Kamera adalah bagian penting dalam ponsel di masa kini. Aksesibilitasnya dalam penggunaan aplikasi pun sangat krusial, mengingat banyak kebutuhan berbagi gambar atau foto antar pengguna. Termasuk dalam Whatsapp, nih. Sedulur pasti juga pernah memanfaatkan fitur tersebut untuk berbagai hal. 

Namun, pernahkah kamu menemukan kamera WA ngezoom sendiri dan gangguan lainnya? Mungkin ini saatnya Sedulur melakukan pengaturan pada fitur tersebut. Ini kumpulan caranya. 

BACA JUGA: Cara Login WhatsApp Web di PC/Laptop Tanpa Download Aplikasi

1. Memberi akses kamera pada Whatsapp 

Unsplash

Sebelumnya pastikan dulu bahwa Whatsapp di ponsel Sedulur sudah dapat izin untuk mengakses kamera. Bila Sedulur tidak sengaja mematikan atau menolak akses Whatsapp pada kamera di awal pemasangan aplikasi dan pendaftaran akun, tak perlu bingung. Lakukan cara setting kamera Whatsapp untuk mengaktifkannya. 

-->
  • Buka menu Pengaturan atau Settings pada ponsel 
  • Pilih Apps > Permissions >  Camera 
  • Cari Whatsapp dalam daftar aplikasi yang tertera dan klik
  • Pilih Allow atau Izinkan 

Seharusnya kamera Whatsapp pun sudah bisa dipakai dengan normal. 

2. Tutup dan buka lagi aplikasi 

kamera wa ngezoom
Unsplash

Namun, ada kalanya terjadi masalah seperti kamera Whatsapp membesar dengan sendirinya meski tidak dilakukan proses zoom in. Tentunya ini menyebalkan. Namun, Sedulur tak perlu frustasi. Coba keluar dari aplikasi dan hapus Whatsapp dari daftar task manager di ponsel. Kemudian, buka kembali aplikasi. Biasanya error akan terselesaikan dengan cara ini. 

BACA JUGA: Penyebab & 10 Cara Mengatasi Whatsapp Bermasalah, Lengkap

3. Update aplikasi dulu 

kamera wa ngezoom
Unsplash

Terkadang gangguan bisa terjadi karena Sedulur masih menggunakan aplikasi versi lama. Ada baiknya untuk memperbaharuinya selalu, terutama jika memang aplikasi ini cukup krusial untuk kehidupanmu. Caranya tinggal pergi ke AppStore untuk pengguna iOS atau PlayStore untuk pengguna Android, kemudian ketikkan “whatsapp”. Klik Update dan biarkan prosesnya berlangsung kira-kira beberapa menit. Setelah itu cek apakah masalah kamera Whatsapp miring dan lain sebagainya sudah terpecahkan? 

4. Hapus cache Whatsapp 

Unsplash

Cara memperbaiki kamera Whatsapp yang error juga bisa dilakukan dengan menghapus cache di dalam aplikasi. Caranya mudah, kok. 

  • Buka Settings 
  • Pilih Apps, kemudian klik Whatsapp dalam daftar tersebut 
  • Klik Storage dan pilih Clear Cache

Pengaturan di atas bisa berbeda-beda pada setiap jenama ponsel. Namun, kurang lebih istilahnya sama hanya berbeda kalimat atau pemilihan kata. Trik ini biasanya bisa jadi cara mengecilkan ukuran kamera Whatsapp yang sebelumnya melakukan pembesaran otomatis dan membuat hasilnya buram. 

5. Restart ponsel

Unsplash

Terkadang bukan aplikasinya saja yang mengalami masalah, tetapi memang ada kendala pada pemrosesan perintah di ponselmu. Kamera WA ngezoom sendiri ini normal terjadi, kok. Tidak perlu panik dulu. Coba restart atau nyalakan ulang ponselmu. Sebelumnya boleh di-boost dengan menghapus semua daftar aplikasi aktif dalam task manager. Setelah proses restart, biasanya aplikasi akan berjalan normal kembali termasuk fitur-fitur di Whatsapp. 

BACA JUGA: 25 Nada Dering Terbaru Untuk Telfon dan Whatsapp

6. Pasang ulang aplikasi  

kamera wa ngezoom
Unsplash

Bila kamera Whatsapp membesar ternyata belum bisa teratasi dengan cara-cara di atas. Cobalah langkah pamungkas dengan memasang ulang aplikasi. Sebelumnya, silakan backup percakapan dan data yang ada di dalamnya dengan cara berikut. 

  • Buka Whatsapp 
  • Klik tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas layar 
  • Pilih Settings > Chat > Backup chat > Backup 
  • Jika sudah selesai prosesnya, kamu bisa menghapus atau uninstall aplikasi. Caranya dengan pergi ke Settings < Apps < Whatsapp < Uninstall
  • Biarkan selama beberapa saat sampai proses selesai. Kemudian, baru unduh dan pasang kembali aplikasi tersebut melalui AppStore atau PlayStore. 
  • Pengguna iOS bisa langsung meng-uninstall aplikasi dengan menekan dan menahan ikon aplikasi Whatsapp di daftar menu, kemudian klik Remove App
  • Niscaya proses ini akan membantumu mengatasi masalah kenapa kamera Whatsapp full screen atau zoom-in otomatis tanpa diminta. 

Kamera WA ngezoom tapi hasilnya normal memang menyebalkan dan bikin frustasi. Namun, semua bisa diselesaikan dengan mudah, kok. Lakukan cara-cara di atas dulu, Sedulur. Semoga berhasil. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.