cara merawat tanaman layu

Memiliki tanaman yang sehat dan segar merupakan dambaan bagi semua orang. Alasan tersebut membuat sebagian besar orang mulai mencari cara merawat tanaman layu untuk mengembalikannya menjadi tanaman yang sehat dan segar lagi.

Cara merawat tanaman layu dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal penting. Jika dilakukan dengan tepat, tanaman akan kembali segar dan menarik untuk dipandang. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Sedulur coba lakukan untuk merawat dan mengembalikan tanaman yang layu.

BACA JUGA: 9 Manfaat Keladi Tikus, Tanaman Herbal sebagai Obat Kanker

8 cara mengembalikan tanaman yang layu

Setidaknya, ada 8 cara untuk mengembalikan tanaman yang layu menjadi tanaman yang lebih sehat. Simak ulasan berikut ini.

1. Mengganti pot tanaman

cara merawat tanaman layu
iStock

Tanaman dapat mengalami kelayuan karena beberapa faktor. Seperti misalnya kekurangan cahaya matahari atau terlalu sempitnya pot yang digunakan untuk menanam. Oleh karena itu, memindahkan tanaman hias dari dalam rumah yang sudah layu atau tidak segar ke pot dengan media tanah yang baru, ternyata akan memberikan kehidupan baru untuk tanaman tersebut.

Selain fokus pada ukuran pot, Sedulur juga harus memperhatikan bahan pot baru yang akan digunakan. Jika sebelumnya tanaman diletakkan dalam pot dekoratif atau pot yang berbahan dasar logam, maka selanjutnya gunakan pot yang memiliki sistem drainase yang baik agar akar tetap dalam kondisi yang lembap.

2. Mencukupi kebutuhan sinar matahari

cara merawat tanaman layu
iStock

Sinar matahari sangat penting untuk kehidupan tumbuhan. Salah satunya adalah untuk melakukan proses fotosintesis. Jika kebutuhan sinar matahari tidak tercukupi, maka tanaman akan memberikan sinyal berupa daun yang mulai layu dan menguning.

Ketika tanaman sudah mulai layu, cobalah untuk meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari. Terutama jika tanaman yang layu merupakan tanaman yang diletakkan di dalam ruangan, cobalah untuk mengeluarkannya dalam beberapa waktu agar mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup.

3. Meletakkan di tempat yang teduh

cara merawat tanaman layu
iStock

Meskipun sinar matahari sangat penting untuk menunjang kehidupan tanaman, namun asupan sinar yang terlalu berlebihan juga tidak baik. Jika tanaman yang layu merupakan tanaman luar ruangan, segera pindahkan tanaman tersebut ke tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari secara langsung.

4. Memangkas dan memberi pupuk

cara merawat tanaman layu
iStock

Tanaman yang layu dapat dikembalikan menjadi tanaman yang sehat dengan memangkas bagian yang mulai menguning dan memberikan pupuk pada media tanamnya. Sedulur juga bisa memangkas bagian tanaman yang mulai memanjang agar daunnya tidak terlalu rimbun. Penggunaan pupuk juga perlu dilakukan secara rutin agar tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup.

BACA JUGA: 18 Tanaman Pilodendron: Jenis, Harga & Cara Merawatnya

5. Memperhatikan cara penyiraman

cara merawat tanaman layu
iStock

Cara penyiraman juga dapat menjadi penyebab kelayuan pada tanaman. Terlalu sering menyiram tanaman tidak hanya membuat air menggenang di atas tanah, namun juga bisa membuat akar menjadi busuk.

Sebaiknya, siram tanaman menyesuaikan jenisnya. Seperti pada kaktus, Sedulur tidak perlu menyiramnya setiap hari, melainkan dengan menunggu hingga media tanam terlihat sangat kering sekali. Sementara untuk tanaman pada umumnya, gunakan metode penyiraman pagi dan sore dengan air bersih agar tanaman tetap sehat dan segar.

6. Memisahkan akar yang rimbun

tanaman
iStock

Akar tanaman yang terlalu padat dan penuh harus mendapatkan perhatian ekstra oleh pemilik. Saatnya memisahkan akar yang rimbun dengan melakukan proses penanaman ulang menggunakan pot yang berbeda. 

Hal ini dilakukan agar ruang gerak akar menjadi lebih luas dan kemampuan menyerap nutrisi dapat dilakukan dengan baik. Tanaman juga memiliki lebih banyak ruang untuk bernapas sehingga dapat menjadi lebih sehat. 

7. Melakukan tindakan preventif 

tanaman
iStock

Tindakan preventif perlu dilakukan untuk menghalau serangga jahat datang ke tanaman. Cobalah untuk mulai mengganti media tanam yang ada di luar ruangan dengan campuran media tanah khusus yang steril dan tidak terkontaminasi.

Selain itu, Sedulur juga bisa melakukan penanaman ulang dengan memasukkannya dalam pot yang berisi tanah steril. Pastikan drainase dalam keadaan baik, sehingga tanaman tetap sehat dan mampu melawan serangan serangga dengan baik.

8. Memberikan campuran bawang merah dan bawang putih

tanaman
iStock

Cara terakhir yang bisa Sedulur lakukan adalah memberikan campuran bawang merah dan bawang putih pada tanaman yang layu. Hal ini dapat dikatakan cara yang efektif karena larutan bawang merah dan bawang putih mengandung hormon pertumbuhan yang dapat merangsang pertumbuhan tanaman.  

BACA JUGA: 14 Jenis Tanaman Toga Beserta Manfaatnya untuk Kesehatan

Cara memberikan campuran bawang merah dan bawang putih

Jika Sedulur tertarik, berikut adalah cara memberikan campuran bawang merah dan bawang putih untuk merawat tanaman yang layu.

  1. Sediakan 5 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih.
  2. Haluskan kedua jenis bawang tersebut menggunakan blender sambil memasukkan ½ liter air.
  3. Setelah dihaluskan, campurkan lagi larutan bawang tersebut dengan kurang lebih 5 liter air.
  4. Larutan bawang merah dan putih sudah siap digunakan atau diaplikasikan pada tanaman yang layu.
  5. Sedulur dapat menyiramkan satu gelas kecil larutan bawang ke media tanam pada setiap tanaman pada sore hari. 
  6. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan penyiraman larutan bawang selama tujuh hingga sepuluh hari berturut-turut. 

Demikian penjelasan mengenai cara merawat tanaman layu dan mengembalikannya menjadi tanaman yang sehat dan segar lagi. Semoga informasi dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang mencoba merawat tanaman yang mengalami kelayuan. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.