tips menghilangkan bau mulut saat puasa

Saat berpuasa, seringkali napas kita mengeluarkan bau yang kurang sedap. Selain karena kondisi perut yang kosong karena tidak ada makanan dan minuman yang masuk, juga didukung oleh penyebab-penyebab lain. Ada beberapa tips menghilangkan bau mulut saat puasa yang perlu Sedulur ketahui.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama apa saja tips menghilangkan bau mulut saat puasa agar napas Sedulur tetap segar kendati masih berpuasa. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak daftar tipsnya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Ide Usaha Rumahan yang Bisa Dicoba Saat Bulan Puasa

1. Sikat dan bersihkan gigi lebih sering

tips menghilangkan bau mulut saat puasa
iStock

Sikat gigi 2 kali sehari dengan pasta gigi berfluoride untuk menghilangkan sisa makanan dan plak. Sedulur bisa mengganti sikat gigi setiap 2-3 bulan atau setelah rusak. Usahakan juga gunakan benang atau pembersih interdental untuk menghilangkan partikel makanan dan plak di antara gigi.

-->

Sehingga bau mulut yang disebabkan oleh sisa-sisa makanan bisa terhindar dan Sedulur bisa kembali percaya diri tanpa harus mengkhawatirkan bau mulut yang tidak sedap.

2. Kumur mulut

tips menghilangkan bau mulut saat puasa
iStock

Tips menghilangkan bau mulut saat puasa yang kedua yaitu bilas mulut atau kumur-kumur secara rutin, bisa dilakukan setelah sikat gigi. Sedulur juga bisa kumur-kumur dengan obat kumur untuk mendapatkan perlindungan ekstra.

Karena obat kumur dapat menambah perlindungan ekstra dengan menyingkirkan bakteri dari mulut. Selain itu, obat kumur juga dapat membantu melonggarkan dan membebaskan potongan-potongan partikel makanan yang tersangkut di gigi. Partikel makanan yang tersangkut di gigi tersebut yang umumnya menjadi penyebab bau mulut tidak sedap.

3. Gosok lidah

tips menghilangkan bau mulut saat puasa
iStock

Jangan lupa juga menggosok lidah sebagai tips menghilangkan bau mulut saat puasa. Lapisan yang biasanya terbentuk di lidah bisa menjadi tempat perkembangan bakteri penyebab bau mulut. Gunakan pengikis lidah yang dirancang khusus untuk memberikan tekanan merata.

Tekanan yang merata di seluruh permukaan area lidah dan membersihkan segala penumpukan dapat mencagah mulut Sedulur bau dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Tentu aroma tidak sedap dari mulut Sedulur akan sangat menganggu orang sekitar Sedulur.

4. Hindari makanan yang membuat napas asam

iStock

Penting untuk menghidari makanan yang membuat napas asam. Karena penyebab utama mulut tidak sedap yaitu aroma asam yang umumnya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi.

Maka dari itu, salah satu tips menghilangkan bau mulut saat puasa yang penting yaitu dengan menghindari makanan seperti bawang-bawangan. Aroma bawang-bawangan yang menyengat sulit menghilang kendati pun Sedulur telah membersihkan dengan sikat gigi atau cuci mulut.

5. Jaga kesehatan gusi

iStock

Tips menghilangkan bau mulut saat puasa selanjutnya yaitu dengan menjaga kesehatan gusi. Gusi yang tidak sehat dapat menjadi penyebab utama bau tidak sedap di mulut. Sedulur juga bisa menghindari aktivitas-aktivitas yang menganggu kesehatan gusi, seperti misalnya merokok.

Untuk menjaga kesehatan gusi, Sedulur bisa rutin menggunakan obat kumur antiseptik untuk membantu membunuh bakteri penyebab abu mulut dan plak yang menyebabkan radang gusi. Hal tersebut dapat membuat aroma mulut Sedulur menjadi tidak sehat.

6. Temui dokter gigi secara teratur

iStock

Tips menghilangkan bau mulut saat puasa yang paling ampuh adalah dengan konsultasi kepada dokter gigi secara teratur. Berkonsultasi ke dokter gigi disarankan setidaknya 2 kali setahun.

Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan mulut dan pembersihan gigi secara profesional sehingga dapat menemukan dan mengobati penyakit periodontal, mulut kering, atau masalah lain yang menimbulkan bau mulut. Dijamin bau mulut Sedulur akan hilang.

Bukan hanya bau mulut yang hilang, Sedulur juga akan memiliki mulut dan gigi yang sehat. Sehingga Sedulur akan lebih percaya diri dengan kondisi gigi dan mulut yang sehat.

7. Perbanyak makan sayur dan buah

iStock

Tips penting selanjutnya yaitu dengan perbanyak makan sayur dan buah-buahan. Makanlah lebih banyak buah dan sayuran daripada daging. Apel, wortel, seledri, dan buah serta sayuran lain membantu membersihkan plak penyebab bau dan partikel makanan dari mulut.

Buah-buahan seperti pisang, timun suri, jeruk dapat membuat aroma mulut Sedulur menjadi lebih segar. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan vitamin dalam buah yang tinggi yang dapat mencegah aroma mulut bau tidak sedap.

8. Berhenti merokok

iStock

Cara hilangkan bau mulut saat puasa yang penting untuk dilakukan yaitu berhenti merokok! Disadari atau tidak, perokok memiliki napas yang lebih bau ketimbang yang tidak. Hal tersebut disebabkan karena asap rokok yang melekat pada mulut. Merokok juga penyebab utama penyakit gusi yang kemudian memicu bau mulut.

BACA JUGA: Dimajukan! Cuti Bersama Lebaran 2023, Cek Di Sini!

9. Minum air putih 2-3 liter perhari

iStock

Saat bulan puasa, aktivitas makan dan minum berkurang, maka dari itu penting untuk mengusahakan minum air putih 2-3 liter saat buka. Kekurangan cairan tubuh juga menyebabkan mulut bau sehingga menggeluarkan napas yang tidak sedap.

10. Hindari tidur terlalu lama

iStock

Tips menghilangkan bau mulut saat puasa yang terakhir yaitu menghidari tidur terlalu lama. Harus diakui, saat bulan puasa tubuh akan lebih lama tidur karena pola aktivitas yang berubah. Namun usahakan tidur terlalu lama karena hal tersebut dapat memicu bau mulut yang tidak sedap.

Demikian beberapa tips menghilangkan bau mulut saat puasa sehingga Sedulur bisa mengucapkan selamat tinggal pada bau mulut saat bulan puasa. Jangan lupa untuk menerapkan tips yang telah dijelaskan di atas secara rutin agar bau mulut hilang dengan sempurna.