Karat biasanya umum terjadi pada benda besi atau stainless yang muncul karena pengaruh oksigen, air, arus listrik, reaksi dengan klorida, hidrogen, dan kotoran. Akibatnya, benda tersebut akan langsung berubah warnanya menjadi kuning kemerah-merahan. Nah, masalah berkarat ini memang persoalan yang menyebalkan. Namun, bukan berarti masalah karat pada besi dan stainless tidak bisa dihilangkan. Ada banyak sekali cara menghilangkan karat pada besi, termasuk dengan memanfaatkan segala bahan-bahan di sekitar.

Cara menghilangkan karat pada besi atau stainless bisa menggunakan asam cuka, soda, asam sitrat, lemon, garam, kentang, sabun, oli, stempet, pembersih keramik, dan masih banyak lagi. Diketahui bahwa dalam menghilangkan karat di besi biasanya menerapkan teknik merendam dan menggosok. Penasaran seperti apa cara menghilangkan karat pada besi atau stainless? Yuk, simak beberapa langkah sederhana di bawah ini dan langsung terapkan di rumah, ya.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Panci Enamel Terbaik & Murah 2021

1. Cuka

cara menghilangkan karat
RoomMe

Punya peralatan dapur berbahan dasar besi dan mulai berkarat, tenang sekarang Sedulur menghilangkan karatnya sendiri di rumah tanpa perlu bantuan orang. Caranya dengan membersihkannya menggunakan cuka. Cuka selama ini dipakai untuk keperluan membuat acar atau campuran masakan. Ternyata, bahan ini juga mampu menghilangkan karat membandel pada peralatan dapur.

-->

Cara menghilangkan karat dengan cuka sangat mudah karena Sedulur hanya perlu merendam alat yang berkarat ke dalam cuka. Setelah direndam, cara menghilangkan karat pada besi berikutnya yaitu angkat logam dari rendaman cuka, gosok karat dengan sikat baja atau sikat kawat. Ulangi beberapa kali supaya mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Soda

cara menghilangkan karat
Hipwee

Tidak hanya cuka, Sedulur pun bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan karat pada besi peralatan dapur. Cara menghilangkan karat dengan baking soda dianggap ampuh dan sederhana penerapannya. Pertama, campur air dan baking soda sampai membentuk pasta, lalu oles ke peralatan dapur yang mulai berkarat.

Pastikan bahwa setiap bintik-bintik berkarat tertutup pasta, lalu biarkan menempel di area objek selama satu jam atau lebih. Setelah itu, gosok peralatan sampai karatnya hilang. Bilas dengan air mengalir dan keringkan sampai benar-benar bersih.

3. Lemon

cara menghilangkan karat
Alodokter

Selama ini banyak orang mengenal lemon sebagai minuman sehat dan menyegarkan. Namun sebenarnya buah lemon bisa dipakai dalam menghilangkan karat. Sebab, asam dalam lemon mengandung senyawa alami aktif dalam menghilangkan karat pada besi ataupun stainless. Nah, seperti apa cara menghilangkan karat pada stainless?

Pertama, tutup bagian berkarat dengan garam, kemudian peras lemon di atas lapisan garam. Kedua, biarkan campuran garam dan lemon selama satu hingga dua jam. Kemudian, gosok objek menggunakan kulit lemon. Jika bintik-bintik karatnya membandel, Sedulur bisa menggunakan sikat kawat untuk menggosoknya. Setelah digosok, bilas peralatan sampai bersih dan keringkan. Mudah, ‘kan?

4. Sabun

Kompas

Tidak hanya lemon yang bisa dipakai dalam menghilangkan karat pada besi. Sebab, sekarang sabun cuci piring seperti Sunlight pun bisa menghilangkan karat membandel di area peralatan dapur. Adapun cara menghilangkan karat dengan Sunlight ternyata sangat mudah dan gampang. Sedulur hanya perlu mencampurkan sabun cuci piring dengan potongan kentang.

Langkah pertama, iris kentang menjadi dua bagian dan tutup bagian yang akan dipotong dengan sabun cuci piring. Kemudian, gosok bagian besi yang berkarat dengan kentang untuk menghilangkan karat. Bilas dan keringkan dengan baik supaya karat dapat benar-benar hilang dan tidak muncul kembali.

BACA JUGA: Kenali Contoh Limbah Anorganik & Cara Pengelolaannya

5. Asam sitrat

cara menghilangkan karat
Detikfood

Karat ternyata tidak hanya menyerang peralatan seperti besi ataupun stainless, namun juga pakaian. Apabila baju terkena karat, tampilannya akan memudar dan tentunya kurang nyaman dilihat. Nah, cara menghilangkan karat pada baju bisa menggunakan asam sitrat. Gunakan takaran yang pas agar tidak merusak baju.

Sedulur hanya perlu mencampurkan air hangat dengan tetesan asam sitrat, lalu rendam baju sekitar satu jam. Setelah baju direndam, karat akan mulai melunak dan pudar. Gosok permukaan baju berkarat menggunakan sikat atau sabut untuk menghilangkan residu karat. Cuci dan bilas hingga bersih.

6. Oli bekas

cara menghilangkan karat
Grid Oto

Punya setumpuk oli motor bekas atau mobil di garasi dan jarang digunakan, Sedulur bisa menggunakannya untuk keperluan menghilangkan karat pada besi. Bahan ini dinilai efektif sebagai cara menghilangkan karat pada besi. Seperti apa caranya?

Pertama, Sedulur hanya perlu mengoleskan oli bekas hingga ke seluruh area besi berkarat, misalnya knalpot motor. Hidupkan mesin motor agar knalpot panas. Dalam kondisi panas, oli lebih mudah meluruhkan atau merontokkan karat di knalpot tersebut. Tidak hanya itu, lubang di area motor pun bisa sekaligus dibersihkan dengan oli bekas, lho.

7. Pasta gigi

Alodokter

Menghilangkan besi berkarat memang susah-susah gampang. Sebab, sering kali ditemukan noda berkarat yang sulit dikelupas di area besi pada peralatan dapur sehingga harus benar-benar ekstra teliti dalam membersihkannya. Namun, sekarang Sedulur tidak perlu khawatir lagi node tersebut tidak bisa dibersihkan. Sedulur bisa menghilangkan karatnya dengan pasta gigi.

Selain berfungsi membersihkan kotoran pada gigi dan mulut, pasta gigi dinilai efektif menghilangkan karat. Adapun cara menghilangkan karat dengan pasta gigi yang pertama Sedulur hanya perlu mengoleskannya di bagian berkarat. Kemudian tunggu beberapa menit dan gosoklah menggunakan kain lap. Ulangi berkali-kali sampai karat hilang. Prosesnya memang cukup lama, namun hal ini perlu dilakukan agar karat hilang total.

8. Minuman soda

IDN Times

Minuman bersoda bisa menjadi cara menghilangkan karat pada gelang. Sedulur bisa menggunakan minuman soda yang dijual di pasaran. Setelah minuman soda tersedia, Sedulur cukup membasahi bagian yang berkarat dengan bahan tersebut. Gosok memakai alumunium foil ke seluruh area gelang, lakukan penggosokan ekstra pada bagian yang berkarat sampai gelang kembali berkilau.

BACA JUGA: 20+ Model Teralis Jendela Minimalis yang Keren & Populer

9. Pembersih keramik

My Best

Selain minuman soda ada lagi cara menghilangkan karat pada stainless yaitu menggunakan pembersih keramik. Pembersih keramik ampuh menghilangkan masalah karat di stainless. Adapun cara menghilangkan karat pada stainless yaitu oles cairan pembersih keramik ke bagian berkarat, biarkan sesaat, kemudian gosok dengan sikat agar stainless benar-benar bersih tanpa karat.

10. Stempet

Kompasiana

Masalah karat pada area besi peralatan dapur memang sangat kurang nyaman dipandang. Bahkan, keberadaan karat di peralatan dapur malah bisa menimbulkan masalah baru seperti tercampur dengan makanan dan menyebabkan keracunan. Nah, untuk mengatasi hal ini Sedulur bisa menggunakan stempet. Oles stempet pada benda berkarat, ratakan dan gosok perlahan sampai karat hilang. Cuci dan bilas peralatan sampai bersih.

11. Pertamax plus

IDX Channel

Ditemukan karat di area besi motor bukan berarti tidak bisa dihilangkan. Sebab, sekarang Sedulur bisa menghilangkan karat pada besi motor menggunakan pertamax plus. Cara menghilangkan karat pada besi motor menggunakan pertamax sangat mudah dan sederhana. Sedulur hanya perlu mencampur bahan ini dan minyak solar dengan perbandingan 1:2. Baru kemudian oles campuran di area besi pada motor.

12. Rust remover

Cleanipedia

Terakhir cara menghilangkan karat pada stainless peralatan dapur. Sedulur bisa menggunakan rust remover. Bahan ini banyak dijual di pasaran sehingga bisa didapatkan dengan mudah. Cara menghilangkan karat dengan rust remover yaitu rendam bagian berkarat sampai karat terlihat mulai mengelupas. Sikat hingga rontok, lalu bersihkan kembali peralatan tersebut.

Itulah deretan cara menghilangkan karat pada besi, stainless, hingga baju. Cukup menggunakan bahan-bahan sederhana di atas, noda karat membandel bisa hilang secara praktis. Semoga pembahasan kali ini dapat menambah wawasan Sedulur tentang perawatan alat-alat, ya. Sudah siap mempraktikkan cara-cara di atas, Sedulur?

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.