Jerawat di hidung adalah aktivitas normal yang dirasakan setiap orang. Namun, sering kali, persoalan ini menimbulkan rasa tidak nyaman. Jerawat di area hidung kerap membuat rasa percaya diri seseorang berkurang. Jika Sedulur mengalami gejala ini, harus segera diobati dengan tepat supaya jerawat tidak bertambah banyak dan makin parah.

Munculnya jerawat di hidung luar maupun di dalam hidung pasti terasa menyakitkan. Benjolan yang biasanya muncul di area luar kulit, malah justru berada di dalam hidung. Persoalan ini sejatinya tidak boleh dianggap remeh. Jika diketahui ada jerawat di dalam hidung, maka bisa timbul berbagai masalah. Seperti hidung menjadi pengar, sulit bernapas, dan sebagainya.

Penyebab jerawat ini banyak sekali faktornya. Namun, hal yang paling umum karena pori-pori mengalami penyumbatan. Atau sering kali rambut hidung tumbuh dalam area kulit. Penyebab lainnya bisa karena menjadi tanda adanya infeksi di dalam rongga hidung. Misalnya, disebabkan nasal vestibulitis atau nasal furuncles. Nah, supaya Sedulur lebih paham terkait penyebab dan cara menghilangkan jerawat di hidung dengan cepat. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 15 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Membandel secara Alami

-->

1. Penjelasan jerawat di hidung

jerawat di hidung
purelaserclinic

Jerawat bisa menjadi tanda bahwa seseorang telah memasuki masa pubertas. Ya, penjelasan ini tidak sepenuhnya salah. Namun, jerawat ini pasti akan sakit dan mengganggu. Apalagi jika muncul jerawat di bawah hidung. Munculnya bintik-bintik ini, bisa disebabkan karena berbagai hal. Bisa karena pori-pori tersumbat atau rambut hidung yang tumbuh ke dalam kulit.

Tidak hanya itu, munculnya jerawat bisa disebabkan oleh infeksi. Seperti munculnya nasal vestibulitis dan nasal furuncles. Namun, selain karena bisa menjadi awal munculnya penyakit. Dalam beberapa kasus, bintik merah tidak selamanya tumbuh di area luar hidung. Bisa juga di dalam hidung, di bagian luar, serta di bawah hidung.

2. Arti jerawat di hidung tentang cinta

jerawat di hidung
kumparan

Jerawat sering kali dikaitkan dengan masa pubertas seseorang, khususnya tentang percintaan. Sebagian orang menyebut jerawat ini sebagai jerawat cinta. Munculnya jerawat tersebut sebagai tanda bahwa Sedulur sedang jatuh cinta. Padahal, penyebab jerawat tidak melulu tentang percintaan, lho. Bisa jadi, ada masalah pada kesehatanmu.

Jika ada bintik merah di hidung, maka bisa berkaitan dengan masalah jantung. Nah, penyakit jantung ini muncul karena tekanan darah tinggi. Untuk menekan resiko penyakit jantung, maka perbanyaklah olahraga kardio. Aktivitas ini mampu melancarkan peredaran darah di tubuh. Selain rutin olahraga, imbangi pula dengan mengurangi makanan cepat saji.

BACA JUGA: 10 Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat Terbaik yang Ampuh

3. Penyebab jerawat di hidung

jerawat di hidung
sehatq

Penyebab jerawat umumnya timbul saat terjadi perubahan hormon yang menyebabkan produksi minyak berlebih. Nah, minyak berlebih akan bercampur dengan sel-sel pada kulit mati sehingga akan menyumbat folikel. Apabila produksi minyak berlebih menyumbat folikel dan pori-pori di hidung, maka muncullah jerawat di area tersebut. Dalam beberapa kasus, jerawat di dalam hidung juga bisa disebabkan beberapa hal, seperti nasal vestibulitis, nasal furuncles, dan cavernous sinus thrombosis (TSC).

Nasal vestibulitis

Infeksi ini bisa disebabkan karena bakteri Staphylococcus. Gejalanya muncul seperti bintik merah atau sekumpulan jerawat berwarna kemerahan di bagian ujung lubang hidung. Jika infeksi ini sudah sangat parah, nasal vestibulitis bisa mengakibatkan warna kemerahan di kulit. Lalu, kulit mengalami pembengkakan dan terasa sakit saat disentuh.

Nasal furuncles

Nasal furuncles adalah bisul atau benjolan yang berisi darah putih atau nanah. Lokasinya berada pada bagian hidung yang cukup dalam. Masalah ini muncul karena bakteri Staphylococcus aureus.

Cavernous sinus thrombosis (CST)

Jerawat di dalam hidung yang disebabkan oleh infeksi ini akan berisiko mengalami penyumbatan pembuluh darah di otak. Kondisi ini dinamakan dengan Cavernous Sinus Thrombosis. Gejala yang ditimbulkan beragam. Bisa berupa sakit kepala, gangguan penglihatan, bola mata menjadi menonjol, sampai dengan mengalami demam tinggi.

Setelah membahas penyebab jerawat di bagian hidung, Sedulur perlu mengetahui cara menghilangkan jerawat di hidung dengan cepat. Simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Kenali Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya

4. Cara menghilangkan jerawat dengan cepat

jerawat di hidung
kompas

Jika Sedulur mengalami jerawat di area ini dan disertai gejala yang membahayakan seperti sakit kepala hingga demam. Maka tidak ada salahnya untuk segera melakukan konsultasi ke dokter. Nantinya dokter akan memberikan penjelasan setelah memeriksa kondisi Sedulur. Dokter mungkin akan melakukan MRI apabila ada infeksi pada bagian dalam hidung atau gejala sinus.

Namun, jika jerawat yang Sedulur alami tidak terlalu parah, Sedulur bisa mengikuti cara-cara menghilangkan jerawat berikut ini.

Pemberian antibiotik

Jerawat hidung merah bisa diatasi dengan pemberian antibiotik. Jika disebabkan karena infeksi bakteri, dokter pasti akan menyarankan pemberian antibiotik berupa salep, bacitracin atau mucipirocin. Tapi, apabila bintik merah di hidung tidak hilang dan makin meradang, maka pengobatan antibiotik perlu diberikan melalui infus.

Kompres hangat

Tak hanya menggunakan zat antibiotik, kamu bisa melakukan cara sederhana yaitu kompres hangat. Cara ini bisa dipakai pada infeksi nasal vestibulitis. Gunakan kompres hangat, dengan durasi 15-20 menit. Pastikan dilakukan sebanyak tiga kali dalam sehari. Tindakan kompres hangat diperlukan untuk membantu mengeringkan jerawat dan mengurangi rasa nyeri pada bagian dalam hidung.

Pemberian obat pereda nyeri

Jika cara kompres hangat kurang efektif, Sedulur bisa menggunakan obat pereda nyeri. Penggunaan obat pereda nyeri hanya berlaku saat kondisi hidung yang ditumbuhi jerawat makin parah dan mulai mengganggu aktivitas harian. Namun, sebelum menggunakan obat ini, pastikan untuk selalu berkonsultasi ke dokter terkait obat antinyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Tindakan ini perlu untuk menekan risiko negatif yang bisa ditimbulkan.

Mengoleskan minyak esensial

Selain menggunakan obat pereda nyeri dalam mengatasi jerawat, kamu juga bisa memakai bahan alami seperti minyak esensial. Penggunaan minyak esensial atau minyak atsiri bertujuan dalam memberikan sensasi lega pada hidung bagian dalam. Namun, sebelum memakai minyak ini, pastikan tidak memiliki riwayat alergi terhadap minyak esensial.

Sebab, jika mempunyai alergi, maka kondisi jerawat bagian dalam akan meradang dan bisa mengakibatkan sumber penyakit baru. Adapun jenis minyak esensial yang disarankan untuk dipakai, di antaranya:

  1. Timi
  2. Kayu manis
  3. Rosemari
  4. Tea tree
  5. Minyak zaitun
  6. Minyak kelapa

Demikian ulasan mengenai jerawat di area hidung. Mulai dari letak, penyebab, hingga cara menghilangkannya. Semoga penjelasan ini mampu menjadi solusi bagi Sedulur yang mengalami persoalan jerawat di hidung tidak hilang-hilang. Sedulur bisa menerapkan tips-tips di atas sebagai cara menghilangkan jerawat di hidung dalam semalam.

Agar jerawat bisa hilang dan tidak timbul lagi, Sedulur juga wajib mengonsumsi makanan bergizi dan tetap menjaga kebersihan. Tidak perlu bingung, Sedulur bisa membeli bahan makanan bergizi, sekaligus berbelanja kebutuhan harian berkualitas di Aplikasi Super. Unduh aplikasinya sekarang dan penuhi kebutuhan Sedulur. Aplikasi Super pasti menyediakannya dengan lengkap!