tips meninggalkan rumah saat mudik

Sebentar lagi kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri, biasanya masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Raya dengan mudik ke kampung halaman. Tentu saat mudik, akan ada beberapa hal yang harus dilakukan terkait rumah yang akan ditinggalkan. Nah, berikut ini beberapa tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran yang penting untuk Sedulur lakukan. Tentu agar rumah tetap aman saat ditinggalkan. Apa saja tips yang dimaksud?

BACA JUGA: 10 Persiapan Mudik Naik Motor, Jangan Sampai Ada yang Lupa!

1. Menyalakan lampu teras dan beberapa bagian rumah

tips meninggalkan rumah saat mudik
iStock

Tips meninggalkan rumah yang pertama yaitu dengan menyalakan lampu teras dan beberapa lampu di bagian rumah lainnya.Rumah yang terlihat gelap akan menandakan pemiliknya sedang tidak ada di rumah. Karena itu, Sedulur sebaiknya menyalakan lampu teras dan sebagian lampu di dalam ruangan agar membuat rumah terlihat seperti sedang ada yang menghuni.

2. Pastikan pintu dan jendela terkunci rapat

tips meninggalkan rumah saat mudik
iStock

Sedulur juga harus memastikan pintu dan jendela terkunci rapat. Mengunci pintu dan jendela rumah merupakan hal terpenting yang wajib dilakukan oleh para pemudik. Sebelum meninggalkan rumah, selalu pastikan pintu dan jendela sudah tertutup dan terkunci rapat.

-->

Hal ini merupakan langkah dasar untuk menjaga rumah agar tetap aman selama ditinggal mudik. Ada baiknya Sedulur juga menambahkan gembok untuk membuat rumah lebih aman.

3. Cabut kabel barang elektronik

tips meninggalkan rumah saat mudik
iStock

Cek barang-barang elektronik merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan.  Jangan lupa untuk mencabut barang-barang elektronik dari stop kontak. Hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek listrik atau korsleting.

Di rumah biasanya terdapat beberapa perangkat elektronik seperti televisi, radio, lemari es, mesin cuci, dispenser, dan lain sebagainya. Sebelum pergi mudik, pastikan barang-barang elektronik tersebut sudah tidak menyala.

4. Tidak meninggalkan barang berharga

tips meninggalkan rumah saat mudik
iStock

Barang-barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, sertifikat rumah, dan lain sebagainya sebaiknya tidak Sedulur tinggalkan di rumah. Sedulur juga  bisa menitipkannya di safe deposit box di bank atau di kantor kepolisian. Jika mudik menggunakan kendaraan umum, bawa juga kunci kendaraan bermotor beserta surat-suratnya. Hanya untuk memastikan semuanya aman terkendali.

5. Lapor RT atau RW setempat

tips meninggalkan rumah saat mudik
iStock

Jangan lupa juga untuk melapor kepada petugas keamanan, satpam kompleks dan tetangga bahwa Sedulur akan pergi selama libur lebaran. Tinggalkan juga nomor ponsel yang aktif agar mereka dapat menghubungi Sedulur jika terjadi apa-apa atau hal penting yang terjadi di rumah yang Sedulur.

Melapor ke tetangga atau RT/RW juga bisa sekalian menitipkan rumah. Sedulur bisa menitipkan pesan khusus, seperti mematikan lampu dan lain sebagainya.

6. Memasang detektor di pintu dan jendela

iStock

Walaupun Sedulur telah menitipkan ke tetangga, namun Sedulur masih kurang yakin, Sedulur bisa memasang detektor di pintu dan jendela rumah. Rumah yang kosong biasanya akan menarik perhatian para pencuri.

Kebanyakan pencuri akan merangsek masuk ke dalam rumah dengan membobol jendela atau pintu. Maka dari itu, jendela dan pintu bisa Sedulur pasang dengan detektor untuk mendeteksi pergerakkan di dekatnya.

Detektor pintu dan jendela menggunakan sirkuit magnetik untuk mengirimkan peringatan ke smartphone Sedulur ketika pintu atau jendela dibuka secara paksa.

7. Lepas regulator gas

iStock

Agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik lebaran, sebaiknya Sedulur juga melepas regulator tabung gas sebelum pergi. Selain itu, pastikan juga tabung gas dalam keadaan aman agar mencegah terjadinya kebocoran gas.

Jika ingin lebih aman lagi, Sedulur dapat mengosongkan gas di dalam tabung tersebut. Cara ini wajib dilakukan untuk menghindari terjadinya kebakaran akibat kebocoran tabung gas.

8. Pastikan token listrik sudah terisi

iStock

Pastikan token listrik sudah terisi cukup hingga akhir masa mudik agar lampu penerangan di rumah seperti teras tetap menyala dan alarm token tidak berbunyi. Jika token habis, maka akan terdengar bunyi peringatan yang cukup mengganggu kenyamanan tetangga.

9. Memasang kamera pengawas

iStock

Agar memperoleh keamanan yang maksimal saat rumah ditinggal mudik lebaran, Sedulur bisa memasang kamera pengawas di luar rumah. Pilih kamera pengawas yang terhubung ke aplikasi pada smartphone sehingga memungkinkan untuk dipantau.

Posisi penempatan kamera pengawas juga harus tepat agar Sedulur bisa melihat semua titik masuk ke dalam rumah. Memasang kamera keamanan dengan ketinggian 2 sampai 3 meter akan membuat Anda mendapatkan sudut pengambilan gambar terbaik.

10. Kosongkan penampung air

iStock

Mengosongkan bak air, ember, maupun wadah penampungan air merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah adanya nyamuk dan saran penyakit. Akan lebih baik lagi jika Sedulur membalikkan posisi penampungan air tersebut agar tetap kering.

Dengan melakukan hal itu, kesehatan rumah Sedulur akan tetap terjamin meskipun rumah ditinggal mudik dalam waktu lama.

11. Bayar listrik di awal bulan

iStock

Bagi pelanggan pascabayar, lebih baik membayar listrik di awal bulan. Tepatnya sebelum tanggal 20. Hal ini untuk menghindari adanya denda keterlambatan dan pemutusan listrik akibat keterlambatan pembayaran. Tentunya pemudik tidak ingin saat pulang ke rumah, listrik dalam keadaan mati.

12. Mematikan keran air

iStock

Membiarkan aliran air tetap menyala selama rumah ditinggalkan mudik lebaran dalam beberapa hari merupakan tindakan pemborosan. Mematikan saluran air bertujuan untuk memastikan keran tidak mengalir sehingga air tidak terbuang sia-sia.

Selain menyebabkan pembengkakan tagihan air, air yang dibiarkan mengalir juga akan menyebabkan terjadinya genangan dan bisa menjadi sarang nyamuk.

13. Bersihkan rumah

iStock

Sebelum pergi mudik lebaran, sempatkan waktu terlebih dahulu untuk membersihkan rumah. Jika rumah ditinggalkan dalam keadaan kotor dalam waktu yang lama bisa menyebabkan munculnya hewan-hewan seperti tikus, kecoa, dan semut.

Tentunya, Sedulur tidak ingin bertemu dengan hewan-hewan tersebut saat pulang ke rumah. Perhatikan juga halaman depan rumah Sedulur. Jika ada rumput liar dan tanaman liar di bagian luar rumah, potonglah terlebih dahulu agar rumah ditinggal mudik lebaran tetap tampak rapi.

14. Titipkan hewan peliharaan

iStock

Jika Sedulur memiliki hewan peliharaan di rumah, Sedulur bisa membawa hewan tersebut di mobil atau jika Sedulur tidak ingin repot, Sedulur bisa menitipkannya ke penitipan hewan. Hal ini tentu untuk memastikan hewan kesayangan Sedulur tetap terawat dan mendapatkan makanan yang cukup saat ditinggal mudik dalam waktu yang cukup lama.

Kondisi ini juga berlaku bagi Sedulur yang memiliki tanaman hias yang cukup banyak. Sedulur bisa meminta tolong kepada tetangga untuk menyiram tanaman selama Sedulur pergi mudik.

15. Memasang alarm kebakaran

iStock

Agar rumah Sedulur mendapatkan keamanan maksimal selama ditinggal mudik lebaran, Anda juga bisa memasang alarm kebakaran di rumah, seperti di area lorong dekat kamar tidur untuk mendeteksi adanya asap yang disebabkan oleh kebakaran.

Alarm yang berdering bisa terdengar oleh tetangga, sehingga bahaya kebakaran bisa diantisipasi sedini mungkin. Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran ini sangat penting untuk Sedulur perhatikan, ya.

BACA JUGA: Lengkap Info Mudik Gratis Terbaru 2023 di Jawa Timur!

16. Hentikan langganan koran sementara

iStock

Tips ini berlaku bagi Sedulur yang berlangganan koran. Selama mudik Sedulur bisa menghentikan langganan koran sementara, karena jika tidak dihentikan, loper koran akan terus mengirimkan koran ke rumah dan hanya menumpukan koran sehingga menjadi pertanda rumah kosong dan menjadi kesempatan untuk para pencuri.

17. Perhatikan media sosial

iStock

Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran terakhir yaitu dengan memperhatikan media sosial. Sedulur bisa menghidari mengunggah foto-foto yang berlebihan di akun media sosial. Mungkin saja di luar sana ada orang yang mengincar rumah Sedulur selama ini.

Jika mereka mengetahui Sedulur sedang bepergian ke luar kota dalam waktu lama, tentunya akan memberi kesempatan kepada mereka untuk berbuat kejahatan.

Nah itulah beberapa tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran yang perlu Sedulur terapkan, tujuannya agar rumah Sedulur tetap aman dan terhindari dari hal-hal buruk yang mungkin menimpa selama rumah ditinggal mudik. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Sedulur, ya!