cara pasang gorden 2 lapis

Meskipun gorden merupakan salah satu bagian rumah yang memiliki fungsi penting, yaitu menjaga privasi di dalam rumah serta juga berfungsi membuat tampilan rumah lebih estetik dan indah. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui cara pasang gorden, terutama cara pasang gorden 2 lapis.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama seperti apa cara pasang gorden 2 lapis sehingga Sedulur bisa pasang sendiri gordennya tanpa harus membayar jasa memasang gorden. Seperti apa saja rekomendasi cara pasang gorden 2 lapis? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Merk Vinyl Terbaik dan Terbaru Tahun 2023

Cara Pasang Gorden 2 Lapis

cara pasang gorden 2 lapis
Business Insider

Terdapat beberapa rekomendasi cara pasang gorden 2 lapis, teknik pemasangan ini disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan batang gorden yang bisa berbeda-beda. Penggunaan batang ini sendiri bisa berbeda karena berpengaruh pada kekuatan dan daya tahan gorden. Umumnya, ada tiga teknik pemasangan yaitu menggunakan 3 batang gorden, 2 batang gorden, dan 1 batang gorden.

-->

Agar Sedulur bisa melakukannya dengan mudah, kamu bisa mencoba beberapa cara pasang gorden 2 lapis yang disebutkan di atas dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Gunakan 3 batang gorden

Pertama yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan menentukan dimana letak klip pengaitnya. Klip tersebut akan berguna untuk pengunci ataupun dudukan pada salah satu batang gorden yaitu batang gorden dengan bentuk rel.

Selanjutnya pasang batang gorden tersebut. Namun jangan lupa untuk memperhatikan kaitannya dan juga dudukannya. Dengan menggunakan sekrup, coba kencangkan penguncinya. Pastikan jika klip tersebut sudah mengunci kedua batang rel dengan benar dan kencang. Terakhir adalah dengan memasang bracket tersebut pada dinding. Pastikan semua bagian yang dipasangkan sudah benar-benar kuat agar tidak mengalami gangguan nantinya.

2. Gunakan 2 batang gorden

Sama halnya dengan yang sebelumnya, Sedulur harus menentukan terlebih dahulu letak dari klip pengait tersebut. Klip itu akan berfungsi sama sebagai pengunci dan juga dudukannya. Selanjutnya pasang batang gorden yang berbentuk rel tersebut.

Kencangkan dengan menggunakan sekrup jika memang sudah sesuai pada letaknya. Bracket pun sudah siap untuk dipasang di area dinding. Sedulur bisa mendapatkan rel gorden 2 lapis online agar lebih mudah.

3. Gunakan 1 batang gorden

Terakhir jika gorden tersebut hanya menggunakan satu batang saja akan lebih mudah daripada cara yang sebelumnya. Pertama dengan mengencangkan sekrup yang ada di bagian bawah bracket tersebut. Sedulur bisa menggunakan obeng untuk mengencangkannya.

Kemudian bracket tersebut akan dipasang pada bagian dinding. Akan lebih baik jika Sedulur menggunakan sekrup dan fischer. Namun lain halnya jika bracket tersebut akan digunakan di kusen dimana Sedulur hanya perlu menggunakan sekrup saja sebagai pengunci. Jika bracket sudah terpasang, selanjutnya hanya tinggal memasang bagian batang tersebut pada bracket dan kencangkan penguncinya.

BACA JUGA: Pasti Ampuh! Ini Cara Menghilangkan Tungau Kasur yang Efektif

Variasi Gorden Tirai Minimalis

cara pasang gorden 2 lapis
The Spruce

Selain cara pasang gorden 2 lapis, selanjutnya yang penting untuk Sedulur ketahui yaitu variasi tirai untuk konsep rumah minimalis. Sedulur bisa menggunakan gorden juga sebagai bagian dari dekorasi. Salah satunya untuk rumah dengan konsep minimalis.

Terutama dengan banyaknya yang menjual rel gorden 2 lapis minimalis dengan berbagai macam bentuk dan warna akan semakin memudahkan Sedulur dalam mendekorasi rumah dengan bagus. Berikut adalah beberapa variasi yang bisa Sedulur pilih.

1. Kain gorden tipis

Kain gorden yang tipis ini juga sering disebut dengan kain vitrase. Sedulur yang menginginkan ruangan dengan konsep yang minimalis akan cocok dengan jenis gorden ini. Kamar dengan menggunakan jenis gorden ini akan memberikan tampilan kamar yang lebih terang dan cerah.

Namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan mengenai pemilihan bahan yang mudah untuk dibersihkan. Jika Sedulur ingin ruangan dengan konsep minimalis, maka warna putih akan cocok digunakan. Atau Sedulur juga bisa menggunakan warna yang senada dengan seprei kamar tidur. Penggunaan jenis gorden kain tipis ini biasanya sering dipadukan dengan jenis gorden kain yang lebih tebal. Hal ini berguna jika Sedulur ingin membuat ruangan yang lebih privasi seperti di dalam kamar tidur.

2. Tirai bambu

Kebanyakan orang mungkin kurang familier dengan jenis tirai yang satu ini. Hal ini karena tirai bambu memang jarang digunakan untuk rumah dengan konsep modern atau mewah. Rumah dengan konsep yang minimalis atau klasik akan cocok jika menggunakan gorden dari bahan bambu atau kayu ini. Selain itu kebanyakan juga dipasang pada area luar rumah seperti di halaman atau teras untuk menghalau hawa panas dari matahari. Namun bukan berarti Sedulur tidak bisa menggunakan tirai ini di dalam rumah.

Sedulur bisa menggunakannya diruang tamu atau sebagai sekat pemisah antara ruangan yang lainnya untuk membantu suasana dan juga hawa sejuk. Penggunaan dari gorden dengan bahan bambu ini memiliki kelebihan dimana perawatannya mudah dilakukan. Untuk menghilangkan debu yang menempel, Sedulur hanya perlu mengelapnya menggunakan kain lembap saja. Biarkan kering sendiri dengan mengangin-anginkannya. Selain itu jenis tirai ini juga sangat mudah dipadukan dengan berbagai macam furniture yang ada di dalam ruangan Sedulur.

3. Horizontal, vertikal dan roller blind

Kebanyakan rumah modern minimalis lebih suka menggunakan peralatan rumah tangga yang tidak terlalu banyak namun mudah untuk digunakan. Hal ini juga sama halnya ketika Sedulur menggunakan gorden. Sering kali mereka memilih untuk menggunakan gorden dengan model yang praktis digunakan. Salah satunya adalah gorden dengan jenis horizontal roller blind dan vertical roller blind. Kesan ruangan yang minimalis akan tercipta dari adanya roller blind ini.

Sedulur bisa memilih untuk menggunakan jenis vertikal atau horizontal yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Harga rel gorden 2 lapis dengan bentuk atau model roller blind juga berbagai macam. Pastikan Sedulur sudah menentukan jenis dari roller blind tersebut. Hal ini karena roller blind juga bisa memiliki 2 jenis yang berbeda berdasarkan fungsinya, yaitu dim out dan black out. Jenis gorden ini bisa Sedulur pilih sesuai dengan kebutuhan ruangan.

4. Kain gorden dengan motif batik

Dikarenakan penggunaan gorden sudah tidak hanya untuk menutupi jendela saja, melainkan juga untuk dekorasi. Itulah mengapa sudah banyak sekali yang menjual rel gorden 2 lapis murah dan juga kain gorden dengan berbagai macam motif. Salah satunya yang bisa Sedulur gunakan adalah motif batik. Sedulur tidak perlu takut karena motif batik saat ini sudah bervariasi bahkan ada juga yang menggunakan motif modern dengan warna cerah yang menarik.

Penggunaan gorden dengan kain batik pada ruangan Sedulur akan cocok untuk memberikan ruangan dengan kesan yang minimalis. Selain itu motif ini juga cocok untuk ruangan berkonsep klasik atau tradisional. Biasanya penggunaan gorden kain batik juga dilapisi dengan kain vitrase atau gorden dengan kain yang lebih tipis. Jadi ketika Sedulur ingin ruangan gelap maka semua gorden bisa ditutup. namun untuk ruangan yang menggunakan sedikit cahaya matahari, maka kain batik tersebut bisa Sedulur buka dan hanya menyisakan kain gorden tipis yang tertutup.

Demikian tadi beberapa tips dan cara memasang gorden 2 lapis yang bisa Sedulur gunakan. Dilengkapi dengan variasi golden dua lapis yang bisa jadi pilihan Sedulur. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur, terutama untuk memasang sendiri gorden rumah. Penggunaan gorden saat ini tidak hanya berhenti pada fungsinya saja sebagai penutup jendela atau pengatur cahaya saja. Semakin banyaknya inovasi mengenai gorden membuat penggunaannya juga banyak untuk kebutuhan dekorasi ruangan agar bisa terlihat lebih menarik dan sesuai dengan konsep ruangan.

Semoga juga Sedulur bisa mendapatkan gorden rumah yang menarik dengan rekomendasi beberapa variasi dari gorden yang dijelaskan di atas ya!