cara menggoreng agar renyah

6. Mengiris bahan secara tipis

Unsplash/Kyle Mackie

Mungkin cara menggoreng agar renyah yang satu ini cukup jarang disadari. Ya, ukuran bahan yang digoreng ternyata juga berpengaruh pada kerenyahannya. Jika ingin gorengan terasa lebih renyah, maka iris secara tipis bahan yang akan digoreng tersebut.

Itulah mengapa kebanyakan gorengan yang seringkali ditemukan di penjual memiliki irisan bahan yang terbilang tipis, entah itu tempe maupun tahu.

7. Melakukan penepungan dua kali

Banyak yang penasaran mengapa penepungan hanya dilakukan dua kali? Tentu saja hal ini dilakukan untuk mencegah bahan makanan dan tepung lapisan pertama menjadi basah, karena diselimuti oleh lapisan tepung yang terlalu tebal.

Oleh sebab itu, Sedulur hanya perlu melakukan penepungan sebanyak dua kali saja. Dengan begitu, maka tekstur gorengan akan jadi lebih renyah.

8. Jangan menggunakan telur

Mungkin Sedulur pernah mendengar anggapan jika penambahan telur pada adonan tepung akan membuat gorengan menjadi lebih renyah. Ya, sebenarnya hal itu tidak bisa disebut salah sepenuhnya. Namun di saat yang bersamaan, kerenyahan pada gorengan akan lebih cepat menghilang.

Oleh sebab itu, tidak disarankan untuk menambahkan telur pada adonan gorengan jika ingin mendapatkan tekstur renyah yang bertahan lebih lama.

9. Menyamakan bahan yang ingin digoreng

Menyamakan bahan yang ingin digoreng, bisa dibilang menjadi cara menggoreng agar renyah yang seringkali dilupakan. Pastikan bahwa ukuran bahan makanan di dalam resep sama, supaya gorengan bisa matang dengan merata.

Jangan sampai hanya bagian luar gorengan saja yang matang, dan ketika dicek bagian dalamnya ternyata masih basah alias belum benar-benar matang.

10. Menggoreng secara langsung

Cara menggoreng agar renyah yang selanjutnya, adalah langsung digoreng setelah bahan makanan diberi tepung. Hal ini dilakukan agar tepung yang sudah melapisi bahan makanan tidak terlalu lama menempel dan pada akhirnya menggumpal.

Sebab adonan tepung yang menggumpal akan membuat gorengan menjadi kelewat tebal. Selain membuatnya lebih lama matang, goreng menjadi tidak renyah.

BACA JUGA: 9 Alternatif Pengganti Minyak Goreng yang Menyehatkan