Cara mengatasi WC mampet dengan sunlight

Cara mengatasi WC mampet dengan Sunlight kerap menjadi pilihan bagi para pemilik rumah. Pasalnya, cara ini diklaim sangat ampuh mengatasi masalah WC mampet. WC mampet tentu sangat merepotkan, jika tidak segera diperbaiki akan menimbulkan banyak masalah. Lalu, bagaimana cara mengatasi WC mampet dengan Sunlight yang bisa Sedulur lakukan di rumah? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Agar Tepung Panir Nempel dan Tidak Rontok Saat Digoreng

1. Persiapkan peralatan

cara membersihkan wc mampet
iStock

Untuk mengatasi WC mampet, Sedulur bisa menyiapkan beberapa peralatan yang diperlukan, seperti satu bungkus Sunlight besar, ember, dan air. Setelah peralatan telah siap, langkah selanjutnya adalah mencampurkan Sunlight dengan air untuk membuat solusi pembersih.

Pastikan sunlight dan air tercampur dengan rata, sehingga solusi pembersih yang dihasilkan efektif dalam mengatasi masalah WC mampet. Agar campuran tercampur dengan baik, jangan lupa untuk mengaduknya secara merata. Aduk air dan sunlight sampai muncul banyak gelembung, ini menandakan bahwa kedua bahan telah tercampur secara optimal.

-->

2. Siramkan air larutan sunlight ke dalam lubang WC

cara membersihkan wc mampet
iStock

Setelah larutan siap, Sedulur bisa langsung menyiramkan air tersebut ke dalam lubang WC. Pastikan air tersebut sudah masuk tepat ke dalam WC agar bisa bekerja dengan efektif. Sedulur bisa menyiramkannya satu ember ke dalam lubang agar bisa mengatasi sumbatan dengan cepat. 

Sedulur tidak perlu khawatir untuk menambahkan banyak sunlight ke sumbatan tersebut. Setelah itu, Sedulur bisa mengambil ember berisi air bersih dan menuangkannya ke dalam WC untuk membilas dan membersihkan sisa-sisa solusi pembersih dan kotoran yang telah terlepas

3. Ulangi langkah dari awal

cara membersihkan wc mampet
iStock

Apabila WC Sedulur masih mampet setelah memasukkan air sunlight, Sedulur bisa mencoba untuk mengulanginnya beberapa kali lagi. Jadi, memang tidak ada salahnya bila Sedulur membeli banyak sunlight.

Pasalnya, sunlight merupakan bahan kimia yang relatif lebih aman dibandingkan bahan kimia yang lain. Oleh karena itu, jangan ragu gunakan sabun pencuci piring ini untuk mengatasi masalah WC mampet di rumah Sedulur. WC yang mampet bisa diatasi dengan Sunlight atau sabun cuci piring. 

Cara lain selain sunlight

iStock

Jika cara menggunakan sunlight masih belum berhasil, terdapat beberapa cara lain yang bisa digunakan dan tidak kalah ampuh. Apa saja cara yang bisa digunakan? Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi WC mampet:

1. Pemutih pakaian

Mirip dengan Sunlight, pemutih pakaian juga bisa Sedulur gunakan untuk mengatasi WC mampet dengan efektif. Pemakaian pemutih pakaian sebaiknya digabungkan dengan detergen untuk hasil yang lebih optimal.

Kombinasi kedua bahan ini dapat memecah limbah yang menyebabkan penyumbatan secara efektif. Cara menggunakannya pun sangat sederhana. Sedulur hanya perlu menuangkan 2-3 cangkir pemutih pakaian ke dalam toilet yang tersumbat, kemudian tunggu selama 1-2 menit.

Pemutih pakaian akan bekerja untuk melunakkan tumpukan kotoran yang menghalangi aliran air di toilet. Selanjutnya, tuangkan deterjen bubuk ke dalam lubang WC dan biarkan selama 10-15 menit. Deterjen bubuk akan membantu membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih terlihat di permukaan toilet.

Setelah itu, Sedulur bisa menyiram toilet seperti biasa untuk membilas dan membersihkan sisa-sisa pemutih pakaian dan deterjen bubuk yang masih ada.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan pemutih pakaian dan deterjen sebagai cara mengatasi WC mampet sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, mengikuti petunjuk penggunaan bahan kimia dengan benar, dan menggunakan perlengkapan pelindung diri seperti sarung tangan dan kacamata.

Jika penyumbatan sangat parah atau tidak bisa diatasi dengan cara ini, sebaiknya menghubungi tukang ledeng profesional untuk penanganan lebih lanjut.

2. Cuka dan soda kue

Selain pemutih, cuka dan soda kue juga terbukti ampuh untuk membersihkan berbagai permukaan, termasuk toilet. Caranya menggunakannya pun mudah. Sedulur cukup menambahkan secangkir soda kue ke toilet yang tersumbat dan tunggu beberapa menit untuk memberikan waktu reaksi.

Selanjutnya, tuangkan dua cangkir cuka secara perlahan ke dalam WC, sehingga cuka dan soda kue bereaksi membentuk gelembung. Penting untuk menuangkannya dengan hati-hati dan perlahan untuk menghindari semburan cairan.

Setelah itu, diamkan campuran soda kue dan cuka bekerja selama beberapa menit. Reaksi antara cuka dan soda kue akan membantu melunakkan tumpukan kotoran yang menyebabkan penyumbatan WC. 

Sedulur bisa memanfaatkan waktu ini untuk membersihkan bagian lain dari kamar mandi atau membersihkan alat-alat pembersih yang digunakan sebelumnya. Setelah beberapa menit, Sedulur harus menyiram WC untuk memastikan sumbatan telah hilang. 

Penyumbatan akan hilang ketika toilet mengeluarkan suara hisap yang cepat dan mengalir secara alami setelahnya. Pastikan untuk menyiram toilet dengan air cukup banyak untuk membilas sisa-sisa soda kue dan cuka yang masih ada.

Dengan menggunakan cuka dan soda kue, Sedulur dapat membersihkan toilet yang tersumbat dengan mudah dan alami. 

Namun, jika penyumbatan sangat parah atau tidak bisa diatasi dengan cara ini, sebaiknya menghubungi tukang ledeng profesional untuk penanganan lebih lanjut. Selalu ingat untuk mengikuti petunjuk penggunaan bahan kimia dengan benar dan menggunakan perlengkapan pelindung diri saat melakukan pembersihan.

3. Sedot WC

Cara mengatasi WC mampet selain menggunakan sunlight bila dilakukan dengan cara sedot WC, Lakukan cara ini dengan alat sedot WC khusus. Pastikan Sedulur sudah menggunakan sarung tangan dan alat pelindung lainnya. Kemudian, sedot WC seperti biasa secara perlahan-lahan.

Jika sudah, siram WC menggunakan air biasa. WC yang tidak mampet bisa mengalirkan air dengan lancar tanpa kendala. Ulangi langkah tersebut jika mampetnya belum teratasi sepenuhnya. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sedulur dapat mengatasi masalah WC mampet dengan sunlight secara efektif dan aman di rumah.

Namun, jika masalah masih berat, sebaiknya Sedulur hubungi tukang ledeng profesional untuk membantu menangani masalah tersebut.

BACA JUGA: 10 Cara Napas Tetap Segar Saat Puasa, Selamat Tinggal Bau Mulut!

Kelebihan Sunlight untuk mengatasi WC mampet

cara mengatasi wc mampet dengan sunlight
Sunlight

Cara mengatasi WC mampet dengan sunlight memang mudah dan praktis. Berikut ini beberapa kelebihan sunlight untuk mengatasi WC mampet:

1. Mudah ditemukan

Sunlight adalah sabun cuci piring yang biasa digunakan di rumah tangga. Sabun ini biasanya kegunaan untuk membersihkan wajan, piring, gelas, dan perabot kotor lainnya. Maka dari itu, Sedulur tidak akan kesulitan menemukannya. Sedulur bisa mencarinya Sunlight di warung-warung terdekat. Berbeda dengan bahan lainnya seperti soda api yang lebih sulit ditemukan di toko.

2. Harga terjangkau

Bukan hanya mudah  ditemukan, sunlight juga memiliki harga yang sangat terjangkau. Untuk Sunlight ukuran kecil, Sedulur bisa membelinya dengan harga Rp2 ribu di warung-warung terdekat. Harga tersebut tentunya sangat terjangkau apalagi sunlight memiliki segudang manfaat.

3. Tidak berbahaya

Sunlight adalah bahan kimia yang relatif digunakan. Tentunya ini berbeda dengan soda api yang menyebabkan kulit melepuh. Sunlight relatif lebih aman dan tidak memberikan dampak negatif terhadap kulit.  Bahkan, saat Sedulur menggunakan Sunlight untuk mengatasi masalah WC mampet, aroma harumnya akan membuat membuat kamar mandi terasa segar.

Itulah cara mengatasi WC mampet dengan Sunlight. Setelah WC sudah tidak mampet, gunakan Sunlight secara rutin sebagai pembersih toilet untuk mencegah terjadinya WC mampet kembali di masa depan. Semoga bermanfaat!

Apabila Sedulur ingin membeli dan memiliki persedian produk kebersihan seperti sabun Sunlight, bisa mencoba kulakan di Aplikasi Super. Terdapat banyak produk rumah tangga yang bisa ditemukan dengan harga terjangkau. Sedulur juga tidak perlu repot, karena setiap transaksi akan mendapatkan layanan gratis ongkir akurat diantar sampai rumah. Jadi buruan download Aplikasi Super di Google PlayStore sekarang!