cara merebus paru sapi agar tidak bau

Sapi merupakan hewan ternak yang setiap bagiannya bisa diolah menjadi makanan nikmat. Bukan hanya bagian dagingnya, tapi juga bagian kulit, tulang, lidah hingga paru-parunya bisa diolah. Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas cara merebus paru sapi agar tidak bau.

Karena bagian paru sapi memiliki teknik dan cara khusus agar tidak bau amis saat diolah. Maka dari itu, Sedulur wajib mengetahaui seperti apa cara merebus paru sapi agar tidak bau. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 7 Cara Merebus Bebek Agar Cepat Empuk dan Tidak Amis

1. Pilih paru sapi

iStock

Sebelum masuk cara merebus paru sapi agar tidak bau, Sedulur wajib memilih paru sapi terlebih dahulu. Tentu saja Sedulur wajib memilih paru sapi yang masih segar. Sedulur bisa melihat tekstur dan aroma paru, juga bisa melihat dari warna paru itu sendiri.

-->

Pastikan warnanya merah, tidak kehitaman dan berlendir. Untuk aromanya, jangan pilih yang baunya tengik atau terlalu amis, ya. Jika Sedulur kebingungan memilih paru yang baik, Sedulur bisa bertanya ke penjualnya. Atau Sedulur bisa menyimak tips memilih paru sapi yang baik di bagian akhir penjelasan artikel ini.

2. Bersihkan paru sapi

IDN Times

Setelah Sedulur membeli paru sapi yang baik, langkah selanjutnya yaitu dengan membersihkan paru sapi. Sedulur bisa mencuci paru sapi dengan air menghalir hingga bersih. Tujannya agar kotoran dari paru sapi bisa hilang dengan sempurna terutama di bagian paru.

Setiap bahan makanan wajib dicuci bersih sebelum diolah, karena biasanya bahan makan mengandung kotoran yang penuh dengan bakteri yang akan membahayakan tubuh saat dikonsumsi. Maka dari itu wajib dicuci hingga bersih.

3. Pastikan cuci hingga bersih

cara merebus paru sapi agar tidak bau
Cookpad

Sebelum masuk ke cara merebus paru sapi agar tidak bau, pastikan agar mencuci paru sapi hingga bersih, bukan hanya kotoran dalam permukan paru hilang, namun juga hingga bau dari sapi menghilang. Sehingga Sedulur bisa mengolahnya dengan baik saat merebus paru sapi nantinya.

4. Potong paru

IDN Times

Sebelum melakukan cara merebus paru sapi agar tidak bau, Sedulur bisa memotong paru terlebih dahulu. Sedulur bisa memotong paru menjadi beberapa bagian. Hal ini tentu saja untuk memudahkan proses saat merebus paru. Selain itu, memotong paru juga bisa bertujuan agar membuat paru lebih empuk dan cepat matang serta dapat menghilangkan bau amis lebih cepat.

5. Rebus paru dengan daun jeruk dan daun salam

cara merebus paru sapi agar tidak bau
iStock

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita masuk ke bagian utama yaitu dengan merebus paru agar tidak bau, terutama bau amis. Sedulur bisa merebus paru dengan menggunakan daun jeruk dan daun salam. Sedulur juga bisa menambah bahan rempah lainnya agar bau amis paru bisa menghilang.

Tujuan menggunakan daun jeruk dan daun salam adalah menghilangkan bau amis, karena daun jeruk dan daun salam dapat menghilangkan bau amis pada paru. Jangan lupa mengganti air rebusan paru dan memasaknya kembali hingga benar-benar empuk.

BACA JUGA: 8 Cara Merebus Ayam Agar Empuk dan Cepat Matang

6. Iris tipis paru dan bumbui

iStock

Setelah selesai direbus, setelah bau amis hilang dan paru sapi matang. Sedulur bisa kembali memotong dan mengiris tipis lalu bumbui untuk berbagai olahan. Semuanya tergantung selera Sedulur, Sedulur bisa mengiris tipis atau dipotong dadu. Hal ini akan membuatnya bumbunya akan meresap lebih baik dan rasanya akan lebih gurih.

7. Tips memilih paru sapi yang bagus

Pinterest

Cara mengolah paru sapi agar tidak bau dan amis di atas wajib Sedulur terapkan saat mengolah paru sapi. Dibagian awal dijelaskan bahwa Sedulur harus memilih paru sapi yang baik. Lantas seperti apa tips memilih paru sapi yang bagus?

Pada dasaranya, paru sapi yang bagus dan berkualitas yang paru yang memiliki tekstur yang kenyal seperti spons saat disentuh. Ada hal lain yang perlu Sedulur perhatikan, yaitu permukaan paru sapi saat Sedulur sentuh. Pastikan bahwa permukaannya tidak berlendir, jika berlendir maka jangan beli paru tersebut karena kualitasnya pasti sudah tidak bagus lagi.

Nah itulah beberapa tips dan cara merebus paru sapi agar tidak bau. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur untuk mengolah paru sapi agar lebih nikmat. Ditambah lagi, sebentar lagi akan memasuki waktu Idul Adha dan mendapatkan kurban.

Barangkali Sedulur mendapatkan kurban paru sapi dan tidak lagi kesulitan lagi dala mengolahnya. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, ya!