cek nomor telepon siapa

Terkadang kita perlu cek nomor telepon siapa yang telah menghubungi, terlebih lagi jika panggilan tersebut masuk secara terus menerus dan akhirnya mengganggu ketenangan. Sebenarnya, kamu bisa langsung memblokir nomor telepon tersebut. Akan tetapi, rasa penasaran akan tetap muncul ketika kita belum tahu siapa orang dibalik itu semua.

Untuk memastikannya, Sedulur bisa mencoba cara cek nomor telepon siapa orang yang menghubungi kita baru-baru yang akan dijelaskan di bawah ini. Nantinya akan diulas tentang beberapa caranya. Silakan pilih salah satu cara sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

BACA JUGA: Youtuber: 9 Cara Menjadi YouTuber Sukses Untuk Pemula

1. Aplikasi Truecaller

cek nomor telepon siapa
xda-developers

Truecaller adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengidentifikasi nomor yang masuk ke HP Sedulur melalui SMS maupun telepon. Terlebih lagi, aplikasi yang satu ini mempunyai database dari jutaan info nomor telepon yang sudah diidentifikasi sebelumnya. Cara menggunakan aplikasi Truecaller seperti di bawah ini.

-->
  1. Download dan buka aplikasi Truecaller di HP
  2. Masukkan nomor HP, tap Continue
  3. Buat profil baru menggunakan Google atau Facebook
  4. Tap menu Contacts, masukkan nomor yang ingin dilacak pada kolom pencarian

Salah satu bentuk kemudahan penggunaan aplikasi Truecaller yakni telepon dan SMS yang masuk akan langsung teridentifikasi secara otomatis. Tertarik untuk mencobanya?

2. Website Truecaller

cek nomor telepon siapa
kappabels

Sedulur juga bisa cek nomor telepon siapa tanpa aplikasi, yakni dengan website resmi Trucaller. Sebenarnya penggunaan situs atau website yang satu ini tidak jauh berbeda dari aplikasinya. Namun agar tidak ada kesalahan, alangkah baiknya jika Sedulur mengikuti beberapa tahapan berikut ini.

  1. Buka situs resmi Truecaller yakni truecaller.com
  2. Pilih kode telepon negara (Untuk Indonesia +62)
  3. Buat profil baru dengan menggunakan akun Microsoft atau Google
  4. Pada kolom pencarian, ketik nomor yang akan dilacak
  5. Tekan ikon Search

Walaupun bentuknya website, namun fitur yang disediakan tidak main-main. Sedulur bisa memblokir panggilan dan SMS yang masuk dari nomor yang tidak diinginkan.

3. Getcontact

cek nomor telepon siapa
realme

Berikutnya ada aplikasi bernama Getcontact yang sering digunakan untuk mencari tahu nama kontak WA di HP orang lain. Nah, salah satu fitur yang disediakan oleh aplikasi ini, yakni mengecek nomor misterius dengan cara seperti berikut.

  1. Download dan buka aplikasi Getcontact di HP
  2. Berikan izin akses aplikasi dengan tap opsi Allow
  3. Kemudian login dengan menggunakan akun Facebook atau Google
  4. Pastikan kode telepon sudah diubah menjadi kode negara Indonesia
  5. Masukkan nomor HP yang akan dilacak pada kolom pencarian
  6. Tap pada tombol Search

Akan tetapi, cara ini hanya berlaku untuk sesama pengguna aplikasi Getcontact. Oleh sebab itu, banyak yang menghapus aplikasi ini dengan alasan keamanan dan privasi.

4. Website Krebidel

cek nomor telepon siapa
thegreaterhub

Cara yang satu ini seperti cara yang kedua yakni tanpa menggunakan bantuan aplikasi apapun. Di sini Sedulur akan memanfaatkan situs bernama Kredibel untuk cek nomor telepon siapa yang terus menelpon. Berikut ini cara untuk menggunakan situs Kredibel.

  1. Kunjungi website Kredibel dengan alamat kredibel.co.id
  2. Lalu pada halaman menu utama, masukkan nomor telepon yang dicurigai
  3. Tekan pada tombol Check, dan lihatlah pada hasil yang ditampilkan

Hasil yang diberikan oleh situs Kredibel ini sangat detail. Jika Sedulur ingin melakukan pencarian tanpa batas, maka harus login terlebih dahulu.

5. Memanfaatkan Google

downloaddetector

Tidak bisa dipungkiri lagi jika alat pencarian Google memberi banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia saat ini. Selain digunakan untuk mencari berbagai informasi dan juga update berita terbaru, Google juga sering dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengecek nomor HP tidak dikenal.

  1. Pertama, buka halaman utama Google
  2. Setelah itu, langsung saja tulis nomor yang Sedulur curigai pada bagian kolom pencarian
  3. Tekan OK atau enter, tunggu selama beberapa saat
  4. Nantinya akan muncul informasi-informasi yang berkaitan dengan nomor tersebut

Metode yang satu ini memang cukup mudah. Sayangnya, tidak ada jaminan 100% Sedulur akan mendapat jawaban yang diinginkan.

BACA JUGA: 7 Cara Keluar Grup WA Tanpa Diketahui Anggota, Aman!

6. Sync.me

domain

Cara cek nomor telepon siapa online yang berikutnya adalah menggunakan aplikasi yang bernama Sync.me. Situs ini memang dibuat secara khusus untuk melacak nomor mencurigakan dari seluruh dunia. Jika Sedulur ingin mencobanya, di bawah ini adalah langkah yang harus dilakukan.

  1. Download dan buka aplikasi me di HP
  2. Setelah itu, ubah kode negara di bagian samping kolom pencarian dengan kode negara Indonesia (+62)
  3. Tulislah nomor telepon yang ingin dilacak pada bagian kolom pencarian
  4. Tekan OK atau enter, dan tunggu hingga hasilnya muncul

Banyak orang yang memutuskan untuk menggunakan aplikasi ini karena kredibilitasnya. Namun tidak sedikit juga yang takut akan masalah keamanan dan privasi.

7. Showcaller

play.google

Showcaller mempunyai keunggulan khusus dibandingkan dengan kebanyakan aplikasi serupa. Aplikasi yang satu ini bisa merekam percakapan telepon yang nantinya bisa dijadikan sebagai bukti jika melaporkannya ke pihak yang berwajib.

Banyak orang yang telah mengandalkan aplikasi Showcaller. Hal ini dibuktikan dengan jumlah unduhan lebih dari 50 juta di platform Google Play Store. Namun jika Sedulur ingin bisa bebas mengecek nomor HP orang lain tanpa batasan, maka kamu harus beralih ke akun premium terlebih dahulu.

8. Whoscall

play.google

Jika Sedulur sedang mencari aplikasi yang bisa mengecek nomor telpon orang lain tanpa memerlukan akses internet, maka pilihan yang paling tepat adalah Whoscall. Aplikasi ini akan langsung mengidentifikasi panggilan yang masuk ke nomor Sedulur.

Tersedia beragam fitur menarik yang bisa Sedulur gunakan dengan mudah. Pada saat menggunakan aplikasi Whoscall ini, para penggunanya akan mendapatkan informasi lengkap tentang orang yang terkait dengan nomor tersebut.

Itulah beberapa “cek+nomor+telepon+siapa” yang bisa Sedulur coba lakukan. Menerima panggilan dari nomor tidak dikenal secara berulang kali itu memang terasa tidak nyaman, terlebih lagi jika panggilan tersebut merupakan bentuk dari teror.

Dengan beberapa cara cek nomor telepon siapa seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka Sedulur bisa langsung mengetahui siapa orang dibalik nomor tersebut. Jika sudah termasuk tindak kejahatan, Sedulur bisa langsung melaporkannya ke pihak berwajib.