cara membersihkan ompol di kasur

Pernahkah Sedulur merasa bingung saat mencuci baju dan ingin membuat baju atau pakaian yang dicuci wangi seperti di laundry? Tentu Sedulur akan bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan parfum laundry agar tetap wangi tahan lama.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama bagaimana cara menggunakan parfum laundry, termasuk bagaimana tips dan trik yang pas dan sesuai digunakan agar baju wangi seperti dicuci laundry. Yuk, mari langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik 2023, Awet & Hemat Listrik!

Cara Menggunakan Parfum Laundry

cara membersihkan ompol di kasur
Unsplash/No Revisions

Tentu dengan mengetahui cara menggunakan parfum laundry yang tepat, Sedulur bisa memiliki pakaian dengan wangi yang awet dan tahan lama. Namun, untuk mencuci sendiri di rumah, masih banyak yang kebingungan menggunakan parfum laundry.

Berikut ini beberapa tips dan cara menggunakan parfum laundry yang bisa Sedulur ikuti:

1. Balik pakaian sebelum dicuci

Tips dan cara pertama menggunakan parfum laundry adalah dengan membalik pakaian sebelum dicuci. Sebelum dicuci, pastikan pakaian dibalik terlebih dahulu. Dengan membaliknya sebelum dicuci, dapat menjaga kualitas dan memperpanjang umur pakaiannya.

Pertama, pastikan semua kancing, resleting, juga aksesoris lainnya dilepaskan dulu. Kemudian, balik ke dalam sehingga bagian dalamnya terlihat ke luar. Saat dicuci, gerakan daya dari alat cuci dapat merusak bagian depan pakaian yang lebih sensitif.

 Selain itu, dengan membaliknya juga membantu menjaga warna baju agar tetap cerah serta meminimalkan terjadinya ada noda yang menempel. Jika telah selesai, pisahkan pakaian berdasarkan jenis, warna, pun noda baju sebelum memasukkannya ke washing machine

Dengan melakukan hal ini, Sedulur dapat memastikan bahwa pakaian tetap bersih dan tetap terlihat terawat setelah dicuci lalu diberi pewangi laundry.

2. Pastikan pakaian dalam keadaan kering

Langkah selanjutnya Jangan terburu-buru  menyemprotkan parfum laundry, lakukan pemeriksaan kembali apakan pakaian telah benar-benar kering sempurna.  Ini sangat penting untuk memastikan cairan pewangi dapat menyerap sempurna ke serat-serat kain.

Hal tersebut dapat memaksimalkan efek agar aroma wanginya awet dan tahan  Salah satu aturan juga menyebutkan untuk tidak memakai wewangian terlalu banyak karena itu bisa membuat bau setelah disemprot jadi terlalu kuat plus tidak nyaman untuk dipakai.

Jadi, setelah proses cuci, harap untuk mengeringkannya dengan cara yang benar, apakah dengan pengering, setrika uap, atau dengan menjemurnya di bawah sinar matahari.

3. Mengikuti petunjuk cara pakai

Langkah selanjutnya dalam cara menggunakan parfume laundry adalah baca petunjuk cara menggunakan parfum laundry yang tertera pada kemasan jerigen/ botol spray. Setiap produk dapat memiliki cara penggunaan berlainan, sehingga penting untuk mengikuti instruksinya dengan baik.

Hal ini seringkali dianggap sepele, bahkan saat membeli produk, termasuk parfum laundry, seringkali melewati membaca aturan atau petunjuk menggunakan produk itu sendiri.

4. Parfum laundry jangan dicampur air

Agar tetap harum + beraroma segar, dilarang mencampurkan parfum dengan air. bibit parfum harus dilarutkan ke cairan Alkohol/ Ethanol/ Methanol lebih dahulu sebelum dicampur pure water (aquades). Alasan jika Langsung dicampur air hal ini dapat membuat segi kualitas bibit (Fragrance) yang dijual menjadi buruk dan mengakibatkan cairan sulit menyerap dengan baik pada serat kain sehingga wangi mudah hilang dan lembab yang akan menimbulkan jamur serta berbau apek

5. Jarak penyemprotan yang pas

Perhatikanlah dengan seksama bahwa jarak penyemprotan yang diperlukan tidak boleh terlalu dekat dengan pakaian yang telah disetrika dan siap untuk dikemas. Jarak yang ideal adalah sekitar 20cm – 30cm dari objek yang akan disemprot.

Namun radius yang terlalu jauh pun berdampak pada durasi harum pewangi laundry yang tidak bisa bertahan lama.

6. Gunakan botol sprayer yang bagus

Untuk menggunakan parfum dengan lebih efektif dan efisien, pakai botol sprayer, tuangkan ke dalam botol yang telah disiapkan. Cek juga botol tersebut bersih. Kemudian, semprotkan parfum  dari jarak yang tepat, sekitar 15 hingga 25 cm dari permukaan objek.

Jangan terlalu banyak menyemprotkan pada satu area, cukup semprotkan di beberapa titik penting seperti kerah, lengan, dan pada bagian dalam. Jangan lupa untuk mengocok sebelum dipakai agar cairan merata dan tidak terdapat endapan pada dasar botol.

Selain itu, pakai ragam wangi serupa ketika menyetrika agar memancarkan wangi-wangian konsisten/ tidak bentrok (campur aduk) Dengan botol sprayer, penggunaan parfum laundry menjadi lebih gampang dan hemat.

7. Gunakan deterjen hingga pelicin setrika dengan jenis aroma yang sama

jangan sampai salah pada tahap proses menyetrika. Untuk menjaga konsistensi, perhatikan macam produk chemical lain yang digunakan. Gunakan ragam wangi sabun dan pelembut maupun pelicin khusus dengan tipe sejenis dengan parfum agar aromanya konsisten/ tidak campur aduk.

Menggabungkan wewangian detergen, pewangi trika, air bilasan pelembut beraroma sama seperti pengharum laundry juga bermanfaat untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Selain itu, gunakan merk bermutu bagus agar tidak merusak linen atau merubah warna

BACA JUGA: 12+ Deterjen Cair yang Bagus dengan Keharuman Tahan Lama 

Kapan Parfum Laundry Disemprotkan

Pexels/Cottonbro Studio

Selain cara menggunakan parfum laundry, ada beberapa hal yang juga perlu Sedulur ketahui. Hal yang paling penting adalah terkait kapan parfum laundry harus disemprotkan. Setelah Sedulur mencuci dan menjemur baju, Sedulur bisa menghaluskan baju dengan setrika.

Setelah itu, Sedulur bisa menyemprotkan pewangi pada saat tersebut. Lalu setrika kembali baju. Sedulur bisa menjaga kelembaban baju, agar tidak terlalu basah dan juga tidak kering sehingga aroma wanginya bisa menyerap.

Alasan Memakai Parfum Laundry

Unsplash/Dan Gold

Dua alasan yang mendasari kenapa orang menggunakan parfum laundry untuk pakaian mereka, yakni karena ekonomis dan praktis. Harga parfum laundry relatif lebih murah dibanding dengan harga sebotol parfum.

Parfum laundry biasanya dijual dalam kemasan jerigen berukuran 5-10 liter. Ukuran yang besar membuat penggunaan parfum laundry untuk pakaian dapat menekan biaya untuk membeli kebutuhan mencuci.

Selain itu, aroma wangi dari parfum laundry biasanya tidak mudah hilang. Setelah disimpan lama dalam lemari pun, kita masih bisa mencium aroma segar dari pakaian tersebut.

BACA JUGA: Lengkap! Cara Membersihkan Deterjen di Dalam Mesin Cuci

Jenis Aroma Parfum Laundry yang Bisa Sedulur Pilih

Pexels/Tima Miroshnichenko

Memilih parfum laundry memang cukup membingungkan. Pasalnya banyak sekali varian parfum laundry yang wanginya enak. Ada aroma bunga-bungaan, aroma buah-buahan, permen karet.

Tidak hanya sampai di situ. Varian aroma parfum laundry sekarang semakin banyak ragamnya. Ada aroma aquatic yang mempunyai wangi segar ketika Sedulur menciumnya. Aroma-aroma aquatic terdiri dari Aqua Marine, Ocean Night dan Ocean Fresh.

Untuk Sedulur yang menyukai aroma buah-buahan, Sedulur bisa gunakan parfum laundry dengan aroma citrus. Tersedia pilihan aroma seperti aroma buah lemon dan buah jeruk.

Namun, jika Sedulur lebih menyukai aroma bunga yang lembut, Sedulur bisa pilih parfum laundry dengan aroma lavender, bunga lily atau lavender. Wangi-wangian seperti ini ingin tetap wangi tapi malas pakai parfum.

Jika Sedulur suka aroma musky yang tidak terlalu tajam, Sedulur bisa pilih parfum laundry jenis Laundry Vanilla, Baby Fresh dan parfum laundry merk Downy. Wewangian jenis ini cenderung lembut. Mirip dengan parfum dan bedak bayi.

Ada juga parfum laundry yang memadukan wangi buah dan bunga. Aromanya unik namun cenderung manis. Aroma-aroma ini terdapat di parfum laundry dengan aroma stroberi, Fruit Fresh, Fruit Rush, Apple dan Bubble Gum.

Terakhir, ada aroma woody yang maskulin. Kesegaran pewangi jenis ini cukup tahan lama saat pakaian dipakai berkali-kali. Aroma ini cenderung kuat, cocok buat para cowok yang menyukai aroma maskulin. Aroma maskulin seperti ini dapat Sedulur temukan pada parfum laundry jenis Blue Ocean, Pear Blossom, Blue Sapphire, Hachiko, dan Snappy.

Tips Memilih Parfum Laundry

Unsplash/Nick Page

Memilih Parfum yang berkualitas bisa membuat wangi awet sepanjang hari. Namun, perlu diingat bahwa setiap parfum memiliki karakteristik dan kegunaannya masing-masing, Jika Sedulur baru pertama kali menggunakan parfum laundry, sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu pada sampel kain kecil sebelum mengaplikasikannya pada seluruh pakaian.

Hal ini akan membantu mengetahui apa aroma parfum laundry tersebut cocok dengan selera Sedulur. Harap diingat juga bahwa dengan memperhatikan pemilihan dan ketepatan cara menggunakan parfum laundry dapat memberi dampak signifikan pada kepuasan pelanggan laundry.

Beberapa Macam parfum laundry terbaik dan yang akan banyak disukai orang yaitu: Sakura SP, Lily dan Lavender. Lakukanlah eksperimen dengan varian parfum yang berbeda. dan untuk pengusaha laundry kiloan maupun satuan, menemukan aroma yang paling disukai oleh klien laundry akan memberikan banyak keuntungan

Selain pakaian, Sedulur juga dapat menggunakan parfum laundry pada ruangan, seperti kamar mandi, atau pakai di benda-benda lain seperti seprai, sofa, atau gorden. Hal ini akan memberikan aroma yang menyegarkan pada ruangan maupun perlengkapan rumah tangga Sedulur.

Nah itulah cara menggunakan parfum laundry yang bisa membuat pakaian Sedulur tahan lama. Semoga cara di atas membantu Sedulur, ya! Sehingga Sedulur bisa mendapatkan pakaian yang wangi dan mengeluarkan aroma yang segar. 

Kalau Sedulur membutuhkan kebutuhan mencuci mulai dari deterjen, pemutih pakaian, hingga pengharum baju. Semua itu bisa ditemukan dan tersedia di toko kelontong sekitar rumah serta di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp