Manfaat Gula Batu

Sering jadi favorit untuk teman ngeteh, memang apa sih istimewanya gula batu? Yuk intip manfaat gula batu berikut ini! Selain enak, ternyata berkhasiat pula!

Sedulur yang hobi minum teh nasgitel pasti akrab dengan gula batu. Pemanis yang biasa digunakan untuk minum teh ini jadi favorit lantaran wangi dan rasanya yang berbeda dari gula pasir rafinasi biasa. Gula batu, apalagi yang berwarna kuning dan cokelat, punya rasa khas tertentu yang bisa membuat minuman atau masakan jadi lebih nikmat.

Tak hanya nikmat, gula batu ternyata juga punya segudang manfaat bagi tubuh, lho. Manfaat gula batu cukup beragam, mulai dari menyehatkan otak hingga mengobati mimisan. Bagi Sedulur yang penasaran akan manfaat gula batu, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Manfaat Gula Batu Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Mimisan!

Kandungan Gula Batu

Kandungan Gula Batu
Photo by Eva Elijas from Pexels

Seperti gula pada umumnya, gula batu merupakan karbohidrat sederhana yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Karbohidrat jenis ini mudah dipecah oleh tubuh menjadi glukosa dan menjadi pasokan energi yang mudah dikonversi serta akan digunakan pertama kali oleh tubuh.

Dikutip dari website WebMD, berikut nilai nutrisi dari gula batu kalori per 1 sendok teh atau sekitar 4 gram

Kalori                : 25kkal

Protein              : 0

Lemak              : 0

Karbohidrat       : 4 gram

Serat                : 0

Gula                 : 4 gram

Dari tabel nutrisi di atas, bisa dikatakan bahwa makro nutrisi yang terdapat dalam gula batu hanyalah karbohidrat.

Jenis Gula Batu

Jenis Gula Batu
Photo by Nick Demou from Pexels

Secara umum, terdapat 3 jenis gula batu yakni gula batu putih, gula batu kuning dan gula batu cokelat. Ketiganya sama-sama dibuat dari air tebu yang dikristalisasi tanpa proses pemurnian sehingga mengandung leih banyak vitamin serta mineral.

Gula batu cokelat dan kuning secara umum lebih sehat dibandingkan yang putih atau bening. Hal ini dikarenakan gula batu putih melewati proses pemutihan. Selain itu, gula batu cokelat serta kuning dipercaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi.

Manfaat Gula Batu

1. Manfaat Gula Batu Bagi Otak

1. Manfaat Gula Batu Bagi Otak
Photo by Robina Weermeijer on Unsplash

Siapa sangka bahwa gula batu ternyata juga punya manfaat bagi kesehatan otak? Gula batu atau Mishri oleh masyarakat India dipercaya memiliki manfaat sebagai obat alami otak. Konsumsi gula batu dipercaya dapat meningkatkan daya ingat sekaligus mengatasi kelelahan mental. Hal ini bisa jadi juga disebabkan oleh lonjakan gula darah yang menstimuli hormon dopamine di otak sehingga Sedulur merasa pikiran lebih jernih dan berenergi. Sayangnya, belum ada penelitian jelas soal manfaat yang satu ini.

2. Manfaat Gula Batu Untuk Mata

2. Manfaat Gula Batu Untuk Mata
Photo by Amanda Dalbjörn on Unsplash

Gula batu juga punya klaim manfaat bagi penglihatan. Konsumsi Mishri atau gula batu yang dilarutkan dalam air dipercaya dapat meningkatkan ketajaman penglihatan dan mencegah timbulnya katarak pada mata. Meski belum ada penelitian yang konklusif soal manfaat gula batu ini, namun Sedulur dapat mencoba untuk mengganti gula pasir di rumah dengan gula batu.

3. Gula Batu Untuk Diabetes

3. Gula Batu Untuk Diabetes
Photo by Diabetesmagazijn.nl on Unsplash

Gula batu sebenarnya akan sama buruknya dengan gula pasir bagi penderita diabetes jika dikonsumsi secara berlebihan. Akan tetapi, kadar gula dalam gula batu yang lebih rendah daripada gula pasir, serta kandungan vitamin dan mineral di dalamnya menjadikan gula batu lebih sehat untuk dikonsumsi dibandingkan gula pasir.

Tentu saja, Sedulur tetap harus memperhatikan konsumsinya dan menjaga jumlah asupan gula sesedikit mungkin. Selain itu, dokter juga menyarankan bagi penderita diabetes untuk menghindari konsumsi makanan dan minuman manis sama sekali ketika kadar gula darah sedang tinggi.

4. Menyehatkan Pencernaan

4. Menyehatkan Pencernaan
Photo by SHVETS production from Pexels

Tahukah Sedulur bahwa gula batu baik untuk pencernaan? Menurut ajaran pengobatan tradisional Ayurveda dari India, gula batu dipercaya memiliki kandungan yang dapat mempercepat proses pencernaan. Biasanya dalam ajaran ini, gula batu dikonsumsi bersama rempah adas untuk mengobati masalah pencernaan. Asiknya lagi, gula batu dan adas ini bisa banget Sedulur jadikan makanan penutup setelah makan guna melancarkan pencernaan lho!

5. Mengatasi Anemia

5. Mengatasi Anemia
Photo by Bermix Studio on Unsplash

Kondisi anemia biasanya banyak terjadi pada perempuan di usia muda. Hal ini berkaitan erat dengan siklus menstruasi bulanan dan kurangnya konsumsi zat besi serta mineral lainnya yang membuat kadar hemoglobin dalam darah menurun. Dalam praktik Ayurveda, gula batu kerap digunakan sebagai obat anemia karena dikenal mampu meningkatkan kadar hemoglobin. Selain itu, penderita anemia juga akan terbantu dengan khasiat melancarkan sirkulasi darah dari gula batu. Hal ini akan berdampak pada peningkatan energi bagi pasien anemia.

Baca Juga: Ternyata Ini Beda Gula Batu dan Gula Pasir. Kamu Wajib Tahu!

6. Booster energi

6. Booster energi
Photo by Dulcey Lima on Unsplash

Sesuai penjelasan di atas, gula batu merupakan sumber karbohidrat sederhana yang mudah diolah tubuh. Konsumsi gula batu secara sederhana, dapat beraksi sebagai booster energi. Tubuh dalam kondisi lemah pun dapat dengan mudah memecah glukosa dalam gula batu dan menyerapnya sebagai bahan bakar tubuh.

Inilah alasannya kenapa orang-orang dengan tingkat aktivitas tinggi atau sedang melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga seperti naik gunung, banyak membawa bekal makanan manis atau gula. Sedulur yang punya level aktivitas tinggi juga dapat memanfaatkan gula batu sebagai bekal booster energi jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

7. Mengatasi Radang Tenggorokan

7. Mengatasi Radang Tenggorokan
Photo by Nhia Moua on Unsplash

Meski belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini, namun gula batu sudah sejak lama dipercaya menjadi obat bagi sakit tenggorokan. Hal ini disebabkan oleh gula batu yang memiliki sifat mendinginkan tubuh. Karenanya, rasa sakit akibat radang tenggorokan pun dapat teratasi secara sementara.

Akan tetapi Sedulur tetap perlu memeriksakan radang tenggorokan ke dokter dan minum obat sesuai anjuran ya.

8. Mengatasi Batuk

8. Mengatasi Batuk
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Sedulur yang sedang mengalami batuk, bisa mencoba untuk mengunyah gula batu secara perlahan. Gula batu dikenal memiliki kandungan yang baik untuk meredakan batuk. Terutama bagi pasien batuk yang tak kunjung reda. Selain itu, Sedulur juga bisa menambah manfaat dengan mengonsumsi gula batu yang dilarutkan bersama air jahe demi rasa lega di tenggorokan.

9. Mengatasi Bau Mulut

9. Mengatasi Bau Mulut
Photo by Rodolfo Clix from Pexels

Gula biasanya memiliki dampak buruk bagi kesehatan gigi. Tak terkecuali gula batu. Gula batu meski tidak akan menyebabkan gigi berlubang secara langsung, namun dapat mengundang bakteri penyebab gigi berlubang yang kemudian akan merusak kesehatan mulut. Namun gula batu juga punya manfaat untuk mengatasi bau mulut.

Sedulur yang sering merasa tidak percaya diri karena bau mulut, bisa mencoba mengunyah gula batu untuk rasa segar dalam mulut. Tapi jangan lupa untuk menyikat gigi dengan baik agar tak membuat bakteri datang dan merusak kesehatan gigi ya. Alternatif lain untuk mengatasi bau mulut bisa dengan konsumsi permen mint yang dapat dibeli di Aplikasi Super.

10. Mengatasi Mimisan

10. Mengatasi Mimisan
Photo by Velizar Ivanov on Unsplash

Sifat dingin pada gula batu membuat makanan satu ini cocok sebagai obat mimisan. Seperti yang Sedulur ketahui, mimisan kerap disebabkan oleh suhu panas pada tubuh. Konsumsi gula batu yang dicairkan dapat membantu Sedulur untuk menghentikan perdarahan mimisan.

Cara menggunakan gula batu untuk mengatasi mimisan adalah dengan melarutkannya dalam air atau segelas teh. Minum secara perlahan dan tunggu perdarahan berhenti. Namun jika mimisan masih terus berlanjut, jangan ragu untuk segera ke dokter, ya!

11. Gula Batu Untuk Ibu Hamil

11. Gula Batu Untuk Ibu Hamil
Photo by Daniel Reche from Pexels

Gula batu seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, punya manfaat menurunkan level stress dan meningkatkan dopamine. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang hamil. Pasalnya, kehamilan dapat meningkatkan level stress Sedulur sedangkan saat hamil, stress akan berdampak buruk pada kesehatan kandungan.

Konsumsi gula batu yang dilarutkan dalam susu hangat bisa membantu ibu hamil untuk menjaga level stress dan kesehatan kehamilan secara umum.

12. Gula Batu Untuk Ibu Menyusui

12. Gula Batu Untuk Ibu Menyusui
Photo by kevin liang on Unsplash

Properti meredakan stress yang terdapat pada Gula Batu juga bermanfaat bagi ibu menyusui. Kondisi mental sangat berpengaruh bagi ibu menyusui. Saat ibu bahagia, aliran ASI menjadi lebih lancar dan ibu terjauhkan dari sindrom baby blues. Karena itu, ibu menyusui pun dianjurkan untuk konsumsi gula batu dan susu hangat.

Bahaya Gula Batu

bahaya gula batu
Tempo.co

Seperti halnya gula kristal atau gula lain pada umumnya, gula batu hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah tertentu. Konsumsi gula batu berlebih akan menyebabkan berbagai penyakit. Mulai dari diabetes, obesitas, hingga penyakit turunan dari diabetes dan obesitas seperti jantung.

Konsumsi gula batu menurut WHO, disarankan maksimal 50 gram atau 4 sendok makan setiap harinya. Konsumsi gula yang berlebih dapat mengakibatkan lonjakan gula darah dan diabetes.

Meski memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun tetap moderasi dalam konsumsi adalah kunci. Sedulur dapat mengganti gula pasir di rumah dengan gula batu untuk mendapatkan manfaat-manfaat yang sudah disebutkan di atas.

Gula batu maupun bahan masakan lainnya, bisa Sedulur dapatkan dengan mudah di Aplikasi Super. Belanja kebutuhan rumah tangga jadi mudah dan murah lewat Aplikasi Super. Yuk, install aplikasinya sekarang dan rasakan kemudahan yang ditawarkan!