cara mengeringkan baju saat musim hujan

Bagaimana cara mengeringkan baju saat musim hujan? Apakah Sedulur sudah mengetahuinya? Mengingat sinar matahari juga jadi jarang muncul dalam kondisi ini, salah satu masalah yang banyak dialami ketika musim hujan tiba adalah cucian baju yang tidak kunjung kering.

Pada akhirnya, banyak orang yang kesulitan untuk mengeringkan baju setelah dicuci. Alhasil, kondisi pakaian yang lembab terlalu lama membuatnya berbau apek. Lantas, bagaimana cara mengeringkan baju saat musim hujan secara cepat?

Tidak usah khawatir, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar baju bisa cepat kering selama musim hujan. Langsung saja, simak dan ikuti beberapa hal di bawah ini!

BACA JUGA: Mana yang Terbaik, Setrika Kering vs Setrika Uap? Simak Ulasannya!

1. Memeras baju semaksimal mungkin

mencuci baju
Unsplash

Jika Sedulur mencuci baju secara manual tanpa menggunakan mesin cuci, maka pastikan untuk memeras baju yang basah semaksimal mungkin sampai tidak ada lagi air yang menetes. Jangan langsung ditaruh pada tali jemuran jika masih basah.

Hal itu akan membuat baju lebih lama kering, atau bahkan akan menjadi lembab karena tidak terkena sinar matahari secara maksimal.

2. Menggantung pakaian di dalam ruangan

Cara mengeringkan baju saat musim hujan yang berikutnya adalah dengan menggantungnya di dalam ruangan. Namun pastikan ruangan yang digunakan memiliki ventilasi yang cukup, agar angin-angin yang masuk bisa membantu baju mengering.

Letakkan baju pada hanger kemudian gantung di tali jemuran. Dengan begitu, proses pengeringan juga akan lebih cepat dan merata.

3. Memastikan kelembaban rendah

The Sun

Masih berhubungan dengan tips yang sebelumnya, perhatian tingkat kelembaban dalam ruangan tersebut. Pastikan kelembabannya rendah ketika menjemur pakaian di dalam ruangan. Kelembaban yang tinggi, memungkinkan timbulnya jamur dan bakteri pada baju.

Untuk menjaga tingkat kelembaban pada ruangan agar tetap rendah, Sedulur bisa meletakkan karung garam laut di sudut-sudut ruangan.

4. Memilih ruangan yang berjendela

Untuk hasil yang lebih maksimal, Sedulur bisa memilih ruangan untuk menjemur baju yang memiliki jendela. Tidak hanya mencegah lembab dan juga jamur, hal ini juga akan membuat pakaian akan lebih cepat kering.

Jendela yang terbuka akan mengalirkan udara segar ke seluruh ruangan, walaupun di luar hujan. Jadi ketika pagi hingga siang hari, pastikan untuk membuka jendela untuk membiarkan angin masuk.

5. Melakukan rotasi secara teratur

Tips yang berikutnya adalah selalu memeriksa cucian untuk melihat perkembangan proses pengeringan yang dilakukan. Jadi ditemukan bagian yang mengering lebih cepat dari yang lain, coba putar dan balik supaya bagian yang lain juga bisa mengering dengan lebih cepat.

Biasanya area pakaian yang butuh waktu lebih lama untuk kering adalah lengan dan ketiak. Oh iya, hindari menumpuk baju ketika menjemur baju, karena akan susah kering.

6. Menjemur dengan tambahan kipas angin

cara mengeringkan baju saat musim hujan
Clotheslines

Cara mengeringkan baju saat musim hujan yang berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan kipas angin. Menghadapkan pakaian ke arah kipas angin yang masih basah atau lembab akan mempercepat proses pengeringannya.

Sedulur hanya perlu mendekatkan kipas angin pada pakaian yang sedang dijemur. Jangan lupa gunakan jepitan pada pakaian agar tidak terjatuh karena hembusan dari angin kipas.

7. Menghilangkan bau tidak sedap

Ketika mengeringkan pakaian di dalam ruangan, tentu saja Sedulur sering khawatir dengan bau busuk yang mungkin akan meresap ke dalam pakaian tersebut. Oleh sebab itu, pastikan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap ini secara alami.

Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan menyalakan lampu dupa atau aromatherapy. Dengan begitu, maka akan tersebar bau harum yang di sekitar ruangan.

8. Tidak mencuci terlalu banyak pakaian

Ketika musim hujan juga, usahakan untuk tidak mencuci pakaian dengan jumlah yang terlalu banyak. Tentu saja hal ini karena semakin banyak pakaian yang dicuci, maka waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan semua pakaiannya lebih lama.

Umumnya, mengeringkan pakaian di dalam rumah hanya memerlukan waktu maksimal 24 jam saja. Namun jika pakaian yang dicuci terlalu banyak, pastinya waktu yang dibutuhkan lebih lama lagi.

9. Menggunakan handuk kering

Mungkin masih banyak yang belum tahu cara mengeringkan baju saat musim hujan yang satu ini. Sedulur bisa memanfaatkan handuk kering untuk memeras pakaian yang basah. Coba letakkan handuk besar sebagai alas, kemudian taruh pakaian di atasnya.

Gulung handuk tersebut bersama dengan pakaian yang ada di dalamnya, lalu peras sekuat mungkin. Sedulur dapat mencoba langkah-langkah ini berulang kali, hingga pakaian terasa cukup kering.

BACA JUGA: 5 Cara Mudah Mencuci Baju Pakai Pemutih dengan Benar

10. Menggunakan hair dryer

cara mengeringkan baju saat musim hujan
American Two Shot

Hair dryer juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengeringkan baju ketika musim hujan datang. Sedulur bisa mengangin-anginkan hair dryer pada pakaian yang sudah digantung, hingga semua air turun dan tidak ada air yang menetes.

Akan tetapi, cara yang satu ini hanya akan berguna bila pakaian yang dicuci jumlahnya sedikit. Jika cucian banyak, siap-siap tagihan listrik yang akan ikut membengkak.

11. Menggunakan bantuan setrika

Jika beberapa cara yang dilakukan sebelumnya tidak juga berhasil, Sedulur bisa mengeringkan pakaian dengan bantuan setrika. Akan tetapi, pastikan untuk tidak menyetrika pakaian yang masih basah secara langsung karena dapat membuat serat kain jadi rusak.

Selain itu, pastikan untuk melembari pakaian yang lembab tersebut dengan handuk kering. Nantinya bagian yang disetrika adalah handuk tersebut.

12. Memaksimalkan fungsi mesin cuci

Seperti yang telah diketahui, mesin cuci memang sudah dibekali dengan alat pengering pakaian. Namun untuk memaksimalkan fungsinya, Sedulur bisa memeras pakaian terlebih dulu sebelum dikeringkan di dalam mesin cuci.

Pastikan untuk mengeluarkan sebanyak mungkin air dengan menggunakan tangan. Dengan begitu, maka pakaian akan kering dengan lebih maksimal.

13. Pergi ke laundry

cara mengeringkan baju saat musim hujan
Singapore Dry Cleaning

Beberapa tips dan cara mengeringkan baju saat musim hujan di atas memang membutuhkan usaha lebih. Jika di rumah tidak ada mesin cuci dan tidak ingin kerepotan, Sedulur dapat membawa cucian ke tempat laundry.

Dengan begitu, dijamin cucian akan kering dan juga wangi. Hanya saja, Sedulur harus menunggu selama beberapa hari sampai pakaian siap digunakan, terutama saat musim hujan.

Silahkan coba beberapa cara mengeringkan baju saat musim hujan yang sudah ada di atas. Akan tetapi, jangan lupa perhatikan label perawatan pakaian dan hindari metode pengeringan yang berisiko membuat kain rusak. Jika memungkinkan, selalu manfaatkan setiap jeda hujan untuk menjemur pakaian di luar apabila cuaca dirasa membaik.