Sedulur sedang mencari desain dapur kotor belakang rumah? Kalau jawabannya iya, pastikan desain tersebut cocok dengan rumah Sedulur. Pasalnya, dapur kotor sering digunakan untuk memasak makanan yang lebih rumit dan membutuhkan persiapan yang lebih banyak.Sementara dapur bersih biasanya digunakan untuk menata dan menyajikan makanan setelah dimasak.

Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan desain dapur kotor yang nyaman saat memasak. Selain itu, tata letak dapur yang baik juga bisa memberikan tampilan yang menarik dan estetis. Jika Sedulur ingin membangun atau merenovasi dapur kotor di rumah, Sedulur bisa mencoba beberapa inspirasi berikut untuk membuatnya terlihat cantik dan nyaman:

BACA JUGA: 12 Desain Meja Dapur Minimalis yang Bisa Ditiru di Rumah

1. Dapur kotor di belakang rumah dekat taman

Homebuilding

Desain dapur kotor belakang rumah yang terletak di belakang rumah ini memiliki pandangan ke taman atau kebun kecil. Desain dapur kotor ini simpel, dengan kabinet untuk menyimpan alat masak dan bumbu-bumbu. Untuk menambah kenyamanan saat memasak, Sedulur bisa menambahkan meja dan kursi kayu sesuai dengan selera Sedulur.

-->

Agar terlihat lebih istimewa, Sedulur juga bisa mendesain backsplash dapur kotor Sedulur dengan menggunakan model batu bata yang tidak disemen atau dipasang dengan keramik. Desain seperti ini juga memiliki keuntungan karena mampu menyamarkan noda-noda dari percikan minyak atau bumbu masak, selain itu, tampilannya juga stylish dan hemat biaya. Pasti menyenangkan sekali bisa memasak sambil menikmati keindahan taman belakang rumah, bukan?

2. Dapur kotor berkonsep semi outdoor

Garden Living

Dapur kotor ini memiliki konsep semi-outdoor dengan desain bukaan yang sangat luas untuk memberikan ruang yang lebih leluasa saat memasak. Terdapat kitchen island yang bisa digunakan untuk mempersiapkan bahan makanan.

Dapur kotor ini juga dilengkapi dengan kitchen set yang terbuat dari elemen kayu yang sejalan dengan meja makan kayu untuk makan bersama keluarga. Untuk hasil yang terbaik, disarankan untuk mempercayakan desain dapurmu pada ahli desain interior atau pembuat kitchen set di kota tempatmu tinggal. Misalnya, menggunakan jasa pembuat kitchen set di Bandung, Surabaya, atau Jakarta.

3. Dapur kotor rustic dan unfinished semen

desain dapur kotor belakang rumah
Furnizing

Bagi yang memiliki ruang terbatas, dapur kotor kecil ini bisa menjadi inspirasi. Dengan tema rustik dan kombinasi elemen kayu pada kabinet serta permukaan meja dapur yang bergaya unfinished dengan semen, dapur kotor ini memberikan kesan unik dan sensasi tersendiri yang akan membuatmu betah untuk memasak.

Meskipun ukurannya kecil, dapur kotor ini dilengkapi dengan lemari dapur untuk menyimpan bahan makanan, wastafel untuk mencuci bahan makanan, serta mini kitchen bar untuk meletakkan makanan yang sudah jadi. Sedulur juga bisa menambahkan tanaman hijau di beberapa sudut dapur untuk menciptakan suasana yang asri. Dapur kotor ini memang sangat istimewa, bukan?

4. Dapur kotor gaya Mediterania

Houzz

Jika Sedulur memiliki halaman belakang rumah yang luas, dapur kotor dengan gaya mediterania ini cocok untuk diaplikasikan. Sedulur dapat memulainya dengan mendesain area untuk menempatkan kompor dan oven, sementara pada sisi lainnya, tempatkan wastafel cuci piring dan ruang untuk menyimpan peralatan dapur.

Penggunaan batu alam sebagai material untuk dapur kotor ini dapat membuatnya terlihat lebih hidup dan alami. Dapur yang luas akan membuat memasak menjadi lebih mudah, terutama saat memasak bersama keluarga untuk acara-acara tertentu.

5. Dapur kotor pada patio belakang rumah

Livingetc

Desain dapur kotor yang memiliki nuansa hangat seperti rumah-rumah bergaya Eropa ini memang sangat menarik untuk diaplikasikan di hunianmu. Suasana hangat dan menyenangkan yang diciptakan oleh desain ini dapat memudahkan Sedulur untuk merasakan kenyamanan rumah yang sebenarnya.

Berlokasi di serambi terbuka di belakang rumah, dapur kotor ini memiliki banyak keuntungan yang dapat Sedulur nikmati. Kerangka kayu yang belum dipoles yang digunakan sebagai penghias dapur ini adalah salah satu elemen penting dalam menciptakan tampilan alami dan rustic pada dapur kotor ini.

Kayu yang digunakan dapat memberikan kesan natural dan organik pada desain dapur kotor, dan dapat membuatmu merasa dekat dengan alam. Sentuhan alami pada desain dapur kotor ini juga dapat memberikan efek menenangkan dan menyegarkan bagi penghuninya.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Pilihan Merek Cat yang Bagus Untuk Dapur

6. Dapur kotor di lorong belakang rumah

Dekoruma

Dapur kotor minimalis dengan konsep yang simpel namun elegan ini menghadirkan tampilan yang sangat menarik dan fungsional. Terletak di ruang lorong belakang rumah, dapur ini dirancang dengan memaksimalkan penggunaan ruang yang tersedia. Dengan menggunakan dinding backsplash sebagai area memasak, dapur ini memungkinkan penggunaan ruang yang efektif dan efisien.

Tidak hanya itu, kitchen island sederhana dengan wastafel cuci piring dan alat pemanggang menjadi pusat perhatian dalam dapur kotor ini. Desain yang sederhana namun fungsional membuat dapur kotor ini sangat cocok untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Ditambah lagi, jika terdapat ruang kosong, Sedulur dapat menambahkan meja makan sehingga Sedulur dan keluarga dapat menikmati makanan dengan nyaman di belakang rumah.

7. Dapur kotor warna monokrom

Sewaktu

Meski terlihat simpel, dapur kotor dengan desain kontemporer dan warna monokrom ini bisa dijadikan pilihan untuk diaplikasikan di rumah. Kesan monokrom yang dihadirkan pada berbagai elemen dapur memberikan nuansa modern yang menarik.

Tak hanya itu, Sedulur bisa memberikan sentuhan lembut dengan memilih lantai parket minimalis berwarna cokelat muda yang memiliki tekstur yang unik. Kombinasi antara aksen kontemporer dan kesan lembut dari lantai parket akan menciptakan suasana yang menyenangkan di dapur kotormu.

8. Dapur kotor sederhana

Furnizing

Desain dapur kotor belakang rumah ini bisa menjadi inspirasi bagi Sedulur yang ingin menciptakan suasana natural dan estetis di dapur. Kabinet kayu berwarna muda menjadi elemen penting dalam desain ini, memberikan kesan yang sederhana namun tetap menarik. 

Sedulur juga bisa menambahkan tanaman merambat di sekitar kabinet untuk memberikan kesan alami pada dapur. Untuk menambah warna pada dapur, Sedulur bisa memanfaatkan dinding kosong dengan menambahkan hiasan dinding yang sesuai dengan tema. 

Dengan begitu, dapur kotormu akan terlihat lebih hidup dan menyenangkan untuk digunakan.

9. Dapur kotor ukuran mungil

Pinterest

Desain dapur kotor sederhana dengan nuansa monokrom dapat menjadi pilihan yang tepat untuk rumah minimalis. Meskipun memiliki ruang yang terbatas, desain ini tetap memberikan kesan luas dan nyaman untuk aktivitas memasak. Warna monokrom yang dipilih juga memberikan kesan elegan dan modern pada dapur kotor tersebut.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin

10. Desain dapur kotor minimalis

Desain dapur kotor minimalis berikut ini cocok untuk rumah dengan ukuran kecil. Dengan kombinasi warna yang alami, dapur terlihat lapang dan nyaman untuk memasak. Nuansa earth tone juga memberikan kesan hangat dan bersih pada dapur.

Itu tadi beberapa desain yang bisa Sedulur pilih dan jadikan referensi. Setelah melihat berbagai desain dapur kotor belakang rumah di atas, desain mana yang menjadi favoritmu?