masak tanpa minyak

Belum lama ini masyarakat dihebohkan dengan situasi kelangkaan minyak di seluruh penjuru Indonesia. Alhasil, harga kebutuhan pokok pun naik drastis sampai ada yang mencapai 2 kali lipat. Masyarakat pun harus mencari cara bagaimana cara memasak tanpa minyak di tengah kelangkaan minyak.

Namun, metode memasak tanpa minyak ternyata sudah ada dan cukup populer di luar negeri. Metode ini juga dianggap lebih sehat dan cocok untuk dijadikan sarana berdiet.

Lalu seperti apa dan bagaimana cara memasak tanpa minyak yang sehat? Yuk simak ulasannya di bawah!

BACA JUGA: Resep Sambal Bumbu Balado Enak untuk Berbagai Masakan

-->

Panggang atau roast

memasak tanpa minyak
Food52

Tips memasak tanpa minyak pertama adalah dengan cara panggang atau roast. Metode memasak ini hanya perlu menggunakan sedikit minyak goreng atau bahkan tidak sama sekali.

Namun, metode roasting  memiliki sedikit kelemahan yaitu proses memasak yang lebih lama. Biasanya masakan yang hendak dipanggang akan ditaruh dalam wajan anti lengket yang sudah diberi sedikit minyak. Masakan seperti daging ayam atau sapi akan berubah warna yang artinya sudah terpanggang dengan baik.

Bila Sedulur ingin mencoba memanggang sayur, hal itu juga bisa dilakukan karena metode memanggang tak hanya bisa diterapkan pada bahan masakan hewani saja.

Selain itu, tips melakukan roasting juag harus memperhatikan detail barang yang akan dimasak seperti membersihkan bahan makanan secara menyeluruh. Lalu diberi bumbu kering sebelum dimasukkan ke wajan.

Bakar atau grill

memasak tanpa minyak
Fine Dining Lovers

Metode memasak tanpa minyak selanjutnya yang bisa dicoba adalah membakar atau grill. Teknik ini sendiri sudah banyak diterapkan pada beberapa jenis kuliner khas Indonesia seperti sate, ayam bakar dan juga ikan bakar.

Menggunakan cara grill tak hanya memberikan aroma yang khas, tapi juga meningkatkan cita rasa karena proses memasak yang terkena bara api secara langsung.

Teknik membakar biasanya sangat cocok digunakan ketika memasak bahan masakan yang memiliki banyak lemak atau minyak alami seperti daging.

Bila Sedulur tertarik menggunakan metode ini, sebaiknya jangan lupa membeli segala kebutuhan baik bumbu dan bahan masakan di Aplikasi Super. Apalagi jika kebutuhan belanja bulanan sudah mulai menipis, dengan menggunakan Super semua barang pokok bisa didapatkan dengan mudah dan murah.

Jadi buruan rasakan kenikmatan belanja bulanan murah di Super dengan download aplikasinya di sini.

BACA JUGA: 10+ Olahan Telur Agar Tidak Bosan untuk Masak Sehari hari

Kukus atau steam

memasak tanpa minyak
Headtopics

Metode kukus atau steam menjadi alternatif cara memasak tanpa minyak selanjutnya. Bagi para pecinta diet, maka cara ini merupakan teknik memasak yang paling direkomendasikan.

Steam sendiri merupakan teknik yang tak hanya cocok untuk memasak sayuran, tapi juga bisa digunakan untuk memasak berbagai macam bahan masakan hewani seperti telur, daging, dan lainnya.

Cara memasak tanpa minyak seperti ini pun cukup mudah dilakukan, yakni dengan menggunakan panci yang diisi sedikit air. Lalu panaskan di atas api sedang. Didihkan air cukup lama untuk mengukus makanan.

Rebus

memasak tanpa minyak
Fimela

Ini mungkin adalah teknik memasak tanpa minyak paling populer di seluruh dunia. Metode ini sering disebut dengan merebus atau boiling.

Dilansir dari Masak Apa Hari Ini, boiling adalah cara masak dengan merebus makanan menggunakan cairan seperti air, kaldu ayam, ataupun santan. Prosesnya dimulai saat air dipanaskan mencapai suhu 100 derajat Celcius. Sehingga makanan yang direbus akan cepat matang dalam suhu tersebut.

Metode ini juga akan lebih maksimal ketika Sedulur bisa mengatur suhu panas dengan tetap. Pengaturan suhu ini bisa dengan menutup panci sehingga uap air tertahan dan menimbulkan panas. Teknik ini sering digunakan untuk memasak sup.

Poach

Poached Egg
Our Best Bites

Selanjutnya, cara memasak tanpa minyak yang nggak ribet dan mudah adalah poach. Metode ini hampir mirip dengan metode merebus atau boiling. Namun teknik ini sedikit lebih rumit karena harus mengatur jumlah air mendidih yang ada dalam panci.

Proses poaching berjalan lebih lambat karena membutuhkan suhu yang lebih rendah yakni 92 – 96 derajat Celcius. Contoh makanan yang dimasak dengan teknik poaching adalah poached egg dan berbagai protein lainnya.

BACA JUGA: 8+ Rekomendasi Minyak Sayur yang Baik Untuk Masak dan Kesehatan

Blanch

Teknik blanching memasak
Liana Kitchen

Mungkin Sedulur asing dengan cara memasak tanpa minyak satu ini. Metode ini di luar negeri disebut sebagai blanching. Dikutip dari dari The Spurce Eats, blanching adalah proses perebusan bahan masakan secara singkat untuk mempertahankan tekstur dan warnanya.

Umumnya, proses perebusan blanching dilakukan sekitar dua sampai tiga menit. Setelah direbus, sayuran direndam dalam air es untuk menghentikan proses pematangannya.

Dengan prosesnya yang sangat singkat, blanching biasanya digunakan untuk memasak berbagai macam sayuran atau daging ikan. Metode ini kurang direkomendasikan untuk memasak daging merah seperti ayam dan sapi.

Namun, dengan proses memasak yang singkat, blanching bisa membuat sayuran masak dengan tetap memiliki tekstur yang baik tanpa menghilangkan nutrisi dan rasanya.

Tumis atau sauteing

Teknik saueting
Cooking for Keeps

Tips memasak tanpa minyak selanjutnya adalah dengan cara tumis atau sauteing. Seperti dikutip dari Masak Apa Hari ini, saute adalah proses menggoreng makanan dengan sedikit minyak. Bila tidak ada minyak, cara ini juga bisa berhasil dengan memanfaatkan dua sendok air dan tambahan bawang.

Biasanya metode tumis menggunakan wajan datar anti lengket agar semua bahan masakan yang ditumis tidak menempel. Proses memasak dengan teknik ini perlu memperhatikan suhu agar bahan masakan yang diolah bisa matang maksimal.

Air fryer

Cara memasak air fryer
BBC Good Food

Cara memasak tanpa minyak terakhir dengan menggunakan Air Fryer. Air fryer sendiri adalah alat penggorengan modern yang secara efektif dapat memotong sebanyak 80% lemak karena dilakukan tanpa atau sedikit menggunakan minyak.

Sementara itu, menurut Philips Indonesia, metode air fryer merupakan cara menggoreng sehat karena memanfaatkan udara panas yang dikeluarkan alat tersebut.

Menggunakan air fryer ada banyak jenis makanan yang bisa dibuat. Beberapa diantarannya telur goreng, daging, sampai sayuran.

Selain menghemat jumlah minyak yang digunakan, hasil makanan yang digoreng menggunakan air fryer pun cenderung lebih renyah dibanding menggoreng dengan banyak minyak.

Penggunaan air fryer juga sering digunakan untuk menggantikan microwave. Karena dengan memanfaatkan udara panas yang dihasilkan air fryer, masakan bisa dipanaskan secara lebih cepat.

Namun, ada jenis makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan menggunakan air fryer. Makanan yang dimaksud adalah jenis makanan yang berbahan dasar cairan, menggunakan saus yang banyak, atau makanan yang direbus.

Demikian tadi beberapa metode dan cara memasak tanpa minyak yang bisa Sedulur coba di rumah. Cara di atas semoga bisa membantu di tengah harga minyak yang tinggi dan cukup langka.

Walaupun tidak semua bahan masakan bisa dimasak tanpa minyak, setidaknya cara di atas bisa membuat Sedulur tidak pusing lagi. Bagaimana tertarik mencobanya di rumah?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!