Mengenal fermipan

Ragi adalah salah satu bahan untuk membuat roti dan pastinya tidak asing di telinga Sedulur. Ada dua jenis dalam ragi, yaitu ragi kering dan ragi basah. Berbagai jenis merek ragi ada banyak ditemukan di pasaran, salah satunya adalah fermipan. Saking populernya, kebanyakan orang tidak tahu bahwa sesungguhnya fermipan adalah merek ragi instan.

Fermipan adalah salah satu ragi instan yang sangat populer di kalangan masyarakat, terutama untuk para pembuat kue. Bentuk dari ragi instan ini adalah berupa butiran kecil yang berwarna coklat serta memiliki tekstur agak kasar. Artikel kali ini membahas serba serbi merk ragi instan tersebut. Simak rangkumannya berikut ini, ya.

BACA JUGA: 12 Resep Roti Jala yang Enak, Cocok untuk Camilan di Rumah

1. Apa itu fermipan?

fermipan
iStock

Seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa ragi adalah salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan kue dan roti. Ragi bisa dijelaskan sebagai suatu mikroorganisme dari jenis Saccharomyces cerevisiae yang berfungsi untuk memfermentasi karbohidrat untuk menghasilkan CO2 (karbon dioksida) dan alkohol dalam tepung. Dengan begitu, kue atau roti yang dibuat dapat mengembang dengan sempurna.

-->

Terdapat beberapa jenis ragi yang bisa digunakan untuk membuat kue, di antaranya adalah ragi basah, ragi instan, dan ragi kering. Namun pada artikel kali ini hanya akan dibahas mengenai ragi instan yang biasanya hadir dalam bentuk butiran kecil. Ragi instan adalah ragi yang banyak ditemui di toko terdekat, dan jenis ragi yang paling terkenal adalah merk fermipan.

Ragi fermipan mempunyai butiran lebih kecil dan lebih halus dibandingkan dengan jenis ragi kering aktif. Cara menggunakannya pun tidak memiliki waktu yang cenderung lebih lama dari jenis yang lainnya. Meski begitu, ada beberapa orang yang melarutkan dahulu ragi instan di dalam air agar mudah tercampur pada adonan yang sedang dibuatnya.

Ragi instan ini juga cukup awet hingga dua tahun jika penyimpanannya dilakukan di dalam kulkas freezer dan ditutup dengan wadah yang kedap udara dan tertutup. Fermipan harganya cukup bervariasi, yaitu sekitar 10 ribuan sampai 30 ribuan, tergantung dengan ukurannya.

BACA JUGA: 5 Resep Roti Canai Enak untuk Camilan di Rumah

2. Cara menggunakan fermipan

iStock

Setelah mengetahui definisi serta harga fermipan, penting untuk Sedulur tahu seperti apa cara menggunakan ragi instan ini. Hal ini perlu diketahui agar keberhasilan kue semakin meningkat karena adanya pengaruh dari ragi instan itu sendiri. Cara penggunaannya sendiri harus diberi batasan pada takaran sebesar 2,5 persen dari total tepung yang digunakan untuk membuat adonan kue. Perlu diperhatikan bahwa setelah bungkus ragi instandibuka, maka harus segera digunakan agar kue yang dihasilkan lebih maksimal lagi. 

Sedulur bisa mengecek apakah ragi sudah berfungsi dengan baik ataupun belum dengan cara memasukkannya ke air hangat. Ragi dikatakan berfungsi dengan baik apabila muncul buih. Jangan mencampurkan ragi instan dengan garam, karena mikroorganisme yang terkandung dalam ragi akan mati terbunuh sehingga mengurangi kemampuannya untuk membuat roti mengembang secara optimal.

BACA JUGA: 7 Resep Roti Manis Lembut Cocok untuk Camilan di Rumah

3. Manfaat fermipan

iStock

Seperti definisinya, manfaat fermipan adalah bahan pengembang yang membuat kue buatan Sedulur menjadi lebih berbentuk. Ragi instan ini harus dicampur dengan gula dan air dan menjadi karbondioksida yang menghasilkan kue menjadi berbentuk dan mekar sesuai yang diinginkan oleh pembuat roti. Selain untuk mengembangkan kue, ragi instan ini bisa juga untuk menambah rasa pada kue yang dibuat.

Alhasil, kue menjadi lebih enak dan teksturnya juga mengembang dengan baik. Ragi instan semacam ini juga terkenal tahan lama, lho. Cukup dengan menyimpan ragi instan di dalam freezer dengan wadah yang tertutup rapat dan tidak ada udara yang masuk, maka ketahananya bisa mencapai bulanan. Atau Sedulur bisa juga dengan menggulung rapat kemasan ragi instan dan ikat hingga erat sampai tidak ada udara. 

Jika tidak ada ragi instan ketika ingin membuat kue atau roti, Sedulur bisa memanfaatkan baking soda atau soda kue sebagai pengganti fermipan. Fungsi dari baking soda itu sama dengan ragi instan, yaitu untuk mengembangkan kue. Caranya, campurkan dahulu soda kue dengan bahan yang mengandung asam seperti perasan lemon, sehingga karbon dioksida bisa aktif.

Itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu fermipan. Dapat disimpulkan bahwa fermipan merupakan merek ragi instan. Hanya saja, masyarakat Indonesia terbiasa menggunakan nama atau istilah tersebut untuk menyebut ragi secara umum.

Selain itu juga telah dipaparkan cara menggunakan fermipan yang bisa Sedulur coba ketika membuat kue atau roti di rumah. Perlu diperhatikan jangan terlalu banyak menggunakan ragi instan ini, karena dapat mengakibatkan kembung terutama bagi penderita gangguan lambung serta sakit kepala dan migrain.

Sementara itu, bagi Sedulur yang tertarik membuat roti ataupun berbagai hidangan lain di rumah, jangan lupa untuk melengkapi berbagai kebutuhan dapur. Nah, agar belanja kebutuhan dapur semakin hemat, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super yang punya beragam produk termasuk bahan untuk membuat roti dan aneka bumbu dapur dengan harga terjangkau.

Selain dijamin murah, belanja di Aplikasi Super juga sangat praktis. Cukup pesan lewat aplikasi dan barang belanjaan akan dikirim sampai depan rumah karena Aplikasi Super punya layanan pengiriman gratis ongkir. Menarik bukan? Yuk, tunggu apa lagi, langsung unduh Aplikasi Super dan nikmati pengalaman belanja hemat anti ribet.