kabel roll terbaik

Kabel roll adalah alat yang cukup penting dan dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari. Kabel ini digunakan saat Sedulur inginmenyambungkan daya listrik dari titik yang jauh ke area tertentu. Namun, agar terhindar dari resiko dan bahaya korsleting listrik, Sedulur perlu menggunakan kabel roll terbaik. Hal ini tak lepas dari kualitas produksi roll kabel yang terbuat dari bahan berkualitas dan sudah melewati proses pengecekan yang sesuai dengan standar.

Berbicara tentang kabel roll, saat ini sudah sangat banyak merek yang dijual di pasaran. Baik itu dari produsen lokal Indonesia maupun roll kabel dari luar negeri. Supaya Sedulur tidak bingung dan bisa menemukan produk kabel roll terbaik dan sesuai dengan kebutuhan, mari simak rekomendasinya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Gerakan Mudah Workout di Rumah untuk Pemula

Cara Memilih Kabel Roll dengan Kualitas Bagus

kabel roll terbaik
My-best

Kabel roll terbaik biasanya memiliki variasi dan versi yang berbeda-beda, pastikan Sedulur mengetahui tips menentukan kabel berkualitas sebelum membelinya di toko. Berikut ini beberapa elemen yang bisa Sedulur perhatikan untuk bisa menentukan kualitas dan kebutuhan kabel roll yang tepat.

1. Tempat penggunaan kabel roll

Tak hanya digunakan dirumah saja atau indoor, kabel roll juga sangat dibutuhkan di luar rumah / outdoor dalam beberapa kondisi. Nah sebelum membeli produk kabel roll terbaik ini, pastikan dulu mengetahui tempat dimana kabel roll ini akan digunakan.

A. Indoor

Biasanya kabel roll yang akan digunakan di dalam ruangan memiliki pelindung anti debu, tidak terlalu panjang, dan sangat ringkas. Namun, tak menutup kemungkinan juga kabel tersebut memiliki ukuran yang panjang. Hanya saja, biasanya kabel roll untuk indoor tidak dilengkapi dengan pelindung anti air.

B. Outdoor

Untuk outdoor, biasanya kabel roll yang digunakan harus memiliki ketahanan yang lebih dari kabel roll yang digunakan di indoor. Hal ini bertujuan agar kabel tersebut tetap bisa digunakan walaupun cuaca sedang tidak baik. Contohnya saja hujan deras. Kabel tersebut harus dilengkapi dengan anti air. Tak hanya itu, kabel roll outdoor ini juga dilengkapi dengan anti debu dan tahan di daerah lembab.

2. Pilih jenis kabel

Selain dari tempat penggunaanya, Sedulur juga harus menyesuaikan dengan jenis kebutuhan Sedulur.

A. Kabel roll umum

Jenis kabel roll umum adalah jenis kabel yang paling sering dijumpai. Kabel roll ini memiliki tipe penutup anti debu untuk mencegah masuknya kotoran. Biasanya kabel ini memiliki diameter 1,25 mm hingga 2 mm. Tak heran kabel ini sangat ringan dan juga mudah diatur. Cocok digunakan di indoor, produk ini juga tersedia untuk outdoor yang dilengkapi dengan penutup anti air.

B. Kabel roll semi profesional

Dilengkapi dengan anti air dan anti lumpur, kabel roll jenis semi profesional ini memiliki diameter 3,5 mm yang bertujuan menghindari penurunan tegangan listrik. Jenis kabel roll yang satu ini dilengkapi dengan fitur yang berfungsi untuk menginterupsi kebocoran listrik.

C. Kabel roll profesional

Mirip dengan 2 jenis kabel roll yang telah dijelaskan sebelumnya, Kabel Roll Profesional ini memiliki perbedaan di material kabel dan juga ketebalannya. Jenis profesional ini terbuat dari material khusus seperti VCT Softon yang kuat dan juga lentur. Untuk diameternya, kabel roll ini memiliki diameter mencapai 3.5 mm.

3. Pilih jumlah dan jenis soket

Berikutnya adalah pastikan memilih kabel roll dengan jumlah soket sesuai dengan kebutuhan Sedulur. Tak hanya itu, Sedulur juga harus memastikan bawah jenis soketnya sesuai dengan kebutuhan Sedulur.

Perlu diketahui, ada banyak jenis-jenis soket. Bahkan tak jarang juga saat ini ditemukan kabel roll memiliki banyak soket dengan jenis yang berbeda-beda. Dengan kabel roll seperti itu, Sedulur bisa menggunakan satu jenis kabel roll saja untuk banyak kebutuhan.

4. Tentukan kebutuhan panjang kabel roll

Setelah memilih jumlah soket yang tersedia dan jenis soketnya, yang terakhir pilihlah kabel roll yang memiliki ukuran panjang sesuai dengan kebutuhan Sedulur. Perlu diketahui, akan lebih bagus Sedulur memilih kabel yang lebih panjang dari kebutuhan Sedulur daripada kurang.

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih dan menentukan kabel roll terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu. Mari simak rekomendasi kabel roll terbaik tahun 2023 berikut ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Mesin Pengering Pakaian di 2023, Anti Ribet!

Rekomendasi Kabel Roll Terbaik Tahun 2023

My-best

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kabel roll terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace.

1. DX-10 Kabel Roll dengan Lampu Indikator

Menjadi salah satu kabel roll yang paling murah, DX-10 KABEL ROLL LAMPU INDIKATOR hadir dengan 4 soket yang dilengkapi dengan saklar on/off. Jadi Sedulur tak perlu lagi mencabut kabel dari sumber listrik, saat kabel roll ini sedang tidak digunakan. Memiliki panjang 10 meter, produk ini sudah digunakan oleh masyarakat luas dan biasanya digunakan di dalam ruangan.

Tak hanya itu kabel roll ini juga memiliki bobot yang sangat ringan dan ringkas sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Bukan hanya karena harganya yang tergolong murah, kabel roll ini juga dilengkapi dengan kable cox sehingga kabel dipastikan tidak mudah kusut dan berantakan.

2. VISICOM Kabel Roll 4 Lubang

Terbuat dari bahan kuningan asli yang telah teruji Standar Nasional Indonesia (SNI), kabel roll terbaik berikutnya hadirdari VISICOM Kabel Roll 4 Lubang. Kabel roll ini dilengkapi dengan 4 soket dan salah satunya adalah sokert jenis oversteker. Untuk panjangnya, kabel roll ini ada 2 varian yaitu ada yang 10 meter dan ada juga yang 15 meter.

Produk ini juga dilengkapi dengan  Saklar ON/OFF dengan LED, dengan begitu Sedulur tak perlu harus mencabut kabel dari sumber listriknya jika sedang tidak digunakan. Cukup tekan tombol off saklar tersebut.

Tak hanya dilengkapi Fuse Breaker saja produk ini juga dilengkapi dengan Handle untuk menggulung kabel. Dengan begitu kabelnya dipastikan tidak mudah kusut dan berantakan. Memiliki bobot hanya 1.5 kg saja, kabel roll ini mudah untuk dibawa kemana saja.

3. Krisbow Cable Reel 1,5 mm X 50 m

Kabel roll berikutnya berasal dari brand Krisbow yaitu Krisbow Cable Reel 1,5 mm X 50 m. Jika kerusakan pada produk sering terjadi karena panas dan arus listrik yang tidak normal, Sedulur tak perlu kuatir lagi saat menggunakan produk yang satu ini.

Produk ini didesain untuk menjaga suhu agar setiap produk tidak mengalami overheating. Memiliki panjang 50 meter, kabel roll yang satu ini dibekali dengan 4 soket dengan tegangan 220 V. Untuk ketebalan kabelnya adalah 1,5 mm dengan bobot 6,4 kg dan dimensi 21 cm x 29 cm x 37 cm. Kabel roll ini sangat cocok digunakan di dalam ruangan.

4. Brennenstuhl Garant CEE 1 cable reel 30m H05VV-F 5G1,5 

Dilengkapi dengan 3 soket dengan tegangan 1 CEE-socket 400 V/16 A, 2 water-jet protected sockets 230 V, Brennenstuhl Garant CEE 1 cable reel 30m H05VV-F 5G1,5 didesain untuk kebutuhan peralatan listrik besar dengan voltase yang tinggi.

Produk ini termasuk ke dalam kabel roll jenis profesional yang bisa digunakan untuk keperluan indoor maupun outdoor. Dilengkapi dengan sistem penguncian, kabel roll ini memiliki soket yang tidak dapat berputar

Produk kabel roll terbaik buatan Jerman ini dilengkapi dengan fitur tiga pin safety cut out yang berfungsi untuk memutuskan listrik dan juga perlindungan arus overload. Memiliki dimensi 37 cm x 27,3 cm x 29,5 cm, bobot kabel ini adalah 6.79 kg dengan panjang mencapai 30 meter.

5. Krisbow Kabel Roll dengan USB 7 m 2.4 A

Memiliki keunikan dimana produknya dilengkapi dengan USB charging port, kabel roll terbaik kali ini hadir dari Krisbow Kabel Roll dengan USB 7 m 2.4 A. Memiliki ukuran yang sangat ergonomis, kabel roll krisbow ini dilengkapi dengan 3 soket listrik, 1 USB charging port dengan tegangan 5 V (soket listrik), 2,4 A (USB charging port). Produk kabel roll ini cocok digunakan untuk indoor. Untuk panjangnya, kabel ini memiliki dimensi 17 cm x 18,5 cm x 9,4 cm dengan bobot 1.24 kg dan panjang 7 meter.

6. Kabel Roll 5m, 8m & 12m 3 Lubang Matsui

kabel roll terbaik
Pinterest

Tersedia dalam berbagai warna, kabel roll dari brand matsui ini juga hadir dalam banyak ukuran panjang yaitu 5 meter, 8meter, dan 12 meter yang dilengkapi dengan 3 soket. Dengan begitu Sedulur bisa dengan bebas menyesuikan dengan kebutuhan. 

Kabel roll yang satu ini sudah teruji lolos kelayakan Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga dipastikan aman untukdigunakan. Kabel roll matsui ini terbuat dari 100% kabel tembaga yang berkulitas tinggi, tak heran kabel roll ini memiliki durabilitas yang tinggi. Selain itu, harganya juga tergolong murah lho!

7. Kabel Roll 6m mini LOYAL YUNIOR LY-105R6

Dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau, kabel roll terbaik berikutnya adalah Kabel Roll 6m mini LOYAL YUNIOR LY-105R6. Produk ini dilengkapi dengan 4 soket tanpa switch namun ada lampu indikatornya.

Memiliki ukuran panjang sampai 6 meter saja, produk ini sangat cocok digunakan di kamar atau kos-kosan. Kabel ini sudah lulus uji kelayakan SNI jadi dipastikan aman saat digunakan. Kabel roll ini dibuat dengan pin dan terminal kuningan anti korosi serta pin steker dengan bracket polikarbonat (tahan panas). Kabel roll ini memiliki spesifikasi 5A/1100W –7A/1500W dan untuk bobotnya hanya 600 gram saja. Jadi sangat mudah untuk dibawa kemana saja.

8. Co&id Kabel Roll 10M, 15M/ Colokan Listrik / KabelBox 10M, 15M +SWITCH

Dilengkapi dengan soket yang berjumlah 4, produk kabel roll ini hadir dengan panjang 10 meter dan 15 meter. Produk ini juga dilengkapi dengan tombol switch untuk memetikan arus listrik saat sudah tidak digunakan tanpa harus mencabut kabel dari sumber lisriknya.

Tegangan maksimal kabel roll ini adalah 220V dengan max daya 250w saat kabel tergulung dan maksimal 800 watt saat kabel terulur. Untuk bobotnya, produk ini hanya 1 kg saja.

9. GAO Pro Kabel Roll

Saat menggulung kabel yang terlalu panjang, kusut dan kacau bisa saja terjadi. Hal ini dikarenakan kabelnya sulit diulur dengan benar. Namun hal ini tak menjadi masalah lagi saat Sedulur menggunkan produk kabel roll terbaik dari GAO Pro Kabel Roll 10 Mtr.

Produk ini memiliki desain yang sangat simple yang mudah dibawah kemana saja. Kabel roll yang satu ini terbuat dari bahan plastik PP yang berkualitas sehingga mendukung untuk digunakan di dalam ruangan maupun luar ruangan.

Kabel roll ini memiiliki jumlah soket sebanyak 4 dengan tegangan 250 V/16 A. Untuk ukurannya, kabel ini memiliki panjang 25 meter dengan dimensi 27 cm x 23 cm x 10 cm serta bobot 1,62 kg. Untuk nilai batas arus yang bisa disampaikan dengan kabel roll ini adalah maksimal 3.520 watt.

10. Uticon Kabel Gulung 10M CR-2810

Memiliki panjang kabel 10 meter, produk kabel roll terbaik berikutnya hadir dari Uticon Kabel Gulung 10M CR-2810. Kabel roll ini memiliki kualitas yang sangat bagus dengan harga bandrol yang sangat terjangkau.

Cocok digunakan di dalam ruangan, pastikan Sedulur memiliki kabel roll ini di rumah Sedulur. Kabel roll ini bisa Sedulur gunakan untuk mengisi daya ponsel, komputer, laptop dan device-device lainnya dengan aman.

Kabel ini memiliki soket sebanyak 4 dengan tegangan 250 V/16 A. Untuk batas arus yang bisa dialirkan adalah 2500 watt. Perlu diketahui kabel roll yang satu ini sudah teruji lolos kelayakan Standar Nasional Indonesia (SNI). Memiliki diameter kabel yang yang lumayan tipis yaitu 0.75 mm, kabel roll ini sangat cocok digunakan untuk keperluan dengan arus rendah.

11. Loyal Electrical Accessories Kabel Roll Travel LY-150

Travelling merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun, akan jadi masalah jika semua alat elektronik Sedulur membutuhkan sumber listrik secara bersamaan. Dalam situasi tersebut Sedulur akan sangat membutuhkan produk yang satu ini. Memiliki diameter sebesar 10 cm, produk ini cocok dibawa ke mana saja.

Selain itu, slide penutup soket pada produk ini juga dapat digunakan sebagai gantungan. Meskipun memiliki bentuk yang mini, alat ini menggunakan bahan berkualitas dan kabel dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Sedulur dapat merasa aman dan nyaman menggunakannya.

12. Kenmaster Kabel Roll 5/12 Meter

Kenmaster Kabel Roll 5/12 Meter menggunakan komponen kuningan dengan desain yang simple. Kabel roll ini sangat aman digunakan karena dilengkapi perlindungan dari overheat, dimana ketika terjadi kelebihan beban kabel roll ini akan memutus aliran listrik secara otomatis.

Tidak hanya itu, kabel roll ini juga memiliki kids protection di setiap socket listriknya sehingga anak-anak terhindar dari bahaya terkena aliran listrik ketika mereka memainkan lubang listrik secara tidak sengaja.

13. Kaiser Kabel Roll 25 Meter

Kaiser Kabel Roll 25 Meter bisa menampung daya hingga maksimal 2300 watt. Dengan panjang kabel 25 meter, kabel roll ini bisa membantu menjangkau area yang sangat jauh. Menariknya, di setiap socket dilengkapi penutup berstandar IP44 untuk menjaga agar kabel ini aman dari hujan atau cipratan air ketika sedang tidak digunakan.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Pompa Air Rumah Terbaik dan Terlaris 2023

Cara Merawat Kabel Roll agar Tidak Mudah Rusak

kabel roll terbaik
My-best

Sering terjadi kerusakan,  tahukah Sedulur bahwa cara menjaga kabel roll agar selalu terjaga dan tidak mudah rusak ternyata sangat mudah. Ini dia caranya:

1. Gulung dengan rapi

Setelah menggunakan kabel roll, pastikan untuk selalu menggulungnya kembali dengan rapi. Ketika Sedulur tidak menggulungnya, ada kalanya kabel tersebut terinjak, terjepit atau bahkan digigit oleh hewan seperti anjing, tikus dan lainnya yang menyebabkan kerusakan. Jadi jangan sampai hal tersebut terjadi, maka dari itu Sedulur wajib menggulung kabel dengan rapih. Selain akan terlihat enak, juga mencegah kabel rusak dan bisa bertahan lama

2. Simpan di tempat kering

Setelah digulung dengan rapi, simpanlah kabel roll tersebut di tempat yang aman. Aman artinya tempat tersebut kering dan tidak lembab. Jika Sedulur menyimpannya di tempat lembab, kabel tersebut bisa saja berkarat sehingga menyebabkan kerusakan. Apalagi penggunaan kabel sangat rawan terjadi korsleting dan ini bisa membahayakan penggunanya, mulai dari kecelakaan tersetrum, hubungan arus pendek, hingga menyebabkan kebakaran. Jadi pastikan selalu tempatkan kabel roll di tempat kering dan aman dari rembesan air.

3. Jangan gunakan saat kabel tergulung

Mengaliri listrik saat masih ada sisa kabel yang tergulung dapat menyebabkan kabel panas dan meleleh. Untuk itu, pastikan Sedulur telah mengulur kabel sebelum menggunakannya. Namun, beberapa produk yang dilengkapi sensor suhu akan mati secara otomatis ketika ada peningkatan panas.

4. Selalu perhatikan fitur anti air

Jika alat elektronik yang tertancap di terminal kabel roll tidak menggunakan steker anti air, air dapat masuk ke bagian soket. Dengan begitu, sistem antiair dari kabel roll tidak dapat bekerja dan mungkin akan terjadi sengatan listrik. Jadi, periksalah ketahanan alat elektronik yang Sedulur gunakan untuk bekerja terhadap cipratan air hujan.

Itulah pembahasan kita seputar kabel roll untuk kegunaan sehari-hari, mulai dari cara memilih kabel rol terbaik, rekomendasi merk kabel roll, hingga cara bagaimana menggunakan dan merawat kabel roll agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, dan aman tentunya.