cara raise hand di zoom

Salah satu topik yang sering dicari di internet akhir-akhir ini adalah bagaimana cara Raise Hand di Zoom. Ya, Zoom adalah salah satu aplikasi video konferensi yang naik daun pasca pandemi COVID-19. Tidak heran, pembatasan kegiatan di luar rumah yang diterapkan pada saat awal-awal wabah pandemi menyebar membuat semua orang memanfaatkan internet untuk tetap terhubung satu sama lain.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi tersebut adalah Zoom. Kita dapat memanfaatkannya untuk keperluan rapat, bertukar pesan, telepon, webinar, dan bahkan mengadakan acara online.

Nah, salah satu fitur bermanfaat yang ada di dalam Zoom adalah Raise Hand. Lantas, pertanyaan yang selanjutnya muncul adalah apa itu Raise Hand? Bagaimana cara Raise Hand dalam aplikasi itu? Temukan jawabannya dalam pembahasan di bawah ini.

BACA JUGA: 6 Cara Privasi Postingan IG atau Instagram dari Orang Lain!

Aplikasi Zoom, apa itu?

cara raise hand di zoom
Depositphotos

Zoom merupakan sebuah aplikasi video konferensi yang dikembangkan oleh Zoom Video Communications, Inc., perusahaan teknologi asal Amerika Serikat. Aplikasi tersebut memberikan layanan komunikasi yang dapat Sedulur manfaatkan untuk keperluan rapat, bertukar pesan, telepon, webinar, dan bahkan mengadakan acara online.

Para pengguna Zoom dapat menggunakan layanan-layanan tersebut secara cuma-cuma. Namun, kapasitas maksimal pengguna yang dapat bergabung hanya terbatas pada 100 pengguna saja, dengan maksimal waktu konferensi video selama 40 menit. Apabila Sedulur berkenan untuk menambah jumlah pengguna dan waktu, Sedulur perlu membayar langganan tahunan dengan harga US$149 atau paket bisnis dengan harga US$199.

Semenjak pandemi COVID-19 muncul pada awal tahun 2020 lalu, Zoom semakin dipilih para penggunanya untuk berkomunikasi tatap muka secara online. Bahkan pamor aplikasi tersebut sampai melebihi Skype yang notabene telah lebih dahulu populer. Wajar saja, berbagai fasilitas dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh Zoom sangat mempermudah penggunanya untuk melakukan berbagai kegiatan online. Salah satunya adalah fitur Raise Hand di Zoom. 

BACA JUGA: Cara Mematikan AdBlock di Chrome & Mozilla, Dijamin Ampuh!

Fungsi fitur Raise Hand di Zoom

cara raise hand di zoom
Depositphotos

Raise Hand adalah salah satu fitur untuk melakukan angkat tangan pada saat konferensi video berlangsung, baik itu untuk bertanya, memberikan tanggapan, atau memberikan penghormatan/sapaan kepada host dan co-host konferensi video.

Jangan khawatir apabila Sedulur masih belum tahu bagaimana cara Raise Hand tersebut. Simak beberapa ulasannya dalam pembahasan berikut.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Unknown USB Device di Laptop & PC

Cara Raise Hand di Zoom

cara raise hand di zoom
Depositphotos

Cara Raise Hand di Zoom dapat dilakukan melalui PC, laptop, ponsel, dan telepon. Berikut ini adalah tiga cara Raise Hand yang dapat Sedulur coba berdasarkan perangkat yang digunakan untuk mengakses Zoom. Berikut ini beberapa cara rais hand di Zoom terbaru, yaitu:

1. Melalui laptop Windows dan macOS

Pertama adalah cara raise hand di Zoom MacBook, berikut langkahnya:

  • Selama konferensi video berlangsung, klik ikon dengan tulisan “Participants”.
  • Setelah itu cari bagian ikon dengan tulisan “Raise Hand”. Klik ikon dengan logo telapak tangan tersebut.
  • Host dan co-host konferensi video pada Zoom pun akan melihat Sedulur ‘mengangkat tangan’.

2. Melalui smartphone

Selanjutnya ada juga cara raise hand di Zoom  laptop atau smartphone, yaitu: 

  • Selama konferensi video berlangsung, cari ikon tiga titik horizontal pada aplikasi smartphone Zoom.
  • Pilih opsi “More”, biasanya berada di sudut kanan bawah layar.
  • Pada bagian bawah kontrol Zoom, Sedulur akan melihat logo berbentuk telapak tangan, Sedulur cukup pilih ikon tersebut.
  • Host dan co-host konferensi video pada Zoom di smartphone pun akan melihat Sedulur ‘mengangkat tangan’.

3. Melalui panggilan telepon

Apabila Sedulur bergabung ke konferensi video Zoom dengan menggunakan panggilan telepon, maka cara Raise Hands di Zoom agak sedikit berbeda. Dalam kasus ini, Sedulur harus menekan “*9” (bintang dan angka 9). Host dan co-host konferensi video pada Zoom melalui panggilan telepon pun akan melihat Sedulur ‘mengangkat tangan’.

BACA JUGA: Cara Menambah Kapasitas Disk C di Windows 7, 8 dan 10

Cara melihat peserta yang melakukan Raise Hand di Zoom

Depositphotos

Apabila Sedulur berperan sebagai host atau co-host dalam video konferensi Zoom, maka ikon tangan kecil akan muncul di samping nama peserta ketika ia melakukan Raise Hand. Cara melihat peserta yang melakukan Raise Hand di Zoom melalui komputer (PC) dan smartphone hampir sama.

Jika pada Zoom komputer (PC), Sedulur dapat memeriksa bagian “Peserta” di bagian bawah layar. Dengan begitu, daftar para peserta akan muncul dan Sedulur dapat melihat ikon tangan kecil diangkat di sebelah nama peserta.

Jika pada Zoom smartphone, Sedulur dapat memeriksa bagian “Peserta” di bagian bawah layar. Dengan begitu, daftar para peserta akan muncul dan Sedulur dapat melihat ikon tangan kecil diangkat di sebelah nama peserta.

BACA JUGA: 8 Cara Menghilangkan Background di Photoshop untuk Pemula

Bagaimana jika fitur Raise Hand tidak muncul di Zoom laptop?

Depositphotos

Beberapa kendala yang sering dialami oleh para pengguna Zoom adalah fitur Raise Hand di Zoom tidak ada. Solusinya adalah dengan memeriksa kembali bagian toolbar bawah. Fitur ini tidak muncul bahkan ketika tidak melakukan cara menghilangkan raise hand di Zoom

Biasanya, ketika Zoom berada dalam mode layar penuh ia akan menyembunyikan toolbar letak fitur Raise Hands. Hal tersebut berfungsi agar pengguna dapat berfokus pada konferensi video yang sedang berlangsung.

Pada Zoom komputer (PC), gerakkan kursor ke bagian layar konferensi video Zoom, toolbar pun akan muncul secara otomatis. Pada Zoom smartphone, ketuk bagian layar konferensi video Zoom, toolbar pun akan muncul secara otomatis.

Bagaimana cara Lower Hand di Zoom?

Depositphotos

Cara Lower Hand di Zoom sangatlah mudah. Ketika Sedulur sudah berhasil melakukan Raise Hand, maka klik atau tekan kembali opsi yang sama. Secara otomatis gambar tangan yang diangkat akan menghilang dari samping nama Sedulur.

Nah Sedulur, itu tadi merupakan informasi singkat mengenai cara Raise Hand di Zoom. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.