kuah tom yam instan

Tom yam merupakan kuah khas Thailand dengan rasa asam, manis, pedas dan segar. Sehingga memberikan rasa dan sensasi yang khas. Saat ini tersedia banyak rekomendasi kuah tom yam instan yang bisa jadi pilihan Sedulur.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas daftar rekomendasi kuah tom yam instan terbaru tahun 2023 yang bisa jadi pilihan Sedulur. Agar Sedulur bisa membuat berbagai macam makanan kuah dengan bumbu tom yam yang nikmat.

BACA JUGA: 10 Jenis Kuah Ramen yang Enak yang Harus Kamu Coba!

Apa itu kuah tom yam?

iStock

Sedulur mungkin tahu dan pernah merasakan kuah tom yam, namun apakah Sedulur tahu arti dari tom yam itu sendiri? Kata ‘tom’ sendiri mengacu pada proses memasak dan merebus khas Thailand. Sementara itu, ‘yam’ sendiri merupakan bumbu kaldu khas Thailand.

-->

Bahan yang digunakan untuk membuat kaldu ini berupa bahan-bahan segar, seperti serai, lengkuas, daun jeruk purut, air jeruk nipis, kecap ikan, dan bubuk cabai. Oleh karena itu, berbagai merk bumbu tomyam instan yang enak biasanya mengandung bahan-bahan tersebut.

Banyak masyarakat Indonesia yang menyukai kuah bumbu ini. Hal tersebut disebabkan karena citarasa dari kuah tom yam sendiri cocok dengan lidah Indonesia dan tidak jauh berbeda dengan budaya masak masyarakat Indonesia.

Wajar jika kuah tomyam sangat disukai di Indonesia. Setelah mengetahui informasi dasar dari kuah khas Thailand di atas, lantas apa saja rekomendasi dari kuah tom yam instan yang bisa Sedulur beli dan pilih untuk dinikmati? Yuk mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini.

1. Mae Ploy Tom Yum Paste

kuah tom yam instan
Thai Food

Rekomendasi kuah tom yam instan pertama yaitu Mae Ploy Tom Yum Paste. Bumbu kuah instan ini wajib Sedulur coba bagi yang ingin citarasa tom yam yang otentik. Produk ini merupakan produk asli dari Thailand yang diimpor langsung ke Indonesia.

Bumbu kuah tom yam instan ini terbuat dari rempah-rempah, hal tersebut yang membuatnya menghasilkan cita rasa tinggi sehingga sangat mudah untuk dinikmati. Jangan khawatir, produk ini sudah mengantongi sertifikasi halal internasional, jadi aman bagi umat muslim di Indonesia.

Bumbu kuah tom yam instan ini bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp13.000 untuk ukuran 50 gram. Sangat ekonomis dan praktis untuk Sedulur coba dalam masakan di rumah.

2. Knorr Tom Yam Paste

My-Best

Rekomendasi bumbu kuah tomyam instan selanjutnya yaitu Knorr Tom Yam Paste. Bumbu instan ini wajib jadi pertimbangan Sedulur untuk dicoba. Karena bumbu ini adalah bumbu instan yang dapat digunakan untuk porsi yang sangat besar.

Bukan hanya itu, Knorr Tom Yam juga memiliki kelebihan, yaitu memberikan rasa tradisional khas Thailand yang otentik. Bagi Sedulur yang pernah mencicipi langsung bumbu tom yam langsung di Thailand, tentu akan merasakan kenikmatan dari bumbu instan satu ini.

Cara pakai bumbu ini juga sangat mudah. Pasalnya bumbu ini merupakan bumbu tomyam instan yang bisa digunakan oleh siapapun. Sedulur bisa membeli bumbu tomyam instan ini dengan kisaran harga Rp275.000 untuk setiap 1.5 kilogram.

3. Kanokwan Tom Yum Paste

kuah tom yam instan
Thai Good

Rekomendasi kuah tom yam instan di tahun 2023 ini yaitu Kanokwan Tom Yum Paste. Bumbu instan ini merupakan bumbu asli dari Thailand yang terbuat dari komposisi gula, garam, rempah, minyak nabati, serai, serta pengatur keasaman.

Produk ini dikemas dalam sachet dengan berat bersih 30 gram yang bisa digunakan untuk membuat 480 ml atau sekitar 2-3 porsi tomyam. Kanokwan Tom Yum Paste merupakan kuah tom yam instan yang bisa Sedulur beli melalui e-commerce dan harganya 18 ribuan rupiah.

4. Finna Bumbu Tom Yum

My-Best

Rekomendasi selanjutnya yaitu Finna Bumbu Tom Yum, kuah tom yam instan ini terbuat dari rempah-rempah segar, seperti bawang bombay, bawang putih, bawang merah, cabai, serai, minyak nabati, laos, daun jeruk purut, garam, dan gula, tanpa tambahan bahan-bahan sintetis.

Kendatipun terbuat dari bahan-bahan lokal dan juga merupakan produk buatan lokal, namun rasa bumbu tomyam instan yang enak mirip dengan bumbu tomyam yang diimpor dari Thailand. Jadi Sedulur tidak perlu meragukan lagi rasanya.

Produk ini dikemas dengan berat bersih 50 gram, Finna Bumbu Tom Yum bisa digunakan untuk menyajikan sekitar 4 porsi tomyam. Produk ini dijual dengan harga Rp6000 saja dan bisa bertahan setidaknya selama 3 bulan walaupun tidak mengandung pengawet sintetis.

BACA JUGA: Mengenal Pallubasa, Kuliner Berkuah Khas Makassar Super Nikmat!

5. Asian Home Gourmet Thai Tom Yum Soup

kuah tom yam instan
Thai Food

Rekomendasi kuah tom yam instan selanjutnya yaitu Asian Home Gourmet ini dibuat tanpa MSG, jadi cocok dikonsumsi oleh Sedulu yang sedang mengurangi atau bahkan tidak mengonsumsi MSG sama sekali.

Walau tidak mengandung penyedap rasa, namun kombinasi dari berbagai komposisinya, seperti gula, garam, minyak kedelai, serai, bawang putih, bawang merah, pengatur keasaman, kecap kedelai, cabai, lengkuas, dan jeruk nipis, tetap memberikan rasa asam, pedas, dan gurih khas tomyam.

Dikemas dengan berat bersih 50 gram, produk yang diimpor langsung dari Thailand ini bisa digunakan untuk porsi 4 orang. Penyajian bumbu tomyam instan yang enak ini juga tidak sulit, tinggal dicampurkan saja pada air mendidih yang akan dijadikan sebagai kuah tomyam tanpa perlu ditumis dahulu.

Asian Home Gourmet Thai Tom Yum Soup bisa ditemukan dengan mudah di e-commerce dan harganya 25 ribuan rupiah.

6. Bamboe Indonesia Yom Yum

My-Best

Bumbu kuah tom yam instan yang perlu Sedulur pertimbangkan untuk dibeli karena memiliki rasa yang sangat lezat adalah Bamboe Tom Yum. Bumbu tomyam instan ini memiliki cita rasa yang khas dan autentik dari Thailand.

Bamboe Tom Yum memiliki cita rasa yang pekat. Sedulur juga bisa merebus aneka seafood dengan bumbu tomyam instan ini untuk mendapatkan cita rasa yang sangat lezat. Sedulur yang sering memasak masakan kuah, tentu produk dari Bamboe sudah tidak asing lagi.

Terutama alagi, Bamboe merupakan brand bumbu instan asal Indonesia. Jadi bahan-bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya sudah pasti menggunakan bahan yang disukai oleh lidah orang Indonesia. Sedulur bisa mendapatkan bumbu kuah tom yam instan satu ini dengan harga dari Rp9.000.

7. Thai Tom Yum Soup

kuah tom yam instan
Thai Good

Rekomendasi kuah tom yam instan selanjutnya yaitu Thai Tom Yum Soup. Bumbu instan ini bisa jadi pilihan Sedulur untuk digunakan saat memasak kuah tom yam. Bumbu tomyam ini memiliki warna kuahnya yang merah agak orange.

Akan tetapi, bumbu tomyam instan ini tanpa menggunakan pemanis buatan. Selain itu, bahan-bahan yang ada pada Thai Tom Yum Soup adalah bahan-bahan rempah asli yang tidak tercampur dengan bahan pengawet apapun. Anda bisa mendapatkan bumbu tomyam instan ini dengan harga Rp25.000 per 50 gram.

8. Pantai Norasingh Tom Yum Instant Paste

HappyFresh

Pantai Norasingh Tom Yum Instant Paste bisa jadi alternatif pilihan kuah tom yam instan yang Sedulur coba. Produk ini langsung diimpor dari Thailand, rasa yang dihasilkan pun merupakan rasa otentik khas Thailand.

Bumbu tomyam instan yang enak ini dibuat dalam bentuk pasta dan dikemas dalam botol kaca dengan berat bersih 227 gram. Meski sudah terdaftar di BPOM, namun Pantai Norasingh Tom Yum Instant Paste belum mencantumkan label halal MUI, jadi belum terjamin kehalalannya untuk muslim.

Namun belum ada sertifikat halal bukan berarti masakan tersebut haram. Hal ini dikembalikan lagi kepada keyakinan dan kepercayaan Sedulur itu sendiri. Bumbu tomyam instan ini bisa dibeli melalui e-commerce dan harganya sekitar Rp50.000.

9. Koki Jempol Bumbu Tomyam

kuah tom yam instan
My-Best

Rekomendasi kuah tom yam instan selanjutnya yaitu dari Koki Jempol Bumbu Tomyam. Jika biasanya bumbu instan mengandung pengawet agar dapat tahan lama. Berbeda dengan produk ini yang diracik tanpa bahan pengawet dan hanya menggunakan garam sebagai bahan pengawetnya alami.

Semua bahan bakunya juga merupakan bahan-bahan alami yang dimasak jadi satu sehingga tetap awet. Daya tahannya bisa mencapai 2 bulan pada suhu ruang dan 8 bulan di lemari pendingin. Bagi Sedulur yang mengutamakan kesehatan keluarga, bumbu instan yang satu ini patut dipertimbangkan.

Bumbu kuah tom yam instan ini bisa Sedulur dapatkan dengan sangat murah, hanya Rp3090/sachetnya. Kemasannya pun ekonomis, tersedia kemasan sachet untuk sekali masak saja.

10. Adabi Perencah Thai Tom Yam Paste

My-Best

Bumbu tomyam instan ini bisa memberikan sensasi menikmati kuah tom yum nikmat khas Thailand. Jadi, Sedulur tidak perlu repot ke restoran Thailand untuk menikmati kuah khas ini, bisa memasak sendiri di rumah.

Produk ini berasal dari Malaysia dengan jaminan rasa otentik khas Thailand. Sedulur yang pecinta kuah tom yam instan tentu pernah mencicipi produk ini. Warna yang dihasilkan dari kuah instan ini sangat merah dengan rasa yang lebih pedas.

Cocok bagi Sedulur yang menyukai rasa pedas dan makanan yang segar. Selain untuk bumbu kuah, bumbu ini juga dapat digunakan sebagai bumbu mie atau nasi goreng, lho. Harga untuk satu sachet produk ini hanya Rp3500 saja.

11. Munik Bumbu Tom Yam

kuah tom yam instan
SehatQ

Bumbu tomyam instan selanjutnya yang bisa Sedulur gunakan untuk memasak tomyam secara instan dan lezat adalah Munik Bumbu Tom Yam. Harga bumbu tomyam instan ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan bumbu tomyam instan yang lain.

Munik Bumbu Tom Yam ini memberikan cita rasa khas tomyam Thailand yang autentik. Selain itu, bumbu ini juga dijamin halal dan mudah untuk dibuat. Sedulur bisa membelinya dengan harga Rp43.000 per 130 gram.

12. Lobo Tom Yum Paste

My-Best

Terakhir yaitu Lobo Tom Yum Paste. Bumbu tomyam instan yang satu ini memiliki rasa yang tidak terlalu pedas. Hal ini bisa membuat anak-anak yang tidak tahan dengan rasa pedas bisa memakannya dengan lezat.

Pasalnya, biasanya rasa tomyam yang biasa diperjualbelikan memiliki rasa yang pedas dan segar. Namun, Sedulur bisa membuat tomyam dengan rasa yang tidak pedas dengan menggunakan bumbu tomyam insytan ini. Sedulur bisa mendapatkan Lobo Tom Yum Paste dengan harga Rp8.500.

BACA JUGA: Resep Coto Makassar Kuah Kental Gurih, Segar dan Lezat

Tips dan cara memilih bumbu tom yam instan

kuah tom yam instan
iStock

Setelah mengetahui rekomendasi kuah tom yam instan, penting bagi Sedulur mengetahui bagaimana tips dan cara memilh kuah tom yam instan yang wajib Sedulur ketahui. Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sesuaikan dengan selera masakan

Tips pertama memilih bumbu kuah tom yam instan yaitu dengan menyesuaikan bumbu dengan selera masakan. Bumbu tom yam asli dari Thailand terbuat dari bahan seafood, seperti udang, kerang, ikan, jamur, cumi dan sayuran lainnya.

Maka pada dasarnya bumbu kuah tom yam instan yang nikmat yaitu tom yum seafood. Namun, bagi Sedulur yang ingin memasak masakan lain selain seafood, Sedulur tentu harus menyesuaikan kuah tom yam instan itu sendiri.

Namun bagi Sedulur yang alergi makanan laut, Sedulur bisa menikmati kuah tomyam yang terbuat dari ayam dan sayuran seperti wortel atau kol. Bagi Sedulur yang menyukai seafood namun ingin mengurangi asupan kolesterol dari seafood, Sedulur bisa menggunakan tom yam ikan.

Ikan yang digunakan bisa berupa ikan laut atau ikan tawar, tinggal disesuaikan dengan selera masing-masing. Gunakan bumbu tomyam instan yang enak supaya waktu memasaknya tidak terlalu lama. Selain rasanya tidak kalah lezat dari tomyam seafood, tomyam ikan juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak.

2. Pilih kemasan bumbu sesuai kebutuhan

Bumbu tomyam instan yang enak dikemas dalam dua bentuk, sachet dan jar. Bumbu tomyam instan kemasan sachet cukup mudah ditemui di Indonesia dan bisa langsung habis dalam sekali masak, sekitar untuk 4–5 porsi makan.

Namun bumbu kuah tom yam instan jenis ini kurang cocok digunakan untuk porsi yang banyak, karena akan menghabiskan terlalu banyak sachet bumbu sehingga jadi kurang efisien. Karena kemasan sangat mempengaruhi kualitas dari rasa bumbu itu sendiri.

Dari daftar rekomendasi kuah tom yam instan di atas, tersedia berbagai bentuk kemasan, baik jar atau sachet. Dengan berbagai ukuran, mulai dari 100gr, 50gr, hingga hanya 10gr. Dibandingkan dengan bumbu tomyam sachet, akan lebih mudah mengatur takaran bumbu tomyam dalam kemasan jar sesuai selera.

3. Pertimbangkan produk asli Thailand

Walaupun telah diadaptasi dan dimodifakasi ke berbagai negara, rasa tomyam asli Thailand tetap yang paling digemari oleh banyak orang. Jika Sedulur ingin merasakan sensasi menikmati tomyam asli Thailand, tentu produk dari Thailand harus jadi pertimbangan utama.

Pertimbangkan untuk memilih produk bumbu kuah tom yam instan yang enak yang diimpor langsung dari Thailand. Memang sekarang sudah banyak bumbu kuah instan tom yam instan buatan lokal, tapi tentu ada perbedaan citarasa dari bumbu yang dibuat asli di Thailand.

4. Cek bumbu kuah tom yam instan yang halal

Tom yam adalah masakan khas Thailand. Jadi, demi keamanan, perhatikan sertifikasi produknya. Karena di Thailand mayoritas penduduk bukan muslim, sehingga makanan halal bukan jadi prioritas di Thailand, begitu juga bumbu tomyam.

Agar lebih aman, Sedulur bisa memilih bumbu yang memiliki sertifikasi halal resmi. Untuk produk lokal, sertifikasi halal tersebut bisa didapatkan dari lembaga MUI. Akan tetapi, bukan berarti produk impor yang tidak bersetifikat halal itu tidak halal.

Banyak juga bumbu kuah tom yam instan impor yang telah mengantongi sertifikasi halal dari negara bersangkutan. Untuk kenyamanan Sedulur, usahakan untuk memilih produk-produk bumbu tomyam instan yang telah tersertifikasi halal, ya!

BACA JUGA: Resep Indomie Kuah Paling Cocok Untuk Musim Hujan, Wajib Cobain!

Jenis-jenis kuah tom yam instan

iStock

Selanjutnya terdapat beberapa jenis kuah tomyam instan yang bisa jadi pilihan Sedulur. Seperti tom yam seafood, ayam, pedas, dan ikan. Lengkapnya jenis dari kuah tom yam instan yaitu sebagai berikut:

1. Tom yam seafood

Bumbu kuah tom yam asli dan orisinal dari Thailand adalah tom yam seafood. Isian kuah tom yam di dalamnya adalah udang, ikan, kerang, jamur, cumi-cumi, serta sayuran, seperti wortel dan kol. Bumbu dasar tom yam yang dicampur kuah kaldu udang akan memberikan rasa gurih dan segar.

Sedulur yang ingin menikmati tom yam dengan rasa asli bisa memilih tom yam seafood. Akan tetapi, tom yam ini mungkin kurang cocok bagi Sedulur yang mempunyai alergi makanan laut atau tidak menyukai makanan laut sama sekali.

2. Tom yam ayam

Bagi Sedulur yang alergi makanan lau, tentu tom yam kaldu ayam ini bisa jadi pilihan utama. Sedulur bisa mencampurkan bumbu kuah tom yam instan kaldu ayam, dengan kaldu ayam agar menghasilkan rasa gurih yang asam dan segar yang dijamin bikin ketagihan.

Agara tetap lebih terasa citarasa khas Thailand, Sedulur bisa menikmati tom yam ayam dengan sepiring nasi melati khas Thailand. Sedulur dijamin akan merasa nikmat dan tidak akan jauh berbeda dengan rasa asli tom yam khas Thailand.

3. Tom yam pedas

Kuah tom yam asli memiliki rasa asam, manis, dan pedas yang segar. Kesegarannya akan sangat menggugah selera dan membuat tubuh terasa lebih hangat. Penggemar rasa pedas pasti akan menyukainya. Tapi biasanya rasa pedas yang dihasilkan tidak begitu kuat.

Nah, bagi Sedulur yang masih merasa kurang pedas, Sedulur bisa menambahkan cabai merah di dalamnya. Sedulur bisa menikmati kuah lah tom yam pedas dengan sepiring nasi putih hangat dan segelas minuman segara yang dingin dan manis. Sensasi rasanya pasti akan pecah nikmat di mulut.

4. Tom yam ikan

Jenis terakhir yaitu bumbu tom yam ikan. Terutama bagi Sedulur yang tengah menghindari kolesterol dari seafood, tom yam ikan ini bisa jadi pilihan terbaik yang Sedulur coba. Sedulur bisa menggunakan ikan laut atau ikan tawar sesuai selera.

Rasanya tidak kalah enak dengan tom yam seafood dan pastinya penuh gizi. Semangkuk tom yam ikan baik dikonsumsi anak-anak. Supaya makannya lebih lahap, pilihkan saja bumbu tom yam instan yang tidak pedas.

Selain jenis tom yam di atas, di Thailand sendiri terdapat 7 jenis kuah tom yam instan, yaitu:

  • Tom Yam Kung yang warna kuahnya merah dan biasanya berisi udang.
  • Tom Yam Pla dengan kuah berwarna rebusan sup putih, berisi ikan air tawar, dan biasanya dimakan dengan nasi putih.
  • Tom Yam Kai yang berisi ayam dengan irisan lengkuas dan kuahnya berwarna putih.
  • Tom Yam Por Thek/Pok Tek berisi berbagai makanan laut, seperti ikan, udang, dan cumi-cumi.
  • Tom Yam Nam Khon yang kuahnya diberi santan dan berisi udang yang besar dengan tambahan cabai kering.
  • Tom Yam Kung Mak Phrao On Nam Khon dengan isian kelapa muda yang dimasak bersama udang.
  • Tom Yam Kha Mu yang berisi daging babi, biasanya yang digunakan adalah bagian kaki.

Nah itulah rekomendasi bumbu kuah tom yam instan yang bisa jadi pilihan Sedulur untuk berbagai masakan kuah Sedulur di rumah. Jangan lupa juga perhatikan tips dan pembahasan di atas agar Sedulur tidak salah pilih bumbu tom yam.

Untuk menemani masakan kuah tom yam instan, Sedulur bisa belanja berbagai kebutuhan bahan-bahan memasak di Aplikasi Super. Tersedia lengkap berbagai kebutuhan dapur dengan harga super murah yang bebas bisa Sedulur pilih dan beli.

Belanja di Aplikasi Super juga memudahkan Sedulur, jadi tidak perlu repot belanja keluar rumah. Bisa fokus untuk mengurus kewajiba rumah lainnya. Yuk, mari cek Aplikasi Super sekarang, beli sekarang juga setiap bahan kebutuhan memasak Sedulur, ya!