cara menghilangkan noda di celana putih

Pakaian berwarna putih seperti celana juga berisiko terkena noda yang bisa merusak penampilan. Hal tersebut pastinya menjengkelkan bila terjadi. Padahal pakaian berwarna putih merupakan pakaian yang cocok dipadupadankan dengan warna netral. Ini lah kenapa pakaian berwarna putih juga banyak disukai, termasuk celana berwarna putih.

Tidak perlu khawatir bila ada noda! Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Kamu bisa menggunakan beberapa bahan-bahan tertentu sebagai cara menghilangkan noda di celana putih. Yuk, simak penyebab noda pada celana putih cara menghilangkan noda di celana putih di bawah ini!

BACA JUGA: Cara dan Tips Agar Bayi Cerdas Sejak dalam Kandungan

Penyebab noda di celana putih

cara menghilangkan noda di celana putih
iStock

Noda di celana putih bisa terjadi karena beberapa sebab. Salah satunya adalah karena terkena cairan atau zat yang memiliki warna pekat. Akibatnya muncul noda yang sulit untuk dilepaskan dari celana putih kamu dan bisa merusak penampilan.

-->

Bukan hanya itu, ternyata penggunaan pemutih secara berlebihan saat mencuci pakaian juga bisa menimbulkan noda di celana putih. Pasalnya, penggunaan pemutih yang berlebihan membuat warna celana putih berubah warna seperti bernoda seiring berjalannya waktu.

Penyebab lainnya adalah faktor usia. Hal ini bisa terjadi terutama pada celana putih yang memiliki bahan kain katun atau linen.  Pada celana berbahan katun dan linen dapat terjadi oksidasi yang menimbulkan noda.

Selain itu, noda pada celana putih juga dapat timbul karena penyimpanan yang buruk. Pasalnya, kelembaban pada kotak penyimpanan pakaian juga bisa membuat munculnya jamur pada pakaian.

Cara menghilangkan noda di celana putih

Setelan mengetahui faktor yang membuat celana putih bernoda, selanjutnya kamu perlu mengetahui cara menghilangkan noda di celana putih. Berikut ini beberapa cara yang patut kamu coba ketika menemukan noda di celana putih kamu:

1. Memakai baking soda

cara menghilangkan noda di celana putih
iStock

Baking soda merupakan salah satu bahan kimia yang bisa efektif memusnahkan noda pada celana putih kamu. Bahan ini pun terbilang mudah kamu temukan di banyak toko. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir saat menggunakan baking soda karena sifatnya yang tidak mengiritasi.

Cara menghilangkan noda di celana putih dengan baking soda pun sangat sederhana. Kamu hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air sehingga bentuknya menjadi seperti pasta.

Setelah itu, pasta baking soda tersebut bisa kamu oleskan secara perlahan kepada noda yang terdapat di celana. Biarkan meresap hingga beberapa saat dan kamu bisa lihat hasilnya. Untuk hasil yang maksimal juga kamu bisa mengkombinasikan pasta baking soda dengan cuka anggur putih.

2. Memanfaatkan perasan lemon

cara menghilangkan noda di celana putih
iStock

Lemon bisa jadi pilihan alternatif berikutnya untuk menghilangkan noda di celana putih. Buah yang satu ini bisa kamu andalkan untuk mengatasi noda-noda kecil pada celana.

Cara menghilangkan noda di celana putih dengan lemon pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu melakukan perasan lemon dengan sedikit air. Setelah itu, masukkan larutan tersebut ke bagian celana yang terkena noda.

Untuk mengatasi noda karat dan jamur, kamu juga  bisa menambahkan garam. Bukan hanya sebagai penghilang noda, kamu bisa menambahkan lemot saat mencuci sehari-hari. Pasalnya perasan lemon bisa membuat pakaian jadi lebih segar. 

3. Pakai anggur putih

cara menghilangkan noda di celana putih
iStock

Oleskan pada ujung noda dengan lembut menggunakan handuk agar nodanya tidak menyebar. Ini tidak akan membuat noda hilang langsung hilang, tetapi dapat membantu memudahkan kamu saat mencucinya seperti biasa.

Penyebab noda lainnya yang tidak terduga adalah terkena cairan anggur merah ketika berpesta. Namun jangan khawatir, noda pada celana putih pun bisa kamu buat luntur dengan bahan yang tidak kalah mengejutkan, yaitu anggur putih.

Kamu bisa menggunakan sedikit anggur putih ke atas noda. Anggur putih ini dipercaya akan “melawan” noda akibat tumpahan anggur merah. Walaupun hanya memudarkan noda akibat anggur merah, cara ini bisa memudahkan kamu menghilangkan noda ketika akan mencuci celana putih seperti biasa.

4. Menggunakan kapur putih untuk noda berminyak

iStock

Salah satu jenis noda membandel pada celana putih adalah noda berminyak. Pasalnya, penggunaan air untuk ndoda ini pun hanya akan memperparah keadaan. Tapi jangan khawatir! KAmu bisa mengatasi noda berminyak dengan menggunakan kapur putih.

Cara menghilangkan noda di celana putih ini pun hanya dengan menggosokkan kapur ke noda secara perlahan. Kapur dipercaya dapat menyerap minyak di serat-serat celana putih kamu. 

Setelah itu, kamu hanya perlu mencucinya seperti biasa dengan air dingin. Tetapi, setelah mencucinya pastikan kamu mengeringkan pakaian tersebut tanpa mesin pengering. Pasalnya, mesin pengering bisa membuat minyak mengering di serat-serat celana sehingga meninggalkan bekas noda.

5. Pakai sabun pencuci piring

iStock

Bukan hanya ampuh membunuh bakteri di piring, sabun pencuci piring pun ternyata bisa memiliki sifat pencerah dan penghilang noda yang cukup baik. Jadi, tidak salahnya kamu coba memakai sabun pencuci piring sebagai cara menghilangkan noda di celana putih.

Cara membersihkannya sendiri kamu cuku mencampur beberapa sendok makan sabun pencuci piring ke dalam detergen bersama dengan air. Setelah itu, cucilah celana putih kamu seperti biasanya dan lihat hasilnya.

6. Gunakan campuran hidrogen peroksida dan air

iStock

Kamu juga bisa menggunakan campuran hidrogen peroksida dan air untuk noda membandel yang ada di celana putih kamu. Cara menghilangkan noda di celana putih dengan bahan ini pun harus kamu lakukan dengan cermat. Campurkan hidrogen peroksida dengan air dengan perbandingan yang sama.

Setelah itu, kamu bisa rendam celana putih dengan noda selama 30 sampai 45 menit. Selanjutnya, cuci celana dengan air dingin hingga noda memudar bahkan menghilang. Apabila noda belum menghilang, kamu bisa mengulang cara ini dari awal sampai akhir.

BACA JUGA: 17 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik, Dijamin Aman!

Tips mencuci dan merawat celana putih

cara menghilangkan noda di celana putih
iStock

Setelah mengetahui penyebab dan cara menghilangkan noda di celana putih kamu pun harus tahu cara merawatnya seperti apa.

Merawat celana putih harus dimulai dengan memberi perhatian yang khusus. Pasalnya, noda yang timbul di celana putih akan sangat merusak penampilan celana itu sendiri.

Agar bisa merawat pakaian dengan baik kamu harus tahu cara mencuci yang benar. Sebaiknya, saat mencuci celana putih kamu harus menghindari penggunaan detergen dan sabun pencuci baju secara berlebihan.

Pasalnya, deterjen yang berlebihan justru malah bisa menimbulkan noda pada celana putih.

Sama halnya dengan detergen, kamu juga harus menghindari penggunaan pemutih pakaian yang bisa membuat noda bila menambahkan nya secara berlebihan.

Selain itu, perhatikan juga tempat menyimpan pakaian kamu agar tidak terlalu lembab. Tempat yang yang sangat lembab bisa membuat jamur muncul di pakaian termasuk celana putih kamu.

Demikian penjelasan mengenai cara menghilangkan noda di celana putih. Kamu bisa memilih salah satu atau beberapa cara sekaligus agar hasilnya maksimal. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan tetap merawat pakaian yang dimiliki.

Agar pakaian tetap terjaga, beli berbagai kebutuhan untuk mencuci pakaian dan pewangi untuk merawat pakaian agar terhindar dari noda dan kerusakan pakaian. Sedulur bisa belanja dan membelinya di Aplikasi Super

Bisa download Aplikasi Super terlebih dahulu di PlayStore lalu gunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan harian Sedulur.