cara melacak hp

Berkat perkembangan teknologi dan merebaknya internet ke berbagai aspek di kehidupan, melacak HP hilang menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Di era sekarang, handphone (HP) atau smartphone merupakan salah satu barang yang wajib dimiliki setiap individu dan selalu dibawa kemana pun. Sampai-sampai, apabila pergi keluar tanpa membawa HP, rasanya seperti ada sesuatu yang mengganjal. Terlebih lagi kalau HP kita sampai hilang, wah, panik banget tuh pasti!

Eits, tapi jangan khawatir, melacak HP hilang itu tidak sesulit yang Sedulur bayangkan, kok. Dengan teknologi sekarang, melacak HP yang hilang dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai layanan yang tersedia di HP Sedulur. Ingin tahu caranya? Baca terus diskusi berikut sampai selesai, ya!

BACA JUGA: 9 Cara Menghasilkan Uang dari Internet, Bisa Cuan Modal Hp

Cara gampang melacak HP hilang

melacak hp hilang
Pexels

Mau tidak mau, kita harus mengakui bahwa smartphone telah menjadi bagian yang signifikan bagi hidup kita. Pasalnya, piranti tersebut menyimpan berbagai data pribadi seseorang. Data yang disimpan pun dapat bermacam-macam, seperti foto-foto kenangan, kontak teman dan kolega, histori percakapan teks, sampai catatan-catatan penting dan konfidensial yang pernah kita tulis.

-->

Maka dari itu, sangatlah wajar apabila reaksi pertama dari Sedulur ketika kehilangan smartphone adalah panik sejadi-jadinya. Namun kenyataannya, panik saja tidak akan membantu Sedulur untuk mendapatkan kembali smartphone kesayangan. Tenangkan diri terlebih dahulu, dan coba ingat baik-baik kapan terakhir kali Sedulur memegang smartphone. Bisa jadi, perangkat tersebut tidak hilang, tetapi hanya terselip di samping kasur atau tertinggal di tempat tak terduga lainnya.

Apabila Sedulur sudah sangat yakin kalau smartphone tersebut hilang, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Cara Membersihkan Casing HP yang Menguning Jadi Baru

1. Melacak HP yang hilang ketika dalam keadaan mati

melacak hp hilang
Popular Science

 

Kemalangan dapat terjadi kapan saja, terhadap siapa saja. Kehilangan smartphone tentunya juga termasuk sebagai kemalangan. Ketika sudah hilang, kita tidak tahu pasti apakah gawai tersebut dalam keadaan nyala atau mati. 

Asumsikan bahwa smartphone tersebut mati, kita tetap dapat melacaknya, kok. Sebelumnya, pastikan bahwa aplikasi Google Maps telah terpasang pada smartphone.

  • Buka Google Maps melalui komputer atau smartphone lain yang tersedia.
  • Pilih opsi “Tambah Akun”.
  • Kemudian masukkan alamat email yang tertaut pada smartphone yang hilang tersebut.
  • Masukkan kata sandi dan pilih “Saya Setuju”.
  • Lalu tekan ikon segitiga kecil pada bagian kiri atas halaman Google Maps.
  • Pilih “Linimasa”.
  • Google Maps pun akan memberikan histori informasi lokasi terakhir dimana smartphone yang hilang tersebut berada.

2. Melacak HP hilang dengan IMEI

melacak hp hilang
medcom.id

International Mobile Equipment Identity (IMEI) merupakan istilah dari serangkaian nomor identitas khusus yang diciptakan untuk mengidentifikasi sebuah HP. Biasanya, IMEI terdiri dari 14 digit dengan tambahan digit ke-15 yang memverifikasi ulang keseluruhan angka tersebut.

Setiap HP dibuat dengan nomor IMEI-nya masing-masing. Nomor itu dapat digunakan untuk memeriksa bermacam-macam informasi yang ada dalam HP, mulai dari asal region HP tersebut dibuat, asal pabrik, dan juga seri model HP. Karena berfungsi sebagai identitas, IMEI juga dapat digunakan untuk memblokir akses HP ke jaringan operator seluler mana pun ketika hilang atau dicuri.

Langkah-langkah melacak HP yang hilang dengan IMEI tergolong mudah. Tetapi, Sedulur harus terlebih dahulu mencari tahu berapa rangkaian nomor IMEI HP Sedulur.

  • Masuk ke fitur panggilan dalam HP.
  • Hubungi *#06#, kemudian nomor IMEI akan langsung muncul di layar.
  • Atau, Sedulur bisa menemukan nomor IMEI di fitur pengaturan, kemudian pilih “Tentang Ponsel”, dan informasi tentang IMEI akan tertera pada layar.

Dengan memanfaatkan nomor IMEI, Sedulur dapat meminta bantuan dari pihak kepolisian untuk melacak keberadaan HP yang hilang. Pihak operator seluler pun dapat dimintai bantuan untuk melakukan pelacakan.

BACA JUGA: 6 Cara Cek IMEI Iphone Resmi dengan Mudah & Cepat

3. Melacak HP hilang dengan nomor HP

melacak hp hilang
The Jakarta Post

Cara mudah lainnya untuk melacak lokasi HP yang hilang adalah dengan memanfaatkan nomor HP. Hal ini hampir mirip dengan cara pertama yang telah dibahas, dengan menggunakan Google Maps. 

Sebagai salah satu aplikasi navigasi favorit banyak orang, Google Maps mampu memberikan informasi terkini mengenai lokasi perangkat yang dipasang aplikasi tersebut. Seperti cara sebelumnya, pastikan Google Maps telah terpasang pada HP.

  • Buka aplikasi Google Maps, kemudian pilih “Pengaturan”.
  • Setelah itu, pilih “Daftar Teman”.
  • Pada bagian tersebut,  masukkan nomor HP yang hilang.
  • Pilih nomor HP-nya, dan lokasi terakhir keberadaan HP tersebut akan tertera pada layar.

4. Melacak HP hilang dengan WhatsApp

Pexels

Alternatif lain yang bisa dicoba untuk mengetahui posisi smartphone yang hilang adalah dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger. Aplikasi sosial yang dikembangkan Meta (dulunya Facebook) ini dapat membantu kita untuk menemukan lokasi smartphone.

Hampir setiap orang memiliki akun WhatsApp, terlebih di Indonesia, setidaknya terdapat 68,8 juta pengguna aktif per Januari 2022. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika menggunakan WhatsApp untuk melacak smartphone yang hilang.

  • Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp, kemudian cari nomor yang tertaut pada smartphone yang hilang tersebut.
  • Setelah menemukan nomornya, masuk ke ruang obrolan pada nomor itu.
  • Pilih ikon lampiran, dan bagikan lokasi terkini kita kepada nomor smartphone yang hilang.
  • Jangan lupa, atur waktu berbagi lokasi yang paling lama, yaitu 8 jam.
  • Kemudian kembali ke ruang obrolan, dan kita akan melihat bahwa lokasi yang sudah dibagikan kepada nomor smartphone yang hilang.

Setelah langkah-langkah tersebut berhasil dilakukan, selanjutnya adalah meng-klik lokasi yang telah dibagikan. Pada kotak opsi, pilih bagian yang bertuliskan melihat lokasi terkini. Maka secara otomatis smartphone penerima akan mengetahui lokasi kita. Lalu, tinggal pilih dapatkan arah lokasi dan masuk ke Google Maps atau aplikasi navigasi lain. Maka Google Maps akan mengarahkan kita ke lokasi smartphone yang hilang tersebut.

BACA JUGA: Cara Pindahkan WA ke HP Baru: Persiapan & Langkahnya

5. Melacak HP hilang dengan Gmail

Search Engine Journal

Gmail merupakan aplikasi gratis untuk bertukar email yang lazim digunakan banyak orang. Layanan yang disediakan oleh Google tersebut ternyata juga dapat mengetahui posisi HP Sedulur yang hilang, loh!

Perlu diperhatikan ketika Sedulur ingin mencoba melacak HP yang hilang, Sedulur sebaiknya menggunakan Gmail pada laptop. Langkah pertama yaitu mengetik alamat email yang tertaut pada HP yang hilang.

  • Masukkan kata sandi akun email, setelah berhasil masuk, pilih ikon dengan titik sembilan pada sisi atas kanan.
  • Masuk ke “Akun Google”, scroll sampai ke halaman bawah.
  • Lalu pilih “Temukan Ponsel Anda”.
  • Pilih perangkat HP yang hilang, dan tekan opsi “Temukan”.
  • Kemudian secara otomatis Sedulur akan dialihkan ke Google Maps untuk melacak keberadaan HP tersebut.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan ketika ingin mencoba solusi ini adalah memastikan HP yang hilang tersebut memiliki daya baterai yang cukup untuk tersambung ke internet guna memberikan lokasi akurat.

6. Melacak HP hilang dengan GPS

melacak hp hilang
Travel Wanderlust

GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System. GPS merupakan sistem satelit navigasi global yang menyediakan sinkronisasi lokasi, kecepatan, dan juga waktu sebuah perangkat.

Terdapat dua pilihan mirip namun berbeda dalam melacak HP yang hilang dengan GPS. Apabila HP yang hilang menggunakan sistem Android, maka kita dapat mengunduh aplikasi Google Find My Device melalui Google Play.

  • Buka aplikasi Google Find My Device melalui HP lain yang tersedia atau browser internet di perangkat manapun.
  • Masukkan alamat Gmail yang terhubung dengan HP yang hilang.
  • Apabila berhasil, Google Maps akan secara otomatis menunjukkan lokasi terakhir dari HP tersebut.

Kabar baiknya, apabila HP dalam keadaan mati, kita tetap dapat memanfaatkan fitur “Putar Suara” untuk membunyikan HP dari jarak jauh. Meskipun dalam mode senyap atau getar, HP akan tetap berbunyi dan menyala. 

Google Find My Device untuk perangkat Android juga dapat diatur untuk secara otomatis menghapus data-data dalam perangkat tersebut. Jadi, kita setidaknya akan sedikit merasa lega akan privasi dan keamanan data personal apabila HP tersebut ditemukan dan diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Lalu, bagi pengguna iOS, Find My iPhone juga memiliki fitur yang sekilas sama dan sudah secara otomatis tersedia dalam perangkat. Cara untuk menggunakannya pun sangat sederhana.

  • Buka aplikasi Find My iPhone, atau kunjungi melalui browser.
  • Masukkan Apple ID yang tertaut pada HP yang dicari.
  • Pilih “Directions” untuk menunjukkan lokasi HP tersebut.

Fitur “Play Sound” juga dapat dimanfaatkan oleh pengguna iOS untuk membunyikan suara dari jarak jauh, walaupun sebenarnya diperlukan daya baterai yang cukup untuk melakukan fitur tersebut. “Erase This Device” juga dapat digunakan untuk menghapus data pribadi yang ada dalam perangkat.

BACA JUGA: 10 Cara Mudah Melacak Nomor HP Tidak Dikenal, Langsung Ketemu!

7. Melacak HP hilang dengan akun khusus

Kompas Tekno

Beberapa pabrikan smartphone ternama juga memberikan fasilitas khusus untuk membantu penggunanya dalam menemukan piranti yang hilang. Seperti Xiaomi, pengguna dapat memanfaatkan situs Xiaomi Cloud pada browser laptop untuk mengetahui lokasi smartphone yang hilang. 

Langkahnya pun sangat gampang. Pengguna tinggal masuk ke akun Mi Cloud, masukkan data smartphone, dan kata sandi. Kemudian opsi “Find Device” akan muncul pada layar untuk menunjukkan lokasi.

Raksasa teknologi dari Korea Selatan, Samsung, pun tidak mau kalah dengan menyediakan layanan Find My Mobile. Masuk ke layanan tersebut, dan Samsung akan memberitahu informasi lokasi, jaringan yang terhubung, serta sisa baterai pada perangkat.

8. Melakukan antisipasi sebelum HP hilang

iStock

Setelah mengetahui beberapa pilihan solusi ketika HP hilang, dapat disimpulkan bahwa cara yang terbaik untuk mengatasi musibah tersebut adalah dengan melakukan antisipasi. Sebagai pengguna HP yang bijak, persiapkan kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi pada HP Sedulur. Mencari tahu nomor IMEI, menyalakan sistem GPS pada HP, memasang Google Maps dan mengaktifkan histori lokasinya, ataupun mengatur Google Find My Device di perangkat Android atau Find My iPhone pada iOS.

Kita semua tidak ada yang tahu kapan kemalangan akan menimpa kita. Maka dari itu, dengan melakukan tindakan antisipasi sebelum HP hilang, kita dapat meminimalisir kemungkinan terburuk yang dapat terjadi pada perangkat, data pribadi, ataupun diri kita sendiri. Tidak perlu panik apabila sudah terlanjur hilang. Dengan menggunakan cara-cara di atas tadi, kita dapat dengan mudah melacak hp hilang.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!