Jendela kayu minimalis

Jendela dapur yang terbuat dari kayu dapat menjadi pelengkap yang penting dalam ruangan, karena dapat menjaga sirkulasi udara yang segar dan membiarkan sinar matahari masuk, sehingga ruangan dapur terasa lebih cerah, tenang, dan nyaman.

Bayangkan jika setiap ruangan di rumahmu tidak dilengkapi dengan jendela, terutama ruang dapur yang digunakan untuk kegiatan memasak sehari-hari. Tanpa jendela, ruangan dapur akan terasa sempit dan gelap saat siang hari. Keberadaan jendela di ruang dapur sangat penting untuk menciptakan suasana yang nyaman, tenang, dan sejuk saat memasak, sehingga Sedulur akan lebih bersemangat dan senang dalam membuat makanan yang enak.

Berikut adalah beberapa model jendela dapur yang memiliki desain cantik dan elegan, yang mungkin bisa menginspirasi Sedulur!

BACA JUGA: 21 Model Teralis Jendela Minimalis, Keren dan Terpopuler

1. Jendela kayu modern

Modernize

Dalam pemilihan jendela dapur, penting untuk mempertimbangkan gaya minimalis yang sedang tren. Jendela dapur kayu minimalis modern dapat menciptakan kesan kesederhanaan dan modern dengan model dua sekat kaca dan warna putih.

Sedulur bisa menempatkan jendela pada sudut terbaik dapat meningkatkan efek estetikanya.

2. Jendela kayu dapur minimalis sederhana dengan kaca nako

jendela dapur kayu
Pinterest

Kaca nako bisa menjadi pilihan yang tepat untuk desain jendela dapur minimalis. Kesan sederhana dan klasik dari kaca nako bisa memberikan nuansa nostalgia pada ruangan dapur. Namun, perlu berhati-hati dalam menempatkan lemari gantung agar tidak berdekatan dengan kompor.

3. Jendela kayu dapur minimalis berukuran kecil

jendela dapur kayu
Pinterest

Terkadang Sedulur mungkin merasa kebingungan dalam menata komponen-komponen dalam ruang dapur di rumah.

Jika dapur memiliki area yang cukup luas, pilihan yang tepat adalah memilih jendela dengan ukuran yang kecil. Sedulur bisa menampilkan dua jendela dengan posisi yang berbeda untuk menciptakan variasi.

Namun, jika penyimpanan atau storage di dapurmu terbatas, sebaiknya gunakan jendela dapur minimalis dengan ukuran yang lebih besar agar ruang dapur terlihat lebih lega.

Selain itu, tips lain yang perlu diperhatikan adalah pemilihan perabotan. Sebisa mungkin hindari memaksakan penggunaan perabotan yang tidak proporsional dengan ukuran dapurmu, agar tetap menciptakan tampilan yang harmonis dan maksimal dalam ruang dapurmu.

4. Jendela dapur kayu minimalis dengan model tirai

Pinterest

Ingin memberikan sentuhan manis pada dapurmu? Sedulur bisa mencoba memasang tirai untuk mempercantik desain jendela dapur kayu minimalis milikmu. Gunakan gorden dengan warna senada agar menciptakan kesan modern yang menarik. 

Selain memberikan nilai estetika, penggunaan tirai juga dapat menciptakan kesan intim dan melindungi dari panas berlebih ketika sinar matahari terlalu terik. Namun, terkadang masalah muncul ketika model jendela yang besar tidak cocok dipasangi tirai jika dapurmu memiliki perabotan besar seperti rak gantung kitchen set.

Sebaiknya menempatkan jendela pada area yang berlawanan dengan perabotan besar agar dapur tidak terlihat sempit dan memberikan kesan yang pengap. Sehingga dapurmu tetap nyaman dan menawan.

5. Jendela kayu casement

jendela dapur kayu
Pinterest

Salah satu model jendela dapur kayu yang lainnya adalah jendela swing atau jendela buka samping. Jendela casement/swing ini umum digunakan, namun tidak terlalu cocok untuk dapur.

Hal ini dikarenakan ketika jendela dibuka hingga 90 derajat, pegangan/handel jendela akan sulit dijangkau oleh tangan kita. Meski demikian, kelebihannya adalah udara yang dapat masuk akan lebih banyak karena jendela dapat dibuka secara penuh.

6. Jendela dapur sliding

jendela dapur kayu
Pinterest

Sebagai alternatif lain untuk jendela dapur, Sedulur dapat menggunakan jendela geser. Jendela geser lebih efektif dan efisien untuk dapur, dengan kelebihan bahwa pegangan jendela mudah dijangkau dan cara membukanya lebih mudah.

Namun, kekurangannya adalah bukaan yang didapatkan tidak begitu lebar, hanya setengah dari lebar opening tembok.

7. Jendela jungkit atau top hung window

jendela dapur kayu
Pinterest

Salah satu model jendela dapur kayu lainnya adalah jendela jungkit, yang juga dikenal sebagai top hung window. Cara kerja jendela jungkit adalah dengan membukanya dari bagian bawah ke atas, dan pegangan berada di bagian bawah.

Kelebihannya adalah jendela ini mudah dibuka dan praktis, serta memiliki tampilan yang bagus untuk jendela dapur. Namun, kekurangannya adalah jika jendela menggunakan engsel casement, maka jendela tidak dapat dibuka hingga 90 derajat.

8. Jendela dapur minimalis double hung

Pinterest

Salah satu model jendela dapur kayu yang lainnya adalah model double hung, yang terdiri dari dua kaca yang berbeda dalam satu bingkai.

Jendela dapur ini bisa Sedulur buka dengan cara menggesernya ke atas atau ke bawah, sangat praktis. Pada umumnya, di bagian bawah dari jendela dapur double hung terdapat sedikit ruang yang bisa Sedulur manfaatkan untuk meletakkan peralatan dapur atau tanaman hias.

Letak jendela dapur pada inspirasi ini berada di atas wastafel, sehingga Sedulur akan lebih semangat saat mencuci piring karena bisa melihat pemandangan luar rumah yang sangat asri.

9. Model jendela dapur memanjang

Pinterest

Jika Sedulur menginginkan model yang simpel, Sedulur bisa memilih jendela dapur kayu ini sebagai opsi yang tepat. Modelnya yang terdiri dari satu kaca membuatnya tidak ribet. Keunikan dari jendela dapur ini adalah modelnya yang memanjang ke samping, memberikan kesan dapur yang lebih luas.

Sedulur bisa memanfaatkan ruang di atas jendela dapur untuk kabinet atau lemari dapur gantung berkat model yang memanjang ini.

Dengan demikian, desain dapur Sedulur akan lebih efisien dan hemat ruang. Meskipun simpel, jendela dapur minimalis ini terlihat sangat menawan, bukan?

10. Jendela dapur satu bingkai

Pinterest

Model jendela dapur kayu ini sebenarnya serupa dengan model sebelumnya, hanya terdiri dari satu kaca dengan satu bingkai.

Namun, ukuran jendela dapur minimalis di area kitchen set ini tidak terlalu panjang. Meskipun begitu, ukuran kaca yang besar tetap memberikan ilusi ruangan yang lapang.

Saat memasak, Sedulur bisa membuka jendela dapur ini dengan cara mendorongnya ke depan. Sedulur bisa memilih warna dan material bingkai sesuai selera, misalnya putih dengan besi atau cokelat dari kayu.

BACA JUGA: 20 Referensi Warna Keramik Dapur Cantik dan Minimalis 2023

11. Desain jendela dapur aluminium dan kayu

jendela dapur kayu
Pinterest

Material aluminium sangat umum digunakan dalam furnitur, perabotan, dan pembangunan rumah, termasuk pintu dan jendela.

Pada jendela, biasanya aluminium digunakan untuk bagian kusen, sementara bagian depannya menggunakan kaca. Kelebihan dari penggunaan aluminium adalah desain yang dapat disesuaikan dengan keinginan.

Selain itu, aluminium memiliki kekuatan yang tinggi dan bobot yang ringan, membuat jendela aluminium menjadi pilihan ekonomis yang tahan lama, bebas dari kerusakan akibat rayap, dan tidak mudah pecah.

12. Desain jendela dapur kayu

Pinterest

Keunikannya, jendela yang terbuat dari kayu memberikan tampilan yang hangat dan alami pada dapur.  Selain itu, jendela kayu dapat disesuaikan dengan gaya arsitektur rumah, mulai dari tradisional, rustic, minimalis, hingga klasik.

Kelebihan lain dari penggunaan material kayu adalah kemampuannya dalam menahan cuaca dan tidak mudah memuai atau menyusut saat terkena cuaca panas atau dingin. Namun, untuk memastikan ketahanan yang baik, sebaiknya memilih kayu berkualitas tinggi, meskipun harganya mungkin lebih mahal daripada kayu biasa.

Itulah beberapa informasi mengenai model jendela dapur kayu. Semoga penjelasan dalam artikel di atas bermanfaat bagi Sedulur dan semoga bisa jadi referensi Sedulur untuk diterapkan di rumah Sedulur, agar rumah semakin nyaman ditempati.

Jika jendela dapur sudah siap, tentu Sedulur juga mempersiapkan berbagai macam kebutuhan dapur agar bisa memasak setiap saat. Sedulur bisa belanja dan kulakan banyak kebutuhan memasak di Aplikasi Super. Cukup dengan sentuhan jari, semua barang belanjaan akan langsung diantar sampai depan rumah gratis. Menarik sekali ‘kan? Jadi buruan download Aplikasi Super sekarang juga!