cara melihat mac addres hp

Cara melihat MAC address HP tidak banyak diketahui orang. Padahal, saat perangkat terhubung dengan suatu jaringan, maka perangkat tersebut membutuhkan MAC Address. Secara singkat, MAC address berperan dalam menghubungkan jaringan antar perangkat untuk berkomunikasi.

Saat kita berkomunikasi menggunakan suatu perangkat yang terhubung, maka perangkat utama yang kita gunakan perlu mengidentifikasi perangkat lain terlebih dahulu. 

Sebelum mereka benar-benar terhubung, perangkat utama akan mengidentifikasi MAC address agar kita bisa berkomunikasi dengan lancar. Lalu, apakah penting untuk paham cara mengetahui MAC address HP orang lain? Yuk simak pengertiannya dulu!

BACA JUGA: 5 Cara Edit PDF Mudah dan Cepat Lewat HP & Laptop

-->

Pengertian MAC Address

cara melihat mac address hp
The Windows Club

Sebelum tahu cara melihat MAC address HP, alangkah baiknya kita pahami dulu pengertian MAC address itu sendiri. MAC atau Media Access Control adalah alat yang digunakan agar manusia bisa mudah berkomunikasi melalui perangkat. MAC address juga berfungsi sebagai identitas dari perangkat yang kita gunakan.

Mengenali MAC address sangat berguna untuk mengatur perangkat mana saja yang dapat masuk ke dalam akses jaringan yang kita miliki. Artinya, kita bisa mencegah perangkat lain yang tidak diperlukan untuk terhubung dengan perangkat milik kita.

Sebagaimana fungsinya sebagai identitas, MAC address setiap perangkat itu berbeda. Biasanya terdiri dari enam kelompok dua digit heksadesimal. Alamatnya unik dan memiliki panjang 48 bit (6 byte) yang mengidentifikasi sebuah komputer, antarmuka dalam sebuah perute, atau node lainnya dalam jaringan. Alamat MAC juga sering disebut sebagai alamat eternet, alamat fisik, atau alamat perangkat keras.

1. Cara Melihat MAC Address di Perangkat Android

Uplotify

MAC address pada perangkat seluler biasanya sudah disematkan oleh para produsen pembuatnya. Untuk tahu cara melihat MAC address HP Samsung, cara melihat MAC address HP Xiaomi, dan jenis HP android lainnya, berikut langkah yang bisa Sedulur ikuti.

  1. Buka menu pengaturan atau menu settings di perangkat Android yang Sedulur gunakan.
  2. Berikutnya, silakan scroll untuk mencari menu “About Phone”.
  3. Cari menu informasi “Status” yang akan menampilkan “IP Address” sampai ke “Device WiFi MAC Address”. Menu “Device Wifi MAC Address” akan menampilkan MAC Address dari perangkat seluler yang Sedulur gunakan.

2. Cara Melihat MAC Address iPhone

Cara melihat mac address
Teknogram

Perangkat yang berbeda memiliki langkah yang berbeda juga untuk mencari tahu MAC addressnya. Tidak hanya Android, tentu Apple juga menyematkan MAC Address pada setiap perangkat yang mereka ciptakan. Berikut ini cara melihat MAC Address HP iPhone.

  1. Buka menu pengaturan atau settings.
  2. Pilih menu “General” atau umum.
  3. Pilih menu “About Phone” atau Tentang Ponsel. Menu “About Phone” inilah yang akan menampilkan segala tentang perangkat yang Sedulur gunakan.
  4. Untuk mengetahui MAC Address di iPhone, silakan buka menu “MAC Address”

3. Cara Melihat MAC Address di Windows

Teknogram

Cara melihat wifi MAC Address laptop juga sedikit berbeda dengan perangkat HP. Sedulur bisa gunakan cara ini untuk mengetahui cara melihat MAC Address laptop Windows 10.

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard.
  2. Ketik “CMD” di kolom pencarian atau search.
  3. Klik OK, atau tekan tombol Enter.
  4. Ketika tampilan “Command Prompt” sudah terbuka, silakan ketik “Ipconfig/all” dan tekan tombol Enter.
  5. Setelah hasilnya keluar, lihat pada bagian “Physical Address” untuk mengetahui MAC Address dari perangkat laptop atau PC yang Sedulur gunakan.

4. Cara Melihat MAC Address Melalui Control Panel

Compspice

Berikutnya tidak termasuk ke dalam cara melihat MAC address HP, namun merupakan cara mudah untuk melihat MAC Address di WIndows yaitu melalui Control Panel. Sedulur harus perhatikan apabila masih menggunakan sistem operasi Windows 7. Sedikit berbeda, berikut ini cara mengetahui MAC Address dengan sistem operasi tersebut.

  1. Tekan tombol Windows pada keyboard, atau klik di tombol Start di tampilan Windows.
  2. Pilih dan klik menu “Control Panel”.
  3. Klik menu “Network and Sharing Center”.
  4. Pada tampilan layar informasi “Access type Connection”, klik “Wireless Network Connection (TP-Link). TP-Link adalah nama SSID Network Anda atau WiFi yang terhubung di perangkat milik Sedulur.
  5. Akan muncul tampilan dari “Wireless Network Connection”. Klik tombol “Detail”.
  6. Setelah klik tombol “Detail” maka akan muncul tampilan dari menu “Network Connection Detail”.
  7. Lihat pada bagian “Physical Address” untuk mengetahui MAC Address dari perangkat yang Sedulur gunakan.

5. Cara Cek MAC Address Secara Online

cara melihat mac address
Trestle on Tenth

Cara melihat MAC address HP juga bisa dilakukan secara daring loh, Sedulur. Pada langkah ini, Sedulur bisa menggunakan MAC Address Check. Sedulur tidak perlu khawatir data hilang karena web ini hanya bertugas mencari tahu tentang MAC Address tanpa menyimpannya. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi browser yang biasa Sedulur gunakan, seperti Chrome, Opera, atau Mozilla Firefox.
  2. Buka halaman MAC Address Check di browser dan tekan tombol Enter untuk melanjutkan.
  3. Sebelum mencari tahu informasi MAC Address, Sedulur dapat mencari MAC Address-nya terlebih dahulu, seperti pada contoh tulisan di atas.
  4. Setelah Anda mengetahui MAC Address pada perangkat Sedulur, silakan copy lalu paste MAC Address-nya pada halaman web tersebut.
  5. Silakan tekan tombol “Search” halaman tersebut, maka akan muncul informasi detail dari perangkat yang Sedulur gunakan, mulai dari merek sampai MAC Address yang digunakan.

6. Cara Cek MAC Address di MacBook

cara melihat mac address
MacBook Pro Running

Cara melihat MAC address HP juga bisa dilakukan melalui Mac. Berikut ini langkah untuk mengecek MAC Address dari perangkat Mac.

  1. Klik Menu atau logo Apple (biasanya di pojok kiri atas), dan klik “System Preferences”.
  2. Di System Preferences, klik menu “View” dan pilih “Network”
  3. Di jendela Jaringan yang baru saja terbuka, klik ikon Wi-Fi, Ethernet, atau Bandara di sebelah kiri.
  4. Berikutnya, klik “Lanjutan” di kanan bawah.
  5. Dari menu atas, klik “Perangkat Keras”, dan cari bidang Alamat MAC.
  6. Jika sudah selesai, MAC Address Sedulur akan muncul. Pastikan MAC Address Sedulur harus dalam format: M:M:M:S:S:S. Misalnya: 00-14-22-04-25-37.

BACA JUGA: 12 Cara Download Film Free Lewat Laptop Mudah Tanpa Ribet

7. Cara Menemukan MAC Address di Linux atau Unix

Kumparan

Langsung saja, di bawah ini cara melihat MAC address HP melalui Linux atau Unix.

  1. Ketik ifconfig -a
  2. Cari “eth0”. Ini adalah adaptor ethernet default Anda
  3. Selanjutnya, cari menu “HWaddr”.

Itulah cara melihat MAC address HP dari berbagai perangkat. Sekarang Sedulur bahkan sudah tahu cara melihat MAC Address Android, bukan? Kini Sedulur bisa memiliki cara yang banyak untuk mengetahui MAC Address, tidak dengan cara yang itu-itu saja. Semoga cara di atas bermanfaat ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.