cara mengolah daging sapi

Menjelang Hari Raya Idul Adha, masakan daging sapi tentunya menjadi menu yang akan ada di setiap meja makan. Sayangnya, masih banyak orang yang ternyata belum tahu cara mengolah daging sapi agar bisa empuk dan tidak bau lho Sedulur.

Memang, dalam memproses daging merah seperti daging sapi membutuhkan teknik khusus dan kesabaran. Namun bukan berarti ada beberapa cara atau tips supaya Sedulur bisa jago mengolah daging sapi.

Penasaran bagaimana cara mengolah daging sapi yang empuk tidak bau? Yuk simak tips cerdasnya berikut ini. 

BACA JUGA : Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen di HP dan PC

1. Bersihkan daging dengan benar

cara mengolah daging sapi
Pixabay

Cara pertama agar daging sapi empuk dan tidak bau adalah dengan membersihkannya dengan benar. Satu hal yang paling penting dan perlu diperhatikan dalam membersihkan daging merah seperti sapi dan kambing adalah jangan mencucinya dengan air.

Daging merah seperti daging sapi serta kambing, apabila terlalu banyak terkena air justru dapat mengakibatkan kemunculan aroma amis yang semakin kuat. Oleh sebab itu, disarankan membersihkan daging sapi dengan mengelapnya cukup menggunakan tisu atau lap bersih.

Setelah mengelap, lumurkan air perasan jeruk nipis pada daging lalu rebus dengan air mendidih sebentar. Merebus air dengan air mendidih berfungsi untuk membersihkan kotoran, bakteri, dan sisa darah yang tersisa pada daging. Disarankan untuk merebus daging sebanyak dua hingga tiga kali untuk hasil daging yang lebih empuk dan bersih.

2. Potong daging melintang melawan arah seratnya

cara mengolah daging sapi
iStock

Cara mengolah daging sapi agar tidak bau adalah dengan memotong daging melintang. Memotong daging melintang seratnya menjadi salah satu cara mengolah daging sapi agar empuk yang perlu diperhatikan. Cara ini ternyata dapat memengaruhi daging menjadi empuk atau tidak.

Cara memotong daging sapi yang benar adalah dengan melawan alur urat dan seratnya. Memotong dengan cara ini akan membantu supaya daging menjadi empuk setelah selesai dimasak dan disantap nanti.

BACA JUGA : Cara Membuat Spiral Betty, Biar Sosmed Kamu Lebih Menarik

3. Manfaatkan uap panas

iStock

Banyak yang belum mengetahui cara mengolah daging sapi dengan memanfaatkan uap panas. Ternyata uap panas juga bisa jadi cara masak daging sapi agar empuk tanpa boros gas, lho Sedulur . Untuk mempraktekkan trik ini, kuncinya yaitu dengan tidak membuka tutup panci dan gunakan stopwatch di handphone agar pengukuran waktunya lebih tepat. 

Caranya yaitu, pertama, didihkan air dan rebus daging merah selama lima menit dalam panci tertutup. Kemudian matikan kompor dan diamkan daging di dalam panci selama 30 menit. Terakhir, nyalakan kembali kompor dan rebus daging selama 7 menit. Dengan menerapkan trik ini,Sedulur cukup menyalakan kompor selama 12 menit, tapi secara teknis sudah memasak daging selama lebih dari setengah jam.

4. Pukul-pukul daging secara perlahan

cara mengolah daging sapi
Pixabay

Cara mengolah daging sapi agar empuk selanjutnya adalah dengan menggunakan pemukul daging. Sedulur tinggal pukul-pukul kedua sisi daging hingga teksturnya menjadi lebih empuk. Tapi jangan lupa, pastikan alas yang digunakan dalam memukul daging cukup kuat.

Menggunakan metode memukul daging ini sangat ampuh dalam meregangkan serat-serat pada daging yang memang menjadi penyebab daging sapi menjadi keras ketika diolah.

5. Gunakan daun pepaya atau nanas

Pixabay

Penggunaan buah nanas atau daun pepaya sebagai cara mengolah daging sapi agar empuk dan tidak bau juga bisa diterapkan. Kedua bahan ini sangat efektif dalam melunakkan daging sapi yang alot.

Jika menggunakan daun pepaya, cukup dengan mencincang halus daun pepaya tersebut, lalu remas dan balurkan ke seluruh bagian daging sapi tersebut. Diamkan selama 15-20 menit agar daging benar-benar empuk.

Sementara itu, jika menggunakan nanas, maka cukup dengan memarut buah nanas hingga halus. Lalu remas-remas nanas dan balurkan ke daging tersebut. Tunggu 10-15 menit, lalu daging siap dimasak. Perhatikan agar tidak terlalu lama dalam menggunakan kedua bahan tersebut, sebab dikhawatirkan akan membuat daging justru menjadi hancur.

Penggunaan nanas atau daun pepaya sendiri menjadi cara memasak daging sapi biar empuk yang cukup alami. Jadi cocok untuk Sedulur yang tidak suka dengan banyak bahan kimia dalam proses memasak.

BACA JUGA : Cara Daftar Tiktok Shop untuk Jualan Online di Tiktok

6. Diamkan daging pada suhu ruangan

Cara mengolah daging sapi beku selanjutnya yaitu mendiamkan daging merah pada suhu ruangan. Cara ini bisa dipilih jika tidak punya stok daun pepaya atau buah nanas, tapi tetap ingin menghemat gas.

Pertama, jika Sedulur menyimpan daging di freezer, sebaiknya simpan di rak bawah terlebih dulu dalam wadah tertutup sejak malam sebelumnya. Setelah itu, sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum memasak, Ibu bisa mengeluarkan daging merah dari kulkas, dan tetap simpan di dapur dalam wadah tertutup.

Mendiamkan daging merah di suhu ruangan dapat membantu suhu dagingnya turun secara perlahan dan stabil, sehingga teksturnya lebih empuk secara merata. Sembari menunggu daging merah lebih empuk, Ibu bisa menyiapkan bahan masakan lainnya. Perlu diingat bahwa keempukan dagingnya nggak akan seperti saat pakai daun papaya atau buah nanas, ya. Tapi, cara ini lebih baik ketimbang langsung mengolah daging dari kulkas untuk dimasak.

7. Gunakan baking soda

iStock

Cara mengolah daging sapi agar empuk menggunakan baking soda mudah saja. Cukup dengan menaburkan baking soda ke seluruh bagian daging sapi. Lalu, diamkan daging selama 40-60 menit.

Setelah itu, jangan lupa untuk mencucinya dengan air bersih sebelum diolah menjadi aneka ragam masakan. Baking soda akan bekerja dengan memecah kolagen pada daging sapi. Hal tersebut yang akan menghasilkan tekstur daging menjadi lebih lunak.

8. Taburi dengan garam laut

cara mengolah daging sapi
iStock

Garam laut sangat bermanfaat untuk menghancurkan ikatan protein dan serat yang ada di dalam daging sapi. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa garam sangat baik dan berfungsi efektif untuk membuat daging menjadi empuk. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan menabur garam laut ke seluruh daging dan biarkan selama 30 menit sampai 1 jam. Lalu bilas denga bersih, dan daging sapi pun siap dimasak.

BACA JUGA : 5 Cara Edit PDF Mudah dan Cepat Lewat HP & Laptop

9. Gunakan bubuk pelembut daging

cara mengolah daging sapi
iStock

Cara memasak daging sapi biar empuk selanjutnya yaitu dengan menambahkan baking soda. Saat ini sudah sangat banyak bahan instan yang bisa membantu dalam mengempukkan daging yang akan dimasak. Bahan pengempuk daging ini berupa bubuk yang dijual di toko-toko bahan makanan, toko bahan roti atau juga dapat dibeli secara online.

Untuk menggunakan bubuk pengempuk ini juga mudah saja, yaitu dengan membalurkan sleuruh bubuk pengempuk daging ke seluruh bagian daging dan remas-remas daging. Setelah itu, tusuk-tusuk daging dengan garpu agar meresap hingga ke dalam bagian daging.

Setelah dilumuri dan ditusuk menggunakan garpu, kemudian cukup dengan mendiamkan daging selama 20-30 menit. Akan tetapi, lamanya durasi tersebutdapat disesuaikan berdasar ketebalan daging yang akan dimasak. Semakin tebal daging yang akan dimasak, maka semakin lama juga proses penyerapan dari bubuk pengempuk daging tersebut.

10. Masak perlahan

iStock

Cara mengolah daging sapi agar empuk dan tidak bau selanjutnya adalah dengan memasaknya secara perlahan. Daging sapi yan mempunyai tekstur tebal membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dimasak, begitupun sebaliknya. Supaya dading sapi lebih empuk, Sedulur dapat menggunakan rempah-rempah seperti jahe.

Cara membuat daging sapi empuk dengan jahe sendiri tidak hanya sebatas membuat tekstur daging jadi lebih lembut, tapi juga mengurangi aroma amis yang muncul dari daging. Selain itu, menggunakan jahe juga jadi salah satu solusi cara mengolah daging sapi yang sudah bau. Hal ini tak lepas dari kandungan enzim yang dikeluarkan jahe bisa membuat aroma tak sedap berkurang.

Proses memasak secara perlahan juga lebih efektif untuk menghancurkan jaringannya yang ada di dalam daging sapi, sehingga lebih empuk dan sedap untuk disantap. Namun, Sedulur tetap harus memperhatikannya, karena jika memasak daging sapi terlalu matang, justru dapat membuat teksturnya menjadi keras dan kurang enak untuk disantap.

Olahan daging sapi simple

Pixabay

Berikut olahan daging sapi simple tapi menjadi menu favorit masakan keluarga. Menu di bawah juga cocok untuk dicoba dalam perayaan seperti Idul Adha yang akan datang sebentar lagi.

  • Rendang
  • Semur
  • Sate
  • Sup
  • Dendeng
  • Sate
  • Oseng daging sapi
  • Daging kecap
  • Rica-rica daging sapi

Demikian penjelasan mengenai cara mengolah daging sapi agar tidak bau dan juga empuk yang perlu Sedulur ketahui. Menjelang lebaran Idul Adha, tentu stok daging akan bertambah banyak di kulkas. Jadi jangan sampai daging tersebut terbuang sia-sia karena salah mengolahnya ya Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.