cara memakai pemutih baju

Bisa dibilang jika perawatan untuk baju putih memang sedikit sulit. Dari berbagai cara yang ada, penggunaan pemutih baju bisa menjadi solusi yang paling mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, Sedulur harus benar-benar tahu cara memakai pemutih baju yang tepat agar baju tidak rusak.

Jangan sampai ada kesalahan yang dilakukan, sehingga merusak baju putih kesayangan. Ya, pemutih baju sendiri memang memiliki kandungan khusus yang berfungsi untuk mengangkat noda pada pakaian berwarna putih.

Namun jika penggunaannya tidak dilakukan dengan benar, bisa saja pemutih tersebut justru membuat baju robek, terkikis, dan mengalami kerusakan-kerusakan lainnya. Nah, agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan, simak cara memakai pemutih baju yang akan dijelaskan di bawah ini!

BACA JUGA: 12+ Deterjen Cair yang Bagus dengan Keharuman Tahan Lama 

1. Rendam baju

cara memakai pemutih baju
MaidForYou

Tahapan pertama yang perlu dilakukan adalah dengan merendam baju tersebut selama 20 menit. Jadi sebelum menambahkan pemutih pada rendaman baju, alangkah baiknya untuk merendam baju dengan menggunakan air dingin. Hal ini dilakukan untuk melemahkan ikatan kain dengan noda.

2. Bilas baju

Setelah direndam selama beberapa saat, jangan lupa untuk membilasnya. Pembilasan ini juga dilakukan untuk menghilangkan noda yang ada di dalam air rendaman sebelumnya. Jadi setelah dibilas, rendam lagi baju dengan air yang baru. Untuk hasil bilasan yang maksimal, gunakan air bersih yang mengalir.

3. Aplikasikan pemutih baju

Setelah baju dibilas dengan air dingin, kini saatnya untuk menambahkan pemutih ke dalam rendaman air. Jangan biarkan baju direndam dengan pemutih terlalu lama, karena bisa merusaknya. Jadi pastikan rendam dengan pemutih kurang lebih selama 15 menit saja.

4. Tambahkan detergen

My Germ

Sedulur juga dapat menambahkan detergen ke dalam rendaman pemutih. Penggunaan detergen tersebut, akan membantu kinerja dari pemutih untuk membersihkan baju secara lebih cepat. Namun jangan lupa untuk membaca petunjuk pemakaian detergen, apakah aman untuk digunakan bersama dengan pemutih.

5. Bilas baju kembali

Jika proses perendaman baju dengan pemutih dan detergen sudah selesai, langsung bilas lagi dengan menggunakan air dingin yang mengalir. Pembilasan ini akan membantu untuk menghapus kotoran yang ada pada baju putih. Dengan begitu, baju putih tersebut akan kembali bersinar.

6. Jemur baju

Apartement Therapy

Tahapan terakhir dalam cara memakai pemutih baju adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Pastikan baju diletakkan di tempat yang mendapatkan panas matahari. Seperti yang kita tahu, matahari adalah pengering baju terbaik. Namun jangan lupa untuk membalik baju tersebut saat menjemur, ya!

Semoga cara memakai pemutih baju tersebut dapat membantu Sedulur yang sedang bimbang untuk menggunakan pemutih baju. Pada dasarnya fungsi dari pemutih baju memang untuk memutihkan pakaian. Hanya saja, penggunaan yang salah hanya akan merusaknya.

Oleh sebab itu, lakukan dan ikuti tips cuci baju menggunakan pemutih di atas dengan baik. Jangan lupa baca peringatan yang ada di bagian belakang pemutih dan detergen untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.