Ragi adalah salah satu bahan untuk membuat roti dan pastinya tidak asing di telinga Sedulur. Ada dua jenis dalam ragi, yaitu ragi kering dan ragi basah. Berbagai jenis merek ragi ada banyak ditemukan di pasaran, salah satunya adalah fermipan. Saking populernya, kebanyakan orang tidak tahu bahwa sesungguhnya fermipan adalah merek ragi instan.

Fermipan adalah salah satu ragi instan yang sangat populer di kalangan masyarakat, terutama untuk para pembuat kue. Bentuk dari ragi instan ini adalah berupa butiran kecil yang berwarna coklat serta memiliki tekstur agak kasar. Artikel kali ini membahas serba serbi merk ragi instan tersebut. Simak rangkumannya berikut ini, ya.

BACA JUGA: Ini Cara Bikin Asinan Buah Segar Manis Asem, Enak Banget!

1. Apa itu fermipan?

fermipan
harga.web

Seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa ada beberapa jenis ragi untuk membuat kue. Jenis dari ragi tersebut adalah ragi basah, ragi instan, dan ragi kering. Ada beberapa perbedaan dari ketiga jenis ragi tersebut, yang pertama adalah ragi instan. Ragi instan adalah ragi yang banyak ditemui di toko terdekat, dan jenis ragi yang paling terkenal adalah merk fermipan. Ragi fermipan sachet mempunyai butiran lebih kecil dan lebih halus dibandingkan dengan jenis ragi kering aktif. Cara menggunakannya pun tidak memiliki waktu yang cenderung lebih lama dari jenis yang lainnya. Meski begitu, ada beberapa orang yang melarutkan dahulu ragi instan di dalam air agar mudah tercampur pada adonan yang sedang dibuatnya. Ragi instan ini juga cukup awet hingga dua tahun jika penyimpanannya dilakukan di dalam kulkas freezer dan ditutup dengan wadah yang kedap udara dan tertutup. Fermipan harganya cukup bervariasi, yaitu sekitar 10 ribuan sampai 30 ribuan, tergantung dengan ukurannya.

2. Cara menggunakan fermipan

kompas

Setelah mengetahui definisi serta harga fermipan, penting untuk Sedulur tahu seperti apa cara menggunakan ragi instan ini. Hal ini perlu diketahui agar keberhasilan kue semakin meningkat karena adanya pengaruh dari ragi instan itu sendiri. Cara menggunakannya adalah takarannya hanya sebesar 2,5 persen dari berapa takaran tepung yang dibuat di adonan kue. Perlu diperhatikan bahwa ketika ragi instannya sudah dibuka, harus segera digunakan agar yang dihasilkan lebih maksimal lagi. 

Sedulur bisa mengecek apakah ragi sudah berfungsi dengan baik ataupun belum dengan cara memasukkannya ke air hangat. Ragi dikatakan sudah berfungsi dengan baik apabila muncul buih. Jangan mencampurkan ragi instan dengan garam, karena mikroorganisme yang terkandung dalam ragi akan menjadi terbunuh dan tidak akan berfungsi secara optimal.

BACA JUGA: Resep Membuat Chicken Cordon Bleu ala Hotel

3. Manfaat fermipan

kompas

Seperti definisinya, manfaat fermipan adalah bahan pengembang yang membuat kue buatan Sedulur menjadi lebih berbentuk. Ragi instan ini harus dicampur dengan gula dan air dan menjadi karbondioksida yang menghasilkan kue menjadi berbentuk dan mekar sesuai yang diinginkan oleh pembuat roti. Selain untuk mengembangkan kue, ragi instan ini bisa juga untuk menambah rasa pada kue yang dibuat. Selain menjadikan kue lebih enak, ragi instan ini juga tahan lama, lho. Simpan ragi instan di dalam freezer dengan wadah yang tertutup rapat dan tidak ada udara yang masuk. Bisa juga dengan menggulung rapat kemasan ragi instan dan ikat hingga erat sampai tidak ada udara. 

Jika tidak ada ragi instan ketika ingin membuat kue atau roti, Sedulur bisa memanfaatkan baking soda atau soda kue sebagai pengganti fermipan. Fungsi dari baking soda itu sama dengan ragi instan, yaitu untuk mengembangkan kue. Caranya, campurkan dahulu soda kue dengan bahan yang mengandung asam seperti perasan lemon, sehingga karbon dioksida bisa aktif.

Demikianlah pengertian serta cara menggunakan fermipan yang bisa Sedulur praktekkan ketika membuat kue atau roti. Perlu diperhatikan jangan terlalu banyak menggunakan ragi instan ini, karena efek kebanyakan fermipan bisa mengakibatkan kembung terutama bagi penderita gangguan lambung serta sakit kepala dan migrain. Semoga bermanfaat, ya!

Jangan lupa untuk membeli bahan membuat kue hanya di Aplikasi Super. Selain mempunyai banyak variasi bahan, Sedulur juga bisa belanja kebutuhan pokok yang cepat dan mudah. Install, yuk.