cara mengatasi sepatu kekecilan

Sepatu kekecilan yang tidak pas dengan kaki bisa menyebabkan banyak keluhan dan masalah kesehatan. Sayangnya, sepatu yang kekecilan pun terasa eman-eman jika harus dibuang apalagi jika sepatu tersebut masih bagus. Ternyata ada beberapa trik yang bisa membuat sepatu kekecilan tetap bisa dipakai dengan nyaman. Cara mengatasi sepatu kekecilan ini cukup mudah dan bisa Sedulur coba di rumah.

Lantas seperti apa sih trik dan cara mengatasi sepatu kekecilan agar bisa dipakai kembali tanpa harus dibuang? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini ya!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Sepatu Trail Running yang Paling Dicari 2023

Efek Sepatu Kekecilan

cara mengatasi sepatu kekecilan
Unsplash

Sebelum kita membahas tentang tips dan trik cara mengatasi sepatu kekecilan agar tetap bisa nyaman digunakan. Kita akan memberikan informasi kepada Sedulur soal bahaya sepatu kekecilan.

-->

Ada beberapa efek samping yang bisa mengancam Sedulur jika terlalu sering menggunakan sepatu kekecilan. Walaupun pada awalnya tidak akan terasa, dalam jangka waktu lama masalah kaki dan kesehatan akan berubah menjadi serius. Beberapa masalah yang mungkin bisa menimpa Sedulur jika terlalu sering menggunakan sepatu kecilan adalah sebagai berikut.

1. Hammer toe

Dilansir OrthoInfo, hammer toe merupakan kondisi jari kaki yang menekuk di sendi bagian tengah. Kelainan ini dapat terjadi di jari kaki kedua, ketiga atau keempat (jari telunjuk, tengah atau jari manis). Jika masih pada awal fase, jari kaki yang mengalami hammer toe masih dapat dikoreksi atau diluruskan kembali. Namun jika dibiarkan terlalu lama, penderita mungkin perlu menjalani operasi untuk memperbaiki atau meluruskan jari kaki yang menekuk.

2. Deformasi kaki

Ketika mengenakan sepatu yang sempit dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami deformasi kaki. Perlu diketahui, deformasi kaki sendiri merupakan benjolan tulang yang menyakitkan yang terbentuk pada sendi di pangkal jempol kakian perubahan bentuk kaki akibat tekanan lingkungan. Efeknya, kaki akan mengalami kapalan hingga jempol kaki melengkung ke bagian dalam jari.

3. Kuku tumbuh ke dalam

Sepatu yang sempit akan memberikan tekanan pada jari dan kuku kaki. Hal ini rupanya dapat mendorong kuku kaki tumbuh ke dalam. Kondisi ini juga bisa menyebabkan peradangan dan infeksi pada seseorang.

4. Metatarsalgia

Kondisi ini menyebabkan kaki mengalami radang dan nyeri ketika digunakan untuk jalan, lari, dan melompat. Selain itu, kondiis ini juga menimbulkan perasaan tidak nyaman kepada seseorang yang mengalaminya.

5. Hematon Subungual

Kondisi yang satu ini menyebabkan cedera yang merusak pembuluh darah terbuka di bawah kuku. Kondisi tersebut juga yang menyebabkan pengumpulan darah di satu tempat sehingga menimbulkan rasa sakit.

6. Efek nyeri di tubuh

Menggunakan sepatu yang sempit tidak hanya berdampak pada kaki, tetapi bagian tubuh lainnya. Hal ini karena kaki menjadi tumpuan dan terhubung dengan bagian tubuh lainnya. Sepatu yang sempit juga akan membuat bagian pinggul, punggung bawah, serta otot lainnya menjadi tegang. Oleh karena itu, penggunaan sepatu yang sempit memberikan dampak yang buruk bagi tubuh.

BACA JUGA: 12 Cara Ikat Tali Sepatu Unik dan Keren, Penampilan Jadi Kece!

Cara Mengatasi Sepatu Kekecilan

cara mengatasi sepatu kekecilan
Unsplash

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, tentu ada banyak alasan kenapa sepatu yang sudah kekecilan tetap dipertahankan dan tidak dibuang, bahkan hingga memaksakan diri untuk tetap menggunakannya. Entah sepatu tersebut berkesan atau nyaman digunakannya. Untuk itu, sebagai solusi untuk mengatasi masalah di atas, diperlukan tips dan cara mengatasi sepatu kekecilan seperti berikut.

1. Menggunakan kantong air dan freezer

Tips dan cara mengatasi sepatu kekecilan yang pertama yaitu dengan menggunakan kantong air dan freezer. Cara ini memanfaatkan suhu dingin dengan metode yang akan sangat efektif bekerja pada sepat nonkulit. Adapun langkah-langkah yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  • Isi sebagian kantong ziplock dengan air.
  • Tempatkan kantong air yang ke dalam sepatu, letakkan di dekat area yang sempit.
  • Tempatkan sepatu berisi kantong air ke dalam freezer, lalu diamkan semalaman.

Setelah dibuka keesokan paginya, sepatu sudah lebih merenggang dan lebih nyaman dipakai. Sebabnya adalah air yang berubah jadi es pasti mengembang. Otomatis sepatu kita yang dimasukkan air dalam ziplock tadi pasti ikut mengembang juga. Cara ini bisa diulang hingga beberapa kali hingga ukurannya nyaman dipakai.

2. Gunakan kaus kaki tebal dan hair dryer

Cara mengatasi sepatu kekecilan kedua dengan menggunakan kaus kaki tebal dan hair dryer. Hair dryer akan membantu sepatu longgar dengan hawa panas yang dihasilkan. Karena suhu panas bisa membuat sepatu sedikit lebih longgar. Adapun langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Gunakan sepasang kaus kaki tebal dan kencangkan sepatu dengan nyaman.
  • Nyalakan hair dryer dengan panas sedang dan arahkan selama 20–30 detik ke area sepatu yang sempit.
  • Jika sepatu Sedulur berbahan kulit, arahkan pengering rambut ke segala sisi sepatu agar kulit sepatu tidak terlalu kering atau terbakar.

Cara ini memang nggak bisa langsung berhasil kalau dilakukan sekali saja. Lakukan hingga beberapa kali dan ukuran sepatu sudah nyaman di kaki kamu. Tips tambahan, oleskan dulu pelembap di kaki kamu sebelum mengaplikasikan metode ini.

3. Menggunakan alat peregang sepatu

Cara mengatasi sepatu kekecilan selanjutnya ini direkomendasikan untuk jenis sepatu yang formal, seperti sepatu kulit, flat shoes, maupun oxford shoes. Dalam mengikuti metode ini, Sedulur membutuhkan alat khusus untuk merenggangkan sepatu. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah secara online. Cara ini dianggap paling aman karena tidak menggunakan panas yang kerap kali merusak warna sepatu. Hal ini juga menjauhkan Anda dari risiko kulit terbakar.

Sedulur cukup memasang alat ini ke bagian dalam sepatu, lalu memutar pengait yang ada di belakangnya. Pengait yang berputar akan melebar dan kembali merapat sehingga bisa membantu melebarkan ukuran sepatu. Setelah bagian bawah sepatu direnggangkan, biarkan sepatu selama 8 sampai 12 jam. Kemudian, cobalah sepatu Sedulur untuk melihat hasilnya. Jika masih belum nyaman, Sedulur bisa mengulangnya beberapa kali sampai ukurannya pas.

4. Dengan kentang kupas

Tips alami untuk cara mengatasi sepatu kekecilan yaitu dengan kentang kupas. Cara melebarkan sepatu menggunakan kentang ini cukup efektif digunakan pada sepatu berbahan plastik. Namun, Sedulur harus berhati-hati karena sepatu dengan bahan atau material lain mungkin tidak cocok menggunakan metode kentang. Selain bisa membantu melebarkan ukuran sepatu dengan cepat. Kentang juga dapat menyerap bau apek dan tidak enak pada sepatu.

Sedulur bisa memulai dengan memilih kentang yang sudah kecokelatan dengan ukuran agak besar. Kupas kulitnya, lalu masukan ke ujung sampai terlihat benjolan dibagian atas dan depan sepatu, dan biarlah semalaman. Setelah mencoba beberapa kali, Sedulur bisa membersihkan kentang dari dalam sepatu. Tidak perlu khawatir karena bekas kentang yang melekat akan mudah dibersihkan dengan lap basah.

BACA JUGA: Rekomendasi Jeans Merk Lokal Terbaik, Kualitas Internasional!

5. Gunakan semprotan atau cairan peregang sepatu

cara mengatasi sepatu kekecilan
Pedilop

Cara mengatasi sepatu kekecilan lainnya adalah menggunakan cairan atau semprotan khusus meregangkan sepatu. Cara ini bisa Sedulur kombinasikan dengan menggunakan alat peregang sepatu. Ada berbagai jenis cairan dan semprotan yang disesuaikan dengan bahan sepatu. Seperti misalnya kulit, kain, dan vinil. Caranya cukup mudah, yakni semprotkan cairan tersebut pada area yang sempit, lalu Sedulur bisa langsung menggunakannya.

6. Menggunakan cairan mengandung alkohol

Tips selanjutnya sebagai cara mengatasi sepatu kekecilan yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan menggunakan cairan yang mengandung alkohol seperti cairan pembersih kuteks atau aseton. Sedulur bisa menggunakannya untuk merenggangkan sepatu.

Cukup semprotkan ke bagian sepatu yang terasa sempit. Bisa juga tuangkan alkohol secukupnya ke kapas lalu usapkan ke bagian yang sempit. Setelah itu, pakai sepatu kamu dan pakai untuk jalan-jalan di dalam rumah. Lakukan hingga alkohol sudah mengering. Lakukan hingga beberapa kali hingga sepatu yang kekecilan sudah terasa lebih longgar dan nyaman.

7. Memanfaatkan koran bekas

Cara mengatasi sepatu kekecilan terakhir adalah dengan memanfaatkan koran bekas. Jika Sedulur memiliki tumpukan koran yang sudah tidak terpakai, hal tersebut bisa dimanfaatkan. Sedulur tinggal siapkan air bersih dan basahkan kertas koran secukupnya.

Lalu kemudian, Sedulur bisa masukkan ke dalam sepatu. Pastikan isinya benar-benar padat memanjang dan biarkan selama semalaman. Keesokan harinya, Sedulur bisa menjemurnya hingga kering. Dengan begitu, sepatu akan dibantu merenggang.

Nah itulah tips dan cara mengatasi sepatu kekecilan yang bisa Sedulur jadikan sebagai solusi. Dilengkapi dengan efek apa saja yang akan Sedulur rasakan ketika menggunakan sepatu kekecilan bagi kesehatan. Sehingga bisa sebagai gambaran bagi Sedulur agar tidak terlalu memaksakan atau sering menggunakannya.