Cara merawat celana jeans hitam

Pakaian hitam sering kali menjadi pilihan karena mudah dipadukan dengan warna lain. Termasuk jeans hitam, adalah fashion item yang setidaknya wajib Sedulur punya setidaknya satu buah saja. Namun, cara merawat celana jeans hitam ternyata bukan perkara mudah karena warnanya cepat pudar usai dicuci.

Agar masalah warna pudar dan membuat tampilan celana menjadi tidak maksimal. Ada beberapa untuk mengatasinya, Sedulur bisa melakukan perawatan baik saat mencuci maupun menyimpan celana jeans hitam. Dengan begitu, celana akan lebih awet dan tahan lama. Lantas bagaimana cara merawat celana jeans agar tidak mudah pudar? Simak langkah-langkahnya berikut ini!

BACA JUGA: Cara Mudah Membersihkan Sisir, Berapa Kali Seminggu?

1. Cuci dengan air dingin

Good Housekeeping

Bukan menggunakan air panas, melainkan mencuci jeans dengan air dingin. Kadang pengguna jeans sering keliru, merasa bahwa air panas bisa meluruhkan noda lebih baik. Nyatanya, air panas justru bisa membuat jeans menjadi lebih cepat rusak.

Sebaliknya, air dingin dapat membantu mencegah pudarnya warna pada jeans, sedangkan air panas dapat merusak serat kain dan menyebabkan warna cepat pudar. Air dingin juga hanya memerlukan sedikit energi untuk dipanaskan, sehingga dapat mengurangi penggunaan energi pada mesin cuci. Dengan menggunakan air dingin untuk mencuci jeans, kita dapat memperpanjang umur celana dan menjaga warna serta keawetan serat kainnya.

2. Hindari mesin pengering

Martha Stewart

Terkadang, mesin pengering menjadi salah satu andalan untuk mempercepat proses pengeringan pakaian. Namun untuk menjaga pakaian, termasuk jeans Sedulur, sebaikanya hindari mesin pengering sebisa mungkin. Mesin pengering dapat menyebabkan kerusakan pada serat kain jeans dan menyebabkan warna cepat pudar.

Selain itu, suhu yang tinggi pada mesin pengering dapat membuat jeans mengecil atau bahkan merusak bagian-bagian penting pada jeans seperti resleting dan kancing. Alih-alih mesin pengering, Sedulur bisa mencoba untuk mengeringkan jeans dengan cara disimpan di tempat berventilasi baik yang tidak terkena sinar matahari langsung. 

3. Jangan gunakan pemutih

Apartment Therapy

Pemutih mengandung bahan kimia yang dapat merusak serat kain jeans dan membuat warna cepat pudar. Tentu saja, apalagi jeans dengan dasar warna hitam. Selain itu, pemutih juga membuat jeans menjadi kusam dan mengurangi daya tahan serat kainnya.

Jika jeans sangat kotor atau berbau tidak sedap, lebih baik rendam jeans dalam air dingin selama beberapa jam sebelum dicuci. Hal ini dapat membantu melunakkan kotoran dan debu pada jeans sehingga lebih mudah untuk dibersihkan saat dicuci. Selain itu, merendam dengan air dingin tidak akan berpengaruh pada kerusakan jeans.

4. Gunakan detergen yang tepat

Pinterest

Selain penggunaan pemutih, pemilihan detergen juga penting untuk merawat jeans kesayangan Sedulur. Jika Sedulur ingin membersihkan noda pada jeans kotor, gunakan sabun cuci yang lembut atau deterjen yang dirancang khusus untuk jeans. Pastikan juga untuk membaca petunjuk pada kemasan deterjen untuk memastikan bahwa deterjen tersebut cocok untuk jeans.

5. Membalik celana

The Spruce

Membalik celana dapat membantu menjaga warna dan bentuk jeans, serta mencegah terjadinya goresan atau kerusakan pada permukaan jeans saat dicuci atau dijemur. Selain itu, periksa juga saku jeans, ritsleting, dan detail lainnya pada celana untuk memastikan bahwa kancing dan ritsleting dalam keadaan tertutup dan saku jeans tidak berisi benda-benda yang dapat merusak serat kain pada celana jeans atau mesin cuci.

6. Jangan terlalu sering dicuci

Unsplash

Idealnya, jeans dapat digunakan beberapa kali sebelum dicuci, terutama jika jeans tersebut tidak terlalu kotor atau berbau tidak sedap. Hal ini karena mencuci jeans secara teratur dapat mempercepat terjadinya penuaan pada serat kain, membuat warna cepat pudar, dan mengurangi daya tahan celana.

Saat tidak digunakan, Sedulur cukup simpan jeans dengan baik di tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Hindari menumpuk terlalu banyak jeans pada satu tempat, hal ini dapat membuat jeans menjadi mudah keriput dan mengurangi daya tahannya.

7. Jangan memeras celana

cara merawat celana jeans hitam
Good Housekeeping

Jika dibandingkan jenis pakaian lain, jeans memiliki tekstur yang lebih kaku dan sulit untuk diperas. Maka dari itu, hindari memeras jeans untuk mengurangi kerusakan pada kerusakan kain. 

Sebagai alternatif, Sedulur dapat menggantungnya di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung dan membiarkannya mengering sendiri. Pastikan untuk menggantung jeans dengan cara yang benar, yaitu dengan menjepit ujung pinggang jeans pada hanger dan menjaga agar tidak terlalu banyak menarik celana jeans.

8. Tidak mencampur dengan pakaian lain

Unsplash

Saat pertama kali dicuci, jeans cenderung mudah melepas warna. Menghindari penumpukan dengan pakaian lain juga bisa mencegah transfer warna dari pakaian lain ke jeans milik Sedulur. Sebagai solusinya, sebaiknya mencuci celana jeans secara terpisah atau dengan pakaian yang memiliki warna yang sama.

Selain itu, hindari juga mencuci celana jeans dengan pakaian putih atau pakaian yang berwarna terang karena warna celana jeans dapat menempel pada pakaian tersebut dan membuatnya terlihat kotor.

9. Hindari matahari langsung

cara merawat celana jeans hitam
The Spruce

Paparan sinar matahari langsung dapat membuat warna pada jeans cepat pudar dan bahkan bisa merusak serat kain pada jeans. Jadi sebaiknya, setelah mencuci, gantung celana jeans pada hanger dan biarkan mengering secara alami di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung.

BACA JUGA: 15 Cara Mudah Membersihkan Guling dan Bantal, Anti Apek!

10. Tidak menyikat celana

The Manual

Karena bahannya yang kaku dan keras, seringkali jeans menjadi sasaran empuk untuk disikat sekuat tenaga. Namun ternyata, hal itu tidak akan membuat jeans milik Sedulur lebih bersih dan terawat.

Alih-alih menggosoknya, sebaiknya rendam saja celana jeans yang Sedulur punya dalam waktu 15-30 menit. Jika tidak, rendam sesuai dengan kondisi jeans Sedulur. Jika sudah, bilas dengan air bersih.

11. Hindari pewangi

cara merawat celana jeans hitam
Bob Vila

Salah satu cara merawat celana jeans hitam ternyata adalah dengan menghindari pewangi atau softener. Pewangi atau pelembut pakaian mengandung bahan kimia yang dapat merusak serat kain pada jeans dan membuat warna cepat pudar. Sedulur bisa menggunakan pewangi sesekali, namun pastikan untuk tidak menggunakannya terlalu sering.

12. Hindari mencuci secara berlebihan

cara merawat celana jeans hitam
Eco Age

Sebaiknya gunakan mesin cuci yang memiliki kapasitas yang cukup untuk mencuci celana jeans dengan leluasa. Pastikan juga bahwa mesin cuci yang digunakan memiliki program pencucian yang tepat untuk mencuci jeans agar tidak merusak serat kain dan membuat warna cepat pudar.

Sebelum mencuci celana jeans, pastikan untuk membalik celana terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu menjaga warna jeans agar tetap awet dan tidak cepat pudar. Setelah mencuci, jangan memeras celana jeans dan hindari mesin pengering yang dapat merusak serat kain pada jeans ya, Sedulur!

Tips cara merawat celana jeans hitam

Setelah mengetahui bagaimana cara merawat jelana jeans hitam yang telah dijelaskan di atas, tentu Sedulur harus mengetahui bagaimana tips merawat celana jeans hitam. Cara merawat tidak akan efektif jika tidak didukung tips merawat.

Ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan sebagai tips untuk merawat celana jeans. Jadi tidak cukup dan selesai sampai memahami cara mencuci celana jeans hitam agar tidak pudar, Sedulur bisa menerapkan tips cara merawat jeans hitam berikut ini:

1. Hindari mencuci celana jeans hitam terlalu sering

Tips pertama yang perlu Sedulur perhatikan adalah dengan menghindari mencuci celana jeans hitam terlalu sering. Semakin sering dicuci, semakin cepat warna celana jeans menjadi pudar. Perlu Sedulur ketahui, bahwa celana jeans tidak harus melulu dicuci.

Untuk membersihkan celana jeans, bisa cukup direndam di air pencuci dan biarkan mengering dengan sendiri saat dijemur. Karena mencuci jelana jeans dengan membilas apalagi menggunakan mensin cuci, hanya akan membuat celana jeans menjadi semakin pudar warnanya.

2. Usahakan mencuci dengan tangan

Mesin cuci bisa dipakai untuk mencuci celana jeans hitam namun dianjurkan untuk mencuci dengan tangan untuk mempertahankan warna dan kondisi serat kain. Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, bahwa dengan menggunakan mesin cuci akan membuat celana jeans menjadi pudar.

Bukan hanya itu, bahkan membuat kondisi serat kain kesulitan mempertahankan warna asli dari celana jeans itu sendiri. Sehingga cara paling tepat adalah dengan mencuci celana jeans menggunakan tangan. Sesekali tidak masalah menggunakan mesin cuci, alangkah lebih baik mencuci tidak menggunakan mesin cuci sama sekali untuk merawat celana jeans itu sendiri.

Pada dasarnya penjelasan terkait tips ini telah diulas juga pada saat cara merawat di atas. Namun hal ini merupakan penekanan agar Sedulur bisa lebih mempertahankannya. Jangan lupa, saat mencuci, baik dengan tangan maupun mesin cuci, balik celana jeans (bagian dalam di luar), supaya warna tidak cepat pudar. Hal ini penting untuk diperhatikan agar celana jeans yang Sedulur miliki bisa dirawat dengan baik dan bertahan lama.

Cara mengembalikan warna celana jeans hitam yang pudar

Adakah cara membuat celana jeans hitam kembali? Jawabannya, ada! Sedulur bisa memanfaatkan pewarna pakaian yang mudah didapat, sebagai cara membuat celana jeans hitam kembali. Mari ikuti langkah cara mengembalikan warna celana jeans hitam yang pudar berikut ini.

  • Cuci celana jeans untuk memastikan serat pakaian dapat menyerap bahan pewarna.
  • Siapkan pewarna pakaian berwarna hitam. Pewarna dalam bentuk cair lebih praktis digunakan. Jika Sedulur menggunakan pewarna dalam bentuk bubuk, campur terlebih dahulu dengan air panas sebelum digunakan.
  • Baca petunjuk pada kemasan pewarna untuk mengetahui takaran pewarna yang dibutuhkan.
  • Rendam jeans hitam Sedulur di dalam air yang telah dicampur pewarna hitam. Durasi perendaman dapat bervariasi tergantung produk yang Sedulur pilih.
  • Aduk celana jeans secara berkala supaya warna merata di seluruh pakaian.
  • Bilas celana jeans dengan air bersih sampai air bilasan menjadi bening.
  • Cuci celana jeans hitam dan jemur di tempat teduh.

Menerapkan cara mencuci yang benar akan mempertahankan warna hitam celana jeans kesayangan Sedulur. Celana jadi lebih awet dan membuat Sedulur tetap percaya diri saat mengenakannya. Temukan lebih banyak tips merawat celana jeans di artikel cara merawat dan mencuci celana jeans..

Itulah cara merawat celana jeans hitam agar tetap awet dan tak mudah pudar. Ingat untuk tidak terlalu sering mencuci celana jeans, dan pastikan agar Sedulur tetap menjaga kebersihan diri sehingga tak perlu mencuci jeans dengan sekuat tenaga. Cukup rendam, lalu cuci saat sudah digunakan beberapa kali.