desain tempat cuci piring dan kompor

Ketika berbicara mengenai dapur, maka desain tempat cuci piring dan kompor adalah hal yang paling utama. Dua area ini akan menjadi penentu bagaimana suasana dan kerapian dapur tercipta.

Jika Sedulur sedang ingin membangun rumah dan mencari desain tempat cuci piring dan kompor, maka berada di tempat yang tepat. Kali ini kita akan membahas tentang desain dapur kekinian tapi tetap memperhatikan fungsi utama dapur yang tak lepas dari tempat cuci piring dan kompor. 

Penasaran seperti apa desain tempat cuci piring dan kompor yang menarik serta bagus untuk dibuat di tahun ini? Simak inspirasinya berikut!

BACA JUGA: 15 Inspirasi Desain Dapur Bawah Tangga, Minimalis tapi Mewah

-->

1. Bernuansa putih agar selalu bersih

The Kitchn

Pada inspirasi tempat cuci piring dan kompor ini, pengaplikasian warna putih sangatlah berhasil membuat area dapur terkesan lapang dan bersih. Desain tempat cuci piring dan kompor ini memanfaatkan warna putih pada bagian rak.

Sedangkan pada bagian backsplash dan permukaan meja menggunakan motif marmer agar tampilannya lebih elegan. Sementara itu, ketersediaan kompor listrik dan bak cuci piring berwarna hitam memberikan kesan catchy dan estetik.

2. Meja kompor dan cuci piring marmer

Marmer putih adalah bahan utama yang digunakan untuk tempat cuci piring dan kompor ini. Sehingga desainnya terlihat begitu rapi dan bersih. Jangan takut untuk melakukan kegiatan memasak di sini karena cipratan masakan akan menodai marmer, sebab saat ini sudah banyak tersedia pembersih marmer yang dijual di pasaran.

Desain tempat cuci piring dan kompor yang satu ini cocok untuk Sedulur yang memilih desain modern minimalis untuk hunian. Apalagi dengan penggunaan marmer, setiap noda yang ada pasti bisa cepat dihilangkan. Namun, untuk biaya pembuatannya, bahan marmer pasti lebih mahal dibandingkan bahan biasa ya.

3. Model tempat cuci piring dan kompor memanjang

Pinterest

Simpel dan elegan, desain tempat cuci piring ini diletakkan pada rak memanjang berwarna putih. Tidak harus selalu dekat kompor, tempat cuci piring juga dekat dengan seat corner. Setelah selesai makan, Sedulur cukup dekat menuju tempat cuci piring sehingga lebih praktis.

4. Konsep Letter L untuk kompor dan cuci piring

Selain lurus memanjang, banyak dapur menggunakan meja berbentuk “L” untuk menempatkan berbagai perabotan. Pada desain ini, tempat cuci piring biasanya dipasang pada salah satu sisi letter L dan dekat dengan kompor. Hal ini memudahkan Sedulur untuk meletakkan peralatan masak yang kotor setelah digunakan.

5. Inspirasi tempat cuci piring dengan rak

Livingetc

Desain tempat cuci piring ini banyak diminati karena telah dilengkapi rak khusus dapur untuk meniriskan piring dan gelas. Rak tersebut biasanya telah menyatu dengan tempat cuci piring dan di bagian bawahnya terdapat celah untuk jalur keluarnya air. Sangat praktis dan Sedulur tidak perlu membeli rak lagi, bukan?

6. Model tempat cuci piring dan kompor terpisah

Berbeda dengan desain lain yang meletakkan tempat cuci piring dan kompor bersebelahan, desain yang satu ini justru merancang kitchen sink dan kompor di tempat yang berbeda. Meski begitu, nampaknya hal tersebut tidak akan menjadi masalah besar.

Apalagi dengan perpaduan warna seperti putih dan cokelat, akan membuat desain tempat cuci piring ini semakin cantik. Modelnya juga bisa Sedulur tiru agar bisa menciptakan gaya dapur modern, elegan, dan simpel.

7. Desain dapur dengan keran menempel dinding

The Spruce

Kebanyakan keran air dipasang pada meja. Namun, untuk kamu yang terkendala ukuran meja, cobalah pasang keran air pada dinding supaya lebih space-saving alias hemat tempat. Dengan demikian, ukuran bak cuci bisa dimaksimalkan dan membuatmu makin nyaman saat mencuci piring.

Tempat cuci piring ini berada pada kabinet dapur yang sama dengan area memasak sehingga tampilannya seragam. Bagian meja berwarna putih dan pintu lemari berwarna tosca. Paduan model tempat cuci piring dan warna-warna tersebut membuat dapur makin minimalis dan menawan.

8. Pakai perpaduan kayu untuk ciptakan earth tone kitchen

Tidak ada salahnya menjadikan tempat cuci piring sebagai fokus utama dapur, misalnya dengan menggunakan bak cucian berwarna hitam di tengah meja warna cream. Tampilannya yang bold minimalis akan membuat mata langsung fokus ke area ini.

Desain tempat cuci piring ini juga multifungsi. Bagian kanannya bisa digunakan sebagai talenan sekaligus area untuk meniriskan cucian. Sementara di bagian lain, bisa Sedulur gunakan untuk mempersiapkan semua bahan-bahan masakan atau peralatan dapur.

9. Konsep meja kompor dan tempat cuci piring tunggal

Dezeen

Unik, itulah kesan pertama yang muncul ketika melihat desain berikut. Dirancang terpisah dari lemari penyimpanan kitchen set dan berada di tengah ruangan adalah poin yang membuat desain tempat cuci piring dan kompor ini terlihat begitu nyentrik.

Belum lagi dengan suasana sekeliling ruangan yang didesain untuk menggunakan kaca sehingga cahaya matahari bisa masuk dengan leluasa. Dengan desain ini, pasti kegiatan memasak dan mencuci piring akan menjadi satu hal yang menyenangkan.

10. Gaya clean look

Untuk dapur berukuran mungil, sebaiknya dibuat dengan tampilan clean look. Tempat cuci piring cukup menggunakan single sink dengan keran air menempel di dinding. Sebisa mungkin, biarkan area di sampingnya kosong sehingga bisa digunakan untuk menata makanan atau menyiapkan bahan masakan.

Peralatan yang jarang dipakai dapat ditata di rak ambalan. Desain tempat cuci piring ini menjadikan dapur tampak lebih lega dan bersih.

BACA JUGA: 7 Cara Membersihkan Alat Dapur yang Gosong Jadi Mengkilap!

11. Teknik unfinished bikin meja cuci piring dan kompor elegan

desain tempat cuci piring dan kompor
Studio York

Kesan unfinished langsung muncul ketika melihat desain tempat cuci piring dan kompor yang satu ini sebab warna yang dipilih menyerupai warna acian semen. Namun menariknya, dengan sentuhan tanaman yang diletakkan, mampu membuat kitchen sink ini terlihat begitu hidup.

Sedulur juga bisa mempercantik suasana dapur bergaya unfinished ini dengan aksen warna netral di bagian tengahnya. Misalnya penggunaan warna hijau yang bisa membuat suasana dapur semakin natural dan kalem.

12. Desain tempat cuci piring dengan keramik

Selama ini kita melihat tempat cuci piring hanya menggunakan satu warna sehingga nampak polos. Agar tidak membosankan, Sedulur bisa membuat desain tempat cuci piring dari potongan keramik jenis keramik.

Jangan khawatir, motif dekoratif aneka warna dijamin membuat tampilan dapur Sedulur berbeda dari yang lain. Apalagi penggunaan bahan keramik ini juga mudah dibersihkan dan tidak akan meninggalkan noda.

13. Model tempat cuci piring beton modern

Pinterest

Ketika Sedulur merasa kurang cocok dengan tempat cuci piring dari stainless atau granit, bahan beton bisa dicoba. Berbeda dari jenis lainnya, desain tempat cuci piring ini dapat dibuat sebagai satu meja terpisah dengan ukuran bak yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Agar tidak terlihat kumuh, tambahkan aksen warna emas pada keran sehingga tempat cuci piring terlihat lebih keren. Konsep modern dari beton ini juga ramah dikantong, karena kebutuhan biayanya tidak begitu besar dan mahal.

14. Ide colorful cocok untuk dapur

Area dapur kamu tampil polos dengan warna netral seperti putih atau abu? Agar ruangan tampak lebih hidup, kamu dapat membuat tempat cuci piring dan kompor dengan warna mencolok.

Sebagaimana inspirasi tempat cuci piring dan kompor yang satu ini, penggunaan kombinasi warna hijau dan hitam sangatlah efektif. Dengan begitu ruangan makin terlihat dinamis namun tetap estetik!

15. Konsep kompor dan tempat cuci piring minimalis

Salamander Stoves

Terakhir, ada desain tempat cuci piring dan kompor yang sangat simpel dan minimalis. Desain ini cocok sekali untuk Sedulur yang menetap di rumah kecil atau di unit apartemen atau hunian mungil yang tidak terlalu besar.

Kompor yang digunakan pun hanya merupakan kompor satu tungku. Selain itu, desain ini juga cocok digunakan oleh mereka yang masih single atau baru saja memiliki pasangan.

Demikian tadi deretan inspirasi dan ide desain tempat cuci piring dan kompor yang menarik dibangun di rumahmu. Tak hanya bisa membuat suasana semakin estetik, Sedulur bisa nyaman saat melakukan aktivitas memasak di dapur.

Pilihan konsep desain di atas juga sangat fleksibel, mulai dari modern minimalis hingga konsep minimalis sederhana bisa Sedulur coba. Tinggal sesuaikan saja dengan bujet dan selera. Jadi selamat mencoba ide-ide untuk tempat cuci piring dan kompor di atas ya!