cara menggoreng agar renyah

1. Memperhatikan jenis tepung

Unsplash/Sonia Nadales

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan jenis tepung yang digunakan. Pada umumnya, tepung yang digunakan untuk membuat gorengan adalah tepung terigu. Kendati demikian, terdapat banyak pilihan jenis tepung lain yang lebih tepat digunakan untuk gorengan tertentu.

Nah, jenis tepung yang cocok untuk membuat gorengan renyah, Sedulur dapat menggunakan kombinasi tepung beras dengan tepung terigu.

2. Mencampurkan tepung dengan baking soda

Bisa dibilang jika baking soda menjadi salah satu bahan yang akan membuat gorengan menjadi renyah. Sedulur hanya perlu memasukkan baking soda ke dalam adonan tepung kering, lalu beri bumbu. Namun perlu untuk diperhatikan, jangan aduk adonan terlalu lama, ya.

Hal ini karena pengadukan adonan yang terlalu lama dapat membuat fungsi dan tujuan penggunaan dari baking soda menjadi hilang.

3. Mencampurkan tepung roti

Tepung roti memang sering digunakan untuk membuat ayam katsu. Bukan tanpa alasan, tepung tersebut mempunyai manfaat untuk membuat lapisan gorengan menjadi lebih renyah. Nah, Sedulur bisa mencoba cara ini jika ingin mendapatkan tekstur yang lebih renyah pada gorengan yang dihasilkan.

4. Memastikan adonan bersuhu dingin

Perlu untuk diketahui, bahwa menjaga adonan tetap dingin dapat membuat gorengan semakin renyah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menuangkan air es atau air dengan suhu ruangan. Pastikan untuk tidak menggunakan air hangat atau air panas.

Air hangat atau bahkan panas jika digunakan untuk mencampur adonan tepung, akan membuat hasil gorengan menjadi cepat lembek.

5. Memastikan bahan tidak mengandung banyak air

Jangan lupa untuk meniriskan dan juga mengeringkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digoreng sebelum mencampurkannya dengan tepung. Akan lebih baik lagi jika Sedulur mengeringkan dengan tisu dapur, sehingga kandungan air yang ada di dalamnya bisa menghilang secara maksimal.

Kadar air yang terlalu banyak, bisa saja membuat gorengan jadi lembek dan tidak renyah. Selain itu, cara ini juga dilakukan supaya adonan tidak mudah gosong.