makanan sehat buka puasa

Setelah seharian berpuasa, saat berbuka tentu perasaan haus, dahaga dan lapar akan tuntas hilang. Saat buka puasa, Sedulur akan menyantap makanan yang dapat menghilangkan haus, dahaga dan rasa lapar. Namun, Sedulur juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat buka puasa agar kondisi badan tetap sehat dan prima. Salah satu pilihan yang bisa diambil adalah dengan menyiapkan makanan sehat buka puasa.

Ada beberapa makanan sehat buka puasa yang direkomendasikan untuk Sedulur agar kesehatan Sedulur tetap terjaga. Beberapa kandungan makanan sehat seperti serat, protein, karbohidrat, dan mineral harus terpenuhi dengan cukup saat berbuka puasa. Supaya Sedulur tidak bingung dan bisa menentukan makanan sehat yang tepat untuk hidangan berbuka, simak beberapa rekomendasinya berikut ini ya!

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan Tinggi Kalori untuk Anak

1. Buah kurma

makanan sehat buka puasa
iStock

Makanan sehat buka puasa pertama yaitu kurma. Saat bulan puasa, buah kurma bisa Sedulur temui dengan mudah di pasar atau supermarket. Konsumsi kurma saat bulan puasa sangat baik karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kurma mengandung karbohidrat sederhana yang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh setelah seharian berpuasa. Kurma juga mengandung kalori, serat, protein, serta vitamin B6 yang sangat baik untuk kandungan tubuh.

Kandungan serat pada buah kurma juga bisa membuat Sedulur merasa kenyang lebih cepat sehingga Sedulur tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan.

2. Telur rebus

iStock

Rekomendasi makanan sehat buka puasa selanjutnya yaitu telur. Telur menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung protein cukup tinggi. Dengan mengonsumsi telur saat berbuka puasa, Sedulur akan merasa kenyang lebih cepat sehingga bisa mengatur porsi makan malam agar tidak berlebihan.

Telur juga mengandung banyak nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh. Sehingga Sedulur tidak akan kekenyangan dan terhindar dari makanan berlebih saat berbuka puasa.

3. Pisang

makanan sehat buka puasa
iStock

Pisang merupakan buah-buahan yang masuk dalam rekomendasi makanan sehat buka puasa. Buah pisang mengandung berbagai nutrizi dan gizi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, mulai dari gula alami hingga kandungan serat yang terdapat dalam pisang.

Jika sebelumnya Sedulur belum terpikirkan untuk mengkonsumsi pisang sebagai menu buka puasa. Sedulur bisa mencoba sesekali dengan dipadukan buah-buahan lain seperti apel, jeruk, mangga dan lain sebagainya.

4. Ikan berlemak

iStock

Ikan berlemak cocok sebagai menu buka puasa sehat untuk keluarga. Ikan adalah sumber protein dan vitamin B yang bisa membantu untuk mengembalikan energi setelah berpuasa selama satu hari. Ikan seperti salmon, tuna, atau sarden menjadi jenis ikan yang mengandung lemak omega 3 sehingga baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja.

Selain ikan laut, Sedulur juga bisa mengkonsumsi ikan air tawar, seperti ikan mas misalnya. Tentu dimask dengan cara sehat, seperti dibuat kuah atau dibumbu tanpa harus digoreng. Kurangi penggunaan minyak berlebih pada makanan merupakan kunci menu sehat saat buka puasa.

5. Sayuran hijau

makanan sehat buka puasa
iStock

Setiap jenis sayuran tentu saja sangat menyehatkan. Karena sayuran mengandung nutrisi yang tinggi, terutama kandungan serat yang tinggi dan baik untuk sistem pencernaan. Saya satu rekomendasi terbaik sayuran hijau untuk menu buka puasa sehat yaitu sayur kale dan bayam

Hal tersebut disebabkan karena kandungan protein dan antioksidan di dalamnya yang baik untuk mengembalikan energi yang menipis karena berpuasa seharian. Sedulur juga bisa mencoba menjadkan sayuran hijau sebagai salad yang disajikan dengan lauk sehat.

BACA JUGA: Resep Makanan Sehat untuk Diet dan Pemambah Imun

6. Daging ayam

iStock

Daging ayam, terutama bagian dada tanpa kulit merupakan makanan sehat yang bisa Sedulur jadikan sebagai menu buka puasa. Sedulur bisa memasaknya dengan cara dipanggang atau direbus, bisa disajikan dengan kentang rebus sebagai teman santap ayam saat buka puasa.

Lebih nikmat jika Sedulur menyantapnya dengan salad dari sayuran hijau dan minuman menyehatkan seperti jus buah-buahan atau juga susu misalnya.

7. Buah alpukat

makanan sehat buka puasa
iStock

Selain buah pisang, rekomendasi makanan sehat berbuka puasa yang Sedulur bisa santap yaitu buah alpukat. Hal tersebut disebabkan karena buah alpukat merupakan salah satu buah-buahan yang mudah dicerna oleh lambung dan usus.

Ditambah lagi, kandungan gizi yang terdapat di dalam buah alpukat adalah serat, karbohidrat dan protein untuk menunjang kesehatan tubuh. Maka dari itu, buah alpukat bisa jadi salah satu rekomendasi menu buka puasa sehat untuk Sedulur.

8. Kacang-kacangan

Depositphotos

Rekomendasi makanan sehat untuk berbuka puasa selanjutnya yaitu kacang-kacangan. Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki rasa yang sangat renyah dan kaya akan nutrisi, mineral, magnesium dan vitamin E.

Untuk Sedulur yang tidak menyantap olahan daging (vegetarian), kelompok makanan ini sangat tepat untuk memenuhi protein dari nabati. Makanan ini juga bisa jadi rekomendasi untuk buka puasa yang menyehatkan.

9. Daging sapi tanpa lemak

makanan sehat buka puasa
Pillar

Daging sapi tanpa lemak juga bisa jadi rekomendasi Sedulur sebagai menu buka puasa sehat. Menu ini juga merupakan salah satu makanan yang jadi pilihan saat diet. Bagian daging tanpa lemak mengandung protein, zat besi, vitamin, mineral, zinc dan vitamin B12.

Lebih baik lagi, Sedulur bisa memasak daging sapi dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang. Hindari juga konsumsi daging dengan bagian-bagian lemak yang tinggi. Karena hal tersebut dapat membuat Sedulur kelelahan setelah buka puasa.

Kandungan lemak dalam sapi bisa meningkatkan kolesterol jika diolah dengan cara yang tidak sehat. Untuk berbuka puasa, disarankan dengan diolah direbus atau dikukus agar semakin sehat.

10. Kentang

Klik Dokter

Kentang rebus bisa jadi salah satu rekomendasi menu sehat untuk berbuka puasa. Kandungan karbohidrat dalam kentang sangat tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat di dalam tubuh yang tidak terisi selama pasa.

Selain itu, kentang juga mengandung vitamin B1, vitamin B9, vitamin C, dan vitamin B6. Olahan kentang dengan cara direbus atau dikukus agar tidak menghilangkan gizinya. Sedulur juga bisa mengkonsumsi kentang dengan makanan lain seperti daging sapi, daging ayam dan telur.

11. Susu

makanan sehat buka puasa
Depositphotos

Salah satu minuman susu yang menyehatkan untuk buka puasa yaitu susu. Selain susu, Sedulur juga bisa mengkonsumsi makanan dari produk olahan susu lainnya. Karena susu dan segala produk olahannya merupakan sumber nutrisi untuk memenuhi segala kebutuhan.

Susu banyak mengandung vitamin, mineral, protein hewani, dan lemak baik. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Untuk memperoleh nutrisi tersebut, Sedulur dapat mengkonsumsinya secara langsung atau melalui produk olahannya, seperti keju, yoghurt, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Pilihan Jenis Makanan Sehat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

12. Smoothies

iStock

Rekomendasi menu sehat terakhir yang bisa jadi rekomendasi buka puasa Sedulur adalah smoothies. Smoothies adalah minuman yang memiliki kandugan serat rendah, sehingga mudah untuk dicerna oleh tubuh.

Selain itu, ketika meminum smoothies untuk membatalkan puasa akan terasa sangat menyegarkan. Selain susu, minuman sehat dan menyegarkan yang bisa jadi rekomendasi Sedulur adalah smoothies. Dijamin menyehatkan!

Daftar makanan yang perlu dihindari saat berbuka

makanan sehat buka puasa
iStock

Jika daftar makanan di atas merupakan menu sehat yang disarankan untuk dikonsumsi, terdapat beberapa daftar makanan yang perlu dihindari saat berbuka. Berikut ini beberapa daftar makanan yang dihindari saat berbuka, yaitu:

1. Makanan pedas

Mengkonsumsi makanan pedas saat kondisi perut dalam keadaan kosong dapat menyebabkan rasa mulas serta sakit perut. Cabai merupakan salah satu unsur penting dalam olehan makanan pedas.

Di dalam cabai terkandung senyawa capsaicin yang bisa mengiritasi dinding lambung ketika perut dalam keadaan kosong. Selain itu, capsaicin juga dapat membuat usus besar tidak dapat menyerap air secara maksimal.

2. Minuman bersoda

Minuman bersoda jika diminum saat perut kosong akan menimbulkan gangguan pada pencernaan. Kandungan asam berkarbonasi pada minuman tersebut ketika bercampur dengan asam lambung dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti mual dan perut kembung.

Minuman bersoda juga dapat meningkatkan risiko terkena obesitas, diabetes dan penyakit kardiovaskular ketika dikonsumsi scara rutin dalam waktu jangka panjang.

3. Buah asam

Sebaiknya menghindari memakan buah-buahan yang bersifat asam ketika berbuka puasa tiba. Walaupun buah merupakan makanan yang sehat dimakan, akan tetapi buah asam tidak tepat jika dikonsumsi sewaktu berbuka.

Jika dikonsumsi ketika keadaan perut kosong makan akan meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan ketidaknyamanan di daerah lambung dan dada. Selain itu juga dapat menyebabkan diare, karena buah-buahan asam dapat memicu gas di dalam perut dan menyebabkan tekanan di dalam sistem pencernaan.

4. Kopi

Meminum kopi saat perut dalam keadaan kosong dapat menimbulkan peningkatan asam lambung. Selain itu, kopi juga dapat memicu dehidrasi karena memiliki efek diuretik. Ketika kopi dikonsumsi langsung sewaktu berbuka maka akan merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan dan dapat menyebabkan gastritis pada beberapa orang.

5. Gorengan

Kandungan minyak yang terdapat pada makanan gorengan dapat menjadikan makanan sulit dicerna oleh tubuh, sehingga membuat gorengan kurang baik untuk tubuh. Makan gorengan misalnya seperti bakwan, tempe goreng, ayam goreng atau kentang goreng.

6. Minuman dingin

Mengkonsunsi minuman dingin ketika berbuka puasa pastilah menyegarkan. Padahal, meminum minuman dingin saat perut dalam keadaan kosong dapat merusak selaput lendir dan memicu kontraksi pada lambung.

 Hal itu disebabkan karena lambung baru saja menerima cairan dengan suhu yang jauh berbeda dari suhu tubuh. Berbeda dengan minuman hangat yang malah dapat memperlancar proses pencernaan makanan dan meningkatkan metabolisme.

Nah itulah daftar makanan sehat buka puasa yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Santap sahur nikmat dengan makanan-makanan sehat, tidak akan mengurangi kenikmatan dan keberkahan buka puasa. Selain berkah menjalani ibadah, tubuh pun akan tetap sehat dengan konsumsi makanan di atas.

Untuk mendapatkan stok makanan sehat dan berkualitas, Sedulur bisa beli di Aplikasi Super. Di Aplikasi Super Sedulur bisa mendapatkan berbagai bahan kebutuhan makan yang higienis dan menyehatkan. Karena setiap barang yang dijual di Aplikasi Super memiliki kualitas yang terjamin.

Selain itu juga, Sedulur bisa belanja dengan sangat mudah, hanya melalui aplikasi dan tinggal tunggu pesanan datang di depan rumah. Sangat mudah dan membuat Sedulur bisa untuk melimpah.

Yuk, cek Aplikasi Super sekarang dan langsung belanja kebutuhan sehari-hari Sedulur. Jangan lupa juga download aplikasinya segera bagi Sedulur yang belum memilikinya.