cara menghilangkan lemak di pipa got dapur

Pipa got dapur mampet sepertinya sudah menjadi masalah yang jamak dialami. Hal ini dikarenakan, pipa got dapur kerap dialiri kotoran seperti sisa makanan dan memasak yang mengandung minyak. Kotoran tersebut dapat menempel dan akhirnya mengendap menyumbat pipa, tentunya jika hal ini terjadi Sedulur perlu mengetahui cara menghilangkan lemak di pipa got dapur.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lemak di pipa got dapur sehingga aliran air kembali lancar kembali. Berikut beberapa cara yang bisa Sedulur coba beserta tips menjaga kebersihan saluran air di dapur. Simak sampai habis, ya!

BACA JUGA: Tips Mencuci Baju Agar Wangi Tahan Lama Seperti dari Laundry

Cara Menghilangkan Lemak di Pipa Got Dapur

Freepik/Wirestock

Cara menghilangkan lemak di pipa got dapur tak melulu memerlukan tenaga ahli ataupun membongkar saluran air. Pasalnya, Sedulur bisa memanfaatkan sejumlah bahan yang umum tersedia di rumah untuk mengatasi masalah tersebut.

-->

Agar tidak bingung, berikut rangkuman beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan pipa dapur beserta langkah-langkahnya.

1. Gunakan sabun cuci piring dan air panas

Sabun cuci piring diformulasikan dengan berbagai bahan yang dapat membantu membersihkan lemak dan sisa kotoran sehingga peralatan makan maupun memasak menjadi bersih kembali. Manfaat sabun cuci piring juga bisa Sedulur terapkan untuk membersihkan pipa dapur karena jenis kotoran yang menempel pun juga berasal dari sisa makanan.

Agar lebih efektif, Sedulur juga bisa memadukan sabun cuci piring dengan air panas yang dapat membantu meluruhkan lemak di dinding pipa. Adapun berikut langkah-langkah membersihkan lemak di pipa got dapur menggunakan sabun cuci piring dan air panas.

  • Pertama, tuangkan sabun cuci piring di wadah. Sedulur bisa menggunakan teko atau wadah lain yang dapat memudahkan saat menuangkannya ke dalam saluran air.
  • Selanjutnya, tambahkan air panas lalu aduk sampai sabun larut.
  • Tuangkan campuran tersebut ke saluran air dari wastafel atau bak cuci piring. Sedulur juga bisa menggunakan sikat bergagang panjang untuk mempercepat proses peluruhan lemak di pipa.
  • Terakhir, bilas dengan air panas. Sedulur dapat mengulang cara ini beberapa kali agar pipa bersih maksimal.

2. Gunakan campuran cuka dan garam

Cara berikutnya adalah menggunakan campuran cuka dan garam. Cara satu ini bisa menjadi alternatif termudah mengingat kedua bahan tersebut biasa tersedia di dapur. Caranya hampir sama dengan sebelumnya, Sedulur juga memerlukan air panas untuk mencoba tips satu ini. Berikut langkah-langkah selengkapnya.

  • Campurkan satu gelas kecil cuka dapur dan 1 sdm garam ke dalam wadah. Aduk, lalu tuang ke saluran air dari bak cuci.
  • Selanjutnya, tuangkan air panas ke dalam saluran air.
  • Sedulur bisa mengulangi proses penuangan air panas beberapa kali agar lemak yang menempel di dinding pipa bisa benar-benar hilang.

3. Gunakan cairan pemutih baju

Bahan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan lemak di pipa got dapur adalah cairan pemutih baju. Cairan pemutih baju sendiri memang telah lama dikenal sebagai salah satu desinfektan karena dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme dan juga jamur.

Selain itu, cairan ini juga efektif membantu membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan dengan pembersih biasa. Adapun berikut langkah-langkah menggunakan pemutih pakaian untuk membersihkan pipa got dapur.

  • Pertama, siapkan cairan pemutih. Kemudian, tuangkan ke saluran air yang mampet. 
  • Diamkan beberapa saat, lalu sikat bagian dalam pipa menggunakan sikat bergagang panjang.
  • Sedulur juga bisa menambahkan air panas untuk meluruhkan kotoran yang masih menempel.
  • Jangan lupa, pastikan Sedulur menggunakan sarung tangan agar terlindung dari risiko iritasi.

BACA JUGA: 8 Cara Ampuh Atasi Mampet Saluran Air Kamar Mandi

Tips Mencegah Saluran Air Mampet

cara menghilangkan lemak di pipa got dapur
Freepik/Rawpixel

Selain mencari tahu cara menghilangkan lemak di pipa got dapur, ada baiknya Sedulur juga melakukan upaya perawatan dengan menjaga kebersihan saluran air. Dengan demikian, Sedulur dapat terhindar dari risiko saluran mampet karena adanya kotoran yang menyumbat.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa tips mencegah saluran air mampet yang bisa Sedulur coba di rumah.

  • Hindari kebiasaan membuat kotoran makanan ke saluran air di bak cuci. Ada baiknya Sedulur membuat sisa makanan ke tempat sampah sebelum mencuci peralatan makan maupun peralatan memasak.
  • Jangan buang minyak goreng ke bak cuci. Meski Sedulur menuangkan air panas setelahnya, pembuangan minyak goreng secara terus menerus ke saluran air bisa membuatnya mengendap di dalam pipa bahkan semakin sulit untuk dijangkau sehingga pembersihannya pun juga makin sulit.
  • Bersihkan saluran air secara rutin. Sedulur bisa menuangkan air panas atau air mendidih ke saluran air setidaknya seminggu sekali agar kotoran yang menempel di pipa dapat larut.

Itu dia beberapa cara menghilangkan lemak di pipa got dapur. Selain itu, juga sudah dipaparkan beberapa tips menjaga kebersihan saluran air di dapur agar tidak ada kotoran yang menyumbat hingga membuat pipa mampet. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur, ya!