Rekomendasi cat tembok yang bagus

Memilih cat tembok yang bagus adalah perkejaan yang gampang-gampang sulit. Karena Sedulur harus menentukan warna yang tepat terlebih dahulu, sebelum kemudian memilih rekomendasi merk cat tembok yang tepat dan cocok sesuai kualitas.

Bagi Sedulur yang sudah menentukan warna yang pas, tentu tinggal memilih merk cat tembok yang bagus. Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama rekomendasi merk cat yang bagus yang bisa Sedulur beli. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak daftarnya!

BACA JUGA: 19 Desain Pagar Tembok Unik Modern, Bikin Rumah Estetik Jadi Aman!

Cara memilih cat tembok yang bagus

Pinterest

Sebelum masuk ke pembahasan utama terkait merk cat yang bagus, Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa cara memilih cat yang sesuai dan bagus untuk rumah Sedulur. Terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan.

-->

Beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan akan dijelaskan lebih lengkap dalam penjelasan di bawah ini:

1. Pilih warna yang sesuai mood

Sedulur wajib memilih warna sesuai dengan mood atau perasaan. Mood dapat sangat mempengaruhi seseorang dalam memilih warna cat rumah. Selain itu, pertimbangkan juga suasana ruangan yang akan Sedulur tempati, gunakan perasaan hati Sedulur untuk menentukan warna cat yang pas.

Misalnya, Sedulur ingin warna cat di kamar tidur utama mengusung nuansa yang tenang dan bahagia, Sedulur bisa menggunakan cat tembok berwarna netral atau pastel. Lalu, di area ruang makan ingin mengusung warna cat yang terasa nyaman untuk ditempati, Sedulur bisa memilih warna-warna cerah.

2. Perhatikan pencahayaan yang digunakan

Jangan lupa untuk memperhatikan cahaya yang digunakan. Selain dipengaruhi oleh mood, Sedulur juga perlu memperhatikan pencahayaan di dalam rumah. Kalau rumah Sedulur memiliki cahaya lampu pijar, maka lebih menonjolkan warna-warna hangat dan kuning.

Sementara itu, kalau rumah Sedulur mengusung cahaya lampu pendar, maka warna yang dihasilkan cenderung lebih ke warna biru. Jadi, perhatikan juga pencahayaan yang digunakan di rumah Sedulur agar tidak salah memilih warna cat.

3. Gunakan warna cat yang serasi dengan atap

Bagi Sedulur yang ingin mengecat tembok eksterior rumah, usahakan jangan sampai salah memilih warna ya. Untuk itu, Sedulur bisa memilih warna cat yang serasi dengan atap atau genteng rumah. Penting untuk memilih warna yang serasi agar enak dipandang.

Pada umumnya, rumah modern saat ini memiliki atap yang cenderung berwarna gelap. Nah, Sedulur bisa memadukannya dengan warna cat tembok yang tidak begitu mencolok seperti putih, krem, atau abu-abu. Atau warna bernada gelap lainnya

4. Jangan gunakan satu warna

Cat dinding rumah perlu mempertimbangkan aspek lain, bukan hanya mempertimbangkan mood dan suasana yang ingin diciptakan. Oleh karena itu, penting bagi Sedulur untuk tidak menggunakan satu warna saat cat seluruh tembok rumah.

Agar lebih berwarna, Sedulur bisa mengusung warna-warna cerah untuk area kamar tidur dan tempat bermain si kecil. Untuk bagian ruang tamu, kamar utama, atau dapur bisa mengusung warna-warna yang lebih kalem.

5. Pahami arti setiap warna

Tips terakhir saat memilih warna tembok yaitu dengan memahami setiap warna. Memilih warna cat tembok rumah tidak bisa dilakukan secara sembarangan Sedulur, maka dari itu Sedulur harus memahami arti dari setiap warna. Agar lebih mudah, berikut terminologi yang dipakai untuk menjelaskan sebuah warna:

  • Hue merupakan julukan untuk sebuah warna. Nilai hue dapat dipengaruhi oleh seberapa terang atau gelap warna tersebut. Dalam hal ini warna merah dan biru adalah hue.
  • Saturation atau saturasi adalah seberapa besar pengaruh dominan hue dalam suatu warna. Misalnya, saat mengubah warna dari merah ke pink, maka nilai hue merah akan menjadi kurang dominan.

BACA JUGA: 20 Kombinasi Warna Cat Rumah Simpel, Cantik Nan Elegan

Nah, setelah Sedulur memahami cara dan tips memilih cat tembok yang bagus dan sesuai, lantas apa saja merk cat tembok terbaik yang bisa Sedulur gunakan? Berikut ini daftar rekomendasinya:

1. Dulux Catylac Interior

cat tembok yang bagus
Dulux Catylac

Rekomendasi cat tembok yang bagus pertama yaitu Dulux Catylac Interior. Dulux suudah terkenal dengan aneka cat tembok yang berkualitas dan tahan lama. Cat tembok ini telah dilengkapi dengan teknologi Chroma-Brite dan tidak mengandung bahan merkuri, sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan lingkungan di rumah.

Selain itu, Dulux Catylac menghasilkan bau cat yang tidak terlalu tercium atau lemah, sehingga setelah memakainya di dinding rumah Sedulur., maka Sedulur tidak akan terganggu oleh bau cat yang menjengkelkan. Untuk ukuran 5kg cat ini, dibanderol dengan harga Rp110rb-327rb.

2. Nippon Paint

cat tembok yang bagus
Nippon Paint

Rekomendasi cat tembok yang bagus selanjutnya yaitu Nippon Paint. Cat tembok asal Jepang ini memiliki formula yang mengurangi level Volatile Organic Compound (VOC) hingga hampir nol. Sedulur bisa mendapatkan kinerja luar biasa tanpa polutan atau VOC yang dipancarkan ke udara.

Selain itu, jika Sedulur menggunakan Nippon Paint, Sedulur akan mengalami hampir tidak ada bau cat selama proses dan bahkan sesudah pengecatan. Kualitasnya juga tak perlu diragukan, karena pasti tahan lama. Untuk ukuran 5 kg dibanderol dengan harga Rp70rb-325rb.

3. Propan DL1480 Decorlotus

Propan

Cat dinding yang bagus selanjutnya adalah Propan DL1480 Decorlotus. Cat jenis ini merupakan jenis unggulan. Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan apabila menggunakan cat ini. Keuntungan yang bisa didapatkan adalah mendapat perlindungan ganda.

Tembok akan terbebas dari masalah jamur dan kotoran. Harga cat tembok anti air dan jamur ini dibanderol dengan harga Rp179 ribu per kaleng untuk ukuran 2,5 liter. Sangat direkomendasikan buat yang hendak melindungi tembok dari serangan jamur.

4. Boxer Octagon Emulsion Paint

Boxer Paint

Satu lagi merk cat tembok yang bagus dan direkomendasikan untuk rumah Sedulur adalah Boxer Octagon Emulsion Paint. Cat tembok ini menawarkan harga yang terjangkau dan berbagai pilihan warna menarik yang dapat dipilih sesuai dengan selera Sedulur.

Selain itu, formula cat ini juga berkualitas tinggi dan mudah diaplikasikan pada dinding dapur. Yang menarik, Boxer Octagon Emulsion Paint juga aman dan tidak beracun, sehingga bisa digunakan untuk kamar bayi atau ruang bermain anak-anak.

5. Avitex Cat Tembok

cat tembok yang bagus
Avian

Cat tembok Avitex dapat membuat rumah Sedulur semakin cantik, bukan hanya itu Avitex juga mampu memperindah rumah hanya dengan sentuhan warna-warna yang bercita rasa tinggi dan berseni. Avitex Hadir dengan formula baru,yang dibuat agar lebih tahan lama.

Tentu dengan cat yang tahan lama bisa lebih lama dalam mewarnai kehidupan Sedulur dan memberikan kehangatan pada kehidupan di dalam rumah.  Selain itu, salah satu merk cat berkualitas bagus ini juga mudah diaplikasikan, mudah dicuci jika kotor, cepat kering, dan juga tahan pudar. Untuk ukuran 5 kg, car ini dibanderol dengan harga Rp63rb–Rp139rb.

7. Cat Tembok No Drop

cat tembok yang bagus
No Drop

Merk cat tembok yang bagus dan tahan lama selanjutnya yaitu No Drop. Jika rumah Sedulur masih mengalami kebocoran akibat hujan deras akibat terkena air rembesan, Sedulur bisa mengandalkan cat merk No Drop.

No Drop adalah cat pelapis anti bocor yang memiliki sifat elastis, kedap air, serta sangat tahan cuaca. Sehingga sangat cocok untuk digunakan pada permukaan tembok, beton, asbes, galvanis, bahkan permukaan terakota. Untuk ukuran 1kg, 4kg, 20kg dibanderol dengan harga Rp37rb Rp1jtan.

8. Metrolite Acrylic Emulsion

Pacific Paint

Pacific Paint juga menawarkan pilihan cat tembok dapur yang bagus yaitu Metrolite Acrylic Emulsion Cat Dinding Interior 16 Liter dengan harga Rp 704 ribuan. Cat dinding interior ini dapat memberikan perlindungan tambahan pada dinding dapur.

Tidak hanya itu, aroma catnya juga wangi dan tidak menyengat ketika diaplikasikan. Metrolite Acrylic Emulsion memiliki daya tutup yang sangat baik dan mudah diaplikasikan. Selain itu, cat ini juga dilengkapi dengan teknologi cepat kering, sehingga tidak perlu menunggu lama untuk mengering.

Bahan dasarnya berbasis air, bebas logam, merkuri, dan timbal, sehingga lebih aman digunakan. Cat ini cocok digunakan tidak hanya untuk dapur, tetapi juga untuk ruangan lainnya.

9. Decolith Cat Tembok

Decolith

Rekomendasi cat dinding atau cat tembok yang bagus dan terbaik berikutnya adalah Decolith. Merk cat ini adalah satu-satunya cat tembok yang berbahan dasar full acrylic di kelasnya. Decolith merupakan cat berkualitas dan ramah lingkungan karena berbahan dasar air, serta bebas timbal dan juga merkuri.

Selain itu, Decolith memiliki daya sebar yang luas, sehingga kamu dapat mengecat ruangan lebih luas serta lapisan catnya tidak mengapur. Untuk ukuran 5kg cat ini, dibanderol dengan rentang harga Rp107rb– Rp267rb.

10. Aquaproof Cat Pelapis Anti Bocor

Aquaproof

Merk cat tembokyang bagus berikutnya yaitu Aquaproof. Ini merupakan cat pelapis anti bocor berbahan dasar polimer yang kedap air. Sehingga menghambat air masuk ke dalam pori-pori bidang yang diaplikasikan. Menghindari tembok mengalami pelapukan jika sering terkena air.

Selain itu, Aquaproof bersifat elastis 500-600 persen. Sifat elastis ini diperlukan agar cat tembok Aquaproof dapat menyesuaikan keadaan cuaca dalam lingkungan apa pun. Untuk ukuran 1kg, 4kg, 20kg dibanderol dengan harga Rp50rb– Rp207rb.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Cat Anti Bocor Terbaik untuk Proteksi Rumahmu

11. JOTUN Essence Tough Shield Tinting

cat tembok yang bagus
Pexels

JOTUN Essence Tough Shield Tinting Cat Tembok Eksterior [3.5 L] Grey event adalah salah satu pilihan terbaik untuk mereka yang mencari cat tembok  yang bagus dan tahan lama untuk rumah. Selain itu, cat tembok ini juga dijamin kualitasnya. Jika Sedulur menyukai warna abu-abu muda, cat tembok ini dapat menjadi pilihan yang tepat dengan harga sekitar Rp 184ribu.

Selain itu, merk cat yang bagus untuk dapur ini tahan dari lumut dan jamur, sehingga dapat memberikan perlindungan yang lebih lama pada dinding eksterior. Dengan demikian, cat tembok ini sangat cocok untuk mereka yang ingin tampilan dapurnya terlihat modern dan tahan lama.

12. Dulux Pentalite Ultra Matt Smooth Finish

cat tembok yang bagus
Dulux

Produk ini merupakan cat tembok yang bagus. Sesuai dengan namanya, Dulux Pentalite Ultra Matt Smooth Finish merupakan berbahan material dasar air ini dan memiliki hasil akhir  yang halus dan tidak terlalu mengkilap.  

Penggunaan cat jenis tersebut membuat warna cat tembok anti air dari produk ini akan tampak terlihat menawan dengan warna yang tahan lama. Produk cat jenis ini juga memiliki daya tahan yang tinggi terhadap perubahan cuaca dan bisa melindungi dinding rumah lebih baik.

Harga cat tembok anti air dan jamur ini dibanderol dengan harga yang lumayan murah. Untuk mendapatkan satu kaleng berisi 2,5 liter Dulux Pentalite, kamu hanya cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp145 ribu. Selain terjangkau, produk ini juga berkualitas.

Nah itulah daftar rekomendasi cat tembok yang bagus yang bisa jadi pilihan Sedulur, ditambah lagi dengan tips memilih cat tembok agar Sedulur tidak salah pilih cat. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur ya, terutama yang tengah memilih cat tembok di rumah!