cara merebus hati ayam yang benar

Hati dan ampela ayam merupakan salah satu bahan yang kerap diolah menjadi beragam hidangan. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara merebus hati ayam yang benar. Hal ini menyebabkan hati ayam yang disajikan memiliki tekstur alot dan berbau amis.

Namun Sedulur tidak perlu khawatir apabila ingin mengolah hati ayam untuk pertama kali. Sebab, pada artikel kali ini akan disajikan cara merebus hati ayam yang benar, sehingga menghasilkan olahan yang lezat dan tentunya bebas dari bau amis. Yuk, langsung disimak informasi selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: 15 Resep Masakan Daging Sapi, Enak dan Mudah Dibuat

Cara merebus hati ayam yang benar

cara merebus hati ayam yang benar
Kompas

Dihimpun dari berbagai sumber, ada beberapa cara merebus hati dan ampela ayam yang benar sehingga menjadi tidak amis. Selain menghilangkan bau amis, cara-cara berikut ini juga dapat membantu melembutkan tekstur hati dan ampela agar lebih enak saat dikonsumsi oleh anggota keluarga di rumah.

-->

Sebelum merebusnya dengan mengikuti berbagai tips di bawah, pertama-tama Sedulur perlu mencuci hati ayam dengan air mengalir. Langkah ini dimaksudkan untuk memastikan hati ayam dalam kondisi bersih saat diolah menjadi aneka masakan.

Sementara, berikut beberapa tips merebus hati ayam yang bisa Sedulur coba.

1. Merebus hati ayam selama 15-20 menit

cara merebus hati ayam yang benar
Alodokter

Cara pertama untuk merebus hati ayam yang benar adalah dengan merebusnya selama 15-20 menit. Untuk mendapatkan tekstur hati ayam yang lebih lembut, Sedulur bisa merebusnya sedikit lebih lama, misalnya sekitar 30 menit.

Merebus hati ayam selama beberapa menit dapat membantu menghilangkan bau amis. Selain itu, Sedulur juga bisa menambahkan rempah-rempah seperti daun jeruk, daun salam, atau jahe sehingga bau amis dapat benar-benar hilang. Hal ini sekaligus membuat hati ayam menjadi lebih lezat saat dimasak karena aroma dan rasa yang kurang sedap sudah hilang.

Setelah hati ayam direbus, langkah berikutnya adalah mencuci dan kemudian mengeringkannya. Selanjutnya Sedulur bisa menggoreng hati ayam atau menyimpannya di freezer agar lebih awet jika tidak ingin langsung diolah menjadi hidangan tertentu.

2. Menggunakan teknik blanching

cara merebus hati ayam yang benar
Kompas

Cara kedua untuk merebus hati ayam adalah menggunakan teknik blanching. Sekadar diketahui, blanching merupakan teknik merebus makanan dalam waktu singkat. Biasanya proses ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik atau hingga muncul buih air namun tidak sampai mendidih. Teknik blanching sendiri dinilai efektif untuk menghilangkan bau amis sekaligus membuat tekstur hati ayam menjadi kencang.

Sedulur bisa menggunakan air biasa ataupun air yang diberi campuran rempah, seperti daun jeruk, serai, dan lengkuas. Rebus hati ayam selama 10 detik atau sampai muncul buih di permukaan. Berikutnya, buang air rebusan dan cuci hati ayam dengan air bersih.

BACA JUGA: Cara Alami Menghilangkan Bau Amis Saat Memasak Daging

Cara lain untuk mengolah hati ayam agar tidak amis

Selain merebus, masih ada tips atau cara lain untuk mengolah hati ayam agar tidak amis. Misalnya dengan merendam hati ayam dalam air perasan jeruk nipis serta melumurinya dengan tepung bumbu siap saji. Berikut tips selengkapnya.

1. Merendam hati ayam dalam air perasan jeruk nipis

cara merebus hati ayam yang benar
Kompas

Bau amis pada hati ayam juga bisa diatasi dengan cara merendamnya menggunakan air perasan jeruk nipis. Caranya cukup sederhana, yaitu Sedulur hanya perlu merendam hati ayam di air perasan jeruk yang diberi campuran ketumbar dan bawang putih. Kemudian biarkan hati ayam selama beberapa menit seperti saat memarinasi daging.

Namun perlu diperhatikan bahwa sebaiknya cara ini hanya digunakan pada hati ayam yang bagus. Artinya, hati ayam dalam kondisi bersih dan bagus.

2. Melumuri hati ayam dengan tepung bumbu siap saji

IDN Times

Berikutnya Sedulur juga bisa menggunakan tepung bumbu siap saji untuk melembutkan tekstur hati dan ampela ayam. Caranya adalah dengan melumuri hati ayam dengan tepung bumbu. Kemudian remas-remas secara perlahan sehingga tepung dapat meresap ke dalam hati ayam.

Untuk memasak hati ayam yang sudah dilumuri tepung bumbu, Sedulur bisa menggorengnya hingga matang. Sedikit tips, gunakan api kecil atau sedang saat menggoreng hati ayam agar tidak mudah gosong. Hal ini juga bisa mencegah cipratan minyak. 

3. Merendam hati ayam dalam susu

Electrolux Indonesia

Cara untuk menghilangkan bau amis dari hati ayam yang berikutnya adalah dengan merendamnya menggunakan susu. Cara ini umum digunakan untuk mengolah hidangan western.

Untuk mendapatkan hati ayam yang bebas bau amis, Sedulur perlu merendamnya selama satu hari. Kemudian, cuci hati ayam menggunakan air sebelum mengolahnya menjadi masakan.

4. Merendam hati ayam dengan parutan jahe

Popmama

Tips terakhir adalah merendam hati ayam dengan parutan jahe. Sama halnya dengan aneka rempah maupun jeruk nipis, parutan jahe juga efektif untuk menghilangkan bau amis pada hati ayam. Sebab, jahe memiliki aroma pedas yang bisa menetralisir bau amis dari daging.

  • Pertama-tama, Sedulur perlu memarut jahe dengan takaran sesuai banyaknya hati dan ampela ayam yang akan dimasak.
  • Berikutnya rendam hati ayam dalam parutan jahe selama 15-30 menit.
  • Kemudian cuci hati ayam hingga bersih dengan air mengalir.

BACA JUGA: 10 Cara Mengolah Daging Sapi Kurban Agar Empuk & Tidak Bau

Inspirasi hidangan dari olahan hati ayam

Beautynesia

Setelah mengetahui cara mengolah hati ayam yang benar sehingga tidak alot dan tidak berbau amis, kini Sedulur bisa mulai mencari resep masakan dari bahan tersebut. Nah, sebagai referensi, berikut ada resep oseng hati ampela ayam yang bisa dicoba.

Bahan:

  • 5 pasang hati dan ampela ayam
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sdm air perasan jeruk limau
  • 4 sdm kecap manis
  • Garam
  • Kaldu bubuk
  • 200 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Haluskan bumbu yang meliputi bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan garam. Sedulur bisa menggunakan food processor atau ulekan.
  2. Selanjutnya tumis bumbu halus bersama daun salam dan serai hingga harum.
  3. Masukkan hati dan ampela ayam yang sudah direbus sebelumnya agar sehingga tidak berbau amis. Aduk merata.
  4. Tambahkan kecap manis dan air jeruk limau.
  5. Masukkan air dan beri kaldu bubuk serta garam agar masakan menjadi gurih.
  6. Koreksi rasa, jika sudah sesuai matikan api.
  7. Oseng hati ampela siap disajikan.

Itu dia beberapa tips cara merebus hati ayam yang benar agar tidak amis. Selain itu juga telah dipaparkan ide resep dari olahan hati ayam yang bisa Sedulur coba di rumah.

Nah, agar kegiatan masak menjadi lebih menyenangkan, jangan lupa lengkapi kebutuhan dapur termasuk aneka bumbu dengan belanja di Aplikasi Super.

Kenapa harus Aplikasi Super?

Belanja di Aplikasi Super dijamin murah dan mudah. Ada banyak voucher diskon, cashback, hingga gratis ongkir yang bisa Sedulur gunakan agar belanja semakin hemat. Tak hanya itu, Sedulur juga tidak perlu keluar rumah untuk belanja kebutuhan di rumah. Melainkan, cukup pesan lewat aplikasi dan barang belanjaan akan dikirim sampai depan rumah.

Menarik bukan? Oleh karena itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan belanja kebutuhan dapur sepuasanya.