cara mengatasi mampet saluran kamar mandi

Saluran kamar mandi mampet telah menjadi masalah yang jamak terjadi. Kendati demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk mengatasi mampet saluran kamar mandi.

Apakah Sedulur juga sedang mengalami masalah serupa? Sedulur tak perlu khawatir, sebab ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi saluran kamar mandi yang mampet. Yuk, simak rangkuman informasinya berikut ini. 

BACA JUGA: 15 Penyebab AC Tidak Mau Menyala dan Solusinya

Cara Mengatasi Mampet Saluran Kamar Mandi

cara mengatasi mampet saluran kamar mandi
Unsplash/Cannabox

Saluran kamar mandi yang mampet tentu dapat mengganggu aktivitas. Selain menimbulkan genangan air, saluran yang mampet juga bisa memicu bau karena air yang menggenang tersebut adalah air kotor yang seharusnya terbuang.

Lantas adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut? Kabar baiknya, ada sejumlah cara mudah yang bisa Sedulur coba. Bahkan tanpa perlu membongkar saluran sehingga bisa dilakukan sendiri tanpa perlu memanggil ahli. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa memanfaatkan peralatan maupun bahan-bahan di rumah.

Sebagai referensi, berikut sudah dirangkum 8 cara ampuh yang bisa dicoba untuk mengatasi saluran kamar mandi mampet.

BACA JUGA: Sederet Penyebab Air Keran Mengalir Kecil dan Cara Mengatasinya!

1. Gunakan air panas

cara mengatasi mampet saluran kamar mandi
Unsplash/Joe Pregadio

Cara pertama yang bisa Sedulur coba untuk mengatasi saluran yang mampet adalah dengan menggunakan air panas. Cara ini juga terbilang sebagai cara termudah sekaligus paling sederhana karena Sedulur tidak perlu repot membeli bahan.

Adapun langkah-langkah untuk mengatasi saluran kamar mandi mampet menggunakan air panas adalah sebagai berikut.

  • Rebus air sampai mendidih. Sebenarnya Sedulur juga bisa menggunakan air termos atau air dari dispenser, namun pastikan air benar-benar panas.
  • Tuangkan air panas langsung ke saluran kamar mandi sedikit demi sedikit. Nantinya, suhu panas pada air akan membantu memecah dan melarutkan kotoran yang menyumbat sehingga air pun dapat mengalir dengan lancar.

2. Gunakan drain auger

Cara berikutnya adalah menggunakan drain auger, yaitu kabel panjang dengan pengait di bagian ujungnya. Untuk menggunakannya, Sedulur cukup memasukkan  drain auger ke saluran yang mampet dengan gerakan memutar. Kemudian, tarik kabel dan kotoran yang menyumbat akan ikut tertarik ke luar.

3. Gunakan cairan pembersih khusus

Cara berikutnya yang bisa Sedulur coba adalah menggunakan cairan pembersih khusus. Cairan yang banyak dijual di pasaran ini terbuat dari campuran berbagai bahan yang berfungsi untuk membantu meluruhkan kotoran. Dengan demikian, kotoran yang menyumbat saluran air hingga menyebabkan mampet bisa terlarut bersama air yang mengaliri saluran.

4. Gunakan campuran soda kue dan cuka

Untuk mengatasi saluran yang mampet, Sedulur juga bisa menggunakan bahan dapur seperti soda kue dan cuka. Campuran kedua bahan tersebut akan membantu meluruhkan kotoran sehingga saluran menjadi tidak mampet kembali.

5. Gunakan campuran baking soda dan air perasan lemon

Unsplash/Julia Zolotova

Selain campuran soda kue dan cuka, Sedulur juga bisa membuat bahan pembersih dari baking soda dan air perasan lemon. Caranya hampir serupa, Sedulur cukup mencampurkan kedua bahan tersebut, lalu menuangkannya ke saluran yang mampet. Selanjutnya, tunggu selama 30 menit baru kemudian bilas menggunakan air panas.

6. Gunakan soda api

Bahan lain yang juga bisa menjadi alternatif untuk membersihkan saluran adalah soda api. Caranya cukup mudah, Sedulur bisa menuangkan soda api ke saluran yang mampet. Kemudian, tuangkan air panas untuk membantu reaksi soda api dalam menghancurkan kotoran yang menyebabkan sumbatan.

Sebagai catatan, Sedulur dianjurkan untuk menggunakan sarung tangan ketika mencoba tips yang satu ini. Hal itu dimaksudkan agar tangan Sedulur terlindung dari risiko iritasi.

7. Gunakan cairan pemutih pakaian

Tak banyak yang tahu, cairan yang berfungsi memutihkan sekaligus menjaga warna putih pada pakaian ini juga bisa digunakan sebagai cairan pembersih. Caranya cukup mudah, Sedulur bisa langsung menuangkan cairan pemutih ke dalam saluran yang mampet. Kemudian, diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas menggunakan air.

8. Gunakan gantungan baju

Unsplash/Timur Shakerzianov

Cara terakhir yang bisa Sedulur coba adalah menggunakan gantungan baju. Hampir serupa dengan drain auger, cara penggunaan gantungan baju untuk mengatasi saluran yang mampet ialah dengan menarik kotoran ke atas.

Pertama-tama, Sedulur perlu meluruskan kawat gantungan baju dengan menyisakan bagian yang melengkung sebagai pengait. Kemudian, masukkan gantungan baju ke saluran pembuangan yang mampet lalu tarik kotoran yang menyumbat di dalamnya.

Itu dia beberapa cara mengatasi saluran kamar mandi mampet yang bisa Sedulur coba. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat sekaligus solusi untuk masalah Sedulur.