cek sisa token listrik

Meteran listrik prabayar atau token saat ini banyak digunakan masyarakat agar dapat lebih menghemat biaya pengeluaran. Pasalnya dengan menggunakan token, penggunaan listrik bisa terkontrol dengan baik. Agar dapat terpantau terus, Sedulu tentu saja harus tahu bagaimana cara cek sisa token listrik.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas tips dan cara cek sisa token listrik yang bisa Sedulur lakukan agar bisa memantau dan menghemat pengeluaran bulanan utamanya untuk pengeluaran listrik. Seperti apa saja cara cek sisa token listrik? Yuk, mari langsung kita simak!

BACA JUGA: Cara Mengisi Token Listrik Praktis dan Mudah, Terbaru 2023

Cara Cek Sisa Token Listrik Online

Okezone

Terdapat beberapa cek sisa token listrik yang bisa Sedulur lakukan secara online. Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan. Terutama bagi Sedulur yang malas keluar rumah untuk hanya sekedar cek sisa token listrik.

Berikut beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan, yaitu:

1. Melalui website PLN

Cara cek sisa token listrik pertama yang bisa Sedulur melalui website PLN. Adapun cara yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  • Pastikan koneksi internet yang digunakan lancar
  • Kunjungi situs PLN
  • Daftarkan akun, dengan mengisi semua data diri dengan lengkap dan benar
  • Selesaikan proses verifikasi
  • Setelah terdaftar dan terverifikasi, login menggunakan email dan password yang sudah Moms buat
  • Klik Masuk
  • Usai mendaftar, kini Moms bisa mengecek sisa token listrik dan informasi lainnya terkait token listrik rumah
  • Untuk mengecek sisa token listrik, pilih menu Pelanggan
  • Kemudian pilih Informasi Tagihan dan Token Listrik dan rinciannya akan ditampilkan

2. Melalui aplikasi PT. PLN

Selain melalui website PLN di atas, terdapat cara cek sisa token listrik secara online yang bisa Sedulur lakukan, yaitu dengan menggunakan aplikasi PT. PLN. Adapun cara yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi PLN Mobile lewat Google Play Store atau App Store
  • Buka aplikasi PLN Mobile
  • Daftarkan akun dengan mengisi semua data diri dengan lengkap dan benar
  • Lanjutkan ke proses verifikasi
  • Setelah proses pendaftaran dan verifikasi, login menggunakan email dan password yang telah Moms buat
  • Setelah itu, kamu bisa mengecek sisa token listrik di menu Token & Tagihan

BACA JUGA: Cara Buka Usaha Token Listrik yang Dijamin Menguntungkan!

Cara Cek Sisa Token Listrik

Kompas

Selain cara cek sisa token listrik secara online, Sedulur juga bisa melalukan cara cek lainnya secara manual. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama seperti apa cara cek sisa token yang bisa Sedulur lakukan. Yuk, mari langsung kita simak pembahasannya di bawah ini:

1. Cek sisa token dengan kode

Cara pertama yang bisa Sedulur lakukan yaitu dengan cara cek sisa token dengan menggunakan kode. Cara yang ini merupakan cara yang cukup simpel dan sederhana, yaitu dengan memasukkan kode tertentu ke meteran listrik, maka sisa kWh akan langsung ditampilkan dilayar MCB.

Akan tetapi untuk melakukan cara ini, Sedulur harus mengetahui merek meteran listrik prabayar milik Sedulur. Hal ini dikarenakan setiap merek menggunakan kode yang berbeda-beda untuk mengecek sisa kWh token-nya.

Untuk merek meteran listrik seperti Conlog dan Itron, informasi sisa kWh sudah langsung ditampilkan dilayar MCB, namun untuk merek lainnya seperti Hexing diperlukan kode untuk mengetahuinya. Adapun cara mengecek sisa kWh token listrik menggunakan kode yaitu sebagai berikut.

Pertama, silahkan masukkan kode cek sisa kWh token berikut lewat meteran listrik:

  • Hexing : 801
  • Glomet : 37
  • Star : 07

Kemudian, tekan “Enter” maka informasi kWh akan langsung ditampilkan di layar MCB.

2. Cara cek sisa token listrik manual

Langkah selanjutnya yaitu cek sisa token listrik yang dilakukan secara manual ke meteran listrik. Berikut ini adalah langsng yang bisa Sedulur lakukan, yaitu:

  • Mengetahui terlebih dahulu apa merk meteran di rumah. Beberapa merk seperti CONLOG atau Itron biasanya sudah langsung menampilkan informasi sisa kWh di layar meterannya.
  • Untuk merek lain seperti Hexing, biasanya harus menekan kode 801 untuk mengecek sisa listrik.
  • Kemudian merk Glomet, caranya tekan 37 dan Enter. Lalu, untuk merk Star, bisa tekan 07 dan Enter.

Setelah itu, akan muncul tampilan sisa pulsa listrik. Cukup mudah, bukan? Sedulur tidak perlu panik dan tidak perlu repot.

BACA JUGA: Cara Terbaik Menghemat Listrik Token/Pulsa, Mudah Banget!

Cara Mengisi Token Listrik

Tempo

Selain cara cek sisa token listrik di atas, Sedulur juga wajib tahu bagaimana cara mengisi token listrik agar ketika habis Sedulur bisa langsung mengisinya. Terdapat beberapa langkah mengisi token listrik yang bisa Sedulur lakukan, yaitu:

1. Membeli token listrik

Hal pertama yang harus Sedulur lakukan dalam mengisi token listrik adalah dengan membeli pulsa listrik menggunakan nomor token yang tercantum di bagian atas layar LCD bargainser. Membeli pulsa token listrik kini bisa dilakukan dengan banyak cara.

Bisa melalui ATM, mobile banking, aplikasi khusus, agen pulsa, hingga di minimarket atau supermarket bahkah Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super. Nominal pulsa yang ditawarkan umumnya mulai dari Rp20 ribu hingga Rp 5 juta. Sedulur bisa memilih nominal pulsa sesuai dengan kebutuhan.

Setelah pembelian berhasil, Sedulur akan menerima 20 digit angka yang nantinya dimasukkan ke dalam meteran listrik.

2. Menginput 20 digit angka ke meteran listrik

Saat menginput 20 digit angka yang telah diberikan, perhatikan layar LCD bargainser agar angka yang dimasukkan benar. Masukkan 20 angka secara bertahap dan teliti.  Jika terdapat kesalah input, Sedulur bisa menekan tombol backspace untuk menghapus angka yang salah.

Jika semua angka sudah dimasukkan, langsung tekan tombol enter pojok kanan bawah untuk menginput kode token tersebut.

3. Tunggu konfirmasi di layar LCD

Tak lama setelah menekan tombol enter, akan muncul konfirmasi di layar LCD. Nah, untuk memastikan nomor yang diinput sudah benar, Sedulur Super harus memerhatikan LCD bargainser.

Jika angka yang diinput sudah benar, maka pada layar LCD akan muncul tulisan “benar” atau “accept”. Namun sebaliknya, jika Sedulur salah dalam menginput angkanya, maka akan muncul tulisan “salah” atau “reject”. Jika salah, Sedulur harus menginput ulang 20 digit angka yang telah diberikan.

4. Mengisi Pulsa Token pun Berhasil

Jika pada layar LCD sudah muncul tulisan “benar” atau “accept” maka artinya nomor yang dimasukkan sudah benar. Secara otomatis angka kWh pada bargainser pun akan bertambah sesuai dengan nominal yang dibeli. Untuk lebih yakin, perhatikan lampu indikator apakah sudah berwarna hijau atau tetap merah.

Bagaimana? Mudah kan cara mengisi token listrik? Cara isi token listrik ke meteran dapat disingkat sebagai berikut:

  • Pertama-tama, beli dulu voucher token listrik dengan nominal sesuai kebutuhan.
  • Jika transaksi pembelian voucher token listrik berhasil, Sedulur akan menerima 20 digit angka yang harus dimasukan ke meteran.
  • Periksa dan masukkan 20 digit angka tersebut ke meteran listrik prabayar Sedulur.

Meskipun penginputan sudah selesai dan berhasil, diisarankan bagi Sedulur untuk tidak membuang struk pembelian token. Mengapa? Hal ini dikarenakan struk pembelian tersebut akan berguna untuk pembelian token listrik berikutnya.

Jadi Sedulur hanya perlu membawa struk tersebut tanpa perlu membawa kartu pengguna listrik. Di dalam struk pembelian token biasanya sudah tersedia nomor id pelanggan. Selain membeli via agel pulsa maupun minimarket, penting juga Sedulur untuk mengetahui cara mengisi token lewat ATM maupun aplikasi khusus agar transaksi token pun jadi lebih mudah.

BACA JUGA: 15 Aplikasi Pembukuan Transaksi Terbaik 2023 untuk Usahamu!

Keuntungan Token Listrik

Kabar Bisnis

Selain mengetahui cara cek sisa token dan bagaimana cara mengisi token listrik ketika habis, Sedulur juga tentu saja harus mengetahui seperti apa saja keuntungan token listrik dibandingkan dengan penggunakan listrik pascabayar.

  • Adapun daftar keuntungannya yaitu sebagai berikut:
  • Lebih mudah mengendalikan pemakaian listrik.
  • Melalui meter elektronik prabayar, kita dapat memantau pemakaian listrik sehari-hari setiap saat. Di sana akan tertera angka sisa pemakaian kWh terakhir. Bila dirasa boros, Moms dapat mengirit pemakaian listriknya.
  • Pemakaian listrik dapat disesuaikan dengan anggaran.
  • Dengan nilai pulsa listrik (voucher) bervariasi mulai 20.000 rupiah hingga 1.000.000 rupiah, ini akan memberikan keleluasaan dalam membeli listrik sesuai kemampuan dan kebutuhan.
  • Tidak akan terkena biaya keterlambatan
  • Tidak ada biaya tambahan bayar listrik karena terbebani biaya keterlambatan akibat lupa bayar tagihan listrik.
  • Privasi lebih terjaga.
  • Bagi yang menginginkan kenyamanan lebih, token listrik tidak akan membuat Moms menunggu petugas pencatatan meter, karena meteran prabayar otomatis mencatat pemakaian listrik secara akurat dan tidak ada kesalahan pencatatan.
  • Jaringan luas pembelian token atau pulsa listrik
  • Pembelian token atau voucher sudah bisa didapatkan di lebih dari 30.000 ATM di seluruh Indonesia. Selain itu, bisa juga didapatkan di loket pembayaran listrik online.
  • Tepat digunakan bagi yang memiliki usaha rumah kontrakan atau kamar sewa (kos), karena pembayaran listrik ditanggung penyewa sehingga tidak perlu khawatir tagihan membengkak.

Selain itu, meteran listrik juga berguna sebagai indikator penggunaan listrik kita sehari-hari. Dengan adanya penunjuk angka kWh, pengguna jadi lebih bijak dan hemat dalam menggunakan listrik setiap harinya.

Ada beberapa bagian penting yang perlu Sedulur ketahui mengenai komponen yang ada pada bargainser, di antara lain:

  • Layar LCD: Menampilkan angka sisa kWh setiap pengguna.
  • Nomor token: Merupakan nomor listrik pengguna yang digunakan untuk mengisi ulang token listrik. Letaknya biasanya berada di atar layar LCD.
  • Keypad token: Berfungsi untuk mengetikkan nomor PIN listrik yang didaptkan setelah kita membeli pulsa token. Backspace berguna untuk menghapus angka dan enter untuk mengikput nomor token.
  • Lampu indikator: Warna lampu indikator berfungsi sebagai pengingat sisa kWh listrik yang ada. Warna hijau berarti kWh yang kita miliki masih banyak, warna kuning berarti kWh dalam keadaan cukup, sedangkan warna merah disertai bunyi menandakan kWh yang kita miliki sudah hampir habis dan harus segera diisi ulang.
  • Circuit Breaker: Merupakan komponen di dalam bargainser yang berfungsi sebagai pemutus aliran lisrik jika terjadi pemakaian daya berlebih.
  • Spin control: Alat ini bekerja dengan cara berputar untuk menggerakan meter listrik. Semakin banyak peralatan listrik atau besar daya yang digunakan, maka semakin sepat pula spin control berputar.

Nah itulah beberapa tips dan cara cek sisa token listrik yang bisa Sedulur lakukan. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur, terutama untuk menghemat pengeluaran bulanan dan dapat mengontrol penggunaan listrik di rumah.