mengapa botol minum bisa berlumut

Mengapa botol minum bisa berlumut dan mudah bau setelah beberapa kali digunakan? Umumnya, penyebab botol mengalami masalah tadi karena setiap hari di isi dengan air. Selain lumut bisa menimbulkan juga lendir licin di permukaan botol. Botol minum yang berlumut tentu saja harus segera di bersihkan, jangan sampai Sedulur menunda untuk membersihkan botol karena bisa membuat kebersihan botol tidak terjaga.

Membersihkan botol minum nyatanya cukup mudah. Namun, Sedulur harus mencucinya dengan benar. Jika tidak akan timbul jamur dan lumut di dalam botol. Tumbuhnya jamur dan lumut justru sangat menggangu karena menjadikan botol menjadi tidak bersih dan rawan menimbulkan masalah kesehatan. Agar Sedulur bisa terhindar dari botol minum yang berlumut dan mudah membersihkannya di rumah. Mari simak ulasan lengkap mengapa botol minum bisa berlumut hingga cara mengatasinya berikut ini!

BACA JUGA: Cara Mencuci Buah dan Sayur Segar dengan Benar!

Penyebab Botol Berlumut dan Bau

Unsplash

Untuk menjawab pertanyaan mengapa botol tumbu lumut? Kami akan menjawabnya. Dilansir dari Verywell Living, tumbuhnya lumut biasanya dikarenakan botol tersebut dibiarkan dalam kondisi yang sangat lembap dalam waktu cukup lama. Lumut yang terdapat dalam botol pasti akan sangat mengganggu. Hal ini lantaran air yang akan diminum dari botol tersebut jadi tidak higienis lagi. Padahal air minum yang tidak higienis bisa memengaruhi kondisi kesehatan.

Selain botol berlumut, ada juga masalah sindrom botol air amis. Masalah ini umumnya disebabkan oleh beberapa hal berbeda. Penyebab yang paling mungkin adalah bakteri. Bakteri dapat tumbuh di semua jenis air, termasuk air di botol air minum. Ketika bakteri tumbuh di air, ia melepaskan gas yang disebut hidrogen sulfida. Gas inilah yang membuat air berbau amis. Jika botol air minum terbuat dari plastik, ada kemungkinan bahan kimia dari plastik larut ke dalam air dan memberikan rasa dan bau amis.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Saluran Air Mampet, Mudah dan Ampuh!

Cara Praktis Bersihkan Lumut di Botol

Pinterest

Untuk bisa mengatasi masalah botol berlumut dan bau tidak sedap, ada beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan nih. Tenang, Sedulur tidak akan mengeluarkan banyak tenaga karena trik berikut ini membantumu menghilangkan lumut dan bau pada botol dengan cepat.

1. Cuci dengan campuran baking soda

Baking soda bisa menjadi salah satu vara untuk membersihkan botol yang berlumut. Caranya cukup mudah Sedulur hanya perlu menambahkan 4 sendok makan baking soda dengan 1 liter air. Lalu tuang ke dalam botol yang akan di bersihkan. Isi hingga penuh lalu Sedulur cukup diamkan selama semalam. Setelah didiamkan selama semalam Sedulur bisa membuat larutan baking soda yang baru, buang larutan baking soda semalam lalu isi kembali dengan larutan yang baru. Sedulur tinggal menyikat bagian dalam botol hingga bersih dan bilas menggunakan air mengalir sampai botol bersih.

2. Bersihkan dengan beras

Cara selanjutnya yaitu menggunakan beras. Selain menjadi konsumsi makanan pokok sehari hari, ternyata beras bisa membersihkan lumut yang ada di dalam botol. Caranya Sedulur hanyaperlu memasukan 2 sendok makan beras ke dalam botol, lalu isi air sebannyak ¼ dari botol  yang akan di bersihkan. Lalu tutup botol dengan rapat, Sedulur hanya perlu mengocok botol tersebut selama beberapa menit. Tekstur beras yang kasar akan membantu membersihkan botol dari lumut yang menempel. Setelah itu buang beras dan airnya lalu cuci botol dengan sabun dan bilas menggunakan air hingga bersih.

3. Cuka putih

Perlu Sedulur ketahui cuka putih bisa merentokan lumut di dalam botol karena cuka putih memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Sehingga kandungan asam tersebut cukup ampuh untuk merontokan lumut pada botol. Bagai mana cara membersihkan botol dengan cuka putih Sedulur cukup mencampur air dan cuka. Perbandingan nya cukup 1:1. Lalu tutup botol dengan rapat setelah itu kocok beberapa saat. Setelah di kocok diamkan selama semalam. Besoknya Sedulur bisa membuang larutan cuka tersebut lalu membilas botol dengan air hangat hingga di rasa bersih.

4. Cuci setiap bagian botol dengan bersih

Lumut tak hanya bisa muncul pada bagian dalam botol saja. Organisme satu ini juga bisa muncul pada bagian lain seperti tutup, sedotan atau engsel penghubung botol. Untuk itu Sedulur harus memisahkan setiap bagian ini dan mencucinya sendiri. Jika tidak dipisah, air bisa saja menyelip di bagian botol seperti karet hingga membuat botol lembab dan akhirnya berlumut. Saat mengeringkan botol, biarkan bagian botol lainnya tetap terpisah hingga benar-benar kering.

5. Gunakan air hangat dan sabun

Air hangat dan sabun pencuci piring juga ampuh untuk merontokan lumut. Caranya Sedulur hanya perlu menuangkan air hangat sedikit pada botol lalu campurkan sambun pencuci piring secukupnya. Tutup botol drngan rapat lalu kocok. Diamkan beberapa saat. Setelah di rasa lumut mulai rontok buang air larutan sabun pencuci piring, sikat botol hingga bersih lalu bilas dengan air mwngalir agar busa busa di dalam botol tidak tertinggal.

6. Simpan botol dengan benar

Terakhir yang harus Sedulur perhatikan setelah berhasil mencuci botol minum dengan bersih adalah menyimpannya. Jika botol tidak segera dibilas dan disimpan dalam tempat kering, maka akan ada potensi lumut tumbuh kembali di dalam botol. Sebaiknya Sedulur menyimpan botol minum di tempat yang kering dan tidak lembab. Selain itu, jangan biarkan botol minum terkena sinar matahari langsung. Sedulur bisa menggunakan rak khusus untuk menyimpan botol minum agar tetap tertata rapi dan higienis.

Demikian tadi tips dan trik membersihkan botol dari lumut. Semoga informasi di atas bisa membantu Sedulur menjawab pertanyaan seputar mengapa botol minum bisa berlumut ya! Dengan menjaga kebersihan botol minum bebas dari lumut, maka juga akan membuat Sedulur terhindar dari masalah kesehatan dan bau pada botol. Jadi selamat mencoba tips dan trik di atas agar botol minum di rumahmu bebas dari lumut ya!