Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Apakah Sedulur terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan? Jika jawabannya adalah iya, Sedulur perlu untuk mengetahui informasi berikut ini, yaitu cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Seperti diketahui, BPJS Ketenagakerjaan adalah jaminan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi akibat hubungan kerja. Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sendiri wajib dimiliki oleh setiap pekerja Indonesia.

Adapun salah satu program BPJS Ketenagakerjaan yang cukup sering dibicarakan adalah Jaminan Hari Tua (JHT). Sesuai namanya, program ini bertujuan untuk memberikan manfaat berupa uang tunai sebagai jaminan hidup di hari tua. Kabar baiknya, Sedulur bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan untuk mengetahui perkiraan tabungan di masa depan.

Lantas bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan? Berikut sudah Super rangkum informasi selengkapnya. 

-->

BACA JUGA: Cara Melihat MAC Address HP di Semua Device dengan Mudah

Mengenal BPJS Ketenagakerjaan dan JHT

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan
Liputan 6

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan merupakan sebuah badan hukum publik yang bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kerja dari risiko sosial ekonomi akibat hubungan kerja. BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya dikenal dengan nama Jamsostek yang merupakan kependekan dari Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Namun Jamsostek kemudian berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan per 1 Januari 2014 silam.

Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sendiri adalah wajib untuk seluruh tenaga kerja Indonesia. Dengan kata lain, pemberi kerja wajib untuk mengikutsertakan pegawainya dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

Adapun salah satu program yang tersedia dalam jaminan sosial ini adalah Jaminan Hari Tua atau biasa disingkat sebagai JHT. Sesuai namanya, JHT merupakan program yang bertujuan untuk memberikan manfaat berupa uang tunai sebagai jaminan hidup di hari tua. Uang jaminan tersebut berasal dari akumulasi iuran dan ditambah dengan hasil pengembangannya.

Nah, kabar baiknya, kini Sedulur bisa cek saldo JHT. Sehingga sebelum melakukan klaim BPJS Ketenagakerjaan, Sedulur dapat terlebih dahulu mengetahui berapa saldo yang akan diterima. Cara cek saldo JHT atau BPJS Ketenagakerjaan akan dibahas pada poin selanjutnya.

BACA JUGA: Cara Tutup Akun FB Sementara & Permanen Mudah Anti Ribet

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan. Mulai dari menggunakan aplikasi Jamsostek Mobile atau JMO, melalui website resmi, hingga datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Berikut adalah rangkuman informasi selengkapnya.

1. Cara cek saldo via aplikasi JMO

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan
Freepik

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang pertama adalah menggunakan aplikasi JMO. Untuk melakukannya, tentu Sedulur harus mengunduh aplikasi JMO terlebih dahulu. Aplikasi tersebut bisa Sedulur unduh di ponsel Android maupun iOS. Jika sudah selesai mengunduh dan memasangnya (install), simak langkah-langkah selanjutnya berikut ini.

  • Buka aplikasi JMO yang sudah terpasang di smartphone.
  • Klik “Buat Akun”
  • Pilih kewarganegaraan
  • Pilih jenis kepesertaan, yaitu Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, atau Pekerja Migran Indonesia
  • Masukkan data diri yang mencakup Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan, nama lengkap, dan tanggal lahir.
  • Setelah akun selesai dibuat, Sedulur bisa beralih ke menu “Jaminan Hari Tua”
  • Kemudian klik “Cek Saldo”
  • Nantinya akan ditampilkan jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan milik Sedulur.

BACA JUGA: Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Cepat dan Mudah

2. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi

Selain melalui aplikasi JMO, Sedulur juga bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi. Simak caranya berikut ini.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat website

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan
Freepik

Cara pertama untuk cek saldo tanpa aplikasi adalah melalui website resmi yang beralamat sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

  • Pertama, buka browser di HP atau PC kemudian masuk ke website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Apabila Sedulur sudah memiliki akun dapat langsung masuk ke akun tersebut. Jika belum, silakan buat akun terlebih dahulu dengan klik “Buat Akun” dan ikuti instruksi yang tertera.
  • Setelah login, pilih menu “Lihat Saldo JHT”
  • Selanjutnya saldo akan ditampilkan di layar

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS

Freepik

Pada cara ini, Sedulur akan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK sehingga tidak ada salahnya untuk menyiapkan NIK terlebih dahulu. Berikutnya ikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama, Sedulur harus melakukan registrasi dengan mengirim SMS ke 2757 dengan format sebagai berikut. Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR#NO_PESERTA#EMAIL. Perlu diketahui, format penulisan tanggal lahir yaitu tanggal-bulan-tahun. Adapun email tidak menjadi syarat wajib.
  • Kedua, setelah mendaftar, Sedulur dapat mengirim SMS lagi dengan format SALDO(spasi)NOMOR PESERTA kemudian kirim ke 2757.
  • Nantinya Sedulur akan mendapat balasan SMS berupa informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Sekadar informasi, cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat WA atau WhatsApp belum tersedia. Namun ada beberapa layanan BPJS Ketenagakerjaan yang sudah bisa diakses melalui WhatsApp, di antaranya adalah terkait informasi kepesertaan, informasi klaim, hingga pengaduan.

BACA JUGA: Cara Membuat Receiptify di Spotify yang Mirip Struk Belanja

Cara cek saldo di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Detik

Cara terakhir yang bisa Sedulur lakukan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Cara ini juga bisa menjadi solusi bagi Sedulur yang mengalami kendala ketika mengecek saldo menggunakan cara-cara sebelumnya.

  • Pertama, datangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan.
  • Kemudian temui petugas BPJS Ketenagakerjaan dan sampaikan keperluan yaitu ingin mengecek saldo dengan menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  • Selanjutnya petugas akan mengecek jumlah saldo di akunmu.

Adapun Sedulur bisa mencari tahu lokasi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat melalui halaman kontak pada website resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Demikian tadi ulasan mengenai cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.