cara mengatasi sprei sering lepas

Sprei yang terlihat rapih dan tidak berantakan di tempat tidur bisa menjadikan istirahat lebih nyenyak. Namun, terkadang sprei sangat mudah lepas setelah dipasang. Jika Sedulur mengalami itu, maka perlu mengetahui cara mengatasi sprei sering lepas.

Umumnya, penyebab utama dari mudahnya sprei lepas dari kasur karena posisi yang tidak pas. Baik itu dari posisi tidur, maupun posisi pemasangan sprei. Kegiatan memasang sprei sendiri bisa menjadi hal yang memakan banyak waktu, apalagi ketika Sedulur seharusnya bisa tidur dan beristirahat di kamar. Nah, agar masalah sprei sering lepas tidak terus terjadi, coba simak beberapa tips dan triknya berikut ini!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kasur Lantai Terbaik yang Nyaman dan Empuk

1. Pilih sprei ukuran pas dengan kasur

cara mengatasi sprei sering lepas
Well Good

Memilih sprei dengan ukuran yang tepat sesuai tempat tidur Sedulur adalah salah satu pilihan yang tepat. Sprei akan pas terpasang pada tempat tidur dan terlihat rapih. Namun biasanya ada beberapa dari Sedulur yang membeli sprei tanpa tahu ukuran yang sesuai.

Maka pilihlah sprei dengan ukuran sesuai dengan tempat tidur Sedulur. Jika sprei terlalu besar akan mengakibatkan tempat tidur menjadi tidak rapih. Sebaliknya, jika Sedulur membeli ukuran sprei yang terlalu kecil selain tidak muat pada tempat tidur akan membuat sprei mudah lepas dari tempat tidur.

Jadi dalam membeli sprei pastikan mengetahui ukuran tempat tidur terlebih dahulu. Mengetahui ukuran sprei yang tepat tentu akan membuat mudah dipasang dan tidak akan terlepas. Selain itu, Sedulur juga tentu akan merasa nyaman ketika beristirahat. Maka pastikan Sedulur benar-benar memilih sprei yang tepat.

2. Gunakan sprei berbahan katun

Pemilihan bahan dalam oenggunaan sprei juga berpengaruh. Sedulur dianjurkan membeli sprei dengan berbahan katun. Karena bahan katun lebih gampang untuk di atur dan dirapihkan. Jenis kain katun biasanya lebih tebal, ini menjadikan sprei tidak mudah bergeser.

Selain itu sprei yang terbuat dari bahan katun biasanya lebih lembut, ini akan menjadikan istirahat Sedulur menjadi lebih nyaman. Bukan hanya mudah dirapihkan, kain sprei berbahan katun juga akan lebih membuat nyaman. Kain katun juga dapat memberikan kehangatan pada tubuh.

Sehingga waktu istirahat Sedulur akan lebih nyaman dan memberikan waktu istirahat yang lebih baik dan lebih berkualitas.

3. Cari sprei dengan fitur karet dibagian ujungnya

Selanjutnya Sedulur bisa memilih sprei yang ujung spreinya di lengkapi karet. Karet ini akan melekat pada ujung tempat tidur yang menjadikan sprei di tempat tidur tidak mudah lepas. Namun biasanya karet bawaan seperti ini tidak kuat, atau cepat kendor.

Tapi Sedulur tidak usah khawatir banyak yang menjual karet ujung penahan sprei di beberapa toko online. Sedulur bisa membelinya dan harganya cukup terjangkau. Dengan begitu sprei di tempat tidur Sedulur tidak akan mudah lepas.

4. Ganti sprei dengan selimut atau bedcover

cara mengatasi sprei sering lepas
Pinterest

Sedulur jika di rumah memiliki selimut atau bedcover yang lebih banyak, ini bisa menjadi solusi selanjutnya. Jika Sedulur perhatikan beberapa hotel bahkan tidak menggunakan sprei mereka menggunakan selimut untuk mengganti sprei.

Cara pemasangannya jika dirasa sangat susah, maka Sedulur bisa melihat beberapa tutorial di media sosial tentang cara memasang sprei hotel. Dengan begitu sprei di tempat tidur Sedulur akan kokoh seperti sprei di hoteldan tidak mudah lepas juga.

Penggunaan selimut atau badcover sebagai sprei juga pada dasarnya bisa lebih memudahkan Sedulur karena sprei tidak akan mudah rusak. Maka dari itu, cara atau tips ini bisa dicoba sebagai tips untuk membuat sprei tidak mudah terlepas dari kasur.

5. Setrika sprei sebelum digunakan

Sebelum memasang sprei, Sedulur juga harus menyetrika sprei terlebih dahulu. Biasanya, sprei yang terlalu lama diletakkan dalam lemari akan memiliki bekas-bekas lipatan. Hal ini tentu akan mengganggu penampilan kasur dan membuatnya kurang rapi.

Jika ingin sprei semakin rapi, Sedulur bisa menyemprotkan pelembut pakaian saat menyetrika. Selain bisa membuat sprei lebih rapih dan membuat sprei tidak cepat terlepas dari kasur, tips dan cara ini juga dapat membuat sprei jadi lebih wangi dan membantu Sedulur untuk lebih nyaman beristirahat.

6. Menggunakan peniti atau jarum

Jika Sedulur memiliki sprei yang lebih besar dari ukuran tempat tidur, Sedulur bisa menggunakan peniti atau jarum untuk menahan sprei agar tidak mudah lepas. Penggunaan jarum dan peniti ini cukup disematkan di kasur bagian bawah atau di ujung kasur agar tidak melukai Sedulur saat istirahat. Jadi lakukan dengan hati-hati tips satu ini ya.

Tips satu ini sangat umum digunakan dan menjadi salah satu cara yang seringkali digunakan oleh setiap orang untuk mengatasi sprei yang sering terlepas dari kasur. 

BACA JUGA: Pasti Ampuh! Ini Cara Menghilangkan Tungau Kasur yang Efektif

Jenis dan Bahan Kain Sprei

Pinterest

Ada beberapa bahan atau jenis kain sprei yaitu:

  • Katun
  • Katun Jepang
  • Line
  • Satin
  • Sutra
  • Rayon
  • Serat bamboo
  • Serta kain campuran poliester dengan katun

Namun berbeda jenis kain berbeda juga harga sprei itu sendiri, Harga harga tersebut sesuai dengan jenis kain nya. Namun biasanya yag sering di gunakan di Indonesia adalah sprei dengan bahan katun atau katun Jepang. Biasanya katun Jepang memiliki harga yag lebih mahal di banding katun lokal kareta bisa di bedakan dari permukaan katun Jepang yang halus, katun jepang biasanya memiliki daya serap yang tinggi untuk menyerap keringat saat tidur.

Perbedaan Sprei dari Bahannya

Pinterest

Perbedaan sprei berbahan katun Jepang dibandingkan katun lokal yang kedua adalah dari segi keawetan warna dan motif. Meski sprei berbahan katun Jepang telah digunakan dan di cuci berkali-kali, motif, corak, serta warnanya tetap tahan lama dibandingkan yang berbahan katun lokal.

Hal ini membuat sprei berbahan katun Jepang menjadi lebih ekonomis, karena bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Katun Jepang juga memiliki berbagai motif yang sangat bagus dan elegan yang cocok untuk segala kalangan. Warnanya pun cenderung soft dan tidak mencolok sehingga sangat nyaman dipandang mata.

Lalu selanjutnya adalah perbedaan sprei berbahan katun Jepang dibandingkan katun lokal yang pertama adalah dari segi bahan. Katun Jepang memiliki bahan yang lebih tebal  dengan kerapatan bahan yang lebih baik dari katun lokal dengan komposisi 90-95% katun sedangkan katun lokal mengandung 20% atau 25% polyester.

Kerapatan bahan ini dapat kita bandingkan dengan menyorotkan bahan ke lampu yang terang atau sinar matahari, Katun Jepang tidak tembus cahaya.Kain katun jepang pun memiliki lapisan yang dapat memberikan efek bercahaya ketika dijemur dibawah sinar matahari. Namun jangan salah, bahan katun Jepang tidak licin dan tetap nyaman saat digunakan.

Nah setelah kita ulas beberapa tips agar sprei tidak mudah lepas tentunya sedulur menjadi tau bahwa memilih sprei tidak bisa sembarangan.Harus sesuai dengan ukuran dan kebutuhan Sedulur. Jadi jika sedulur ingin memiliki kwalitas tidur yang nyaman Sedulur bisa memulai nya dari hal kecil yaitu memilih sprei dengan tepat seperti membeli sprei dengan bahan katun jepang ataupun berbahan dasar kain yang menurut sedulur cocok dan Sedulur sangat menyukainya. 

Tempat tidur memang tidak lengkap rasanya jika tidak ada sprei sebagai pendukungnya. Sprei menjadi salah satu peran yang penting dalam menjadikan istriahat Sedulur menjadi lebih nyaman. Namun, terkadang Sedulur juga jengkel bisa membeli sprei tidak sesuai harapan. Setelah kita ulas beberapa tips dan cara mengatasi sprei sering lepas, tentunya Sedulur menjadi tahu bahwa memilih sprei tidak bisa sembarangan. Jadi jika Sedulur ingin memiliki kualitas tidur yang nyaman, bisa memulai nya dari hal kecil yaitu memilih sprei dengan tepat.