cara menghilangkan jamur pada kucing

Seperti yang telah diketahui, jika penyakit kulit “jamur” itu bisa menyerang apa saja. Mulai dari manusia, tumbuhan, hingga hewan. Nah, salah satu hewan yang sering terserang jamur adalah kucing. Berkaitan dengan hal tersebut, mari kita bahas cara menghilangkan jamur pada kucing yang bisa Sedulur coba.

Bentuk dan tingkahnya yang lucu serta menggemaskan, membuat kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit bagi sebagian besar orang. Sayangnya kucing tergolong sebagai hewan yang rentan terserang penyakit, khususnya jamur. Kasihan bukan, hewan seimut kucing harus menderita penyakit yang membuatnya tidak nyaman?

Namun tidak usah khawatir, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan jamur pada kucing secara alami dan cepat yang bisa Sedulur coba.

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Pasir Kucing Wangi yang Bagus, Anti Bau

Ciri-ciri kucing jamuran

cara menghilangkan jamur pada kucing
petpintar

Jamur tersebut bisa menular dari satu kucing ke kucing yang lain melalui kontak fisik. Namun tidak hanya itu, jamur kucing ini ternyata juga bisa menular ke manusia, lho. Jadi setelah menyentuh atau melakukan kontak dengan kucing, Sedulur harus langsung mencuci tangan.

Oleh sebab itu, penanganan secara langsung harus segera dilakukan ketika tahu kucing yang Sedulur pelihara itu terserang jamur. Nah, bagi Sedulur yang belum tahu, berikut ini ciri-ciri jika kucing Sedulur sedang terserang jamur.

  • Kulit kucing yang lebih kering.
  • Bulu kucing rontok secara tidak wajar.
  • Kucing sering terlihat lemas dan lesu.
  • Kucing seringkali garuk-garuk badan.
  • Adanya ruam merah pada kulit kucing.

Cara menghilangkan jamur pada kucing

cara menghilangkan jamur pada kucing
boskucing

1. Karantina kucing

cara menghilangkan jamur pada kucing
ardisfamily

Jika Sedulur melihat tanda adanya jamur di tubuh kucing, maka segera pisahkan kucing tersebut dengan kucing-kucing yang lain. Karantina kucing dengan memasukkannya di dalam sebuah kandang khusus, karena jamur ini bisa saja menular dan menginfeksi kucing lainnya.

Selain itu, hindari kontak kucing secara langsung dengan kucing lain. Jangan lupa pula untuk menggunakan alat-alat yang berbeda seperti handuk, tempat makan, tempat tidur, karpet dan lain-lain. Lakukan karantina ini hingga jamur pada kucing benar-benar sembuh.

2. Bedak anti jamur

cara menghilangkan jamur pada kucing
productnation

Yang kedua ada penggunaan bedak khusus jamur kucing. Tidak usah khawatir, karena bedak yang satu  ini bisa dengan mudah ditemukan di banyak toko hewan. Cara penggunaan bedak ini juga cukup mudah. Sedulur hanya perlu menaburkan bedak di area yang berjamur.

Banyak kok yang sudah membuktikan jika bedak anti jamur cukup efektif untuk menangani jamur pada kucing. Namun jangan lupa untuk menggunakan tabung kepala saat pemberian bedak ini, agar kucing tidak menjilatnya.

3. Shampoo ketoconazole dan anti jamur

cara menghilangkan jamur pada kucing
kucingpedia

Memandikan si kucing dengan menggunakan shampoo ketoconazole ternyata juga ampuh untuk menghilangkan jamur pada kucing. Kandungan ketoconazole di dalamnya, dinilai mampu memberantas jamur sampai ke akar-akarnya. Jadi tidak hanya sekedar menghilangkannya saja, namun jenis shampoo ini juga mampu mencegah timbulnya jamur kembali di kemudian hari.

Nah, Sedulur bisa memandikan kucing dengan shampoo yang satu ini sebanyak dua kali dalam seminggu. Selain ketoconazole, sedulur juga dapat menggunakan shampoo kucing anti jamur yang lain seperti Eniconazole, Malaseb, dan juga Chlorhexidine. Tidak perlu bingung, karena semua shampoo anti jamur tersebut sama-sama efektif untuk mengatasi jamur di kulit kucing.

4. Antibiotik

cara menghilangkan jamur pada kucing
pintarpet

Pemberian antibiotik pada kucing obat termasuk salah satu tindakan untuk membasmi jamur. Bahkan bukan hanya sebatas menyembuhkan jamur saja, antibiotik ini juga bisa menjadi tameng pelindung bagi kucing agar tidak timbul jamur di bagian tubuh yang lain.

Sehingga kemungkinan penyebaran dan pertumbuhan jamur di area tubuh yang lain bisa diminimalisir. Ya, bisa dikatakan jika kucing yang sudah mendapatkan pengobatan berupa antibiotik, lebih tahan jamur jika dibandingkan dengan yang tidak.

5. Belerang

alodokter

Belerang ternyata juga mampu menghilangkan jamur pada kucing secara alami. Namun ada yang harus diperhatikan, yakni belerang yang digunakan harus memiliki konsentrasi 0,5% sampai 5%. Cara menggunakan untuk jamur kucing pun juga cukup mudah.

Sedulur bisa mengaplikasikan belerang layaknya seperti shampoo untuk memandikan kucing sebanyak seminggu 2 kali. Akan tetapi, memandikan kucing dengan menggunakan belerang itu juga mempunyai efek samping. Biasanya setelah dimandikan dengan belerang, nafsu makan kucing akan sedikit berkurang.

BACA JUGA: Penyebab Jamur Kucing Bisa Menular ke Kulit Manusia, Hati-hati!

6. Mencukur bulu kucing

grid

Perlu untuk diketahui, bahwa jamur yang tumbuh pada tubuh kucing itu bermula dari lapisan kulit yang paling luar. Nah, dengan mencukur bulu kucing sebelum dimandikan, akan membuat shampoo anti jamur akan langsung mengenai bagian fungi atau jamur tanpa terhalang oleh bulu.

Selain itu, proses penyembuhan juga bisa terhalang oleh bulu kucing yang terlalu tebal. Hal ini dikarenakan ruam yang muncul akibat jamur, akan terus menerus basah karena tertutup bulu. Tentu saja jamur akan lebih lama dan bahkan lebih susah untuk disembuhkan.

7. Obat cair anti jamur

shopee

Ada banyak obat yang biasa digunakan untuk membasmi jamur, salah satu yang paling terkenal adalah Vibrac Wound Gard (VWG). VWG sendiri merupakan obat jamur cair, yang pemakaiannya dilakukan dengan cara disemprotkan langsung ke area jamur di badan kucing.

Bukan hanya fungi saja, namun obat anti jamur kucing yang satu ini juga cukup ampuh dalam memberantas kutu. Jadi hanya dengan satu obat Vibrac Wound Gard, maka dua masalah bisa diatasi sekaligus. Sedulur bisa mendapatkan VWG tersebut dengan mudah di toko-toko pakan hewan maupun secara online.

8. Dengan menggunakan kunyit

sehatq

Bagi Sedulur yang sedang mencari cara menghilangkan jamur pada kucing dengan bahan alami, maka bisa menggunakan kunyit. Seperti yang telah diketahui, lulur kunyit sering digunakan untuk mengatasi infeksi jamur.

Cara menghilangkan jamur pada kucing dengan kunyit juga cukup mudah. Sedulur bisa coba mengoleskan lulur kunyit ke area jamur pada tubuh si kucing. Akan tetapi, efek samping yang ditimbulkan, yakni warna dari bulu kucing akan berubah menjadi kekuningan. Terlepas dari efek lucu tersebut, ternyata kunyit cukup efektif untuk mengatasi jamur di tubuh kucing.

9. Minyak tawon dan minyak zaitun

alodokter

Banyak yang percaya jika minyak tawon dan minyak zaitun mampu membasmi jamur pada tubuh kucing. Akan tetapi, cara menghilangkan jamur pada kucing dengan minyak zaitun maupun minyak tawon itu tidak bisa dilakukan sembarangan.

Pasalnya ada efek samping yang bisa saja timbul jika pemakaiannya dilakukan secara berlebihan, seperti efek panas, gatal yang justru menyebar, dan lain sebagainya. Selain itu, belum ada penelitian resmi mengenai efektivitas minyak zaitun dan minyak tawon untuk mengatasi jamur pada kucing.

10. Suntik jamur kucing

sehatq

Suntik jamur untuk kucing mampu menghilangkan jamur ringworm. Ringworm sendiri adalah jenis lain dari jamur yang sering menyerang binatang terutama kucing. Bahkan untuk anakan kucing di bawah satu tahun, sangat rentan terserang jenis jamur yang satu ini.

Biasanya jamur ringworm tersebut melingkar di bagian kepala kucing, telinga, hingga badan. Kulit si kucing bisa menjadi seperti bersisik dan botak karena bulunya rontok. Ringworm sangat rawan menular ke kucing, binatang lain, hingga ke manusia. Yang perlu diwaspadai, yakni ringworn tersebut dapat juga menyebar melalui binatang lain yang ada di rumah.

BACA JUGA: Tips Memandikan & Grooming Kucing Sendiri Dirumah, Wajib Tahu

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan jamur pada kucing yang perlu untuk Sedulur ketahui. Dari semua poin-poin yang sudah dijelaskan di atas, satu hal yang harus Sedulur pastikan adalah mengkarantina kucing tersebut.

Dengan ini, maka Sedulur dan juga peliharaan di rumah yang lain bisa terhindar dari serangan jamur tersebut. Alangkah baiknya lagi, jika Sedulur langsung membawa kucing kesayangan ke dokter hewan setelah tahu dia terkena jamur agar mendapat penanganan yang paling tepat.