hp tidak bisa di cas

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh para pemilik ponsel adalah hp tidak bisa di cas. Masalah ini menjadi cukup serius karena jika baterai HP habis dan tidak bisa diisi daya kembali, maka HP akan mati dan tidak bisa digunakan.

Beberapa cara dapat digunakan untuk memperbaiki hp yang tidak bisa dicas. Salah satunya adalah dengan melakukan pengecekan pada lubang charger, apakah ada kotoran yang menghalangi atau tidak. Jika ada kotoran, maka dapat diketahui bahwa penyebab HP tidak bisa dicas adalah kotoran tersebut.

Namun, bagaimana jika lubang charger bersih? Nah, tidak perlu khawatir. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Sedulur coba untuk memperbaikinya. Simak, ya!

BACA JUGA: 10 Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Mudah & Praktis

-->

1. Restart HP

hp tidak bisa di cas
iStock

Cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam dapat dilakukan dengan menggunakan perintah restart. Penggunaan perintah ini biasanya disebabkan oleh adanya masalah sementara pada HP sehingga dengan mematikan dan menyalakannya kembali adalah cara yang paling tepat. 

Ketika ponsel dinonaktifkan, maka semua aplikasi yang sedang berjalan di layar belakang akan mati. Dengan begitu, apapun yang mengganggu masalah charging akan hilang secara otomatis. Mematikan HP ini berguna untuk membuat sistem yang error kembali normal.

Meskipun banyak orang yang seringkali lupa menggunakan cara ini, namun restart HP tetap menjadi langkah pertama yang sebisa mungkin dilakukan. Namun, jika cara ini tidak menyelesaikan masalah, Sedulur dapat menggunakan cara-cara selanjutnya.

2. Periksa port USB

hp tidak bisa di cas
iStock

Cara mengatasi hp tidak bisa di cas setelah kena air adalah dengan memeriksa port USB. Jika HP tidak sengaja terkena air, maka periksa bagian port USB untuk mengetahui bagian tersebut basah atau tidak. Jika iya, jangan sambungkan dengan listrik karena akan menyebabkan konslet dan kerusakan yang lebih parah.

Sebaliknya, biarkan bagian tersebut kering terlebih dahulu. Sedulur dapat mengeringkannya dengan tissue, diangin-anginkan, atau memasukkan dalam timbunan beras. Jika sudah benar-benar kering, maka cobalah untuk mengisi daya kembali.

Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi HP yang susah di cas. Hal ini karena beberapa pengguna biasanya terlalu sering melepas pasang kabel ke port bahkan dengan cara mencabutnya secara kasar. Dengan begitu, port USB bisa kendor dan mengalami error. 

BACA JUGA: Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca Mudah & Praktis

3. Ganti power adapter atau kabel USB lain

hp tidak bisa di cas
iStock

Selanjutnya adalah cara mengatasi hp tidak bisa dicas dalam keadaan mati. Beberapa kasus ketidakmampuan ponsel dalam mengisi daya tidak selalu karena perangkatnya, namun juga bisa timbul dari charger yang digunakan. 

Kabel charger yang sering terlipat dapat menyebabkan error. Jika kabel rusak, Sedulur dapat membeli lagi kabel USB sesuai HP asli untuk memperkecil risiko kerusakan.  Tidak hanya bagian kabelnya saja, Sedulur juga harus memeriksa bagian power adapter yang digunakan. Pemakaian yang salah dalam waktu yang lama dapat membuat arus dari power adapter menjadi berkurang sehingga baterai tidak bisa terisi penuh. 

Cara memeriksanya adalah dengan meminjam charger orang lain. Sedulur dapat melakukan tes kombinasi antara kabel USB dengan adapter lain, atau adapter dengan kabel USB lain. Jika baterai ponsel dapat terisi penuh, maka bisa dipastikan bahwa kabel USB atau power adapter yang Sedulur miliki bermasalah. Masalah tersebut bisa karena ada komponen yang putus, konslet, atau karena kabel yang digunakan tidak ori.

4. Bersihkan charging port

hp tidak bisa di cas
iStock

Cara selanjutnya adalah dengan membersihkan charging port. Beberapa masalah semacam ini biasanya disebabkan oleh port yang tersumbat oleh debu. Hal tersebut akan membuat plat logam dalam port dan charger tidak dapat melakukan kontak dengan baik. 

Cara termudah dan tercepat dalam hal ini adalah dengan membersihkannya secara manual. Sedulur dapat mematikan handphone dan mengeluarkan baterai jika memungkinkan, lalu membersihkannya dengan tusuk gigi yang memiliki ujung lancip. Saat membersihkan debu, lakukan secara perlahan agar tidak merusak lempengan. Jika sudah bersih, nyalakan kembali HP dan coba isi baterainya. 

BACA JUGA: Cara Mengatasi Your Connection is Not Private dengan Mudah  

5. Charge dari sumber listrik berbeda

hp tidak bisa di cas
iStock

Tidak hanya menggunakan kabel USB atau power adapter yang berbeda, Sedulur juga bisa mewaspadai sumber listrik yang digunakan. Bisa jadi stop kontak yang digunakan untuk mengisi daya memiliki masalah. Cara mengatasinya dapat dilakukan dengan mengganti sumber listrik, seperti contoh jika Sedulur terbiasa mengisi daya dari stop kontak dinding, maka cobalah stop kontak lain atau gunakan fitur pengisian daya dari komputer. 

6. Update OS

hp
iStock

Jika hp tidak bisa di cas iphone, maka cobalah untuk memeriksa apakah ada versi OS terbaru yang perlu diinstal. Terkadang, ponsel dengan sistem operasi lama membutuhkan pembaruan untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Jika tidak, maka beberapa fungsi akan terpengaruh, seperti contoh akan berpengaruh pada performa pengisian baterai. 

Gunakan OS hp yang paling baru untuk bisa menangani software terbaru. Beberapa software dapat mempengaruhi daya tahan baterai, sehingga perlu di-update secara berkala. Sedulur dapat melakukannya dengan membuka menu Settings lalu About Phone kemudian ke System Updates.

BACA JUGA: 8 Cara Memperbesar Suara Laptop Kecil di Windows 10

7. Gunakan Ampere

hp
Telset.id

Cara memperbaiki hp tidak bisa di cas juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti contoh Ampere. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memeriksa apakah ponsel sedang diisi dan berapa banyak daya yang diisi. Aplikasi ini dapat  mengidentifikasi berapa banyak arus yang digunakan oleh perangkat saat mengisi daya. 

Tidak hanya bisa melihat apakah ponsel sedang mengisi atau tidak, aplikasi ini juga dapat melihat metode pengisian baterai terbaik. Sedulur dapat mengamati bagian nomor di aplikasi. Jika nomor berwarna hijau, maka perangkat sedang mengisi daya, namun jika nomor berwarna oranye, maka perangkat sedang menggunakan daya.

8. Perbaiki bug pada software

hp
APK Pure

Jika hp Samsung tidak bisa di charge dalam keadaan mati, maka kemungkinan telah terjadi bug pada software tanpa disadari. Bisa jadi saat mengunduh software atau aplikasi, terdapat bug yang menyebabkan ponsel error. Untuk itu, perlu aplikasi khusus untuk mendeteksi hal ini. 

Sedulur dapat menggunakan aplikasi Repair Battery Life PRO untuk melakukan ‘perbaikan’ baterai agar sehat kembali. Tidak hanya itu, Sedulur juga bisa melakukan kalibrasi ulang untuk mengembalikan performa baterai. 

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengecek seputar baterai, seperti suhu, sisa daya, arus dan lain sebagainya. Dengan begitu, Sedulur dapat memperkirakan berapa lama lagi HP harus diisi ulang kembali. Aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan yang dapat digunakan untuk melakukan uji perangkat maupun clean memory.

BACA JUGA: Cara Instal Ulang Windows 10 dengan Flashdisk dengan Mudah

9. Kalibrasi baterai

kalibrasi
iStock

Telah disebutkan sebelumnya bahwa Sedulur dapat melakukan kalibrasi baterai jika terdapat bug pada software yang diinstal pada ponsel. Nah, kalibrasi merupakan proses yang bertujuan untuk menormalkan baterai sehingga kapasitas yang tertera di layar sama dengan kondisi sesungguhnya. 

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Habiskan baterai hingga ponsel mati dengan sendirinya.
  • Nyalakan lagi dan biarkan ponsel mati kembali.
  • Sambungkan ponsel dengan charger tanpa dinyalakan hingga layar menunjukkan kapasitas baterai yang sudah penuh.
  • Cabut kabel dan nyalakan ponsel. Jika daya yang tertera tidak 100 persen, maka charge kembali hingga penuh.
  • Cabut kabel dan reboot ponsel.
  • Jika daya yang tertera di layar masih tidak 100 persen, maka ulangi reboot ponsel hingga kapasitas baterai di layar menunjukkan angka 100 persen.
  • Gunakan ponsel hingga baterainya habis lagi. Setelah itu, sambungkan charger ke ponsel dan gunakan seperti biasa. 

10. Ganti baterai

ganti
iStock

Jika HP Samsung tidak bisa di cas karena kena air, maka solusi paling bijak yang dapat dilakukan adalah membawanya ke tempat service center. Jika garansi sudah habis, maka Sedulur dapat memastikan bagian dalam HP sudah benar-benar kering dengan memasukkannya dalam beras  atau silica gel maupun mengeringkannya dengan vacuum cleaner.

Jika HP masih bermasalah, maka kemungkinan terbesar adalah harus mengganti baterainya. Sedulur dapat memilih membeli baterai baru atau membeli HP baru jika mengalami kasus semacam ini karena biasanya mengganti baterai biasanya cukup mahal.

Nah, itulah informasi mengenai cara memperbaiki HP tidak bisa di cas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang mengalami musibah tak terduga semacam ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.