setrika kering vs setrika uap

Ketika membicara setrika, pasti pilihan terpecah antara memilih setrika kering vs setrika uap. Kebingungan memilih setrikan kering atau setrika uap karena kurang mengetahui informasi terkait kedua jenis setrika tersebut.

Nah, maka dari itu dalam kesempatan kali ini kita akan ulas tuntas mana yang terbaik antara setrika kering vs setrika uap. Kita akan membahas keunggulan-keunggulan setiap jenis setrika yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan Sedulur itu sendiri.

Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Daftar Benda yang Bisa Jadi Pengganti Setrika Disaat Genting!

Perbedaan setrika kering vs setrika uap

Terdapat beberapa faktor yang menjadi faktor utama yang membedakan setrika kering vs setrika uap. Faktor-faktor tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung kebutuhan itu sendiri.

Agar lebih lengkap dan Sedulur lebih jelas dalam melakukan penilaian, berikut ini faktor-faktor yang dimaskud, yaitu:

1. Plat besi

setrika kering vs setrika uap
iStock

Plat besi merupakan komponen penting dari setrika, tetapi pada setrika uap plat besi yang digunakan memiliki lubang-lubang disekelilingnya. Lubang tersebut yang akan mengeluarkan uap pada setrika. Berbeda dengan setrika kering yang plat besinya padat tanpa lubang.

Bagi Sedulur yang menggunakan setrika uap, maka harus berhati-hati saat membersihkan plat besinya. Jangan sampai tersumbat, karena jika tersumbat fungsi mengeluarkan uapnnya jadi terganggu dan tidak efektif. Selain itu, jika dibiarkan, lama kelamaan akan merusak setrika itu sendiri jika lubang yang tersumbat pada plat besi tidak segera diperbaiki.

2. Tangki air

iStock

Perbedaan selanjutnya yaitu tangki air, fitur ini tentu dimiliki oleh setrika uap dan tidak dimiliki oleh setrika bisa. Tangki air ini yang menampung air yang kemudian akan diubah menjadi uap saat proses setrika berlangsung.

Dari tangki air ini, uap akan dihasilkan dan dapat membantu melicinkan pakaian secara lebih maksimal, terutama jika pakaian yang memiliki kerutan membandel. Maka dari itu, umumnya setrika uap digunakan bagi yang kesulitan menghilangkan kerutan membandel.

3. Semburan uap

setrika kering vs setrika uap
iStock

Perbedaan ini jelas yang paling mencolok, semburan uap hanya dapat dihasilkan dari setrika uap. Tentu saja setrika biasa atau setrika kering tidak dapat menghasilkan semburan uap. Jika pun ingin licin, pengguna setrika biasa akan menggunakan semprotan yang berisi pewangi untuk melicinkan pakaian/

Manfaat fitur uap ini untuk membuat pakaian yang disetrikan menjadi lebih lembab dan mudah disetrika, bahkan untuk pakaian yang tebal, berat dan sulit dirapikan akan lebih mudah dirapikan karena adanya semburan uap tersebut.

Namun, bukan berarti setrika biasa tidak bisa mengatasi kusut, terutama jika memang setrika biasa tersebut punya kualitas daya tekan yang baik. Daya tekan dan panas yang pas merupakan keunggulan setrika biasa, karena umumnya setrika biasa menggunakan plat besi yang solid.

4. Jumlah fitur

iStock

Tentu saja setrika upa memiliki fitur lebih banyak dibandingkan dengan setrika biasa. Jika setrika biasa hanya terdiri dari setelan suhu, maka setrika uap terdiri dari berbagai fitur yang berbeda, seperti setelan panas uap berdasarkan jenis kain.

Bagi Sedulur yang tidak begitu menyukai fitur-fitur ribet, setrika uap mungkin akan terasa lebih membingungkan daripada setrika kering biasa. Hal tersebut disebabkan banyaknya fitur yang ditawarkan, sementara kebutuhan setrika hanya untuk merapikan baju saja.

5. Kemudahan saat digunakan

setrika kering vs setrika uap
iStock

Sedulur juga perlu mengingat bahwa setrika uap dapat digunakan sebagaimana setrika biasa. Sedulur cukup mengosongkan bagian tangki uap dan tidak penggunakan fitur semburan uap saja. Maka fungsi setrika biasa bisa didapatkan dengan menggunakan setrika uap.

Jadi, setrika uap bisa digunakan untuk menggosok bahan pakaian yang membutuhkan dry ironing alias non uap. Sementara itu, setrika biasa tentu tidak bisa beralih fungsi sebagai setrika uap, karena tidak memiliki fitur uap itu sendiri.

6. Dari segi biaya

iStock

Secara umum, harga setrika uap tidak berbeda jauh dari setrika biasa. Setrika uap sudah tersedia mulai dari harga sekitar Rp 200.000 saja, sedangkan setrika biasa juga pada kisaran yang sama. Namun perlu diingat, performa dari masing-masing setrika akan sebanding dengan harganya.

Misalnya, setrika biasa yang berkualitas tinggi tentu lebih mahal dan lebih baik daripada setrika uap model standar. Begitu juga sebaliknya, setrika uap model industri bisa jauh lebih mahal dan performanya lebih baik daripada setrika biasa yang berkualitas tinggi.

BACA JUGA: Tips dan Trik Membersihkan Setrika yang Lengket dan Kotor

Keunggulan dan kekurangan setrika kering

Dalam membandingkan setrika kering vs setrika uap, tentu harus secara adil disampaikan apa saja keunggulan dan kekurangannya. Kita mulai dengan membahas keunggulan dari setrika kering terlebih dahulu. Adapun keunggulannya adalah:

  • Sedulur dapat menyetrika segala macam bahan pakaian dengan setrika kering.
  • Mudah dibersihkan dan dirawat.
  • Harga terjangkau dan tahan lama.
  • Tidak meninggalkan tanda pada pakaian.

Sementara itu kekurangan dari setrika kering adalah sebagai berikut:

  • Tidak ada fungsi uap atau semprotan.
  • Tidak efektif untuk menghilangkan kerutan baju yang membandel.
  • Tidak ada fitur tambahan selain pengatur suhu.

Keunggulan dan kekurangan setrika uap

Agar penilaian setrika kering vs setrika uap menjadi adil, kita masuk kepembahasan keunggulan dan kekurangan setrika uap. Kita mulai dengan keunggulan terlebih dahulu, yaitu:

  • Penghilang kusut yang efektif.
  • Terdapat opsi uap dan semprotan.
  • Pilihan penyetrikaan vertikal.
  • Bisa digunakan pada gorden dan kain pelapis.
  • Merangkap sebagai setrika kering.
  • Cepat dan mudah menghilangkan kerutan.

Sementara itu kekurangannya adalah sebagai berikut:

  • Lebih berat dan lebih sulit dibersihkan.
  • Membutuhkan lebih banyak energi.
  • Bisa meninggalkan tanda di pakaian.
  • Tidak dapat bekerja pada semua kain
  • Sangat besar kemungkinan untuk bocor.

Setrika uap atau setrika kering? Mana yang lebih baik?

setrika kering vs setrika uap
iStock

Secara perbandingan yang telah dijelaskan di atas, setrika kering vs setrika uap memperlihatkan bahwa setrika uap selangkah lebih maju terkait teknologi dan fitur. Hal tersebut disebabkan karena teknologi yang digunakan merupakan teknologi terbaru.

Jika jumlah pakaian yang disetrika sangat banyak, maka setrika uap lebih disarankan. Karena akan lebih meringkat pekerjaan menggosok. Namun jika baju yang diseterika tidak begitu banyak, cukup dengan setrika kering biasa saja agar tidak menimbulkan risiko kerusakan pada baju.

Jangan lupa Seduur juga harus sesuaikan dengan tipe kain yang digunakan. Jika setrika uap yang digunakan masih model standar, maka lebih baik memilih untuk menggunakan setrika kering dengan model terbaik untuk merapikan kain dengan jenis yang tebal.

Pada dasarnya, penilaian setrika kering vs setrika uap terkait mana yang lebih baik? Keduanya memiliki kinerja yang sama-sama baik, selama digunakan untuk kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan sehari-sehari. Hanya beberapa faktor yang menjadi latar belakang bisa menjadi faktor yang memutuskan Sedulur menggunakan jenis setrika yang mana.

Nah itulah penjelasan terkait perbandingan setrika kering vs setrika uap, di mana kedua jenis setrika dapat memberikan yang terbaik untuk merapikan dan menjaga pakaian agar tetap layak pakait. Hanya saja jangan lupa selalu pertimbangkan kebutuhan Sedulur dalam menggunakan jenis setrika.

Setelah mengetahui jenis setrika yang cocok untuk Sedulur gunakan, jangan lupa juga siapkan kebutuhan setrika seperti pewangi, pelembut pakaian hingga semprotan setrika. Agar pakaian Sedulur tetap wangi dan tetap lembut digunakan.

Sedulur bisa membeli berbagai kebutuhan tersebut di Aplikasi Super. Belanja di Aplikasi Super sangat mudah dan harga yang ditawarkan dijamin murah. Dijamin dapat membuat aktivitas sehari-hari Sedulur jauh lebih mudah dan praktis. Makanya, manfaatkan Aplikasi Super serajin mungkin, ya! Agar hidup Sedulur jauh lebih mudah dan bermanfaat!