cara menghilangkan jamur pada kucing

Seperti yang telah diketahui, jika penyakit kulit “jamur” itu bisa menyerang apa saja. Mulai dari manusia, tumbuhan, hingga hewan. Nah, salah satu hewan yang sering terserang jamur adalah kucing. Berkaitan dengan hal tersebut, mari kita bahas cara menghilangkan jamur pada kucing yang bisa Sedulur coba.

Bentuk dan tingkahnya yang lucu serta menggemaskan, membuat kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit bagi sebagian besar orang. Sayangnya kucing tergolong sebagai hewan yang rentan terserang penyakit, khususnya jamur. Kasihan bukan, hewan seimut kucing harus menderita penyakit yang membuatnya tidak nyaman?

Namun tidak usah khawatir, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan jamur pada kucing secara alami dan cepat yang bisa Sedulur coba.

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Pasir Kucing Wangi yang Bagus, Anti Bau

-->

Ciri-ciri jamur pada kucing

cara menghilangkan jamur pada kucing
Goldenmaze

Jamur tersebut bisa menular dari satu kucing ke kucing yang lain melalui kontak fisik. Namun tidak hanya itu, jamur kucing ini ternyata juga bisa menular ke manusia, lho. Jadi setelah menyentuh atau melakukan kontak dengan kucing, Sedulur harus langsung mencuci tangan.

Oleh sebab itu, penanganan secara langsung harus segera dilakukan ketika tahu kucing yang Sedulur pelihara itu terserang jamur. Nah, bagi Sedulur yang belum tahu, berikut ini ciri-ciri jamur pada kucing, yang perlu Sedulur ketahui:

  • Kulit kucing yang lebih kering.
  • Bulu kucing rontok secara tidak wajar.
  • Kucing sering terlihat lemas dan lesu.
  • Kucing seringkali garuk-garuk badan.
  • Adanya ruam merah pada kulit kucing.

Setelah mengetahui ciri-ciri kucing yang berjamur, tentu Sedulur harus melakukan tindakan. Berikut beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan untuk mengobati jamur pada kucing:

1. Karantina kucing

Head Topics

Jika Sedulur melihat tanda adanya jamur di tubuh kucing, maka langkah yang harus segera diambil adalah karantina kucing yang sakit dan pisahkan kucing tersebut dari kucing-kucing yang lain. Karantina kucing dengan memasukkannya di dalam sebuah kandang khusus, karena jamur ini bisa saja menular dan menginfeksi kucing lainnya.

Selain itu, hindari kontak kucing secara langsung dengan kucing lain. Jangan lupa pula untuk menggunakan alat-alat yang berbeda seperti handuk, tempat makan, tempat tidur, karpet dan lain-lain. Lakukan karantina ini hingga jamur pada kucing benar-benar sembuh.

2. Taburkan bedak anti jamur

cara menghilangkan jamur pada kucing
Lazada

Yang kedua ada penggunaan bedak khusus jamur kucing. Tidak usah khawatir, karena bedak yang satu  ini bisa dengan mudah ditemukan di banyak toko hewan. Cara penggunaan bedak ini juga cukup mudah. Sedulur hanya perlu menaburkan bedak di area yang berjamur.

Banyak kok yang sudah membuktikan jika bedak anti jamur cukup efektif untuk menangani jamur pada kucing. Namun jangan lupa untuk menggunakan tabung kepala saat pemberian bedak ini, agar kucing tidak menjilatnya. Selain bedak, Sedulur juga bisa memberikan salep jamur pada kucing.

3. Gunakan sampo Ketonconazole

Deposit Photos

Memandikan si kucing dengan menggunakan shampoo ketoconazole ternyata juga ampuh untuk menghilangkan jamur pada kucing. Kandungan ketoconazole di dalamnya, dinilai mampu memberantas jamur sampai ke akar-akarnya. Jadi tidak hanya sekedar menghilangkannya saja, namun jenis shampoo ini juga mampu mencegah timbulnya jamur kembali di kemudian hari.

Nah, Sedulur bisa memandikan kucing dengan shampoo yang satu ini sebanyak dua kali dalam seminggu. Selain ketoconazole, sedulur juga dapat menggunakan shampoo kucing anti jamur yang lain seperti Eniconazole, Malaseb, dan juga Chlorhexidine. Tidak perlu bingung, karena semua shampoo anti jamur tersebut sama-sama efektif untuk mengatasi jamur di kulit kucing.

4. Beri antibiotik

cara menghilangkan jamur pada kucing
Deposit Photos

Pemberian antibiotik pada kucing obat termasuk salah satu tindakan untuk membasmi jamur. Bahkan bukan hanya sebatas menyembuhkan jamur saja, antibiotik ini juga bisa menjadi tameng pelindung bagi kucing agar tidak timbul jamur di bagian tubuh yang lain.

Sehingga kemungkinan penyebaran dan pertumbuhan jamur di area tubuh yang lain bisa diminimalisir. Ya, bisa dikatakan jika kucing yang sudah mendapatkan pengobatan berupa antibiotik, lebih tahan jamur jika dibandingkan dengan yang tidak.

5. Beri belerang

Lazada

Belerang ternyata juga mampu menghilangkan jamur pada kucing secara alami. Namun ada yang harus diperhatikan, yakni belerang yang digunakan harus memiliki konsentrasi 0,5% sampai 5%. Cara menggunakan untuk jamur kucing pun juga cukup mudah.

Sedulur bisa mengaplikasikan belerang layaknya seperti shampoo untuk memandikan kucing sebanyak seminggu 2 kali. Akan tetapi, memandikan kucing dengan menggunakan belerang itu juga mempunyai efek samping. Biasanya setelah dimandikan dengan belerang, nafsu makan kucing akan sedikit berkurang. Cara menghilangkan jamur pada kucing menggunakan belerang ini perlu dicoba Sedulur coba di rumah. Terlepas bisa dilakukan mandiri, pastikan Sedulur telah membawa kucing ke dokter hewan sebelumnya.

BACA JUGA: Penyebab Jamur Kucing Bisa Menular ke Kulit Manusia, Hati-hati!

6. Potong bulu kucing

cara menghilangkan jamur pada kucing
Bilibili

Perlu untuk diketahui, bahwa jamur yang tumbuh pada tubuh kucing itu bermula dari lapisan kulit yang paling luar. Nah, dengan mencukur bulu kucing sebelum dimandikan, akan membuat shampoo anti jamur akan langsung mengenai bagian fungi atau jamur tanpa terhalang oleh bulu.

Selain itu, proses penyembuhan juga bisa terhalang oleh bulu kucing yang terlalu tebal. Hal ini dikarenakan ruam yang muncul akibat jamur, akan terus menerus basah karena tertutup bulu. Tentu saja jamur akan lebih lama dan bahkan lebih susah untuk disembuhkan.

7. Semprotkan cairan antiseptik pada kucing 

Harian Terbit

Ada banyak obat yang biasa digunakan untuk membasmi jamur, salah satu yang paling terkenal adalah Vibrac Wound Gard (VWG). VWG sendiri merupakan obat jamur cair, yang pemakaiannya dilakukan dengan cara disemprotkan langsung ke area jamur di badan kucing.

Bukan hanya fungi saja, namun obat anti jamur kucing yang satu ini juga cukup ampuh dalam memberantas kutu. Jadi hanya dengan satu obat Vibrac Wound Gard, maka dua masalah bisa diatasi sekaligus. Sedulur bisa mendapatkan VWG tersebut dengan mudah di toko-toko pakan hewan maupun secara online.

8. Gunakan kunyit

cara menghilangkan jamur pada kucing
GenPI

Cara menghilangkan jamur pada kucing secara alami adalah dengan menggunakan kunyit. . Seperti yang telah diketahui, lulur kunyit sering digunakan untuk mengatasi infeksi jamur.

Cara menghilangkan jamur pada kucing dengan kunyit juga cukup mudah dan sederhana. Sedulur bisa coba mengoleskan lulur kunyit ke area jamur pada tubuh si kucing. Akan tetapi, efek samping yang ditimbulkan, yakni warna dari bulu kucing akan berubah menjadi kekuningan. Terlepas dari efek lucu tersebut, ternyata kunyit cukup efektif untuk mengatasi jamur di tubuh kucing.

9. Minyak tawon dan  zaitun

Realfood

Banyak yang percaya jika minyak tawon dan minyak zaitun mampu membasmi jamur pada tubuh kucing. Akan tetapi, cara menghilangkan jamur pada kucing dengan minyak zaitun maupun minyak tawon itu tidak bisa dilakukan sembarangan.

Pasalnya ada efek samping yang bisa saja timbul jika pemakaiannya dilakukan secara berlebihan, seperti efek panas, gatal yang justru menyebar, dan lain sebagainya. Selain itu, belum ada penelitian resmi mengenai efektivitas minyak zaitun dan minyak tawon untuk mengatasi jamur pada kucing.

10. Suntik jamur kucing

RuangMom

Suntik jamur untuk kucing mampu menghilangkan jamur ringworm. Ringworm sendiri adalah jenis lain dari jamur yang sering menyerang binatang terutama kucing. Bahkan untuk anakan kucing di bawah satu tahun, sangat rentan terserang jenis jamur pada kucing yang beragam. Biasanya jamur ringworm tersebut melingkar di bagian kepala kucing, telinga, hingga badan.

Kulit si kucing bisa menjadi seperti bersisik dan botak karena bulunya rontok. Ringworm sangat rawan menular ke kucing, binatang lain, hingga ke manusia. Yang perlu diwaspadai, yakni ringworn tersebut dapat juga menyebar melalui binatang lain yang ada di rumah.

11. Minum obat griseofulvin

K24Klik

Sedulur juga bisa memberikan kucing obat griseogulvin, yang merupakan obat anti jamur bagi kucing. Obat ini bisa jadi pilihan bagi Sedulur untuk diberikan pada kucing kesayangan. Griseofulvin merupakan obat yang dikenal ampuh mengobati infeksi jamur.

12. Oleskan salep antijamur

99.co

Selain shampo antijamur, Sedulur juga bisa memberikan kucing yang berjamur dengan memberi salep jamur kucing untuk mengatasi jamur pada kucing. Salep jamur kucing yang ampuh membasmi jamur pada kucing diantaranya adalah Scadix, Virgin Coconut Oil dan yang lainnya. Selain untuk menghilangkan jamur dan mencegah jamur, salep juga dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan luka goreng pada kulit kucing. Untuk keamanan, penggunaan salep antijamur berdasarkan arahan dan resep dokter hewan.

BACA JUGA: Tips Memandikan & Grooming Kucing Sendiri Dirumah, Wajib Tahu

Tips pencegahan jamur pada kucing

pencegahan jamur pada kucing
Fimela

Sedulur tentu pernah mendengar pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Setelah mengetahui cara mengobati jamur pada kucing di atas, Sedulur juga tentu saja harus mengetahui cara mencegah penyebaran jamur pada kucing. Berikut ini beberapa cara pencegahannya:

  1. Jauhkan bulu kucing dari kutu­, karena penyebab jamur pada kucing adalah kutu itu sendiri. Sedulur bisa melakukan perawatan bulu kucing untuk menghindari kutu. Sedulur bisa melakukan perawatan sebanyak 2 bulan sekali, atau minimal 1 bulan sekali.
  2. Selanjutnya Sedulur juga perlu melakukan pemeriksaan bulu dan kulit kucing secara teratur. Selain memperhatikan kutu, Sedulur juga harus memperhatikan bulu dan kulit kucing. Karena jamur merupakan salah satu penyakit kulit. Terutama ketika kucing telah mengalami luka, koreng atau ketombe. Sedulur wajib melakukan pemeriksaan.
  3. Perhatikan juga makanan dan pola makan kucing. Sedulur wajim memberik makan kucing secara teratur dan mulai memberikan makan yang mengandung omega-3. Karena omega-3 baik untuk kesehatan kulit dan bulu kucing.
  4. Selain makanan bergizi yang mengandung omega-3, Sedulur juga wajib memberikan suplemen kulit pada kucing. Namun pemberian suplemen dapat Sedulur lakukan atas dasar dan konsultasi dokter hewan.
  5. Terakhir Sedulur bisa merawat kucing dengan memandikan secara teratur. Dengan memandikan kucing, Sedulur bisa menghilangkan kotoran dan bakteri yang bisa menyebabkan jamur tumbuh di kulit dan bulu kucing. Memandikan kucing juga bisa merawat bulu kucing agar tetap lembut.

Itulah cara menghilangkan jamur pada kucing sekaligus tips dan pencegahan jamur pada kucing. Selain itu, Sedulur juga perlu mengetahui jenis jamur pada kucing yang diantaranya adalah jamur telinga, dan juga jamur ketombe.  Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur dan memberikan pemahaman Sedulur untuk tetap senantiasa merawat kucing kesayangan Sedulur di rumah.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.