cara mengecilkan lengan

Memiliki lengan besar mungkin adalah momok tersendiri bagi sebagian orang. Ia membuatmu merasa tak percaya diri saat akan mengenakan pakaian dengan model tertentu. Sedulur pun mulai mencari cara mengecilkan lengan dalam waktu singkat. 

Tentu itu hal mustahil, Sedulur. Namun, kalau dilakukan rutin hasilnya bisa tampak, kok. Berikut beberapa tips dan gerakan olahraga yang bisa dipakai untuk mengencangkan lengan serta membuatnya tampak lebih kecil. 

BACA JUGA: 12 Camilan untuk Diet yang Sehat Enak & Mudah Dicari

1. Gerakan mengepel lantai 

cara mengecilkan lengan
unsplash.com

Gerakan olahraga pertama dalam upaya mengecilkan lengan tangan adalah meniru gerakan mengepel. Sedulur bisa mulai dengan berlutut terlebih dulu, kemudian meletakkan tangan ke lantai. Terakhir, gerakan tangan menarik ke depan dan ke belakang selama beberapa kali repetisi. Pastikan punggung dalam keadaan lurus sehingga gerakan bisa sempurna dalam melatih semua otot tubuh. 

-->

2. Melempar bola 

unsplash.com

Cara mengecilkan lengan atas bisa pula dilakukan dengan menggunakan bantuan bola basket yang bisa memantul. Jatuhkan bola dengan kedua tangan, kemudian kembalikan tangan ke posisi samping badan. Tarik sedikit ke belakang sampai punggung lurus dan tangkap bola. Lakukan gerakan ini berulang-ulang selama beberapa detik. 

3. Bantuan barbel 

cara mengecilkan lengan
instagram.com/barbellbrigade

Gerakan berikutnya mirip dengan angkat besi. Sedulur bisa berbaring terlentang, kemudian mengangkat barbel dengan beban 1-2 kg pada kedua tangan. Pegang barbel di atas dada, kemudian angkat sampai tangan lurus, kembalikan ke atas dada, dan ulangi lagi selama beberapa repetisi. Meski terlihat mudah, jika dilakukan berkali-kali gerakan ini bakal cukup melelahkan. Bahkan bila belum terbiasa, kamu bisa merasakan kram di malam harinya. Namun, efek mengecilkan lengannya bakal terasa setelah beberapa kali sesi. 

4. Push-up 

unsplah.com

Push-up ternyata bisa pula dipakai sebagai cara mengecilkan lengan sebelum tidur, Sedulur. Lakukan setidaknya 10 kali repetisi sebelum tidur, lebih juga boleh jika mulai terbiasa. Selain melatih dan memperkuat lengan, gerakan olahraga ini bisa membantu memperbaiki postur punggung yang tak akurat karena kebiasaan kita membungkuk atau rebahan. 

BACA JUGA: 12 Manfaat Timun yang Baik untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

5. Battle ropes dan resistance band

cara mengecilkan lengan
unsplash.com

Jika memungkinkan pergi ke gym, Sedulur bisa melatih otot dan mengecilkan lengan dan paha sekaligus menggunakan bantuan battle ropes. Sedulur cukup melakukan gerakan sederhana, yaitu menjatuhkan dan mengangkat tali selama beberapa kali repetisi sambil berdiri dengan menaruh beban tubuh pada lutut dan paha. Ini akan melatih ketahanan dan kekuatan otot di banyak bagian tubuh, termasuk lengan tentunya. 

Ada pula resistance band yang bisa kamu pakai untuk melatih bagian otot lengan dan paha sekaligus. Silakan cari gerakan yang menurutmu mudah dulu. Baru coba lakukan yang lebih sulit secara bertahap. 

6. Olahraga cardio 

unsplash.com

Gerakan-gerakan di atas bisa kamu lakukan sesekali saja Sedulur, mengingat kamu ingin mengecilkan lengan bukan membentuk otot. Untuk mengimbanginya, perbanyak olahraga yang bersifat cardio seperti lari atau jalan cepat. Ini akan membantu membakar lemak berlebih dalam tubuh yang biasa tersimpan di bagian-bagian tertentu macam lengan dan paha. Cardio bisa jadi cara mengecilkan lengan dan paha secara alami yang aman dan mudah dilakukan. Hasilnya tak bisa instan, butuh ketekunan dan disiplin untuk rela melakukannya dalam waktu yang tak sebentar. Kamu bisa berlari dan berjalan tiap hari selama 30 menit atau tiap akhir pekan dengan durasi yang agak lebih lama. 

7. Diet tinggi serat 

unsplash.com

Cara mengecilkan lengan atas selain olahraga adalah menambah asupan serat. Tujuannya tak lain adalah membuatmu merasa kenyang lebih lama sekaligus melancarkan pencernaan. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa diet tinggi serat membantu seseorang mengurangi asupan kalori harian mereka dan dalam jangka waktu tertentu berdampak pada penurunan berat badan. Ingat, urusan mengecilkan lengan adalah isu besar yang mencakup semua anggota badan. 

BACA JUGA:  Sedulur Super, Begini Tips Olahraga Saat Puasa + Contohnya

8. Sarapan protein tinggi 

unsplash.com

Cara lain yang disarankan untuk mengecilkan lengan dan paha adalah sarapan protein tinggi dan rendah karbohidrat. Kamu tidak disarankan untuk tidak makan karbohidrat sama sekali karena efeknya bisa berbeda-beda untuk tiap orang. Bahkan dalam beberapa kasus bisa fatal. Makanya, cukup kurangi saja dan perbanyak protein dari ikan segar, daging, dan lauk nabati seperti tempe dan lain sebagainya. 

9. Pilih sumber karbohidrat kompleks 

cara mengecilkan lengan
unsplash.com

Seperti yang sudah Sedulur tahu, orang tetap memerlukan karbohidrat untuk melakukan aktivitas harian. Bahkan demi mengontrol metabolisme tetap normal, karbohidrat adalah elemen wajib dalam menu makanan. Namun, dalam kondisi diet, kamu disarankan memilih sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat seperti gandum, multigrain, sorgum, dan biji-bijian. Sebaliknya hindari refined carbs seperti nasi dan mi yang kaya kalori dan gula, tetapi rendah serat. 

10. Tidur cukup 

unsplash.com

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kurang tidur atau sebaliknya, tidur berlebihan bisa mendorong fluktuasi berat badan. Bahkan kecenderungannya meningkatkan risiko obesitas. Apalagi kebiasaan begadang diiringi pula dengan meningkatnya rasa lapar dan akhirnya muncul kebiasaan makan di tengah malam. Percuma jika kamu sudah melakukan banyak upaya diet dan olahraga, tetapi tidak diimbangi dengan tidur yang cukup. 

BACA JUGA: Ingin Mengecilkan Perut? 6 Olahraga Ini Cocok Kamu Lakukan!

11. Minum banyak air putih 

 

cara mengecilkan lengan
unsplash.com

Kebiasaan minum air putih juga berpengaruh dalam menurunkan berat badan atau menjaganya tetap stabil di angka ideal. Kamu yang belum terbiasa mungkin akan merasa muak, tetapi lama kelamaan kamu bakal merasa oke dengan minum air putih saja seharian tanpa minum minuman bersoda, berperisa atau berkafein tinggi. Minum air putih bisa menunda lapar dan tentunya mempercepat metabolisme. Secara umum pun air putih punya khasiat yang tidak terelakkan lagi dalam memperlancar peredaran darah, melembutkan kulit, dan lain sebagainya. 

12. Disiplin dan komitmen  

unsplash.com

Tidak ada cara mengecilkan lengan bagian atas dalam 3 hari saja, semua butuh komitmen dan disiplin yang tinggi. Setidaknya lengan dengan ukuran yang kamu inginkan bisa terwujud paling cepat dalam hitungan bulan. Itu pun dengan catatan kamu benar-benar disiplin menjalankan program diet dan olahraga. Bukan diet ketat dan olahraga ekstrim, tetapi yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuhmu.

Tetaplah realistis dan tanamkan bahwa setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. Tidak perlu berkaca pada bentuk tubuh orang lain, kenali dirimu sendiri dan bersyukurlah pada yang kamu punya tanpa melupakan upaya merawat diri dan menjaga kesehatan.

Itu 12 cara mengecilkan lengan yang bisa Sedulur coba praktikan. Ingat pesan paling terakhir, disiplin dan sabar adalah kunci mendapatkan bentuk tubuh yang kamu idamkan. Namun, tetap ingat tujuan utamamu adalah sehat, bukan hanya langsing dan kurus.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga asupan makanan Sedulur. Jika Sedulur ingin mengkonsumsi makanan sehat dan memasaknya sendiri, Sedulur bisa lho beli beberapa bahan-bahannya di Aplikasi Super. Dijamin mudah dan murah. Yuk download aplikasinya di sini sekarang.