Ketahanan peralatan masak berbahan enamel memang layak dijadikan pilihan. Inilah sepuluh rekomendasi panci enamel untuk Sedulur Super!

Apa itu enamel? Enamel adalah lapisan porcelain yang ditempelkan pada logam atau besi yang fungsinya untuk melindungi permukaan barang dari kerusakan. Selain melindunginya dari kerusakan, bahan enamel juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki kualitas barang dan mempercantiknya. Belakangan ini peralatan dapur dari enamel mulai marak lagi loh.

Peralatan dapur seperti alat masak dan alat makan dari enamel kembali sering ditemui. Bahan enamel bisa membuat tampilan sebuah barang menjadi lebih elegan. Tak hanya itu, bahkan barang rusak pun bisa terlihat baru. Agar barang-barang enamel tetap awet, jangan biarkan lapisannya tergores sedikitpun karena akan membuatnya mudah berkarat.

Panci enamel terbuat dari apa? Alat masak seperti panci enamel dan sejenisnya biasanya dilapisi dengan anti gores. Lapisan anti gores harus dijaga agar lapisannya tidak mengelupas. Selain akan membuatnya menjadi lengket, beberapa pembuatan bahan anti lengket juga melibatkan bahan kimia. Maka, tetap jaga perabotan Sedulur demi alat masak yang aman dan sehat.

-->

Kelebihan panci enamel selain anti gores adalah kokoh dan tidak beracun. Lapisan yang biasa digunakan dalam panci enamel maupun wajan lebih kuat sehingga tidak mudah mengelupas sehingga aman digunakan dalam jangka waktu lama dan untuk jenis masakan apapun. Jika Sedulur sudah tahu kelebihannya, yuk simak rekomendasi panci enamel ini untuk Sedulur.

Baca Juga: Daftar Harga Kulkas Samsung Terbaru Mei 2021

Rekomendasi Peralatan Memasak Enamel yang Murah dan Tahan Lama

1. Panci Wajan Frypan GSF 30 cm G-4130

1. Panci Wajan Frypan GSF 30 cm G-4130
tokopedia.com

Panci enamel yang satu ini merupakan alat masak anti lengket dan anti gores yang tahan digunakan dalam suhu 1000 derajat celcius. Desainnya nyaman digunakan dengan gagang berlapis plastik sebagai pelengkapnya. Sedulur bisa mendapatkan panci enamel ini dengan harga Rp 95.000 – Rp 112.000.

2. Panci Goreng Serbaguna GSF 1032

2. Panci Goreng Serbaguna GSF 1032
tokopedia.com

Panci enamel berikutnya merupakan opsi yang wajib dipertimbangkan. Bahan enamelnya membuat panci lebih mudah panas dan membuat masakan lebih cepat matang. Panci ini dilengkapi dengan tutup kaca. BIsa dijangkau dengan harga Rp 78.000-Rp 115.000.

3. Wajan Enamel 34 cm

3. Wajan Enamel 34 cm
shopee.co.id

Bahan yang digunakan untuk membuat wajan enamel ini sangat kuat dan tahan lama. Desainnya juga sederhana dan bisa digunakan untuk segala jenis masakan dari menggoreng hingga membuat makanan berkuah. Dilengkapi dengan handle di sisi kanan dan kirinya sehingga memudahkan wajan jika akan diangkat dalam keadaan panas.

Ukuran wajan yang satu ini adalah 36 x 36 x 10 cm. Mudah dicuci karena ukurannya yang sedang dan desainnya yang simple. Bisa digunakan untuk kompor jenis apapun seperti induksi maupun kompor listrik. Harganya berkisar Rp 32.000 – Rp 33.000.

4. Kuali Wajan Enamel Anti Lengket 34 cm

4. Kuali Wajan Enamel Anti Lengket 34 cm
bukalapak.com

Bahan pembuat kuali wajan ini adalah stainless steel yang berkualitas. Tentunya, peralatan ini juga dilengkapi dengan lapisan anti lengket, anti gores, dan anti karat. Produk wajan enamel ini berdiameter 34 cm dengan ketebalan 0,7 mm. Harga jualnya adalah Rp 32.000-Rp 43.000.

5. Kuali Wajan Gagang Enamel Anti Lengket 34 cm

5. Kuali Wajan Gagang Enamel Anti Lengket 34 cm
bp-guide.id

Nah, selanjutnya ada kuali wajan dengan gagang panjang di satu sisi dan handle pendek di sisi lain. Desainnya praktis dan tentu saja anti lengket. Kelebihan menggunakan wajan ini adalah Sedulur tidak perlu banyak menggunakan minyak untuk menumis karena tidak akan lengket sama sekali. Harganya ada di rentang Rp 34.000-Rp 47.900.

6. Kuali Wajan Enamel Anti Lengket 36 cm

6. Kuali Wajan Enamel Anti Lengket 36 cm
shopee.co.id

Berikut ini merupakan produk Tri J Wok Pan. Desainnya sederhana namun tetap menarik dan memiliki kesan yang elegan. Bahan enamel yang melapisinya memudahkan kuali wajan mudah dibersihkan. Di bagian kiri dan kanannya juga dilengkapi dengan handle. Sedulur bisa mendapatkan kuali wajan ini dengan harga Rp 45.000-Rp 65.000.

Baca Juga: Daftar Harga Kulkas Aqua Terbaru Mei 2021

7. Wajan Hitam Enamel 37 cm

7. Wajan Hitam Enamel 37 cm
bp-guide.id

Wajan yang satu ini memiliki desain seperti wajan pada umumnya namun dengan penampilan yang lebih elegan. Ia memiliki handle tahan panas. Ukuran wajan ini adalah 37 x 12 cm. Harganya adalah Rp 135.000-Rp 158.000.

8. Maspion Royal Wajan Kesehatan Enamel

8. Maspion Royal Wajan Kesehatan Enamel
shopee.co.id

Merk Maspion merupakan salah satu yang terkenal di Indonesia. Produk yang satu ini terbuat dari bahan baja magnetik otomatis sehingga masakan Sedulur bisa lebih cepat matang.  Selain anti lengket, produk ini juga anti bau dan tahan terhadap suhu tinggi. Harga wajan ini adalah Rp 105.000-Rp 115.000.

9. Maspion Wajan Enamel, Royal Wok Marble 40 cm

9. Maspion Wajan Enamel, Royal Wok Marble 40 cm
bukalapak.com

Selanjutnya ada wajan marble berdimensi 40 x 9,5 cm. Bahan pembuat wajan ini adalah baja yang dilapisi dengan enamel. Desainnya memperlihatkan kekokohan wajan dan tentu saja kekokohannya bisa dibuktikan. Produk ini awet dan tidak mudah berkarat meski digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Belakangan ini beredar bahaya wajan marble, padahal bahan marbel justru lebih aman dibandingkan bahan anti lengket lain yang menggunakan bahan kimia. Untuk satu buah wajan canggih ini, Sedulur hanya perlu menyiapkan Rp 115.000-203.000.

10. Calypso Wok Pan Wajan 32 cm

10. Calypso Wok Pan Wajan 32 cm
shopee.co.id

Terakhir ada enamel kuali wajan 32 cm yang bisa menjadi salah satu pilihan bagi Sedulur yang mencari alat masak. Desainnya simpel, dilengkapi dengan gagang panjang untuk memudahkan penggunanya memasak. Harganya adalah Rp 55.800-Rp 65.000.

Semoga daftar rekomendasi panci enamel yang telah direkomendasikan di atas bisa menambah referensi untuk Sedulur yang sedang mencari panci yang murah, tahan lama dan serbaguna. Setelah memiliki alat masak yang baik dan super awet, Sedulur juga harus memiliki bahan makanan super lengkap dengan kualitas baik. Sedulur bisa mendapatkannya di Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super. Cek segera kelengkapan bahan makanan dan sembako yang tersedia di Aplikasi Super, dijamin dengan harga super murah dengan kualitas yang sangat terjamin.