaksin tersebut tidak dicetak saja. Pasalnya, beberapa orang akan merasa lebih nyaman untuk membawa sertifikat berbentuk cetakan daripada harus menunjukkannya melalui aplikasi.

Walaupun sertifikat tersebut bisa di-download dan dicetak, namun hal tersebut tidak dianjurkan. Ditakutkan, sertifikat vaksin yang hilang akan disalahgunakan oleh orang lain. Tentu saja Sedulur tidak ingin informasi pribadinya tersebar, ‘kan?

BACA JUGA: Download Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi? Begini Cara Lengkapnya

Kenapa sertifikat vaksin tidak muncul?

bagaimana jika sertifikat vaksin tidak muncul
tribunnews

Sertifikat vaksin tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi biasanya terjadi karena penerima vaksin salah memasukkan data pribadi pada saat mengakses akun di aplikasi tersebut. Penerima vaksin baru bisa mengunduh sertifikat vaksin jika sudah memiliki akun di PeduliLindungi.

Menurut Kementerian Kesehatan atau Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi, jika sertifikat vaksin tidak muncul, itu mungkin karena Sedulur baru beberapa hari melakukan vaksinasi. Sertifikat vaksin ini, baru muncul setelah 7-10 hari setelah menerima dosis pertama vaksin.

Apabila data yang dimasukkan salah, maka bisa dipastikan sertifikat vaksin tidak dapat muncul dan dicetak. Bagi Sedulur yang mengalami kendala semacam ini, bisa langsung melapor melalui email sertifikat@pedulilindungi.id.

Apa yang harus dilakukan jika sertifikat vaksin tidak muncul?

call center
tempias

Selain melapor melalui email yang sudah disebutkan tadi, ada cara lain yang bisa Sedulur lakukan. Bila dirasa merasa pengiriman email terlalu lama, kamu bisa menghubungi call center. Berikut ini beberapa tahapan yang bisa dilakukan.

Kamu bisa mencoba untuk melakukan panggilan telepon ke call center PeduliLindungi dengan nomor 119. Kemudian sampaikan jika sertifikat vaksin ke 2 tidak muncul di PeduliLindungi. Ketika menghubungi nomor tersebut, nantinya pihak call center akan langsung mengecek data dari Sedulur. Kemudian kamu akan diarahkan menyoal solusi terkait apa yang harus dilakukan ketika sertifikat vaksin tidak keluar.

Itulah beberapa informasi terkait sertifikat vaksin tidak muncul yang perlu Sedulur pahami. Karena sertifikat yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting, maka pastikan kalau kamu memilikinya dan bisa mengaksesnya. Jika tidak, akan ada banyak aktivitas yang terganggu.

Untuk penyebab dan cara mengatasi sertifikat vaksin ke 2 tidak muncul itu juga sama seperti periode yang lain. Jadi cara di atas berlaku untuk semua periode vaksin Covid-19.